Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Alasan Jari Tangan Cepat Keriput Kena Air

jari-keriput-kena-air

faktasantuy.com - Penyebab Jari Tangan Keriput Saat Basah. Mungkin Anda tetap bimbang mengapa pada saat Anda mandi atau berendam terlalu lama di dalam air, jari-jari tangan & juga kaki anda keriput & kelihatan jelek.

Hal tersebut sebetulnya merupakan sesuatu yang normal & semua orang akan mengalaminya, tapi ada juga orang yang heran & takut bahwa tersebut gejala sebuah penyakit. Sebetulnya tersebut tidak benar, mari kita bahas hal ini lebih lanjut.

Baca Juga:

Penyebab Jari Tangan Keriput Saat Basah

Ada 7 alasan tangan cepat keriput kena air:
  1. Jari tangan keriput kena air karena ada respon dari syaraf simpatik
  2. Jari tangan keriput saat terkena air karena ada bagian pembuluh darah menegang
  3. Aliran darah tidak bisa sampai ke tangan
  4. Volume darah yang ada di tangan berkurang
  5. Tidak ada aliran darah
  6. Suhu tangan menurun
  7. Sifat air yang selalu membuat licin

Banyak orang yang salah mengira mengapa jari tangan & jari kaki keriput saat basah. Berbagai orang mengatakan bahwa kulit tangan & kaki kita membengkak sebab menyerap air & sebab menyerap air itulah maka kulit menjadi keriput.

Orang lain juga mempunyai alasan lain, mereka percaya bahwa kulit jari tangan & juga kaki menjadi keriput sebab “osmosis”. Tapi seluruh fakta tersebut nyatanya tidak benar, sebab apabila jari-jari tangan & kaki keriput karena “osmosis”, maka bagian badan lain juga seharusnya mengalami osmosis juga & tidak hanya bagian jari saja.

Sekarang yang jadi pertanyaan mutlak tentang penyebab jari tangan keriput saat basah ialah respon dari saraf simpatik.rupa-rupanya apabila sistem saraf simpatik ini dipotong, maka kulit jari tangan & jari kaki kita tidak bakal dapat keriput lagi mesikipun anda berlama-lama di dalam air atau terkena air.

Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa kulit jari tangan & kaki dapat keriput saat basah, sistem saraf simpatik ini sebetulnya merupakan salah satu bagian dari sistem saraf pusat yang bertugas atas respon dalam badan kita.

Tidak hanya itu, sistem saraf simpatik ini juga bertanggung jawab sebagai pengontrol sejumlah fungsi yang ada di dalam badan seperti tekanan darah & denyut jantung.

Bagaimana Sistem Saraf Simpatik Bekerja Saat Jari-jari Tangan & Kaki Terkena Air?

Sesudah kita tahu apa penyebab jari tangan keriput saat basah begitu juga dengan jari kaki, maka kita harus paham gimana cara kerja sistem saraf simpatik. Saat tangan & kaki kita berada di dalam air atau terkena air terlalu lama, hal ini bakal membuat pembuluh darah tepi menegang.

Mengapa? Sebab sistem saraf simpatik tadi mengalihkan darah ke pusat badan serta ke organ & otot-otot utama. Saat sistem ini diaktifkan, pembuluh darah yang ada di jari tangan & jari kaki tersebut bakal menyempit jadi menyebabkan ajaran darah bakal susah untuk mengalir ke jari tangan & kaki.

Apabila volume darah yang ada di jaringan lunak jari tangan & kaki berkurang, maka kulit jari tangan & jari kaki bakal  membentuk lipatan-lipatan, inilah yang kita sebut dengan keriput! Jangan khawatir hal ini, sebab keriput tersebut tidak permanen & hilang setelah beberapa menit kita keluar dari dalam air atau tangan & kaki sudah tidak terkena air lagi.

Jari Tangan Keriput Ada Manfaatnya Juga

Sebuah penelitian dari Mark Changizi, beliau ialah seorang pakar neurobiologi yang berteori bahwa saat kulit jari tangan berkeriput saat terkena air, maka kita bakal lebih mudah menggenggam benda-benda yang basah atau benda yang terendam dalam air.

Tidak hanya itu, keriput di jari kaki, misal saat kita berenang maka akan menolong kita untuk mudah berada di dalam air sebab membuat pijakan lebih baik saat terendam di dalam air.

Baca Juga:

Itulah artikel jari tangan keriput kena air.

Terima kasih telah membaca artikel jari tangan keriput saat terkena air.

Posting Komentar untuk "7 Alasan Jari Tangan Cepat Keriput Kena Air"