Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Analisis Sistem Informasi Adalah : Tujuan, Tugas, Tahapan dan Contohnya

analisis-sistem-informasi

Faktasantuy - analisis sistem atau analisa sistem. Pada hari ini kita akan membahas materi analisis sistem informasi. Nah analisis sistem adalah? Silakan teman-teman simak rangkuman analisis sistem / analisa sistem berikut ini ya.

Pengertian Analisis Sistem Informasi

Pengertian analisis sistem adalah penguraian suatu sistem informasi yang telah utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan tujuan dapat mengidentifikasi. Dan mengevaluasi berbagai macam permasalahan maupun hambatan yang terjadi pada sistem sehingga nantinya dapat dilakukan perbaikan atau pengembangan.

Wajib baca: Peran manajerial dan keahlian manajerial

Pengertian Analisis Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian analisis sistem menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

McLeod (2007-74), pengertian analisa sistem adalah penelitian terhadap system yang telah ada dengan tujuan guna merancang sistem baru atau memperbaharui sistem yang telah ada tersebut.

Al Fatta (2007 - 4), diartikan sebagai analisa sistem adalah teknik pemecahan masalah yang menguraikan bagian–bagian komponen dengan mempelajari seberapa bagus bagian–bagian komponen tersebut bekerja dan berinteraksi untuk mencapai tujua mereka.

Jimmy L.Goal (2008:73), pengertian sistem analis ialah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan yang terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya”.

Satzinger, J.W., Jackson, R.B., & Burd, S.D. (2010-4), analisis sistem adalah berupa suatu proses pemahaman dan penentuan secara rinci apa yang seharusnya dicapai oleh sistem informasi. Yang berarti bahwa Analisis sistem berupa tahapan penelitian terhadap sistem berjalan dan bertujuan untuk mengetahui segala permasalahan yang terjadi serta memudahkan dalam menjalankan tahap selanjutnya yaitu tahap perancangan sistem”.

Tujuan Analisis Sistem Informasi

Adapun beberapa tujuan analisis sistem, yaitu sebagai berikut:

  1. Dapat mengidentifikasikan berbagai masalah dari pemakai.
  2. Menentukan secara jelas mengenai sasaran yang harus dicapai untuk dapat memenuhi kebutuhan pemakai.
  3. Dapat memilih metode alternatif dalam memecahkan masalah pada sistem.
  4. Dapat merencanakan maupun menerapkan rancangan sistem sesuai dengan apa yang diinginkan pemakai.

Tanggung Jawab Analisis Sistem

Adapun beberapa tanggung jawab dari analisis system, yaitu sebagai berikut:

  1. Pengambilan data yang efektif dari sumbernya.
  2. Aliran data pada sistem.
  3. Pemprosesan dan penyimpanan data.
  4. Aliran dari informasi yang berguna kembali pada proses maupun penggunanya.

Wajib baca: 23+ Peranan Komunikasi Dalam Organisasi dan 3 Hambatannya

Tugas Umum Dan Teknik Dari Analisis Sistem Informasi

Beberapa tugas umum yang dilakukan oleh analisis sistem yang diantaranya yaitu:

  1. Mengumpulkan dan menganalisis dokumen maupun file yang ada hubungannya dengan sistem yang sedang berjalan.
  2. Menyusun dan menyajikan laporan untuk perbaikan sistem yang sedang berjalan kepada pemakai.
  3. Merancang suatu sistem perbaikan dan menidentifikasi aplikasi-aplikasi untuk penerapannya pada komputer.
  4. Melakukan analisis menyusun biaya maupun keuntungan yang didapatkan pada sistem yang baru.
  5. Dan mengawasi berbagai aktivitas pada sistem yang baru dibuat.

