Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Pemilu Pertama 1955: Tujuan, Pelaksanaan Dan Partai Pemenangnya

faktasantuy.com - Pemilu pertama pada tahun 1955. Oke sobat, kali saya bakal mengulas materi sejarah kelas XII yaitu Pemilihan Umum Tahun 1955. Pemilihan umum tahun 1955 ini merupakan pemilihan umum pertama yang ada pada masa demokrasi liberal. Oke langsung saja mari kami simak materi pemilu di indonesia berikut ini.



Nah bagaimana sejarah pelaksanaan pemilu di indonesia? apa tujuan pemilu 1955?

Pemilu Pertama 1955 (Latar Belakang, Tujuan, Pelaksanaan, Partai Pemenang)
Pemilu pertama kali dilaksanakan pada tahun

Latar Belakang Pemilu Pertama di indonesia

Tujuan pemilu 1955 ialah merupakan salah satu syarat supaya sistem pemerintahan yang demokratis bertujuan, Persiapan mendasar pemilu dilaksanakan pada masa Pemerintahan Kabinet Ali Sastoamijoyo I.

Kabinet Ali Sastroamijoyo I mempunyai acara mutlak untuk mempersiapkan pelaksanaan pemilu pertama kali yang direncanakan berjalan pada pertengahan tahun 1955.

Pada tanggal 31 Juli 1954 dibentuk Panitia Pemilihan Umum Pusat dengan ketuanya Hadikusumo (PNI). Pada tanggal 16 April 1955 Hadikusumo memberi kabar bahwa pemilihan umum untuk parlemen bakal diadakan pada tanggal 29 September 1955. Berita tersebut mendorong partai-partai untuk menigkatkan kampanyenya hingga hingga ke pelosok-pelosok desa. Masing-masing partai berusaha untuk memperoleh suara terbanyak.

Pelaksanaan Pemilihan Umum 1955

Diadakannya pemilu pertama kali diinginkan bisa menciptakan stabilitas politik & pemerintahan. Dengan pemerintahan yang kuat & stabil diinginkan bisa melaksanakan program-program pembangunan. Pemilu direncanakan pada tanggal 29 September 1955 untuk memilih anak buah DPR & pada tanggal 15 Desember 1955 untuk memilih anak buah konstituante (dewan pembuat undang-undang dasar).

Sesudah diumumkan pelaksanaan pemilu di indonesia, maka fase kampanye dimulai dengan menyelenggarakan rapat-rapat raksasa. Berbagai partai yang bakal mengikuti pemilu, yaitu PNI, Masyumi, PSII, PSI, NU, PKI, PIR, PI Perti, Parkindo, Partai Katolik, PRN, Murba, & Partai Buruh. Bahkan dari kelompok tentara, yang diprakarsai oleh A.H. Nasution pada tahun 1954 membentuk sebuah organisai atau partai yang mempunyai golongan tentara di parlemen. Partai inilah yang dikenal dengan IPKI (Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia).

Wilayah Indonesia dalam pelaksanaan pemilu pertama pada tahun 1955 dibagi menjadi 16 daerah pemilhan yang meliputi 208 kabupaten, 2.139 kecamatan, & 43.429 desa dengan jumlah pemilih dalam pemilu pertama kurang lebih 39 juta orang. Penyelenggaraan pemilu pertama berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1953 & Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1954.

Akhirnya pada tanggal 29 September 1955 sejarah pemilu di Indonesia bisa terlaksana dengan lancar, sekalipun semula ada ketegangan-ketegangan, tetapi berikutnya berjalan dengan aman, tertib, & disiplin. Lalu pada tanggal 15 Desember1955 diselenggarakan pemilu untuk memilih anak buah konstituante. Suasana pemilihan konstituante ini lebih tenang bila dibandingkan saat pemilihan anak buah DPR.

Hasil Pemilihan Umum Tahun 1955

Pemilu yang sukses dilaksanakan pada tahun 1955 tersebut menimbulkan empat partai terkemuka yang meraih kursi terbanyak di DPR & konstituante. Keempat partai terkemuka yang meraih kursi terbanyak di DPR & konstituante ialah :

4 partai besar pemenang pemilu 1955:
  1. Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi), 
  2. Partai Nasional Indonesia (PNI), 
  3. Nahdatul Ulama (NU),
  4. Partai Komunis Indonesia (PKI).

4 partai besar pemenang pemilu 1955 tersebut terlihat dari perimbangan kursi di DPR yang terdiri dari 272 kursi. Untuk kursi DPR Masyumi 60 kursi, PNI 58 kursi, NU 47 kursi, PKI 32 kursi, & partai lain memperebutkan sisa 75 kursi, sedangkan perimbangan kursi konstituante 520 kursi. Masyumi 119 kursi, PNI 112 kursi, NU 91 kursi, PKI 80 kursi, & partai lainnya memperebutkan sisa 118 kursi. Pengangkatan anak buah DPR hasil pemilu dilakukan pada tanggal 20 Maret 1956, sedangkan pada anak buah Dewan Konstituante dilakukan pada tanggal 10 November 1956.

Nah itulah postingan materi pemilu pertama kali dilaksanakan pada tahun 1955. Semoga PR materi sejarah kamu tentang pelaksanaan pemilu di indonesia tahun 1955  bisa terlesaikan dengan melihat sejarah pemilu di indonesiadiatas. Apabila ingin bertanya mengenai materi sejarah pemilu pertama di indonesia atau tujuan pemilu 1955, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan materi kelas 12 biologi. Baca Juga:

Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan sejarah pemilu di indonesia ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "Sejarah Pemilu Pertama 1955: Tujuan, Pelaksanaan Dan Partai Pemenangnya"