Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 3 Pengertian Anggaran Menurut Para Ahli: Tujuan, Manfaat, Jenis

Faktasantuy.comPengertian Anggaran – Pengertian, Tipe, Tujuan, Manfaat, Jenis, Contoh, Para Ahli : Anggaran didefiniskan sebagai suatu rencana yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi semua aktivitas perusahaan untuk jangka waktu (periode) tertentu di masa yang akan datang. Nah yuk kita bahas konsep dasar penganggaran...

anggaran


Baca juga:

Pengertian Anggaran

Definisi anggaran didefinisikan sebagai suatu rencana yang disusun secara sistematik dalam bentuk angka serta dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi semua aktivitas perusahaan untuk jangka waktu (periode) tertentu di masa yang akan datang. Dalam suatu anggaran, satuan kegiatan dan satuan uang menempati posisi penting dalam artian semua kegiatan akan dikuantifikasikan dalam satuan uang, sehingga bisa diukur pencapaian efisiensi dan efektivitas dari kegiatan yang dilakukan. Sedangkan pengertian anggaran perusahaan yakni sebagai suatu proses perencanaan dan pengendalian operasi perusahaan yang dijelaskan dalam sebuah kegiatan dan tujuannya adalah untuk mengestimasikan operasi perusahaan ke dalam estimasi keuangan. Nah berikut pengertian anggaran menurut para ahli...

Pengertian Anggaran Menurut Para Ahli

pengertian anggaran menurut para ahli:

  1. Ellen Cristina, didefinisikan suatu rencana yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan untuk jangka waktu (periode) tertentu di masa yang akan datang.
  2. M. Nafarin, berupa suatu rencana keuangan periodik yang disusun berdasarkan program-program yng telah disahkan atau disebut juga sebagai rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif serta dinyatakan dalam satuan uang untuk jangka waktu tertentu.
  3. Gunawan Adisaputro dan Marwan Asri, yakni mendefiniskan sebagai suatu pendekatan forrmal dan sistematis daripada pelaksanaan tanggung jawab manajemen di dalam perencanaan, koordinasi dan pengawasan.

Tujuan Anggaran

Adapun tujuan penyusunan anggaran yakni sebagai berikut :

  1. Guna menyatakan harapan/sasaran perusahaan secara jelas dan formal, sehingga dapat menghindari kerancuan dan memberikan arah terhadap apa yang hendak dicapai manajemen.
  2. Guna mengkomunikasikan harapan manajemen kepada pihak-pihak terkait sehingga anggaran dimengerti, didukung, dan dilaksanakan.
  3. Guna menyediakan rencana terinci mengenai kegiatan dengan maksud mengurangi ketidakpastian dan memberikan pengarahan yang jelas bagi individu dan kelompok dalam upaya mencapai suatu tujuan perusahaan.
  4. Guna mengkoordinasikan cara/metode yang akan ditempuh dalam rangka memaksimalkan sebuah sumber daya.
  5. Guna menyediakan alat pengukur serta mengendalikan kinerja individu dan kelompok, serta menyediakan sebuah informasi yang mendasari perlu-tidaknya tindakan koreksi.

Manfaat Anggaran

Adapun beberapa manfaat dari anggaran, yakni:

  1. Sebagai  hasil dari sebuah proses perencanaan, berarti anggaran mewakili kesepakatan negosiasi di antara partisipan yang dominan dalam suatu organisasi mengenai suatu tujuan kegiatan di masa yang akan datang.
  2. Sebagai suatu gambaran tentang prioritas alokasi sumber daya yang dimiliki karena bisa bertindak sebagai blue print aktivitas perusahaan.
  3. Sebagai sebuah alat komunikasi internal yang menghubungkan departemen yang satu dengan departemen yang lainnya dalam organisasi maupun dengan manajemen puncak.
  4. Menyediakan suatu  informasi terkait hasil aktivitas yang sebenarnya dibandingkan dengan standar yang sudah ditetapkan.
  5. Sebagai sebuah alat pengendalian yang mengarahkan manajemen dalam menentukan bagian organisasi yang kuat maupun lemah, hal ini akan bisa mengarahkan manajemen untuk menentukan tindakan koreksi yang harus diambil.
  6. Mempengaruhi serta memotivasi manajer dan para karyawan untuk bekerja dengan konsisten, efektif dan efisien dalam kondisi kesesuaian tujuan antara tujuan perusahaan dengan tujuan karyawan.