Tugas Teknis Dari Analisis Sistem Informasi

  1. Menyiapkan gambaran kerja dalam menerapkan sistem yang baru.
  2. Melakukan penyusunan prosedur untuk pengawasan kerja.
  3. Melakukan penyusunan DFD (Data Flow Diagram), SADT (Structured Analysis And Design Technique) maupun Flow Chart untuk melakukan perancangan pada sistem yang baru secara lebih detail.
  4. Merancang pola pengawasan pada data yang sifatnya dianggap penting sekali.
  5. Menyusun dokumen maupun file-file untuk dapat digunakan pada komputer supaya sistem yang baru dibuat dapat berjalan secara lancar dan efektif.
  6. Merancang bentuk input dan output supaya mudah dibaca dan dipahami oleh pemakai.
  7. Menyusun dokumentasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilakukan oleh analisis sistem dalam merancang suatu sistem yang baru.

Langkah Kerja Analisis Sistem Informasi

Adapun langkah-langkah atau tahap kerja dari analisis system yaitu, sebagai berikut:

  1. Identifikasi permasalahan pada sistem.
  2. Studi kelayakan dan memahami kinerja dari sistem yang ada.
  3. Analisis dan perancangan sistem.
  4. Penerapan sistem.
  5. Evaluasi dan pemeliharaan pada sistem.

Pribadi Analisis Sistem Informasi

Adapun beberapa pribadi yang harus dimiliki oleh seorang analisis sistem, yaitu sebagai berikut:

  1. Mampu bekerjasama dalam suatu tim.
  2. Mampu berkomunikasi dengan baik.
  3. Bisa menghargai pendapat teman yang dalam tim.
  4. Memiliki sikap yang tegas.
  5. Memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi dan lain-lain.

Tahap Tahap Analisa Sistem Informasi

Tahapan analisis sistem ini dilakukan setelah tahapan perencanaan dan sebelum tahapan desain sistem. Serta merupakan sebuah tahapan yang sangat penting, hal ini dikarenakan apabila terjadi kesalahan dalam melakukan analisis sistem maka akan menyebabkan kesalahan pada tahap selanjutnya.

Langkah-langkah di Analisis Sistem

Adapun langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh seorang analis sistem, yaitu sebagai berikut :

  1. Identify, berupa suatu proses yang dilakukan untuk mengidentifikasi masalah. Hal yang dilakukan diantaranya seperti mengidentifikasikan penyebab masalah, titik keputusan serta personil-personil kunci
  2. Understand, berupa kegiatan memahami kerja dari sistem yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisa cara kerja dari sistem berjalan. Hal yang dilakukan seperti: Menentukan jenis penelitian, merencanakan jadwal penelitian, mengatur jadwal wawancara, mengatur jadwal observasi, membuat agenda wawancara, mengumpulkan hasil penelitian
  3. Analyze, berupa kegiatan melakukan analisa terhadap sistem. Hal yang dilakukan diantaranya: Menganalisis kelemahan sistem dan kebutuhan informasi bagi manajemen (pemakai)
  4. Report, berupa kegiatan membuat laporan dari hasil analisis yang telah dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Tujuan dari adanya laporan tersebut yaitu :Sebagai laporan bahwa proses analisis telah selesai dilakukan, meluruskan kesalahan-kesalahan mengenai apa yang telah ditemukan dalam proses analisis yang tidak sesuai menurut manajemen, serta meminta persetujuan kepada manajemen untuk melakukan tindakan selanjutnya.

Analisis PIECES

Terdapat beberapa aspek seperti kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efisiensi dan pelayanan pelanggan untuk dianalisis. Analisis ini disebut dengan PIECES Analysis (performance, information, economy, control, eficiency and service). Yang sangat penting untuk dilakukan sebelum mengembangkan sebuah sistem informasi karena dalam analisis ini biasanya akan ditemukan beberapa masalah utama maupun masalah yang bersifat gejala dari masalah utama.

1. Performance ( Kinerja Sistem), guna mengetahui tingkat kinerja dari sebuah sistem apakah kinerja dari sistem tersebut telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan atau sudah mencapai sasaran yang diinginkan. Yang diukur berdasarkan jumlah produksi dan tanggap waktu. Jumlah produksi ini berupa jumlah perkerjaan yang bisa diselesaikan dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan tanggap waktu adalah keterlambatan rata-rata antara suatu transaksi dengan tanggapan yang diberikan kepada transaksi berikutnya.

