Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 20+ Contoh Teks Eksplanasi dan Strukturnya Terbaru 2020

faktasantuy.com - Teks Eksplanasi
Teks eksplanasi ialah materi pembelajaran bahasa indonesia yang bakal kami bahas sekarang. Materi teks eksplanasi yang bakal kami bahas hari ini yaitu mengenai pengertian teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, kaidah kebahasaan teks eksplanasi, & juga ciri-ciri teks eksplanasi. Tanpa panjang lebar mari kami simak materi teks eksplanasi yang telah saya rangkum dibawah ini.

contoh-teks-eksplanasi

Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks eksplanasi adalah teks yang berisi mengenai proses 'mengapa' & 'bagaiman' kejadian-kejadia alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, & lainnya bisa terjadi. Sebuah kejadian baik kejadian alam maupun kejadian seosial yang terjadi di sekitar kita, mempunyai hubungan sebab dampak & mempunyai proses. Sebuah kejadian yang terjadi di dekat kita, tidak hanya untuk kami amati & rasakan saja, tetapi juga untuk pelajari. Kamu bisa mendalami kejadian tersebut, umpama dari sisi mengapa & bagaimana bisa terjadi.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi mempunyai mempunyai struktur yang terdiri dari pernyataan umum, dilanjutkan dengan urutan sebab dampak, & diakhiri dengan interpretasi. Untuk lebih memahami lagi mengenai struktur tersebut silahkan disimak dibawah ini.
  1. Pernyataan umum, berisi statemen atau penyataan umum mengenai sebuah topik yang bakal dijelaskan proses keberadaanya, proses terjadinya, atau proses terbentuknya.
  2. Urutan Sebab Dampak, berisikan mengenai detail penjelasan proses kehadiran atau proses terjadi apabila dengan cara urut atau berangsur-angsur dari yang paling awal sampai yang paling akhir.
  3. Interpretasi, berisi mengenai kesimpulan atau pernyataan mengenai topik atau proses yang dijelaskan.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi mempunyai 3 ciri-ciri teks eksplanasi yang bisa mempermudah kamu untuk membedakan antara teks eksplanasi dengan teks yang lainnya. Berikut bakal saya jelaskan 3 ciri-ciri teks eksplanasi.
  1. Strukturnya terdiri dari penyataan umum, urutan sebab dampak, & interpretasi contohnya yang telah saya jelaskan diatas tadi.
  2. Memuat info berdasarkan fakta (faktual).
  3. Faktualnya tersebut memuat info yang bersifat ilmiah atau keilmuan contohnya sains & yang lainnya.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi pada umumnya mempunyai ciri bahasa sebagai berikut.
  1. Fokus pada hal umum (generic), bukan partisipan manusia (nonhuman participants), umpama gempa bumi, banjir, hujan, & udara.
  2. Dimungkinkan memakai istilah ilmiah.
  3. Lebih banyak memakai kata kerja material & relasional (kata kerja aktif).
  4. Memakai konjungsi waktu & kausal, umpama apabila, bila, sehingga, sebelum, pertama, & kemudian.
  5. Memakai kalimat pasif.
  6. Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan dengan cara kausal tersebut terbukti adanya.

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya

Pengangguran
Pengangguran merupakan salah satu fenomena sosial yang berkaitan dengan sudut ketenagakerjaan yang menjadi persoalan di masyarakat. Contohnya sebuah penyakit, yang dengan cara kronik menyerang sisi kehidupan bermasyarakat. Sudah banyak formula penanganan yang diambil, tetapi perpersoalanan ini belum juga tuntas. Bukan hanya di Indonesia, perpersoalanan pengangguran ini ditemukan dihampir semua negara. Setiap pemerintahan di dunia, menjadikan persoalan penggangguran menjadi acara utama. Dengan cara umum, banyak yang mendefinsikanbahwa pengangguran ialah orang dewasa yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, atau tidak mempunyai pekerjaan dengan cara formal & tidak memperoleh penghasilan. Tidak hanya itu, Tubuh Pusat Statistik (BPS) dengan cara spesifik memberikan definisi mengenai pengangguran yaitu; orang-orang yang bekerja kekurangan dari 1 jam setiap minggu.

Ada beberapa faktor yang sangat mendasar yang menjadi penyebab terjadinya pengangguran. Pengangguran biasanya terjadi sebab adanya kesenjangan antara pencari kerja & peluang kerja. Pangangguran juga bisa sebabkan oleh adanya perubahan struktural dalam perekonomian. Perubahan ini memunculkan keperluan kepada tenaga kerja dengan tipe atau tingkat keterampilan yang tidak sama. Sehingga, kualifikasi yang dimiliki oleh pencari kerja tidak sesuai dengan tuntutan yang ada.yang sering juga terjadi ialah pengangguran yang dikarenakan oleh pemutusan hubungan kerja kepada karyawan & buruh.

Dampak terjadinya pengangguran, yaitu memunculkan beberapa persoalan ekonomi & sosial bagi yang mengalaminya. Orang yang tidak mempunyai mata pencaharian juga tidak mendapat penghasilan, & yang tidak berpenghasilan tidak bisa membelanjakan uang untuk membeli barang keperluan hidup. Bila jumlah penganggur banyak pasti, bakal muncul kekacauan sosial, jumlah gelandangan meningkat pesat, selanjutnya berpotensi memunculkan kriminal.
Dari semua uraian di atas, maka sudah jelas bahwa pengangguran ialah persoalan besar yang haruslah segera dicarikan solusi. Langkah nyata yang bisa ditempuh ialah dengan memperbagusi kondisi lapangan kerja. Dengan terus bagusnya kondisi lapangan kerja, kekerasan sosial dampak pengangguran bisa dikekurangani atau diatasi. Disamping itu, memperbagusi komposisi lulusan sarjana yang dihasilkan & disesuaikan dengan keperluan pasar tenaga kerja. Langkah yang lebih bagus lagi ialah apabila kami sanggup memberikan keterampilan yang memadai untuk mereka usia kerja jadi bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. Semua langkah ini haruslah segera kami ambil supaya persoalan pengangguran segera terberakhirkan.

Contoh Teks Eksplanasi Kompleks dan Strukturnya


Teks eksplanasi kompleks merupakan sebuah teks eksplanasi yang membahas hal-hal kompleks yang tak lumayan dijelaskan dalam satu atau dua paragraph saja jadi dalam sebuah teks eksplanasi kompleks, hal yang dibicarakan dijelaskan dengan cara gamblang & menyeluruh.

Tema yang bisa dituliskan dalam eksplanasi kompleks bisa apa saja, umpama hukum, politik, kesehatan, lingkungan, sosial, budaya, fenomena alam & lain sebagainya.

Aku bakal mengambil salah satu dari tema tersebut untuk dijadikan contoh dalam postingan ini, yakni penyakit demam berdarah.

Pernyataan Umum

Penyakit demam berdarah tetap menjadi persoalan serius di negara subtropics & tropis contohnya Indonesia.

Meski demam berdarah ini bisa disembuhkan, tetapi tak jarang penderita penyakit demam berdarah meninggal dunia sebab telat ditangani.

Di Indonesia permasalahan penyebaran penyakit dengu termasuk tinggi, bahkan Indonesia termasuk negara nomor dua sedunia sesudah Brazil yang mempunyai permasalahan demam dengue terbanyak dengan jumlah rata-rata korban meninggal hingga 700 jiwa per tahun.

Bagian Penjelasan

Demam berdarah (lebih cocoknya ialah demam berdarah dengue/DBD) merupakan penyakit komplikasi dari demam dengue yang dikarenakan oleh virus yang sama & ditularkan dengan perantara serangga yang sama, yakni nyamuk aedes aegypti & aedes albopictus.

Meski demikian, masyarakat terlanjur mengenal satu istilah untuk dua tipe penyakit tersebut, yakni demam berdarah.

Untuk penyakit demam dengue sebetulnya bisa ditangani dengan cara mudah tanpa bantuan obat khusus, yakni dengan cara istirahat total, banyak minum air, banyak makan makanan sehat, serta minum paracetamol & acetaminophen.

Bila hal tersebut diperbuat dengan sungguh-sungguh, maka demam dengue tersebut bakal reda dalam waktu kekurangan dari 6 hari.

Akan tetapi lain halnya dengan penyakit demam berdarah dengue atau yang biasa kami sebut sebagai demam berdarah saja, penyakit ini membutuhkan perawatan yang serius sebab virus dengue sudah terlanjur membekuk system imun badan & merusak pembuluh darah & kelenjar getah bening jadi penderita biasanya bakal mengalami demam tinggi disertai dengan muntah darah, sesak nafas, keluar darah dari hidung & gusi, pusing tinggi, pembengkakan organ hati & nyreri pada semua anak buah badan terutama pada daerah perut.

Gejala demam dengue atau demam berdarah dengue bisa dikenali melalui ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Mula-mula badan contohnya terserang flu.
  2. Suhu badan panas tinggi hingga 41 derajad celcius.
  3. Demam hingga menggigil.
  4. Pusing-pusing.
  5. Hilang nafsu makan.
  6. Badan lemas.
  7. Sakit tenggorokan.
  8. Wajah memerah.
  9. Mual & muntah.
  10. Nyeri di persendian.
  11. Muncul bintik-bintik merah di kulit.
  12. Pembengkakan kelenjar getah bening.
  13. Nyeri dibagian belakang mata.

Bila mendapati gejala penyakit yang demikian, sebaiknya segera menghubungi dokter sebab bagaimanapun juga penyakit demam dengue yang diderita ini haruslah segera memperoleh penanganan secepatnya sebelum mengalami komplikasi menjadi demam berdarah dengue.

Penyakit ini bakal mulai menunjukkan gejalanya sesudah 4-10 hari pasca gigitan nyamuk.