Jenis-Jenis Anggaran

Adapun jenis-jenis anggaran berikut ini:

  1. Anggaran Penjualan, yang berkaitan dengan segala rencana penjualan selama periode yang di tentukan yang akan di nyatakan dengan satuan uang dan juga kuantitas penjualan. Anggaran ini bisa di susun berdasarkan kepada proyeksi penjualan yang akan di berikan oleh perusaan. Serta suatu anggaran yang bisa menjelaskan terperinci mengenai penjualan perusahaan di masa yang akan datang.
  2. Anggaran Produksi, yang berkaitan dengan segala rencana unit yang akan di produksi selama masa periode anggaran. Anggaran  ini di tentukan berdasarkan rencana dari penjualan atau persediaan yang sudah di rencanakan yang merupakan dasar dari biaya produksi, biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, serta biaya pabrik.
  3. Anggaran Biaya Bahan Baku, yang berkaitan dengan segala macam taksiran tentang bahan baku yang di perlukan di dalam proses produksi dengan menyatakan suatu kuantitas bahan baku dan satuan uang. Dari anggaran ini maka dapat di ketahui pembelian bahan baku yang akan digunakan sebagai dasar dari penyusunan anggaran kas dan laba rugi.
  4. Anggaran Biaya Tenaga Kerja Langsung, yang berkaitan dengan suatu taksiran biaya tenaga kerja selama beberapa periode anggaran yang akan di pakai menjadi dasar dari penyusunan anggaran kas dan juga laba rugi perhitungan biaya kerja ini yang di kenal dengan dua macam perhitungan seperti upah per unit dan upah perjam.
  5. Anggaran Overhead Pabrik, yakni berupa anggaran yang berkaitan dengan biaya overhead pabrik selama beberapa periode anggaran yang di pakai dalam penyusunan anggaran kas dan labarugi.
  6. Anggaran Persediaan, berkaitan dengan persediaan yang di miliki perusahaan di dalam suatu periode tentu denga perencanaan terperinci dan jelas.
  7. Anggaran Biaya Produksi, yang berkaitan dengan biaya pemasaran dan anggaran biaya administrasi yang umum tentang taksiran biaya pemasan, biaya administrasi dan juga biaya umum.
  8. Anggaran Program, berkaitan dengan anggaran operasi yang berdasarkan semua program utama perusahaan yang berjenis atau keluarga produk seperti program penelitian serta pengembangan.
  9. Anggaran Pertanggung Jawaban, berkaitan dengan anggaran operasi yang disusun berdasarkan kepada pusat tanggung jawab yang terdapat di sautu perusahaan.
  10. Anggaran Pengeluaran Modal,yang berkaitan dengan anggaran perencanaan perubahan aktiva tetap suatu perusahaan selama periode tertentu anggaran.
Nah itulah artikel materi definisi anggaran. Apabila kamu ingin bertanya mengenai perbedaan anggaran dan penganggaran, silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: 

Soal :
pengertian anggaran piutang
definisi penganggaran perusahaan
pengertian anggaran keuangan
pengertian anggaran adalah
pengertian anggaran biaya
definisi anggaran perusahaan
pengertian manajemen anggaran
definisi budgeting
konsep dasar penganggaran perusahaan
pengertian anggaran menurut munandar
pengertian budget kas
pengertian penerimaan anggaran perusahaan
pengertian anggaran dalam perusahaan

Posting Komentar untuk "√ 3 Pengertian Anggaran Menurut Para Ahli: Tujuan, Manfaat, Jenis"