Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anggaran - Pengertian, Jenis, Tujuan, Manfaat & Contoh Laporan

laporan-anggaran
laporan anggaran

Faktasantuy - Realisasi anggaran adalah?. Pada hari ini kita akan membahas definisi anggaran. Nah apa itu anggaran? Silakan teman-teman simak pengertian anggaran berikut ini ya.

Baca: 15+ Strategi Pemasaran Produk Paling Efektif Pada Tahun 2021

Laporan realisasi anggaran adalah suatu rencana yang tersusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi semua aktivitas perusahaan untuk jangka waktu (periode) tertentu di masa yang akan datang. Oleh sebab itu  perencanaan yang disusun dinyatakan dalam bentuk unit moneter, dan anggaran seringkali disebut juga dengan rencana keuangan. Dalam anggaran, satuan kegiatan dan satuan uang menempati posisi penting dalam arti segala kegiatan akan dikuantifikasikan dalam satuan uang, sehingga bisa diukur pencapaian efisiensi dan efektivitas dari kegiatan yang dilakukan.

Penganggaran merupakan sebuah komitmen resmi manajemen yang berkaitan dengan harapan manajemen tentang pendapatan, biaya dan beragam transaksi keuangan dalam jangka waktu tertentu di masa yang akan datang. 

Baca juga: Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Menurut 5 Ahli

Pengertian Anggaran Menurut Para Ahli

1. Ellen Cristina

Anggaran adalah sutu rencana yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan untuk jangka waktu (periode) tertentu di masa yang akan datang.

2. M. Nafarin

Anggaran adalah rencana keuangan periodik yang disusun berdasarkan program-program yang telah disahkan. Serta merupakan rencana tertulis tentang kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang untuk jangka waktu tertentu.

3. Gunawan Adisaputro dan Marwan Asri

Anggaran adalah suatu pendekatan formal dan sistematis daripada pelaksanaan tanggung jawab manajemen di dalam perencanaan, koordinasi dan pengawasan.

Jenis jenis Anggaran

Berikut macam-macam anggaran:

1. Ceiling Budget

digunakan untuk tujuan-tujuan pengawasan dinamakan Ceiling Budget. Dengan mengawasi suatu instansi secara langsung dengan menggunakan cara menentukan suatu batas-batas pengeluaran melalui peraturan penggunaan/pemberian, atau secara tidak langsung dengan cara membatasi suatu penghasilan instansi pada sumber yang diketahui dan jumlah yang terbatas.

2. A Line-Item Budget

menggabungkan sebuah pengeluaran berdasarkan jenis, digunakan untuk mengawasi jenis-jenis pengeluaran dan juga jumlah totalnya.

3. Performance and Program Budgets

menspesifikasi kegiatan atau program yang berdasarkan mana dana digunakan, dan dengan cara demikian membantu dalam evaluasinya. 

Tujuan Anggaran

Adapun tujuan penyusunan anggaran,  yaitu sebagai berikut :

  1. Untuk menyatakan harapan/sasaran perusahaan secara jelas dan formal, sehingga dapat menghindari kerancuan dan memberikan arah terhadap apa yang hendak dicapai manajemen.
  2. Mengkomunikasikan harapan manajemen kepada pihak-pihak terkait sehingga anggaran dimengerti, didukung, dan dilaksanakan.
  3. Mempersiapkan rencana terperinci yang berkaitan dengan kegiatan dengan maksud mengurangi ketidakpastian dan memberikan pengarahan yang jelas bagi individu dan kelompok dalam upaya mencapai suatu tujuan perusahaan.
  4. Mengkoordinasikan metode-metode yang akan ditempuh dalam rangka memaksimalkan sebuah sumber daya.
  5. Menyediakan alat pengukur dan mengendalikan kinerja individu dan kelompok, serta menyediakan sebuah informasi yang mendasari perlu-tidaknya tindakan koreksi.