Oleh sebab itulah, sebelum virus yang dibawa oleh nyamuk ini menyerang, ada baiknya meperbuat langkah-langkah pencegahan contohnya yang dipaparkan berikut ini:
  1. Membersihkan semua lingkungan rumah.
  2. Mengubur barang bekas yang menampung air.
  3. Menguras bak kamar mandi & toilet.
  4. Menutup penampungan air.
  5. Memasang obat anti nyamuk atau menyemprot obat pembasmi nyamuk terutama dibagian-bagian yang biasanya dijadikan sarang nyamuk.
  6. Memasang strimin anti nyamuk di semua ventilasi rumah.
  7. Tidak terlalu sering membiarkan pintu rumah & jendela terbuka terutama pada sore & malam hari.
  8. Gotong royong dengan masyarakat untuk serempak membersihkan lingkungan & meperbuatnya dengan cara rutin.
  9. Fogging atau pengasapan di area kebun atau got saluran air.

Penutup

Sebaiknya mencegah daripada mengobati & pencegahan penularan demam dengue dengan cara yang telah dijelaskan dibagian sebelumnya tak hanya berguna semata-mata untuk mencegah demam dengue, tetapi juga untuk menjaga kesehatan serta mengusir binatang pembawa penyakit lainnya contohnya tikus, kecoa & lalat.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Beserta Stukturnya


Ada beberapa tipe fenomena alam yang biasa terjadi di kurang lebih kita, umpama ialah hujan, gempa bumi, tsunami, petir, pelangi, & lain sebagainya.

Nah, sebagai contoh dibagian ini, aku bakal menuliskan satu teks ekplanasi pendek mengenai fenomena angin puting beliung.

Pernyataan Umum

Puting beliung merupakan salah satu tipe angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 60 km/jam membentuk satu garis lurus meliuk-liuk dari atas ke bawah dengan kisaran kejadian 10-30 menit.

Di Jawa angin semacam ini disebut juga sebagai angin lesus, sementara di daerah Sumatra orang menyebut angin ini sebagai angin bahorok.

Di amerika, angin semacam ini bisa berkapasitas 10 kali lebih besar & dengan kekuatan 6 kali lebih besar, yakni kurang lebih 300km/jam dengan ukuran diameter mencapai 500 meter.

Angin inilah yang disebut sebagai angin tornado & sangat ditakuti sebab kekuatannya yang bisa menghancurkan apapun yang dilaluinya.

Bagian Penjelasan

Angin puting beliung merupakan salah satu fenomena alam yang tak bisa diremehkan akibatnya. Oleh sebab tersebut sebaiknya butuh diketahui tanda-tanda bakal terjadinya puting beliung.

Berikut ini merupakan beberapa tanda bakal terjadinya angin puting beliung:

Udara terasa sangat panas.
Muncul awan (awan cumulus) berbentuk contohnya kembang kol raksasa di langit. Awan ini makin lama bakal menjadi mendung (awan cumulonimbus) dengan bentuk yang kekurangan lebih mirip tetapi berkapasitas lebih besar lagi.
Perlahan terasa ada hembusan angin yang terus lama bakal terus kencang.
Bila sudah ada tiga ciri-ciri tersebut, kemungkinan besar bakal terjadi angin puting beliung jadi diinginkan semua masyarakat waspada & bersiap-siap mencari tempat perlindungan yang aman.

Bagaimana proses terjadinya angin puting beliung? Angin puting beliung terbentuk dari tiga fase, yakni fase tumbuh, fase dewasa, & fase punah. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Fase Tumbuh

Saat suhu udara sedang panas-panasnya, dalam awan terjadi arus udara yang naik ke atas. Udara panas ini juga mengangkat uap air dalam jumlah besar jadi perlahan awan bakal menjadi gelap.
2. Fase Dewasa

Dalam fase ini, jumlah titik-titik air dalam awan sudah tak tertahan lagi & akhirnya turun menjadi hujan.

Hujan ini memunculkan gaya gesek antara arus udara yang naik & yang turun & pastinya temperature udara yang turun lebih dingin dari temperature udara di bawahnya.

Gaya gesek dari udara naik & turun dengan temperature tidak sama inilah yang menyebabkan terjadinya perputaran angin yang besar yang disebut sebagai angin puting beliung.

3. Fase Punah

Fase ini merupakan akhir atau melemahnya perputaran angin sebab suhu udara akhirnya stabil & pergesekan berhenti.
Kehadiran angin puting beliung ini tidak bisa diramalkan sebab prosesnya bisa terjadi tiba-tiba.

Tetapi demikian, yang pasti angin puting beliung terjadi pada waktu siang atau sore hari saat intensitas temperature bumi sedang panas.

Angin puting beliung biasanya terjadi pada skala local saja dengan durasi antara 5-7 menit untuk puncak putaran angin yang paling kuat.

Angin puting beliung ini lebih sering timbul pada daerah dataran rendah dengan suhu rata-rata 30-32 derajad celcius.

Penutup

Meski angin puting beliung bukan termasuk tipe angin yang sangat berbahaya, tetapi bila terjadi dengan kekuatan maksimal, kerusakan yang ditimbulkan oleh angin ini tidak bisa diremehkan.

Bahkan, angin puting beliung bisa merobohkan pohon berkapasitas besar jadi bila sudah terlihat tanda-tanda bakal terjadi angin puting beliung, sebaiknya segera berteduh ke tempat yang aman; jauh dari pepohonan, tiang-tiang reklame, & bangunan yang rentan ambruk.

Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari dan Strukturnya


Pernyataan Umum

Gerhana matahari merupakan salah satu fenomena alam yang langka sebab tidak bisa terjadi setiap saat.

Bahkan, gerhana matahari menjadi peristiwa yang dinantikan banyak orang; mereka rela menantikan gerhana matahari & ingin menyaksikannya langsung dengan memakai kacamata khusus atau teropong khusus.

Gerhana matahari terjadi saat posisi bulan berada cocok diantara matahari & bumi & membentuk satu garis lurus jadi cahaya matahari tertutup oleh lingkaran bulan.

Meski diameter bulan sangat jauh lebih keci dari matahari, tetapi jarak bulan ke bumi lebih dekat, maka bulan sanggup menutup cahaya matahari selagi beberapa hari.

Jarak bulan ke bumi berkisar kurang lebih 384.400km, sementara jarak matahari ke bumi berkisar kekurangan lebih sejauh 149.680.000 kilometer.

Bagian Penjelasan

Sangat tidak disarankan untuk memantau gerhana matahari dengan cara langsung sebab hal ini sangat membahayakan.

Retina mata yang terkena radiasi tinggi yang tak kasat mata dari gambarsfer matahari bisa membuat retina mata rusak dengan cara permanen; akibat yang paling parah ialah kebutaan.

Oleh sebab tersebut pengawasan gerhana matahari dengan cara langsung membutuhkan peralatan khusus contohnya kacamata atau pelindung mata yang sanggup menyaring radiasi inframerah dari gambarsfer matahari.

Gerhana matahari berjalan selagi kekurangan dari 8 menit & rentan waktu tersebut merupakan waktu paling baik & aman untuk meperbuat pengawasan pada saat gerhana matahari sedang berjalan.

Selebihnya, walau gerhana tetap terjadi, tetapi sinar matahari sudah mulai terihat dari tepi lingkarang bulan yang perlahan-lahan mulai bergeser sebab rotasi bumi sekaligus rotasi bulan jadi saat gerhana telah berjalan selagi hamper 8 menit, maka pengawasan sebaiknya dihentikan sebab selesaiiko merusak retina mata.

Gerhana matahari yang terjadi di sebuah wilayah bakal sangat jauh tidak sama dengan yang terjadi diwilayah lain.

Tentu saja hal ini berkenaan dengan posisi antara matahari-bulan-bumi yang tidak bakal sempat sama antara wilayah satu dengan wilayah lainnya jadi bila di daerah A terjadi gerhana matahari total maka belum pasti di daerah B bakal mengalami hal serupa; bisa jadi di wilayah B hanya bakal ada gerhana matahari cincin.

Untuk memahami jenis-jenis gerhana matahari, simak uraian berikut ini:

1. Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total terjadi bila ukuran lingkaran bulan yang menutup lingkaran matahari berkapasitas sama besar jadi lingkaran matahari tertutup sempurna pada saat puncak gerhana.

Ukuran lingkaran bulan & matakali ini bakal rutin berubah-ubah tergantung posisi & jarak dari keduanya dengan bumi.

2. Gerhana Matahari Cincin

Tidak sama dengan gerhana matahari total, gerhana matahari cincin terjadi apa bila ukuran lingkaran bulan lebih kecil dari ukuran lingkaran matahari jadi pada saat puncak gerhana, lingkaran matahari tidak sepenuhnya tertutup & terlihat cahaya keemasan mengelilingi lingkaran bulan.

Cahaya keemasan di tepi lingkaran bulan tersebut terlihat contohnya cincin yang bersinar keemasan.

3. Gerhana Sebagian

Tidak rutin posisi bulan saat terjadi gerhana matahari berada cocok di tengah & menutup lingkaran matahari dengan sempurna; kadang-kadang posisi bulan berada lebih tinggi atau lebih rendah jadi pada saat puncak gerhana, lingkaran matahari tidak sepenuhnya tertutup & terlihat contohnya sabit keemasan.

Pastinya gerhana matahari sebagian ini tidak bisa diketahui tanpa memakai alat khusus sebab walau cahaya matahari hanya mendapatka sedikit lubang, tetapi cahayanya tetap terang benderang contohnya saat langit sedang mendung ringan.

4. Gerhana Hibrida

Gerhana matahari hibrida sebetulnya merupakan gabungan antara gerhana matahari total dengan gerhana matahari cincin sebab pada saat gerhana matahari hibrida ini terjadi, pada satu titik di bumi gerhana ini terlihat sebagai gerhana matahari total, tetapi pada titik lain di bumi gerhana ini terlihat sebagai gerhana matahari cincin.
Penutup

Sangat tidak disarankan untuk melihat gerhana matahari sebetulnya sebab tanpa peralatan yang memadai kami tidak bisa menikmati keindahan gerhana matahari sebagaimana yang kami saksikan pada gambar atau ulasan-ulasan mengenai gerhana matahari.

