Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Planet yang Bisa Ditempati Manusia Jika Kiamat Terjadi

faktasantuy.com - Planet yang bisa ditempati jika kiamat terjadi adalah adalah sesuatu yang sangat membutuhkan biaya yang sangat untuk dapat pindah ke planet lain. Kalau dipikir-pikir, kita itu nggak ada apa-apanya di alam semesta ini. Bisa kita bayangkan, dalam satu galaksi Bima Sakti, ada sekitar 200 milyar lebih bintang dan sekitar 100 milyar planet. Itu cuma di galaksi kita aja. Sementara di alam semesta ini, diperkirakan ada 100 milyar galaksi.

5-Planet-yang-Bisa-Ditempati-Manusia-Jika-Kiamat-Terjadi

Jumlah yang banyak banget itu bikin kita bertanya-tanya, “Planet-planet itu ada penghuninya nggak, ya? Penghuninya alienkah? Kalau manusia pindah ke sana kira-kira betah nggak, ya?” Para ilmuwan udah lama mendiskusikan dan menemukan beberapa planet yang katanya bisa ditempati manusia. Planet-planet ini disebut juga exoplanet atau extrasolar planet, yaitu planet yang mengorbit sebuah bintang selain Matahari. Planet yang bisa ditempati jika kiamat terjadi apa? Berikut planet yang bisa ditempati manusia :

1. Mars

5-Planet-yang-Bisa-Ditempati-Manusia-Jika-Kiamat-Terjadi
Planet yang bisa ditempati jika kiamat terjadi adalah planet Mars, planet yang punya nama alias ‘Planet Merah’ ini dikatakan bisa dihuni manusia karena tanahnya mengandung air, nggak terlalu panas atau terlalu dingin, punya atmosfer (tipis) yang bisa melindungi dari radiasi Matahari dan radiasi kosmik, dan waktunya hampir sama dengan waktu bumi. Sehari di Mars itu lamanya 24 jam, 39 menit, dan 35 detik. Dan lagi, Mars itu ada di tata surya yang sama dengan kita. Tentu saja karena dekat dengan matahari jadi hampir sama persis dengan bumi.

Baca juga: Ditemukan Planet Raksasa Alien Jauh Dari Bumi

Untuk melihat gimana wujud permukaan Mars, silakan googling aja “Curiousity”. Itu nama robot dalam proyek penjelajahan Mars oleh NASA, NASA udah bikin target untuk mengirim manusia ke Mars pada tahun 2030-an nanti. Mau? harus banyak duit dulu.

Baca juga: Penemuan Tulang Paha Alien Di Mars 

2. Kepler 186-f

5-Planet-yang-Bisa-Ditempati-Manusia-Jika-Kiamat-Terjadi
salah satu planet pertama seukuran bumi yang ada di wilayah yang kira-kira bisa dihuni, nggak terlalu jauh dari Mataharinya. Planet ini ukurannya sekitar 10% lebih besar dari Bumi. Sayangnya, atmosfer planet ini nggak diketahui karena letaknya yang sangat jauh (490 tahun cahaya!), jadi belum bisa diteliti lebih lanjut.

3. Gliese 667Cc

5-Planet-yang-Bisa-Ditempati-Manusia-Jika-Kiamat-Terjadi
Planet yang ini sedikit lebih dekat dari yang sebelumnya, tapi agak jauh sekitar 22 tahun cahaya. Letaknya di konstelasi Scorpius dan mengorbit bintang Gliese 667C yang punya dua saudara bintang lain dalam jarak berdekatan. Jadi, mungkin kalau tinggal di sana kita seakan punya 3 Matahari. Gliese 667Cc disebut salah satu exoplanet yang secara fisik mirip banget sama Bumi. Tapi nggak enak juga tinggal di sana. Soalnya satu tahun di planet ini sama dengan sekitar 28 hari. Lah, cepet tua dong kita?

4. HD 40307 g

5-Planet-yang-Bisa-Ditempati-Manusia-Jika-Kiamat-Terjadi
Letaknya dengan bintang induknya sekitar setengah dari jarak Bumi ke Matahari, jadi planet ini termasuk di wilayah yang bisa dihuni. Letaknya di konstelasi Pictor, sekitar 42 tahun cahaya dari Bumi. Kemungkinan planet ini bisa dihuni atau nggaknya masih diteliti. Masalahnya sama, atmosfer planet ini belum diketahui.

5. Kepler 452-b

5-Planet-yang-Bisa-Ditempati-Manusia-Jika-Kiamat-Terjadi
Tapi masih belum pasti planet ini berbatu atau berupa gas aja. Kalau berbatu, berarti nambah lagi kemiripannya dengan Bumi. Mirip sih, mirip.. Tapi hal paling penting yang harus sobat ketahui adalah, Kepler-452b jaraknya 1.400 tahun cahaya dari tata surya kita. Sekitar 8 triliun mil, itu juga kalau manusia udah bisa bikin pesawat luar angkasa yang bisa jalan dengan kecepatan cahaya.


Nah itulah 5 planet yang bisa kita tempati jika kiamat terjadi cepat, tapi belum tentu juga kita bisa tempati karena bisa-bisa ada alien juga disana sedang bermukim. Dengan adanya 5 planet yang bisa ditempati jika kiamat terjadi ini, semoga kamu tidak perlu takut dengan pindah planet.

Baca juga: Efek Bintang Raksasa Meledak Terhadap Kehidupan Bumi

1 komentar untuk "5 Planet yang Bisa Ditempati Manusia Jika Kiamat Terjadi"

  1. Sayangnya,jika kiiamat,tidak akan ada satu orangpun yang akan selamat.Kamu tau kalau setiap makhluk itu akan mati.coba saya kasih contoh : kanker saja bisa mengakibatkan kematian.Apalagi ini kiamat? Apa kamu tidak tau arti kiamat yang sesungguhnya? ketika kiamat tiba,semua yang ada di alam semesta akan saling bertabrakan,apakah plante-planet yang disebutkan diatas tadi tidak ada dialam semesta? kan di alam semesta.Seharusnya kamu harus membaca dan memahami dulu sebelum menulis hal itu.

    BalasHapus