Manfaat Anggaran

Adapun beberapa manfaat anggaran menurut Marconi dan Siegel (1983) dalam Hehanusa (2003, p.406-407) ,yaitu sebagai berikut:

  1. Sebagai hasil dari proses perencanaan dalam artian anggaran mewakili kesepakatan negosiasi di antara partisipan yang dominan dalam suatu organisasi mengenai suatu tujuan kegiatan di masa yang akan datang.
  2. Suatu gambaran tentang prioritas alokasi sumber daya yang dipunyai karena bisa bertindak sebagai blue print aktivitas perusahaan.
  3. Merupakan alat komunikasi internal yang menghubungkan departemen yang satu dengan departemen lainnya dalam organisasi maupun dengan manajemen puncak.
  4. Anggaran menyediakan sebuah informasi tentang hasil aktivitas yang sesungguhnya dibandingkan dengan standar yang sudah ditetapkan.
  5. Sebagai sebuah alat pengendalian yang mengarah manajemen untuk menentukan bagian organisasi yang kuat dan lemah, hal ini akan bisa mengarahkan manajemen untuk menentukan tindakan koreksi yang harus diambil.
  6. Memberi pengaruh dan memotivasi manajer dan karyawan untuk bekerja dengan konsisten, efektif dan efisien dalam kondisi kesesuaian tujuan antara tujuan perusahaan dengan tujuan karyawan.

Jenis-Jenis Anggaran

Adapun beberapa jenis jenis kebijakan anggaran yaitu sebagai berikut:

1. Anggaran Penjualan

Anggaran penjualan berkaitan dengan semua rencana penjualan selama periode yang di tentukan yang akan di nyatakan dengan satuan uang dan juga kuantitas penjualan. Serta di susun berdasarkan kepada proyeksi penjualan yang akan di berikan oleh perusahaan. Anggaran perusahaan merupakan suatu anggaran yang bisa menjelaskan terperinci mengenai penjualan perusahaan di masa yang akan datang.

2. Anggaran Produksi

Anggaran produksi berkaitan dengan segala rencana unit yang akan di produksi selama periode anggaran. Ditentukan berdasarkan rencana dari penjualan atau persediaan yang sudah di rencanakan. Serta merupakan dasar dari biaya produksi, biaya tenaga kerja, biaya bahan baku, dan biaya pabrik.

3. Anggaran Biaya Bahan Baku

Anggaran biaya bahan baku berkaitan dengan segala macam taksiran mengenai bahan baku yang dibutuhkan dalam proses produksi dengan menyatakan suatu kuantitas bahan baku dan satuan uang. Dapat diketahui dembelian bahan baku yang akan di pakai sebagai dasar dari penyusunan anggaran kas dan laba rugi.

4. Anggaran Biaya Tenaga Kerja Langsung

Anggaran biaya tenaga kerja langsung berkaitan dengan taksiran mengenai biaya tenaga kerja selama beberapa periode anggaran yang akan digunakan menjadi dasar dari penyusunan anggaran kas dan juga laba rugi. Dan merupakan suatu perhitungan biaya kerja yang di kenal dengan dua macam perhitungan seperti upah per unit dan upah perjam.

5. Anggaran Overhead Pabrik

Anggaran overhead pabrik berkaitan dengan biaya overhead pabrik selama beberapa periode anggaran yang di pakai dalam penyusunan anggaran kas dan labarugi.

6. Anggaran Persediaan

Anggaran persediaan dalah persediaan yang dimiliki perusahaan di dalam suatu periode tentu denga perencanaan terperinci dan jelas.

7. Anggaran Biaya Produksi

Anggaran biaya produksi adalah kaitan dengan biaya pemasaran dan anggaran biaya administrasi yang umum tentang taksiran biaya pemasan, biaya administrasi dan juga biaya umum.

8. Anggaran Program

Anggaran program adalah anggaran operasi yang berdasarkan segala program utama perusahaan yang berjenis atau keluarga produk seperti program penelitian serta pengembangan.

9. Anggaran Pertanggung Jawaban

Anggaran pertanggungjawaban berhubungan dengan mengenai anggaran operasi yang d isusun berdasarkan kepada pusat tanggung jawab yang terdapat di sautu perusahaan.

10. Anggaran Pengeluaran Modal

Anggaran pengeluaran modal bersangkutan dengan anggaran perencanaan perubahan aktiva tetap suatu perusahaan selama periode tertentu anggaran.

11. Anggaran Kas

Anggaran kas berhubungan dengan sumber dan penggunaan kas di dalam periode tertentu. Serta tersusun dari berbagai anggaran operasi dan juga pengeluaran modal dengan dasar penyusunan anggaran neraca.

12. Anggaran Rugi-Laba

Anggaran rugi laba adalah perusahaan selama periode dapat menentukan laba rugi perusahaan. Anggaran ini di pakai untuk dasar penyusunan neraca.