Terbukti benar sih gerhana matahari tersebut indah, tetapi bila kami mencoba untuk melihatnya tanpa bantuan alat khusus, kami hanya bakal melihat langit yang berwarna lebih gelap dari biasanya sebab mata kami dengan cara otomatis bakal menolak untuk memandang langsung ke angkasa.

Oleh sebab itulah, untuk menghindari resiko kebutaan, sebaiknya kami melihat gerhana matahari dengan memakai peralatan khusus.

Atau, bila kami ingin ekonomis, kami bisa menyaksikan gerhana matahari melalui siaran televisi atau video documenter sebab dengan melalui media tersebut, kami justru bakal bisa meringkus keindahan gerhana matahari dengan sejelas-jelasnya tanpa mengalami resiko kerusakan mata.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Gerhana Bulan


Pernyataan Umum

Gerhana bulan merupakan salah satu fenomena alam yang digemari banyak orang.

Di Jawa pada masa lalu, umpama, gerhana bulan menjadi peristiwa bagi masyarakat desa untuk berkumpul & menabuh kentongan bareng-bareng sebagai bagian dari ritual tolak bala.

Gerhana bulan dianggap sebagai saat saat raksasa menelan bulan & untuk menggagalkan raksasa tersebut maka semua manusia haruslah membuat suara riuh di bumi contohnya umpama menabuh kentongan.

Sesudah jaman terus maju & modern, ritual tradisi yang mengangap gerhana bulan sebagai peristiwa raksasa menelan bulan telah punah sebab penyebab terjadinya gerhana bulan telah diketahui, yakni saat bumi menutup cahaya matahari yang hingga ke bulan sehinga bulan tak lagi bercahaya (memantulkan cahaya matahari).

Gerhana bulan terjadi saat posisi matahari-bumi-bulan berada dalam satu garis lurus.

Bagian Penjelasan

Sebagaimana gerhana matahari, pada gernaha bulan sebetulnya bulan tetap bisa terlihat; sinar matahari dibelokkan oleh atmosfir bumi jadi hingga ke permukaan bulan.

Yang seringkali terjadi, spectrum cahaya matahari yang dibelokkan oleh atmosfir bumi ini berwarna merah jadi saat terjadi gerhana bulan, maka bulan tetap bisa terlihat & terlihat berwarna suram, jingga, merah tembaga atau coklat.

Peristiwa inilah yang dinantikan oleh kebanyakan orang sebab bulan berwarna lain dari biasanya.

Tidak sama dengan gerhana matahari, gerhana bulan aman untuk diamati dengan cara langsung sebagaimana bulan bisa & aman untuk dilihat pada hari-hari biasa.

Hal ini sebab bulan sebetulnya tidak mempunyai cahaya, melainkan hanya memantulkan cahaya matahari jadi radiasi cahaya matahari telah hilang & intensitas cahaya bulan tidak sekuat cahaya matahari.

Berdasarkan jenisnya, gerhana bulan bisa dibedakan menjadi tiga:

1. Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total tetap bisa dibedakan menjadi dua, yakni gerhana bulan total positif & gerhana bulan total negatif.

Pada saat terjadi gerhana bulan positif, posisi bulan berada pada daerah umbra (bayangan gelap yang dihasilkan oleh bumi) jadi warna bulan terlihat merah merata.

Sementara gerhana bulan total negatif hanya terjadi di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT); pada saat terjadi gerhana bulan total negative ini, bulan berwarna merah tetapi tidak merata.

2. Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana bulan sebagian terjadi saat posisi bumi tidak sepenuhnya menutup cahaya matahari jadi tetap ada cahaya matahari yang hingga di permukaan bulan.

Sebagian posisi bulan bakal ada pada daerah penumbra & sebagian lainnya terbebas dari bayangan bumi & dengan demikian, bulan bakal terlihat sebagian bersinar terang & sebagian lagi berwarna suram.

3. Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana bulan penumbra terjadi saat posisi bulan berada sepenuhnya pada daerah penumbra atau bayangan samar-samar bumi jadi pada posisi ini bulan bakal terlihat berwarna suram.

Penutup

Cahaya cantik dari bulan saat terjadi gerhana bulan sekarang malah menjadi daya tarik tersendiri & sanggup membuat orang rela berangkat ke sebuah daerah tertentu yang sedang mengalami gerhana bulan untuk meneliti atau sekedar menikmati suasana yang langka tersebut.

Meski demikian, gerhana bulan oleh sebagian masyarakat tetap dianggap sebagai hal yang sakral & oleh sebab itulah manusia sebaiknya berdoa saat terjadi gerhana bulan.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Petir


Pernyataan Umum

Petir merupakan salah satu fenomena alam yang paling ditakuti meskipun jarang memakan korban.

Petir atau dikenal juga dengan nama kilat atau halilintar tidak termasuk sebagai bencana alam sebab meskipun mempunyai energi yang sangat besar dengan daya hancur tinggi, tetapi petir pada zaman sekarang ini bukan lagi hal yang butuh dikhawatirkan sebab petir bisa ditanggulangi dengan penangkal petir.

Tetapi pada masa lalu, petir menjadi hal yang menakutkan terutama pada daerah lapang yang jarang ditumbuhi pepohonan; petir sanggup menghancurkan batu yang besar atau menghanguskan pepohonan dalam sekali sambar jadi manusia butuh untuk merasa takut.

Bagian Penjelasan

Petir biasanya timbul pada saat cuaca sedang hujan atau mendung gelap yang ditandai dengan munculnya kilat terlebih dahulu lalu lalu disusul dengan suara yang menggelegar atau bahkan ledakan.

Cahaya petir atau kilat ini timbul lebih dahulu daripada bunyinya sebab cahaya merambat lebih cepat dari pada bunyi.

Adakalanya sesudah cahaya kilat ini timbul sekian detik lalu disusul suara gemuruh & adakalanya pula sesudah cahaya ini Nampak dalam sekejap ada terdengar bunyi ledakan; ini tandanya jarak petir tersebut sangat dekat dengan kehadiran kita.

Saat mendung, awan mempunyai muatan listips positif & negative; muatan positif bakal berkumpul dengan muatan positif lainnya di satu segi (atas atau bawah awan) & di segi sebaliknya terkumpul muatan negatif.

Bila awan ini bermuatan listips positif & negative, maka bumi ialah unsur yang netral & menjadi tempat untuk mengalirkan electron bila awan kelebihan muatan negative.

Syarat mutlaknya ialah haruslah ada perbedaan potensial antara langit & bumi.

Kunci terjadinya petir ini ialah adanya perbedaan potensian antara awan dengan benda lainnya (bumi, awan lain, & semua benda di permukaan bumi).

Medium yang dipakai untuk mengalirkan electron ini ialah udara.

Semestinya udara bukan merupakan penghantar listips, tetapi saat hujan daya isolator udara menurun & akhirnya bisa menjadi medium electron untuk turun ke bumi.

Suara ledakan dari petir ini terjadi saat electron memecah daya isolator dari udara yang bercampur air.

Hanya energi listips yang super besar yang sanggup mengalir melalui udara sewaktu hujan jadi petir merupakan sumber listips jutaan volt.

Petir bisa ditanggulangi dengan alat penangkal petir; alat ini merupakan rangkaian jalur yang berguna sebagai jalan electron menuju permukaan bumi tanpa haruslah merusak benda yang dilaluinya contohnya umpama atap rumah, pohon, tiang, & lain sebagainya; petir bakal mencari benda paling tinggi untuk dijadikan rambatan menuju permukaan bumi.

Tanpa adanya penangkal petir ini maka benda yang tersambar petir bakal hancur terbakar.

Ada tiga bagian mutlak dalam alat penangkal petir, yakni batang penangkal petir (batang tembaga berujung runcing), kabel konduktor (jalinan kawat tembaga yang menghubungkan batang penangkal petir dengan bumi), & tempat pembumian (lubang di dalam tanah untuk menanam kabel konduktor).

Penutup

Meskipun petir bukanlah bencana alam, tetapi kami butuh waspada & sebaiknya tidak menantang maut dengan cara berhujan-hujan di tanah lapang sebab bila kami berada dalam tanah lapang, maka kitalah medium yang menjadi jalur petir menuju bumi.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pelangi


Pernyataan Umum

Pelangi merupakan garis berwarna-warni yang melengkung & terlihat cantik menghias angkasa.

Orang-orang jaman dahulu pada budaya-budaya tertentu percaya bahwa pelangi merupakan sesuatu yang berhubungan dengan hal ghaib contohnya umpama pelangi ialah jembatan yang mendampingi para roh untuk menuju ke surga, pelangi merupakan naga yang menjaga langit, & lain sebagainya.

Yang pasti, pelangi merupakan fenomena yang tak rutin setiap saat timbul & keberadaannya tidak bisa ditebak.

Hingga saat ini, masyarakat tetap berpendapat pelangi sebagai sesuatu yang cantik & pantas untuk diabadikan dalam gambar lalu diunggah ke dunia maya.

Bagian Penjelasan

Sebetulnya pelangi bukanlah material yang bisa di sentuh layaknya benda-benda lainnya sebab pelangi merupakan salah satu fenomena cahaya berwarna-warni yang terbentuk sebab cahaya matahari melalui air hujan.

Bila cahaya matahari yang mempunyai beberapa tipe spectrum warna menembus air hujan, maka cahaya matahari yang terlihat putih tersebut bakal mengalami pembiasan & spectrum warna tersebut bakal terlihat & tartangkap mata manusia.

Jumlah warna pelangi setidaknya ada 7, yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu.

