Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Kisah Nyata Misteri Gunung Semeru

faktasantuy.com - Misteri dan mitos gunung semeru. Gunung Semeru menjadi salah satu gunung di Indonesia yang sangat diminati oleh para pencinta alam khususnya para pendaki yang ingin mencapai puncak gunung Semeru ini. 

Destinasi alamnya yang sangat indah jadi daya tarik penjelajah dan pendaki  untuk menguji uji nyali mereka. Tidak hanya menjadi daya tarik saja, ternyata gunung semeru telah dijadikan sebuah film yang berjudul "5 cm" dan telah menjadi film yang laris manis di pasar Indonesia.

Gunung Semeru merupakan gunung yang tertinggi di Pulau Jawa. Terletak di Jawa Timur, memiliki tinggi mencapai 3.676 Mdpl dan terhitung sebagai gunung yang tetap tergolong aktif. Letusan Gunung semeru ada di tahun 2013 dan terakhir tahun 2015.

Baca: 5 alasan kenapa hantu itu benar ada

Konon ceritanya, cerita misteri di gunung semeru ini banyak menaruh misteri. Misteri gunung semeru apa saja yang ada dibalik keindahan gunung semeru tersebut? apa saja misteri dibalik gunung semeru? Berikut ini simak legenda misteri gunung semeru yang akan diulas dalam 11 misteri.


Misteri-Gunung-Semeru
Foto Gunung Semeru
11 Misteri Gunung Semeru

Misteri di Arcopodo

Misteri arcopodo gunung semeru yakni suatu misteri yang sangat populer di Gunung Semeru ,selepas hutan belantara terdapat dataran yang luas di mana diyakini menaruh misteri Arcopodo yang artinya arca kembar. 

Ini mengingatkan kita kepada suatu legenda Mahameru, yang mengisahkan ditempat tersebut dulunya ada arca kembar yang berdiri tegak. Pendiri arca kembar itu merupakan prajurit dari Kerajaan Majapahit.

Yang anehnya arca kembar tersebut tak bisa diliat oleh sembarang orang. Cuma orang tertentu saja yang bisa menyaksikan keberadaannya. Lebih anehnya tiap-tiap orang yang menyaksikan arca kembar tersebut tak akan sama persepsinya menyangkut bentuknya.

Baca: Cara bermain jelangkung

Dalam suatu kasus ada yang menyampaikan bahwa dia melihat arca itu bentuknya se besar anak mungil. Tapi ada pula yang mengemukakan bentuk arca tersebut kelihatan dari jarak jauh, yang artinya berwujud seperti raksasa. Kemungkinan bagi yang belum tahu, Arcopodo ini ialah pos dataran terakhir sebelum menuju puncak Mahameru.


Kesurupan di Kelik

Cerita misteri tentang gunung semeru tentang kesurupan di Kelik. Banyak kejadian pendaki kesurupan di Gunung Semeru. sangat banyak laporan berkaitan kesurupan yang berjalan di kawasan kelik. Diluar itu dikawasan ini pernah juga berjalan kejadian pendaki yang jatuh, hilang, dan mati. 


Tersesat

Kisah misteri pendaki gunung semeru. Seperti biasa, sebelum mendaki para pendaki diberikan rute yang benar. Sambil melakukan pendakian ternyata setiap pendaki diberi wejangan untuk tak berbicara kumuh, berperilaku aneh-aneh disaat pendakian. 

Larangan paling umum di tiap-tiap pendakian yakni dilarang bicara kumuh dan tabiat macam-macam seperti merusak lingkungan. Sangat banyak kejadian pendaki yang melanggar aturan ini dapat terjebak bahkan tersesat sewaktu pendakian. Misteri pendaki hilang di gunung semeru sering terjadi karena makhluk ghaib yang marah disana karena para pendaki yang mulutnya tidak bisa dijaga.

Jadi, untuk kalian yang mau mendaki Gunung Semeru jangan merasa angkuh dengan melanggar aturan yang ada. Konon ceritanya tidak sedikit orang meyakini Mahameru yang merupakan wilayah yang suci kediaman para dewa yang selalu menjaganya.


Hantu Perempuan di Ranu Kumbolo

Kisah nyata misteri gunung semeru adanya hantu perempuan. Ranu Kumbolo ialah suatu danau yang jadi area peristirahatan pendaki gunung semeru. Konon ceritanya, para pendaki yang sedang berkemah disini selalu melihat sosok hantu perempuan dari tengah danau.

Kejadian penampilan hantu perempuan ini biasanya berlangsung waktu bulan purnama tiba yang mereka yakini yang merupakan dewi penunggu ranu kumbolo.

Gumpalan kabut tebal yang berputar-putar di tengah danau beralih menyerupai sosok perempuan yang diyakini yang merupakan Ranu Kumbolo, dia sangat diyakini sebagai sosok misteri penunggu gunung semeru.