2. Information (Informasi), suatu sistem informasi yang baik akan menghasilkan informasi akurat, relevan dan tepat waktu. Akurat yang artinya informasi yang dihasilkan terbebas dari kesalahan dan tidak menyesatkan, sedangkan relevan berarti informasi tersebut memiliki nilai bagi penggunanya, dan tepat waktu berarti informasi harus ada ketika dibutuhkan. Ketiga kriteria tersebut merupakan syarat dari sebuah informasi yang baik bagi sebuah perusahaan atau organisasi yang akan dijadikan sebagai dasar dari pengambilan keputusan.

3. Economy (Ekonomi), sebagai salah satu pertimbangan dari alasan mengapa diperlukannya pengembangan sebuah sistem. Dengan harapan agar sebuah perusahaan atau organisasi terhadap sistem yang baru adalah dukungan terhadap proses manajerial perusahaan yang lebih efisien. Sehingga terdapat pemborosan waktu dan alat-alat yang dapat mengakibatkan pembengkakan biaya pada sistem sebelumnya (sistem lama) dapat dikurangi semaksimal mungkin, khususnya seperti biaya pengadaan kertas dan tinta.

4. Controling (Pengendalian), aktivitas sebuah perusahaan atau organisasi perlu mendapat perhatian dan pengendalia secara berkelanjutan agar tidak terjadi penurunan kinerja dibawah standar yang sudah ditetapkan. Hal ini untuk mengurangi dan mencegah atau mendeteksi kesalahan sistem, menjaga keamanan data dan kecurangan yang akan terjadi. Hal ini sanagat diperlukan untuk mengurangi dan mencegah hal-hal yang dapat merugikan perusahaan atau organisasi itu sendiri. Dengan adanya control maka tugas atau kinerja yang mengalamai kendala dapat diperbaiki.

5. Eficiency (Efisiensi), berkaitan dengan bagaimana menghasilkan output atau informasi sebaik mungkin dengan input yang diberikan, sehingga informasi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan bagi pihak-pihak yang memerlukannya. Disamping itu efisiensi juga berkaitan dengan bagaimana sebuah sistem tidak melakukan pemerosesan secara berlebih, dan usaha yang dikeluarkan untuk melakukan tugas-tugas tidak berlebihan juga.

6. Service (Pelayanan), untuk menilai suatu kualitas dari sebuah sistem adalah salah satunya dilihat dari segi pelayanannya. Dalam sistem informasi perpustakaan peningkatan pelayanan terhadap anggota merupakan bagian dari tujuan utama diadakannya pengembangan sistem dari sistem lama ke sistem yang baru. Di sistem ini yang sebelumnya digunakan, pelayanan dari segi waktu terhadap anggota terlihat masih kurang cepat dan akurat sehingga menjadi salah satu alasan diandakannya pengembangan sistem.

Nah itulah artikel analisis dan perancangan sistem informasi. Semoga artikel pengertian analisis sistem menurut para ahli dan ringkasannya ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai contoh analisis sistem silakan ketik di kolom komentar dibawah. Wajib baca: analisis data kuantitaif dan analisis data kuantitatif

Lain kali admin akan membuat analisis dan perancangan sistem informasi, ditunggu saja ya.

Soal:

1. contoh analisa dan perancangan sistem informasi?

2. buatlah contoh laporan kerja praktek analisis sistem informasi?

3. sebutkan kelemahan dari analisa sistem pemesanan dan pengiriman barang?

1 komentar untuk "√ Analisis Sistem Informasi Adalah : Tujuan, Tugas, Tahapan dan Contohnya"

  1. Best casinos in the world to play blackjack, slots and video
    hari-hari-hari-hotel-casino-online-casinos-in-us · blackjack worrione.com (blackjack) · https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ roulette (no Blackjack Video Poker · Video Poker · 바카라 Video Poker herzamanindir.com/ · septcasino Video poker

    BalasHapus