Kadang-kadang, matahari tidak sepenuhnya tertutup awan saat turun hujan & pada peristiwa ini pelangi raksasa biasanya bakal timbul terpampang di langit.

Pelangi tak rutin berada di langit sebab kami bisa membuatnya sendiri dengan cara yang sederhana, yakni dengan menyemprotkan air ke udara saat cahaya matahari sedang terik; dalam sekejap kami bisa melihat pelangi yang berkapasitas kecil.

Penutup

Pelangi hanya bisa terlihat oleh mata manusia apabila manusia tersebut berada diantara air & sumber cahaya (matahari) jadi posisi manusia membelakangi matahari

Bila di ufuk timur sedang hujan sementara di ufuk barat sedang cerah & kami berada di tengah-tengahnya, maka kalau kami melihat ke timur kami bakal menyaksikan pelangi yang membusur di angkasa.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam

Dari beberapa macam tipe bencana alam yang sempat terjadi, bencana gunung meletus bakal dijadikan sebagai contoh teks eksplanasi bencana alam dibagian ini.

Pernyataan Umum

Bencana gunung meletus bisa dibilang sering terjadi di Indonesia yang hampir sebagian besar wilayahnya merupakan lempeng cincin api atau jalur magma dari inti bumi.

Meskipun masyarakat indonesia telah familiar dengan bencana ini, tetapi bagaimanapun juga bencana gunung berapi tetap merupakan ancaman yang menakutkan.

Bagian Penjelasan

Gunung api merupakan salah satu jalur alamiah untuk keluarnya magma dari dalam perut bumi yang terdorong keluar oleh gas yang berkekuatan tinggi jadi saat magma ini terdorong keluar melalui gunung api, maka ribuan material yang terdapat dalam jalur tersebut bakal ikut terbawa keluar.

Kejadian atau bencana tersebut dikenal sebagai letusan gunung berapi.

Kekuatan letusan gunung api bisa sangat besar; bergantung pada kekuatan dorongan gas dari perut bumi yang mendesak keluar.

Terus besar tekanan yang terjadi, maka terus tinggi material tersebut terangkat ke antariksa (diperkirakan bisa mencapai 18 km atau lebih) jadi kerusakan yang ditimbulkan bisa sangat parah mulai dari jatuhnya material keras contohnya bebatuan, kerikil, pasir & debu ke pemukiman penduduk hingga sapuan dari gugusan awan panas dari lava (magma yang keluar dari dalam perut bumi) yang membakar apapun yang dilaluinya jadi bisa dikatakan bahwa bencana gunung berapi ini sangat menakutkan.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang berbahaya akibat dari letusan gunung berapi:

1. Gempa Bumi

Aktivitas vulkanik dari gunung api ini rutin memunculkan gempa bumi baik yang berskala ringan hingga berat.

Gempa yang diakibatkan dari letusan gunung api ini tidak bisa dianggap remeh sebab gempa semacam ini sempat terjadi dalam skala yang sangat besar & memunculkan kerusakan yang parah contohnya umpama yang terjadi pada waktu letusan gunung Krakatau atau gunung toba purba.

2. Hujan Material Padat (batu, kerikil, pasir, debu vulkanik)

Hujan material ini tak hanya berpotensi menimbun pemukiman di kurang lebih gunung api, tetapi bisa memunculkan akibat parah di pemukiman yang jauh dari gunung tersebut contohnya yang terjadi saat letusan gunung kelud beberapa waktu silam yang melontarkan abu vuklanik hingga ke daerah jawa barat.

Abu ini sangat berbahaya sebab tak hanya mengotori udara tetapi juga membunuh beberapa tipe tanaman & bahkan merobohkan bangunan apabila ketebalannya sangat ekstrim.

3. Awan Panas

Awan panas ini berasal dari cairan lava yan membakar segala sesuatu yang dilaluinya.

Meskipun hanya berupa awan panas, tetapi awan ini bisa membakar beberapa macam benda yang ada dipermukaan tanah contohnya pepohonan, binatang, hingga pemukiman.

4. Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan di kurang lebih gunung rutin terjadi apabila lava yang keluar melalui area tersebut. Pada radius yang paling dekat dengan gunung, pepohonan bakal hangus hingga seakar-akarnya.

5. Lahar (panas & dingin)

Lahar panas atau dingin ini merupakan material yang biasanya berupa kerikil & pasir yang keluar dari dalam perut bumi.

Disebut lahar panas apabila lahar ini tetap berupa bara api & disebut lahar dingin apabila suhu material tersebut sudah menurun sekian waktu sesudah erupsi gunung berapi berakhir & bercampur dengan air sungai atau air hujan.

6. Gas Vulkanik

Gunung meletus tak hanya mengeluarkan material padat dari dalam perut bumi tetapi juga material lain berupa gas yang bisa menjadi polusi diudara & menyumbang sekia persen dari pemanasan global.

Pada letusan yang sangat besar, gas ini bakal menyebabkan terjadinya perubahan iklim global selagi beberapa waktu.

7. Tsunami (bila gunung berapi yang meletus berada di tengah laut atau di dasar laut)

Gempa & guguran material di dalam laut yang terjadi sebab letusan gunung api laut sangat berpotensi menyebabkan gelombang tsunami baik yang berskala kecil hingga besar.

Letusan gunung Krakatau pada tahun 1883 menyebabkan terjadinya gelombang tsunami dengan ketinggian lebih dari 40 meter & menyapu pesisir pulau jawa & Sumatra.

Akibat dari letusan tersebut dirasakan di semua penjuru dunia sebab debu & gas yang diterbangkan ke antariksa sanggup menutup antariksa selagi 5 tahun & menyebabkan suhu bumi turun hingga 1.2 derajad celcius.

Penutup

Meski letusan gunung berapi sangat berbahaya bagi kehidupan, tetapi pada periode berikutnya material yang keluar dari gunung api tersebut menjadi berkat bagi kehidupan.

Material tersebut merupakan material subur yang kaya mineral jadi dengan cara alamiah bakal mengembalikan kesuburan hutan yang sebelumnya telah ludes terbakar. Material tersebut juga menjadi berkat bagi manusia untuk dipergunakan sebagai bahan bangunan.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam Banjir

Berikut ini merupakan sebuah contoh teks eksplanasi mengenai banjir. Simak selengkapnya di bawah ini:

Pernyataan Umum

Banjir merupakan salah satu tipe bencana alam yang sering terjadi di beberapa negara terutama pada daerah dataran rendah pada waktu musim hujan

Pada pengertiannya yang paling umum, banjir ialah genangan atau luapan air dalam jumlah besar pada sebuah daerah tertentu.

Banjir menjadi persoalan bagi manusia bila terjadi di daerah pemukiman penduduk atau area pertanian & perikanan.

Bagian Penjelasan

Banjir dikarenakan oleh dua faktor, yakni faktor alam & faktor kelalaian manusia.

Faktor alam ini terjadi apabila curah hujan terlalu tinggi turun di daerah dataran rendah jadi daerah tersebut dengan cara otomatis bakal tergenangi oleh air baik langsung dari hujan sekaligus air kiriman dari dataran yang lebih tinggi.

Sementara itu, banjir yang dikarenakan oleh faktor kelalaian manusia diantaranya terjadi sebab penebangan hutan dengan cara liar, pembuangan sampah didaerah sungai atau saluran air, pencemaran lingkungan jadi membuat tanah susah menyerap air, pembangunan yang tidak mempertimbangkan lahan resapan & pemanasan global.

Pada beberapa daerah tertentu, banjir rutin datang setiap tahun.

Tetapi ada juga daerah-daerah yang kadangkala mengalami banjir & kadangkala tidak yang hal ini dikarenakan oleh faktor tingginya curah hujan.

Tak sedikit kemenyesalan yang ditimbulkan akibat bencana banjir sebab bencana ini bisa menyebabkan lumpuhnya perekonomian sebuah daerah hingga memunculkan beberapa kerusakan.

Tak hanya itu, banjir bisa menyebabkan timbulnya beberapa macam penyakit contohnya umpama diare, demam, masuk angin, batuk & pilek, & demam berdarah.

Penutup

Banjir tidak bisa dianggap remeh sebab akibatnya sangat berbahaya & memenyesalkan manusia.

Oleh sebab tersebut banjir haruslah ditanggulangi dengan beberapa macam cara umpama menjaga kebersihan lingkungan, membuat banyak resapan air, membuat saluran air yang baik & membuat system tanggul yang sanggup menahan curahan air hujan.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam Tanah Longsor

Pernyataan Umum

Longsor disebut juga sebagai gerakan tanah yang jebol atau lengser dari dataran tinggi ke dataran yang berada di bawahnya.

Tanah longsor ini termasuk sebagai salah satu bencana alam yang berbahaya bila daerah yang tertimpa longsoran merupakan kawasan padat penduduk.

Tanah longsor yang terjadi di kawasan padat penduduk, lahan pertanian & perikanan, jalur transportasi pasti bakal memunculkan banyak kemenyesalan & resiko yang tidak bisa disepelekan sebab banyak permasalahan tanah longsor yang terjadi menyebabkan sebagian masyarakat meninggal akibat tertimbun material tanah.

Bagian Penjelasan

Tanah longsor ialah sebuah peristiwa geologi yang terjadi sebab masa material contohnya bebatuan dengan beragam ukuran, tanah, atau gumpalan tanah mengalami pergerakan yang dikarenakan oleh tiga tipe faktor, yakni gaya gravitasi, faktor pendorong & faktor pemicu.

Faktor pendorong merupakan karakter dari material tanah tersebut sendiri sementara faktor pemicu ialah yang menyebabkan material tanah tersebut bergerak & lengser dari tempat awalnya.

Faktor pemicu tanah longsor ada bermacam-macam jenisnya, yakni faktor alam & faktor manusia.

Faktor alam merupakan faktor pendorong yang dikarenakan oleh fenomena alam lainnya sementara faktor manusia ialah faktor yang dikarenakan oleh kelalaian manusia.

