Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Teks Eksemplum: Strukturnya, Unsurnya, Ciri-Ciri Dan Contohnya

arti-teks-eksemplum

faktasantuy.com - Pengertian Teks Eksemplum
- Saat kelas 9 kamu bakal menemui materi bahasa indonesia dimana materi yg disampaikan bakal menceritakan prilaku tokoh dlm ceritanya, itulah teks eksemplum. Ciri-ciri teks ini sangat khusus, membedakan dgn teks lainnya, begitu juga dgn struktur yg dimilikinya.

Pengertian Teks Eksemplum

Pengertian Teks eksemplum ialah teks yg menceritakan prilaku tokoh dlm ceritanya. Contoh teks eksemplum biasanya diawali dgn pengenalan tokoh, lalu momen yg dialami oleh tokoh, serta ditutup dgn interpretasi yg muncul dari tokoh tersebut.

Teks eksemplum ini tergolong teks yg mengandung pengalaman hidup manusia.

Struktur Teks Eksemplum

Adapun elemen yg menyusun struktur teks eksemplum hingga menjadi utuh, & terbukti sudah keharusan teks eksemplum ini wajib mempunyai struktur lengkap. Berikut strukturnya:
  • Orientasi, merupakan bagian awal teks ini. Bagian ini biasanya berisi mengenai pengenalan tokoh. Contoh: Cowok itu sangat sabar & disiplin.
  • Insiden, merupakan bagian yg mengandung persoalan yg dihadapi oleh tokoh. Contoh: Arul lupa mengerjakan pekerjaan rumah yg diberi oleh gurunya sebab kemarin malam dia tertidur.
  • Interpretasi, merupakan bagian yg mengandung pesan moral, evaluasi, & juga dampak dari persoalan yg dialami oleh tokoh.

Ciri-ciri Teks Eksemplum

Utk membedakan teks ini dgn teks ulasan maupun teks yg lain, terdapat ciri-ciri yg mesti kamu tahu. Ciri-ciri teks eksemplum yakni:
  1. Berisi terjadinya momen yg tidak diharapkan.
  2. Mempunyai struktur lengkap.
  3. Adanya urutan momen yg jelas.
  4. Memakai bahasa naratif.

Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

Hampir sama dgn teks prosedur rumit yg banyak memakai konjungsi, di unsur kebahasaan teks eksemplum juga terdapat konjungsi, berikut ini unsur-unsur teks eksemplum:
  1. Memakai Kalimat Kompleks
  2. Memakai Konjungsi (penghubung)
  3. Memakai Kata Rujukan
  4. Memakai Kata Kerja

Contoh Teks Eksemplum

Berikut contoh teks eksemplum:

Orientasi

Sesudah pulang sekolah, saatnya utk makan siang. Saya berangkat mencari makan, namun malas utk pergoi jauh, akhirnya saya memutuskan membeli soto di gang depan. Nyatanya saya menemui kakakku juga sedang membeli soto itu, lalu saat sudah di rumah kakakku langsung memakannya, sedangkan saya menantikan soto itu dingin.

Insiden

Padahal saya sudah tidak sabar sekali ingin makan, akhirnya saya putuskan utk membuka plastik soto yg sangat panas. Saat saya sedang membuka plastik nya, saya tergesa-gesa dlm membukanya. Nyatanya plastik yg saya gigit membuka terlalu besar & membuat soto tumpah ke luar dari mangkuk & membasahi celana ku. Saat itu saya kaget & malu di depan kakakku.

Kakak mengatakan bahwa saya wajib berhati-hati & sabar serta jangan tergesa-gesa hingga soto tidak bakal tumpah. Alhasil saya tidak makan siang.

Interpretasi

Berdasarkan cerita ini, kamu bisa belajar bahwa saat mengambil keputusan apapun janganlah tergesa-gesa dan wajib berhati-hati dan mempertimbangkan dampaknya.

Nah itulah artikel cerita teks eksemplum, sehingga dgn kesimpulan bahwa teks eksemplum ialah teks yg menceritakan pengalaman seseorang.

Dlm menyusun teks ini wajib memperhatikan 3 struktur mutlak nya, yakni orientasi, insiden, & interpretasi. Semoga contoh teks eksemplum diatas juga membuat anda terus paham mengenai materi ini.

Baca selanjutnya: Contoh resensi buku

1 komentar untuk "Pengertian Teks Eksemplum: Strukturnya, Unsurnya, Ciri-Ciri Dan Contohnya"