13. Anggaran Neraca

Anggaran neraca yaitu mengenai suatu rencana tentang posisi keuangan seperti aktiva, modal, dan juga utang yang di punyai oleh perusahaan dari awal hingga akhir periode.

14. Anggaran Perubahan Posisi Keuangan

Anggaran perubahan posisi keuangan adalah berkaitan dengan rencana perubahan aktiva, utang, dan modal perusahaan selama periode yang di tetapkan.

Contoh Laporan Realisasi Anggaran

Berikut laporan realisasi anggaran dan daftar isian pelaksanaan anggarannya:

Kesekretariatan

1. Pengadaan Proposal : Rp 150.000,-

2. Satu rim kertas HVS dan Amplop : Rp 75.000,-

3. Surat menyurat : Rp 75.000,-

Dokumentasi

1. Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan : Rp 150.000,-

Transportasi dan Komunikasi : Rp 250.000,-

Plakat dan Kenang – kenangan : Rp 300.000,-

Pelaksanaan Program Kerja

Bidang Pendidikan

1. Biaya TPA dan Remaja Masjid : Rp 150.000,-

2. Partisipasi dalam Kegiatan Kerohanian desa : Rp 150.000,-

3. Bantuan Pengadaan Iqro’ dan Al Quran

a. Iqro’ 10 buah x @ Rp 10.000,- : Rp 100.000,-

b. Al Quran 10 buah x @ Rp 40.000,- : Rp 400.000,-

4. Pembuatan Taman Baca

a. Buku : Rp 1.100.000,-

b. Rak Buku : Rp 400.000,-

c. Buku Administrasi : Rp 150.000,-

Bidang Kesehatan

1. Posyandu

a. Vitamin A 100 buah x @ Rp 2.000,- : Rp 200.000,-

b. Susu 100 buah x @ Rp 1.500,- : Rp 150.000,-

2. Pengenalan Pola Hidup Bersih dan Sehat

a. Fee Pembicara : Rp 150.000,-

b. Snack dan Minum 50 x @ Rp 8.000,- : Rp 400.000,-

Bidang Peningkatan Produksi

1. Pembuatan Boneka Horti

a. Kain Tipis : Rp 100.000,-

b. Benih Rumput : Rp 50.000,-

c. Serbuk Gergaji : Rp 50.000,-

d. Pupuk : Rp 50.000,-

e. Hiasan dan Peralatan : Rp 100.000,-

2. Pembuatan Nata de Soya

a. Limbah Tahu : Rp 50.000,-

b. Inokulum : Rp 100.000,-

c. Peralatan : Rp 100.000,-

3. Pembuatan Briket

a. Sampah Organik : Rp 50.000,-

b. Tepung Tapioka : Rp 50.000,-

c. Peralatan : Rp 100.000,-

Bidang Sosial Budaya

Pelatihan Komputer dan Pembuatan Data Base

a. Fotocopy Hand out : Rp 100.000,-

b. Fee Pembicara : Rp 150.000,-

c. Snack dan Minum 50 x @ Rp 8.000,- : Rp 400.000,-

Bidang Pertanian dan Perikanan

Penyuluhan Peningkatan Kinerja UKM Petani Lele

a. Fee pembicara : Rp 100.000,-

b. Snack dan Minum 50 x @ Rp 7.000,- : Rp 350.000,-

Total Pengeluaran : Rp 6.300.000,-

Pemasukan

1. Kas KKN Desa Pasarean : Rp 1.500.000,-

2. Donatur : Rp 4.000.000,-

3. Swadaya Masyarakat : Rp 500.000,-

Total Pemasukan : Rp 6.300.000,-

Nah itulah artikel laporan realisasi anggaran dan contoh realisasi anggaran. Semoga laporan realisasi anggaran ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai anggaran dasar rumah tangga silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Pengertian Wiraswasta

Lain kali admin akan membuat anggaran pendapatan dan belanja negara, ditunggu saja ya.

Soal:

1. anggaran pendapatan dan belanja negara diatur dalam?

2. pelaksanaan anggaran di pemda dilakukan oleh?

3. apbn adalah

4. tujuan penyusunan apbn adalah?

Baca juga: Pengertian Pelaku Ekonomi

Posting Komentar untuk "Anggaran - Pengertian, Jenis, Tujuan, Manfaat & Contoh Laporan"