Berikut beberapa tipe faktor pendorong yang memicu terjadinya tanah longsor:

1. Hujan

Hujan deras merupakan salah satu penyebab terjadinya tanah longsor sebab air hujan yang tertampung di tanah bakal menyebabkan terjadinya pergerakan tanah, terlebih apabila tanah tersebut merupakan tanah yang keropos & tidak mempunyai daya ikat yang baik.

2. Gempa Bumi

Gempa bumi tak hanya bisa merobohkan bangunan saja, tetapi juga bisa berpotensi menyebabkan tanah longsor sebab getarannya yang menyebabkan terjadinya pergerakan material tanah contohnya umpama gugurnya material bawah penahan tanah.

3. Erupsi Gunung Berapi

Erupsi gunung berapi seringkali menyebabkan tanah dikurang lebih gunung tersebut lengser baik sebab magma yang mengalir atau getaran yang terjadi saat magma mendesak keluar dari dalam perut bumi.

Pastinya erupsi gunung berapi bakal mengangkat material tambahan yang dikeluarkan dari dalam perut bumi & material ini tak bisa ditahan oleh struktur tanah bagian bawah jadi tanah dibagian atas ambrol.

Tanah longsor yang dikarenakan oleh aktivitas gunung berapi ini biasanya terjadi dengan cara bertahap, terlebih saat terjadi hujan, maka dengan cara berkala tanah & pasir vulkanik bakal lengser. Peristiwa ini disebut juga sebagai banjir lahar dingin.

4. Penggundulan Hutan

Penggundulan hutan pasti bakal sangat berpengaruh pada struktur tanah sebab mula-mula akar-akar pepohonan menjadi penahan tanah alamiah yang sangat efisien.

Bila sebuah lahan di dataran tinggi dihabiskan pepohonannya, umpama untuk dipergunakan sebagai lahan pertanian atau pemukiman, bisa dipastikan lahan tersebut bakal longsor terutama apabila terjadi gempa bumi atau hujan deras sebab tanah tak lagi mempunyai penopang yang kuat.

5. Penambahan Beban

Penambahan beban material tertentu pada dataran tinggi bisa berpotensi menyebabkan terjadinya tanah longsor bila mana penahan tanah dibagian paling bawah tidak ditambahkan.

6. Ledakan

Penambangan batu di pegunungan dengan memakai bahan peledak mempunyai akibat yang kurang baik, yakni tanah longsor sebab ledakan ini tak hanya menghasilkan getaran yang kuat & sanggup menggeser tanah, tetapi juga menyebabkan rusaknya struktur bebatuan besar penahan tanah.

7. Pembangunan

Pembangunan pemukiman & lain sebagainya pada wilayah dataran tinggi pasti saja bakal menyebabkan berubahnya struktur tanah & pasti bakal meningkatkankan jumlah beban pada tanah tersebut jadi berpotensi memunculkan longsor.

Penutup

Tanah longsor merupakan bencana yang tak sedikit memakan korban jadi haruslah ditanggulangi jauh-jauh hari.

Tetapi sayangnya, manusia cenderung bakal bereaksi bila tanah longsor telah terjadi & pasti saja hal ini sangat telat.

Meski demikian, manusia cenderung bakal mengulangi lagi kesalahannya dengan cara sengaja atau tidak sengaja dengan meperbuat sesuatu yang menjadi faktor pendorong terjadinya tanah longsor yang akibatnya pasti saja bakal memenyesalkan manusia tersebut sendiri.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam Kebakaran Hutan

Pernyataan Umum

Setiap tahun pasti kami mendengar kabar mengenai terjadinya kebakaran hutan.

Di Indonesia, kebakaran hutan sering terjadi terutama di pulau Sumatra & Kalimantan sebab dua pulau besar tersebut tetap mempunyai hutan yang luas apabila dibandingkan dengan pulau lainnya di Indonesia.

Kebakaran hutan jelas merupakan sebuah persoalan sebagaimana kebakaran hutan merupakan perusak hutan yang paling berbahaya maka kebakaran hutan pastinya bakal merusak ekosistim dalam hutan yang menyebabkan pohon-pohon & tanaman lainnya ludes serta kematian hewan-hewan tertentu.

Kebakaran hutan pastinya sangat mengancam tanaman & satwa langka yang tinggal di dalam hutan itu.

Kebakaran hutan tak hanya menjadikan hutan rata dengan tanah & membunuh aneka satwa yang tinggal di dalamnya tetapi juga menyebabkan polusi asap yang sangat mengganggu & bahkan berakibat kurang baik bagi kesehatan manusia.

Asap dari kebakaran hutan ini tak hanya bakal mengganggu warga kurang lebih, tetapi asap ini bahkan bisa hingga di negara tetangga & memunculkan persoalan kesehatan di sana.

Bagian Penjelasan

1. Penyebab Kebakaran Hutan

a. Pembakaran Hutan Untuk Kepentingan Pertanian & Perkebunan

Salah satu penyebab kebakaran hutan yang paling sering ialah sebab ulah manusia walau ada faktor lain contohnya umpama musim kemarau yang terik.

Beberapa perusahaan terutama perkebunan sawit cenderung memakai metode membakar lahan untuk memudahkan sekaligus mengurangi anggaran perisapan lahan.

Cara ini semestinya haruslah dilarang sebab sangat memenyesalkan & berbahaya, tetapi demikian hal ini tetap saja terjadi.

Kenapa demikian?

Perusahaan minyak sawit yang mempunyai kebun sendiri merupakan salah satu sektor industry yang sanggup menyerap banyak tenaga kerja, memberi pemasukan devisa negara, sekaligus menjadi produsen bahan pokok minyak yang paling diperlukan pasar, oleh sebab itulah perusahaan ini kuat posisinya.

Sehingga, bila lalu perusahaan ini membuka lahan dengan cara yang curang sekalipun, pemerintah tetap bakal kesusahan untuk menindak tegas perusahaan tersebut.

Perpersoalanannya ialah sekalinya perusahaan ini mogok, maka imbasnya ialah perekonomian negara, permintaan pasar, & tenaga kerja yang terancam menjadi pengangguran.

Dengan demikian, wajar sekali bila setiap tahun atau setiap musim kemarau kami semua menjumpai kabar mengenai kebakaran hutan yang apabila ditelusuri lebih lanjut, penyebabnya ialah manusia yang membuka lahan, baik untuk perkebunan sawit atau pertanian lainnya, dengan cara membakar hutan.

b. Kelalaian Manusia

Adakalanya manusia meperbuat kecerobohan di dalam hutan.

Dalam beberapa permasalahan kebakaran hutan, salah satu penyebabnya ialah sebab ada manusia yang ceroboh dengan membuang putung rok0k di hutan pada musim kemarau saat dedaunan mengering.

Hal lain yang terjadi ialah sebab ada manusia yang tidak mematikan sisa bara api dengan sempurna saat mereka sedang kemah di hutan.

c. Petir

Pada musim kemarau, petir menjadi salah satu penyebab terjadinya kebakaran hutan; petir menyambar satu pohon hingga terbakar & api dari pohon tersebut menyebar ke pohon lainnya.

d. Erupsi Gunung Berapi

Erupsi gunung berapi sudah pasti bakal menyebabkan apapun yang dilaluinya terbakar; tak hanya pepohonan, bebatuanpun bisa hangus menjadi abu bila sudah dilalui oleh lava gunung berapi.

2. Akibat Kebakaran Hutan

Menyebarkan polusi berupa emisi gas ke atmosfir dalam jumlah besar. Konon kebakaran hutan terparah sanggup menyebarkan 2,6 milyar ton karbon dioksida ke atmosfer & pastinya akibat dari hal ini sangat mengerikan.
Membunuh satwa & tanaman yang dikarenakan oleh api, asap, atau rusaknya ekosistim sesudah terjadi kebakaran.
Menyebabkan banjir & tanah longsor pasca kebakaran sebab lahan tersebut menjadi gundul untuk sementara waktu.
Meningkatkan jumlah penderita penyakit infeksi saluran pernafasan yang dikarenakan oleh asap dari kebakaran hutan.
Mengganggu transportasi sebab asap tebal dari kebakaran hutan bisa mengganggu jarak pandang baik pada transportasi darat atau udara.
Melumpuhkan aktivitas normal masyarakat sebab gangguan dari asap kebakaran hutan serta meningkatnya suhu di udara.
Mengganggu perekonomian masyarakat serta negara.
Negara kehilangan jutaan pohon yang semestinya bisa dikelola untuk menjadi produk dengan nilai yang lebih.

Penutup

Kebakaran hutan menyebabkan akibat & kemenyesalan yang tidak terkira jadi bencana ini tidak bisa diremehkan.

Oleh sebab itulah sudah menjadi tanggung jawab bersama & butuh diperbuat kerjasama yang baik antara pihak negara, masyarakat & pihak-pihak tertentu untuk menjaga kelestaria hutan demi kehidupan yang lebih baik.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Gempa Bumi

Pernyataan Umum

Di Indonesia, gempa bumi merupakan salah satu tipe bencana alam yang sering terjadi sebab sebagian besar wilayah di Indonesia merupakan wilayah cincin api atau wilayah yang mempunyai aktivitas vulkanik lumayan tinggi yang ditandai dengan banyaknya gunung berapi.

Tak jarang aktivitas vulkanik ini memunculkan gempa bumi baik yang berkekuatan ringan atau pun mengerikan jadi banyak memunculkan kerusakan & memakan korban jiwa.

Setidaknya hal tersebut bisa dilihat dari sejarah gunung Krakatau yang letusannya memisahkan pulau jawa & Sumatra.

Atau gunung api purba di Toba yang sempat meletus & akhirnya menjadi danau. Bisa dibayangkan bukan gempa bumi yang ditimbulkan akibat letusan gunung api tersebut?