Mbah Dipo

Kisah misteri di gunung semeru yaitu Mbah Dipo. Seperti Mbah Marijan yang kita kenal juga sebagai juru kunci Gunung Merapi, Mbah Dipo yaitu juru kuncinya Gunung Semeru. Mbah Dipo bertempat tinggal di kawasan yang teramat rawan yang dapat meletus maha dahsyatnya. Misteri meletusnya gunung semeru telah dipercaya sebahagian penduduk bahwa cuma Mbah Dipo yang menangkap tanda-tanda bakal kejadian tersebut.

Namun pada saat Mbah Dipo akan wafat, dia memberi pesan kepada masyarakat yaitu: "Andai saja kelak Gunung Semeru meletus, Jangan sempat lari ke arah Desa Gunung Sawur namun larilah menuju ke arah sungai.". Hingga dikala ini tak ada yang mengerti dari pesan Mbah Dipo tersebut, dan untung saja Semeru tetap aman-aman saja hingga waktu ini.


Ikan Mas di Ranu Kumbolo

Cerita nyata misteri gunung semeru menceritakan bahwa tak hanya tampilan sosok hantu perempuan di Ranu Kumbolo, di kawasan ini juga terdapat ikan mas yang tak ketahuan asal usulnya. Para penduduk disana punya anggapan ikan mas tersebut yakni jelmaannya para dayang dewi penunggu danau Ranu Kumbolo. Terdapat larangan menangkap atau memancing ikan disini. Bila dilanggar bersiaplah menerima hal-hal yang tak diharapkan.


Salju di Ranu Kumbolo

Masih di danau Ranu Kumbolo, ternyata danau yang menyimpan banyak keindahan ini, juga menyimpan banyak misteri di dalamnya. misteri yang lainnya adalah salju yang terlihat di Ranu Kumbolo.

Sebagian kecil pendaki gunung Semeru mengaku pernah melihat dan merasakan bahwa terdapat salju di Ranu Kumbolo, padahal, hukum alam mengatakan bahwa mustahil melihat salju di dataran yang terletak di garis katulistiwa, kecuali di puncak gunung Jaya Wijaya.

Bagaimana penjelasan pastinya saya tidak begitu paham, namun sebagian orang mengatakan bahwa salju itu disebabkan oleh cuaca di Ranu Kumbolo yang terlalu dingin.


Tanjakan Cinta

Misteri tanjakan cinta di gunung semeru. Salah satu mitos yang paling menarik di gunung Semeru adalah mitos tentang tanjakan Cinta yang berada di dekat danau Ranu Kumbolo, tanjakan Cinta ini adalah tanjakan yang tidak terlalu terjal, namun jaraknya yang panjang, kadang bisa membuat para pendaki engos-engosan.

Baca: Misteri kematian soekarno

Mitos mengenai tanjakan cinta tersebut itu ialah barang siapa yang bisa melalui tanjakan cinta tersebut, maka ia akan segera mendapatkan jodoh yang ia damabakan.


Misteri Blank 75 di Gunung Semeru

Blank 75 adalah jalur menuju gunung mahaheru. Nama blank 75 sendiri diserap dari kawasan yang dipenuhi jurang cukup curam, rata-rata 75 meter dalamnya. Saat ini kawasan Blank sering memakan korban, korban paling banyak ialah saat mau pulang.


Penampakan di Jembatan Merah

Jembatan Merah adalah jembatan kecil yang berada sekitar 100 meter sebelum pos 3 jalur konvensional. Jemabatan ini disebut jembatan merah karena di cat seperti warna merah. Biasanya tiap magrib, para pendaki sering melihat penampakan hantu kuntilanak dan pocong.


Orang Kecil Di Jalur Ayeg-ayeg

Jalur ayeg-ayeg kita bisa menghemat waktu 2 jam sehingga hanya membutuhkan waktu 3 jam saja dari ranu pani menuju ke ranu kumbolo namun harus melalui jalan menanjak.

Mitos orang kerdil yang sering tampak pada saat magrib. Biasanya para pendaki melihat orang kerdil di jalur ini. Ciri-ciri orang kerdil tersebut tidak memakai baju dan bawa tombak.

Demikianlah pembahasan tentang misteri-misteri yang terdapat di Gunung Semeru. Sekarang Ini semuanya kembali kediri masing-masing untuk mempercayai cerita misteri ini.Mudah-mudahan artikel singkat ini mampu menambah pengetahuan dan wawasan Sobat seluruhnya. 

Yakin atau tak yakin inilah kejadian yang benar-benar terjadi seputer cerita misteri seputar gunung semeru.

Terima kasih telah membaca artikel misteri yang ada di gunung semeru, semoga dapat menambah wawasan kamu tentang sejarah misteri gunung semeru.

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "11 Kisah Nyata Misteri Gunung Semeru"