Meski teknologi sudah terus canggih saat ini, tetapi gempa bumi tetap menjadi ancaman yang rutin mengkhawatirkan sebab datangnya tidak bisa diprediksi.

Setidaknya, gempa bumi di Aceh pada tahun 2004 yang menjadi pemicu terjadinya tsunami & menelan banyak korban, harta & benda, & di Yogyakarta pada tahun 2006 silam dengan korban yang sangat banyak tetap menyisakan trauma yang sangat mendalam bagi semua rakyat Indonesia.

Lantas apa sih yang menjadi penyebab gempa bumi? Apa saja jenis-jenisnya?

Bagian Penjelasan

Secara alami, gempa bumi terjadi sebab pergerakan energi inti bumi yang menekan lempengan-lempengan bumi jadi lempengan tersebut bisa bergerak, bergeser, atau bahkan patah & inilah yang menyebabkan bumi berguncang hingga ke permukaan.

Tetapi demikian, ada beberapa tipe penyebab terjadinya gempa bumi yang menyebabkan jenis-jenis gempa bumi bervariasi, diantaranya:

1. Gempa Bumi Tektonik

Gempa bumi tektonik ini merupakan salah satu tipe gempa bumi yang sering terjadi terutama di Indonesia & menjadi salah satu tipe gempa bumi yang berbahaya (jauh lebih berbahaya dibandingkan gempa vulkanik).

Gempa bumi tektonik mempunyai kekuatan bervariasi dari skala kecil hingga besar. Bila gempa bumi tektonik terjadi di kedalaman bumi yang dangkal, kerusakan yang ditimbulkan aibat gempa bumi ini bisa sangat fatal.

Terjadinya gempa bumi tektonik ini sebab pergeseran lempengan bumi. Lempengan-lempengan bumi ini rutin bergerak & bergeser & kadang bertabrakan satu sama lain jadi memunculkan getaran.

Penyebab lempengan ini bergerak ialah sebab adanya pelepasan energi dari dalam perut bumi yang mendesak lempengan-lempengan bumi jadi terus bergerak setiap hari.

Gerakan-gerakan kecil ini siapa tahu tidak bakal terasa, tetapi saat gerakan ini hingga pada titik puncak & menyebabkan patahan lempengan bumi, maka gempa bumi berskala besar bakal terjadi.

2. Gempa Bumi Vulkanik

Gempa bumi vulkanik merupakan gempa bumi yang dikarenakan oleh adanya aktivitas magma dari dalam perut bumi yang keluar melalui gunung berapi atau saluran-saluran magma baik yang berada di atas permukaan laut atau di dasar laut.

Aktivitas magma ini terus mendesak keluar hingga mematahkan lempengan-lempengan bumi jadi terjadi gempa bumi.

Tetapi demikian, gempa bumi akibat aktivitas vulkanik ini tidak terlalu besar kecuali pada permasalahan-permasalahan tertentu contohnya yang terjadi di gunung Krakatau.

Gempa bumi vulkanik yang terjadi di dasar laut, terutama laut dangkal bisa berpotensi menyebabkan tsunami sebagaimana gempa bumi tektonik yang terjadi di dasar laut dangkal contohnya yang terjadi di Aceh pada tahun 2004 silam.

3. Gempa Bumi Buatan

Gempa bumi buatan ini merupakan salah satu tipe gempa bumi yang terjadi sebab campur tangan manusia.

Gempa ini bisa dibangun dengan cara menanam peledak pada kedalaman tertentu di perut bumi & ledakan ini lalu menyebabkan getaran yang rendah hingga tinggi (tergantung kekuatan peledak yang dipakai).

4. Gempa Bumi Tumbukan

Gempa bumi tumbukan ini bisa berskala besar hingga kecil, bergantung pada kekuatan materi yang jatuh ke bumi.

Gempa bumi tumbukan ini terjadi sebab adanya asteroid yang jatuh ke bumi.

Konon, gempa bumi tumbukan paling besar yang sempat terjadi telah memusnakan kebudayaaan dinosaurus & menyebabkan bumi membeku selagi bertahun-tahun.

5. Gempa Bumi Runtuhan

Gempa bumi runtuhan merupakan gempa bumi local dengan kekuatan kecil jadi jarang memunculkan kerusakan.

Gempa bumi runtuhan ini terjadi sebab getaran dari reruntuhan, umpama bebatuan yang longsor di daerah pegunungan.

Apa yang sebaiknya kami perbuat untuk mempersiapkan diri dari bencana gempa bumi? Perbuat hal-hal berikut ini:

1. Simpanlah dokumen-dokumen penting, perhiasan, tabungan dalam satu wadah khusus contohnya tas atau brankas yang mudah diselamatkan bila gempa bumi sewaktu-waktu terjadi.

Meski bila gempa bumi meluluh lantakkan rumah kita, setidaknya dokumen-dokumen ini bakal mudah diselamatkan sebab berada di satu wadah.

2. Bila kami sedang berada di dalam rumah & terjadi gempa bumi, hal paling penting yang haruslah disadari ialah jangan panik.

Kita haruslah meperbuat gerak cepat untuk keluar rumah tanpa haruslah panik jadi kami tetap tetap bisa menjaga kewaspadaan.

Bilamana mungkin, selamatkan keluarga kita. Jangan berteriak sebab hal ini bakal membuat orang lain dikurang lebih kami menjadi panik.

3. Bila kami berada di luar rumah/ruangan, pilihlah tempat yang lapang, jauh dari tembok tinggi, pepohonan & tiang listips.

Tetap lihat sekeliling terutama pada bangunan-bangunan tinggi atau pepohonan di dekat kita; pastikan tak ada yang jatuh menimpa kita.

4. Bila gempa bumi terjadi sangat kuat & membuat kami tidak bisa berdiri, maka segera tiarap lalu buatlah posisi merangkak. Dalam posisi ini teruslah bergerak untuk mencari tempat yang aman.

5. Jangan lupa tetap berdo’a.

Penutup

Hingga sekarang belum ada teknologi yang bisa menangkal atau bahkan meramalkan dengan cocok kapan gempa bumi bakal terjadi & oleh sebab itulah masing-masing individu haruslah rutin siap sewaktu-waktu gempa bumi bakal datang.

Meski gempa bumi bisa sangat berakibat fatal & meninggalkan pengalaman traumatis, tetapi gempa bumi merupakan tanda bahwa bumi tetap mempunyai aktivitas energi dari dalam inti bumi yang artinya bumi tetap bisa menjadi rumah bagi manusia.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam Tsunami


Pernyataan Umum

Bencana tsunami yang melanda aceh & jepang beberapa tahun akhir-akhir ini tetap menyisakan kengerian yang tak kunjung reda sebab akibat yang ditimbulkan benar-benar mengerikan.

Gelombang tsunami ialah salah satu tipe bencana alam yang tak bisa dicegah tetapi bisa diketahui kedatangannya jadi sebelum gelombang tersebut hingga di daratan, sirene tanda peringatan dini telah terlebih dahulu berbunyi jadi semua masyarakat wajib untuk mencari tempat perlindungan yang aman contohnya tempat-tempat tinggi & daerah yang jauh dari pesisir pantai.

Nama dari gelombang Tsunami berasal dari bahasa Jepang yang dengan cara harfiah bisa diartikan sebagai ombak besar di pesisir pantai.

Gelombang tersebut bernama tsunami sebab terbukti sangat sering terjadi di Jepang & orang Jepang menamai gelombang raksasa tersebut sebagai gelombang tsunami.

Bagian Penjelasan

1. Penyebab Terjadinya Tsunami

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya gelombang tsunami, diantaranya ialah gempa bumi, letusan gunung berapi, longsor bawah laut & meteor jatuh.

Tetapi salah satu penyebab yang paling sering memicu terjadinya gelombang tsunami ialah gempa di bawah laut; hampir 90% bencana tsunami dikarenakan oleh gempa bumi bawah laut.

Sementara itu, tsunami yang dikarenakan oleh letusan gunung berapi atau meteor jatuh sangat jarang terjadi.

Tsunami yang dikarenakan oleh letusan gunung berapi hanya bakal terjadi di wilayah tertentu yang terdapat gunung berapi aktif contohnya umpama gunung Krakatau.

Gerakan gempa bumi bawah laut dengan gelombang vertikal bakal menyebabkan dasar laut bergerak naik-turun & hal ini pastinya bakal membuat air laut mengalami pergerakan contohnya halnya apabila kami menaruh air dalam ember lalu kami mengoyangkannya; terus besar ember digoyang maka air di dalamnya bakal bergerak terus besar pula.

Kadangkala gempa bumi dalam laut ini menyebabkan patahan lempeng bumi atau bahkan menyebabkan longsor bawah laut & inilah yang membuat gelombang tsunami mempunyai kekuatan yang besar & berpotensi menjadi megatsunami atau tsunami dengan ketinggian lebih dari 200 meter yang sanggup menyapu daratan hingga sejauh lebih dari 5 km.

Gelombang tsunami sebetulnya tidak terlalu tinggi apabila tetap berada di tengah laut, yakni tak lebih dari 1 meter, tetapi saat gelombang ini mendekati daratan dengan kecepatan tinggi (500-1000km/jam) maka ketinggiannya bakal bertambah & kecepatannya bakal terus melambat (50 km/jam).

Beberapa tipe gempa bumi laut yang menyebabkan tsunami diantaranya ialah gempa bumi yang berpusat di tengah laut dangkal dengan kedalaman 0-30 km, gempa bumi dengan kekuatan minimal 6 skala richter, & gempa bumi dengan pola pergerakan naik–turun.

2. Penanggulangan Tsunami

Bencana tsunami sebetulnya tidak bisa atau belum bisa dicegah, tetapi telah ditemukan alat yang bakal memperingatkan masyarakat saat gelombang raksasa ini bakal datang, yaitu sirine peringatan dini.

Setidaknya, dengan adanya sirine ini maka masyarakat tetap sempat menyelamatkan diri & dengan demikian jatuhnya korban atas bencana ini bisa diminimalisir.

Cara kerja alat ini sangat kompleks & kompleks sebab tak hanya melibatkan satu alat saja tetapi beberapa tipe alat mulai dari seismograf pencatat gempa hingga satelit serta beberapa tipe alat komunikasi lainnya.

Pertama-tama, saat terjadi gempa maka getaran tersebut bakal tercatat melalui sismograf. Info ini (kekuatan, lokasi & waktu kejadian) lalu di teruskan ke server melalui satelit.

Data tersebut selanjutnya bakal masuk dalam alat DDS untuk menghitung beberapa tipe kemungkinan yang bakal menyebabkan tsunami atau tidak.

Data ini juga bakal diintegrasikan dengan peralatan lain contohnya GPS, BUOY, OBU & Tide Gauge untuk mengenal terbentuk atau tidaknya gelombang tsunami; bila gelombang ini benar-benar terbentuk, selanjutnya instansi terkait bakal menginformasikan dalam beberapa tipe alat komunikasi & pastinya sirine peringatan tsunami bakal berbunyi.

Penutup

Sebab gelombang tsunami ini tidak diketahui kapan bakal terjadi, maka semua masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai sudah haruslah jauh-jauh hari mempunyai kesiapan apabila sewaktu-waktu bencana ini datang mulai dari pembuatan jalur pengungsian hingga menentukan titik kumpul yang aman untuk berlindung sementara waktu.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Kekeringan


Pernyataan Umum

Kekeringan biasanya terjadi saat musim kemarau.

Kekeringan bakal menjadi bencana apabila musim kemarau berjalan dalam waktu yang sangat lama jadi sumber-sumber air contohnya sumur, sungai, & danau mulai kosong.

Kekeringan yang sangat parah biasanya terjadi di daerah gurun, padang rumput & pegunungan.

Di banyak wilayah benua Afrika, pada waktu musim kemarau banyak sekali binatang yang berpindah tempat untuk mencari wilayah yang tetap mempunyai air.

Tak hanya binatang, manusia juga meperbuat hal serupa untuk menemukan sumber air.

Di Indonesia, musim kemarau bakal menyebabkan beberapa wilayah terutama di dataran tinggi atau pegunungan mulai mengalami kekeringan & banyak warga yang kesusahan untuk memperoleh air bersih.

Bagian Penjelasan

Bila didefinisikan, kekeringan merupakan kekurangannya pasokan air atau cadangan air tanah pada sebuah wilayah sebab musim kemarau yang panjang dengan intensitas hujan yang sangat sedikit dalam jangka waktu lama.

Tanpa adanya hujan dengan intensitas tinggi, cadangan air tanah bakal habis sebab proses penguapan atau dipakai oleh manusia.

Apabila kekeringan ini terjadi dalam kurun waktu yang sangat lama, maka bakal menjadi bencana alam yang mengganggu ekosistem, perekonomian manusia, hingga menyebabkan kematian (flora, fauna, & manusia).

Selain dikarenakan oleh faktor cuaca, yakni kemarau panjang, kekeringan juga bisa dikarenakan oleh keteledoran manusia dengan cara memangkas hutan tanpa adanya reboisasi jadi tanah tidak lagi mempunyai performa yang baik untuk menyimpan air; tanah tanpa pepohonan bakal menjadi tanah yang tandus & kering.

Pemanfaatan hutan sebagai lahan pertanian; faktor ini juga bisa memicu terjadinya kekeringan sebab apabila hutan dihabiskan untuk diubah menjadi lahan pertanian, maka lahan tersebut tidak bakal menyimpan air & sebaliknya, pertanian bakal membutuhkan banyak air yang pastinya didapatkan dengan mengambil cadangan air dalam tanah.

Pembangunan pabrik atau perusahaan tertentu yang mempunyai sumur bor raksasa juga bisa menyebabkan menurunnya cadangan air di wilayah terebut.

Hal ini ditandai dengan menurunnya jumlah volume air sumur warga yang biasanya tetap ada airnya saat kemarau menjadi kosong.

Kekeringan bisa dicegah dengan cara menggandakan penanaman pohon jadi lahan menjadi rindang & tanah di lahan tersebut mempunyai struktur yang baik untuk menyimpan cadangan air.

Selain itu, solusi untuk menanggulangi kekeringan ialah dengan cara menggandakan bendungan pada aliran-aliran sungai jadi air yang mengalir ini bisa dimanfaatkan dengan cara optimal.

Penutup

Pengoptimalan dalam memanfaatkan air (air tanah & air hujan) merupakan solusi bijak yang bisa diperbuat oleh setiap individu.

Apabila hal ini diperbuat, pada musim kemarau kekeringan tetap sangat mungkin untuk ditanggulangi.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial


Apa ya yang dimaksud dengan teks eksplanasi social?

Sederhananya, teks eksplanasi social ialah teks eksplanasi yang membahas sebuah fenomena social tertentu contohnya umpama kemiskinan, kelaparan, pengangguran, & lain sebagainya.

Untuk contoh teks ekplanasi sosial berikut ini kami pakai tema kemiskinan ya kawan-kawan.

Pernyataan Umum

Kemiskinan merupakan salah satu persoalan social yang menjadi momok di beberapa negara.

Indonesia termasuk sebagai salah satu negara yang sedang berjuang keras untuk mengentaskan kemiskinan.

Lantas yang dimaksud dengan kemiskinan dalam konteks ini apa sih?

Pertama ialah miskin sumber daya manusia, & yang kedua ialah miskin dalam hal ekonomi. Kemiskinan atau miskin dalam hal ini bisa dipahami sebagai berkekekuranganan.

Indonesia disebut sebagai negara yang miskin alias sedang berkembang sebab tetap banyak wilayahnya yang belum dibangun & belum tertata dengan rapi sebagaimana yang telah terwujud di kota-kota besar.

Tak hanya itu, sebagai negara agraris, bilamana para petani yang menjadi penopang mutlak kehidupan tetap hidup dalam ekonomi yang serba susah, maka Indonesia tetap pantas disebut sebagai negara miskin.

Kenapa demikian? Sebab seharuslahnya petani tersebut kaya, sebagaimana para petani di negara-negara maju.

Bagian Penjelasan

Kemiskinan bisa terjadi sebab beberapa faktor, diantaranya pembangunan fasilitas dari negara yang tidak merata, rendahnya tingkat pendidikan, & faktor alam contohnya lahan tandus & lahan rawan bencana.

Bila sebuah daerah sedikit diberi fasilitas yang baik contohnya umpama fasilitas kesehatan, transportasi, pendidikan, komunikasi & lain sebagainya contohnya halnya di kota-kota besar, daerah tersebut bakal susah berkembang.

Orang bakal cenderung pindah ke daerah yang ramai & padat sebab di sanalah kesempatan kerja & beberapa macam fasilitas hidup sangat mudah ditemui.

Bila sebuah daerah terus dipadati penduduk, maka pendapatan daerah bakal meningkat & pembangunan bakal terus berjalan.

Sebaliknya, daerah-daerah yang jarang dihuni masyarakat bakal tidak bakal sangat jauh tertinggal perkembanganya apabila dibandingkan dengan daerah-daerah di kota-kota besar.

Kemiskinan yang terjadi dalam masyarakat pasti saja bakal membuat sebuah wilayah & bahkan sebuah negara menjadi miskin sebab bagaimanapun juga negara kaya ialah negara yang semua warganya hidup makmur & sejahtera.

Hal ini saling berhubungan; bila masyarakat berpendapatan tinggi maka negara bakal memperoleh pajak yang tinggi. Bila negara mempunyai pendapatan yang besar, maka negara bisa terus menyejahterakan masyarakatnya.

Penutup

Salah satu cara bagi Indonesia untuk mengentaskan kemiskinan ialah dengan cara memeratakan pembangunan di semua wilayah NKRI sebab hanya dengan cara tersebut maka masyarakat yang hidup di dalamnya bakal lebih mudah dalam mencari nafkah & memperoleh penghasilan yang besar.

Dengan demikian, bila semua masyarakat mempunyai penghasilan besar, Indonesia bakal menjadi negara yang makmur.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sosial

Fenomena sosial ialah segala sesuatu yang terjadi dalam masyarakat yang melibatkan adanya mobilitas masyarakat di beberapa bidang contohnya umpama agama, hukum, ekonomi, politik, lingkungan, & lain sebagainya jadi kami bisa menjumpai tema-tema fenomena sosial contohnya umpama unjuk rasa, mudik, pengangguran, kemacetan, pemilihan umum, antri bbm, maraknya kriminalitas & lain sebagainya.

Nah, untuk dijadikan sebagai contoh teks eksplanasi, maka salah satu dari tema tersebut bakal dibahas, yakni unjuk rasa.

Pernyataan Umum

Masyarakat yang hidup di negara demokrasi mempunyai hak untuk menyerukan pendapatnya didepan publik, salah satu cara yang ditempuh ialah dengan berunjuk rasa atau yang di-istilah-kan dengan demonstrasi.

Unjuk rasa ini dinilai sebagai salah satu cara manjur untuk menyerukan pendapat dengan tujuan bakal terjadi perubahan.

Bagian Penjelasan

Unjuk rasa merupakan sebuah kegiatan yang diperbuat oleh seseorang atau sekelompok untuk menyuarakan pendapat atau tuntutan yang ditujuakn pada pihak tertentu.

Unjuk rasa ini umumnya diperbuat oleh sekelompok masa & terus besar masa yang ikut berunjuk rasa maka aktivitas tersebut terus cepat memperoleh perhatian dari beberapa pihak baik pihak yang dituju atau pihak lain.

Meski idealnya unjuk rasa merupakan salah satu cara untuk berdialektika dalam hal memberi tau pendapat terhadap pihak tertentu (penguasa), tetapi tak jarang aktivitas ini menjadi sumber konflik serius yang berpotensi mengganggu keamanan sebuah negara & bahkan bisa menggoyangkan situasi perekonomian sebuah negara.

Hal tersebut sempat terjadi pada masa-masa akhir rezim orde baru; pada waktu tersebut ribuan mahasiswa menyuarakan pendapatnya supaya presiden Soeharto turun dari jabatan.

Tetapi unjuk rasa tersebut tak hanya sebatas dialektika damai untuk memberi tau pendapat, unjuk rasa tersebut pada akhirnya memanas & memunculkan kekerasan.

Meskipun presiden Soeharto akhirnya lengser, tetapi kekacauan sosial yang ditimbulkan meninggalkan pengalaman traumatis yang dialami oleh beberapa pihak dalam masyarakat.

Penutup

Unjuk rasa merupakan salah satu cara yang baik untuk memberi tau pendapat tetapi sayangnya aktivitas ini senantiasa diwarnai dengan kekerasan jadi unjuk rasa identik dengan kekacauan.

Bilamana unjuk rasa telah memunculkan kericuhan, maka aktivitas ini bukan lagi merupakan sebuah dialektika yang sehat, tetapi menjadi ajang pemaksaan pendapat sebab tidak ada titik temu antara pihak pengunjuk rasa dengan pihak yang dijadikan sasaran.

Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran

Pernyataan Umum

Pengertian umum dari pengangguran ialah mereka yang tidak bekerja & tidak menghasilkan pemasukan.

Tetapi arti ini pasti bakal terkesan menghina bagi mereka contohnya umpama bunda rumah tangga yang pekerjaannya ialah mengurus seluk-beluk urusan rumah tangga yang tidak bisa disepelekan sebab bagaimanapun juga hal tersebut sangat melelahkan.

Lantas apa arti yang cocok untuk pengangguran?

Bagian Penjelasan

Ada beberapa tipe pengangguran, diantaranya ialah:

Pengangguran (pada usia produktif; bukan lagi pelajar) sebab mereka sedang mencari kerja & belum memperoleh pekerjaan sesuai yang mereka kehendaki jadi mereka tetap sedang dalam usaha untuk memperoleh pekerjaan yang mereka inginkan.
Pengangguran (pada usia produktif; bukan lagi pelajar) sebab mereka mengalami pemutusan hubungan kerja & belum memperoleh pekerjaan pengganti jadi mereka tidak memperoleh penghasilan untuk sementara waktu.
Pengangguran (pada usia produktif; bukan lagi pelajar) sebab mereka sudah pensiun & tak meperbuat sebuah aktivitas kerja lagi sebab menyandarkan hidup pada tunjangan pensiunan.
Pengangguran (pada usia produktif; bukan lagi pelajar) sebab tidak meperbuat kerja tertentu & tetap memperoleh penghasilan dari beberapa hal contohnya menyewakan rumah, menyewakan kos-kosan, memperoleh warisan, atau memperoleh harta dengan cara-cara yang tidak lazim contohnya berjudi atau merawat tuyul & sebangsanya.
Pengangguran (pada usia produktif; bukan lagi pelajar) sebab malas & tak mau meperbuat apa-apa tetapi tetap tetap numpang pada orang tuanya jadi ia tidak berkekekuranganan dalam mencukupi kebutuhannya.
Beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya pengangguran ialah sebagai berikut:

Kekekuranganannya lapangan pekerjaan, baik yang disediakan oleh pemerintah atau swasta.
Keadaan ekonomi negara yang tidak stabil jadi menyebabkan krisis ekonomi yang berakibat pada tumbangnya beberapa perusahaan & diikuti oleh pemutusan hubungan kerja.
Negara sedang mengalami perang & krisis kemanusiaan jadi aktivitas ekonomi lumpuh total.
Bencana alam
Pertumbuhan teknologi yang tak diimbangi dengan nilai SDM & pendidikan.
Apakah bunda rumah tangga merupakan pengangguran?

Apakah orang jompo merupakan pengangguran?

Apakah orang sakit merupakan pengangguran?

Tentu tidak. Pertama, bunda rumah tangga meperbuat pekerjaan rumah tangga yang setara dengan pekerjaan-pekerjaan lainnya yang dikerjakan dengan mereka yang bukan pengangguran.

Kedua, orang jompo atau orang sakit setara dengan pelajar yang terbukti sedang memasuki atau menjalani masa tidak produktif sebagai pekerja jadi mereka bukanlah pengangguran.

Definisi pengangguran yang bisa dibilang relevan ialah mereka yang sudah memasuki masa produktif tetapi tidak meperbuat aktivitas kreatif-produktif untuk mencukupi kebutuhan hidupnya atau bahkan hidup keluarganya.

Pengangguran bisa menjadi persoalan bila jumlahnya terlalu banyak sebab hal ini pasti tidak membuat roda perekonomian berjalan lancar.

Berikut ini merupakan beberapa akibat negatif bila jumlah pengangguran terlalu banyak:
  1. Meningkatnya tindak kriminal contohnya pencurian, perampokan, pencopetan, penjambretan & lain sebagainya.
  2. Kemiskinan terus meningkat.
  3. Menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat.
  4. Banyak pengemis & gelandangan.
  5. Roda perekonomian masyarakat tidak berjalan lancar.
  6. Menurunnya devisa negara.
  7. Untuk menanggulangi akibat negatif dari membludaknya pengangguran, maka haruslah ada solusi minimal contohnya umpama;
  • Pihak pemerintah & swasta membuka lapangan kerja baru yang disesuaikan dengan nilai SDM rata-rata para pengangguran.
  • Pemerintah & pihak lembaga sosial masyarakat memberikan workshop & pelatihan kerja.
  • Meningkatkan mutu SDM yang dimulai dari pendidikan.
  • Pemerataan pembangunan di segala sektor.
  • Menciptakan bacaan supaya masyarakat tidak bergantung pada perusahaan tertentu untuk mencari nafkah dengan tujuan supaya masyarakat berani membuka kesempatan usaha sendiri.
  • Pemerintah memberikan bantuan pinjaman modal dengan syarat & ketentuan yang mudah.
  • Pemerintah mendirikan koperasi yang dikelola oleh masyarakat.


Penutup

Pengangguran sebetulnya bisa dengan mudah ditanggulangi apabila masyarakat mempunyai kesadaran untuk pantang menyerah dalam berusaha & tidak terlalu tergantung untuk bekerja menjadi karyawan atau pegawai negri sipil.

Konon, semua orang kaya di semua dunia ini merupakan orang-orang yang tekun mengawali usahanya sendiri sebagaimana kata Bob Sadino; “Kalau mau berhasil maka jadilah pengusaha.” Dengan kata lain, berusahalah!

Contoh Teks Eksplanasi Sampah

Pernyataan Umum

Sampah pastinya merupakan bagian yang rutin ada dalam keseharian kami semua.

Meski demikian, saat kami mendengar kata sampah, dengan cara otomatis dalam pikiran kami rutin terbayang sesuatu yang menjijikkan, aroma basi & kotor serta penuh kuman.

Padahal, ada beberapa tipe sampah yang bisa dikategorikan menjadi dua jenis, yakni sampah organic & sampah anorganik.

Sampah organic merupakan sampah alamiah yang bisa membusuk alias bisa memunculkan aroma tak sedap, pengundang lalat serta penuh kuman, sementara sampah anorganik belum pasti demikian; bila tidak tercampur dengan sampah organic, sampah anorganik ini relative tidak aroma & tidak busuk.

Bagaimanapun juga, sampah telah menjadi persoalan seiring dengan pesatnya pertumbuhan & pertambahan manusia di bumi ini.

Di kota-kota besar yang padat penduduk, sampah bakal menjadi malapetaka bila tidak terolah dengan semestinya & dibuang dengan cara sembarangan contohnya umpama di sungai sebab timbunan sampah tersebut, tidak hanya aroma & penuh kuman, pasti bakal mengakibatkan banjir saat musim hujan telah datang.

Sebaliknya, bila sampah ditangani dengan semestinya, sampah justru bakal menjadi sumber energi yang sangat berguna untuk kelangsungan hidup manusia sebab dengan mengolah sampah, kami tidak menyia-nyiakan sebuah material begitu saja.

Dengan demikian, kami bisa menunda sejenak untuk menciptakan material baru guna mencukupi kebutuhan kami jadi kami bisa mengurangi perusakan lingkungan atau eksploitasi bumi.

Bagian Penjelasan

1. Bahaya Sampah

Sampah yang berserakan di tempat yang tidak semestinya (tidak pantas dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah) bisa mengajak beberapa tipe binatang pembawa kuman penyakit contohnya lalat, tikus, & kecoa.

Dalam jangka waktu lama & dalam porsi porsi gundukan sampah yang melimpah, maka lingkungan kurang lebih sampah tersebut rentan terserang penyakit contohnya diare, kolera, tifus, atau bahkan demam berdarah sebab tumpukan sampah juga sangat berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Terlebih, apabila sampah di buang di sungai atau saluran air, kuman & virus dari sampah tersebut bakal cepat menyebar.

Di samping itu, tumpukan sampah di sungai atau saluran air bisa mengakibatkan tersumbatnya arus air & hal ini bisa dipastikan menjadi penyebab banjir.

Bilamana sampah telah menjadi penyebab banjir, maka beberapa macam tipe penyakit ak

Nah itulah postingan pengertian teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, ciri teks eksplanasi dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Semoga PR materi teks eksplanasi bisa terlesaikan dengan melihat contoh teks eksplanasi diatas. Apabila ingin bertanya mengenai contoh teks eksplanasi dan strukturnya atau contoh teks eksplanasi dan strukturnya, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan contoh teks eksplanasi beserta strukturnya. Baca selanjutnya:

Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan teks eksplanasi ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "√ 20+ Contoh Teks Eksplanasi dan Strukturnya Terbaru 2020"