Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Alasan Kenapa Lidah Otot Terkuat Manusia

faktasantuy.com - Banyak orang yang tidak mengira bahwa sebetulnya lidah ialah otot terkuat pada manusia sebab lidah merupakan bagian yang sangat kecil dari badan kita. 


lidah-otot-manusia


Sebagian besar orang tidak mengira bahwa seluruh yang berhubungan dengan lidah ataupun yang sering kali disebut sebagai bagian lingual ini sebetulnya benar-benar kuat. 

Sesungguhnya lidah selain terdiri dari satu otot saja. Malahan otot yang terdapat pada lidah benar-benar banyak dan sebetulnya terdapat kumpulan otot di dalam lidah. Seluruh otot tersebut dikelompokkan menjadi dua otot yang pastinya mempunyai manfaat yang berbeda. 

Jadi mengapa lidah disebut otot terkuat? Mari kita lihat berbagai otot yang terdapat di lidah yang dianggap sangat kuat tersebut.



Mengapa lidah adalah otot terkuat manusia

Otot Ekstrinsik lidah merupakan bagian lidah dengan otot terkuat pada manusia, dengan otot ini yang merupakan otot pertama yang terdiri dari delapan otot dengan fungsi tersendiri. Berbagai otot tersebut antara lain ialah:

1. Musculus genioglossus: manfaat dari otot ini ialah untuk turun lalu kebelakang dengan retraksi dan menekan lidah. 

2. Musculus hypoglossus: manfaat dari otot ini ialah untuk menurunkan lidah, lalu di bagian posterior otot ini bisa mengeluarkan lidah dengan menjulurkannya. Otot ini juga bisa menekan lidah serta memajukannya. 

3. Musculus palatoglossus: manfaat dari otot ini ialah untuk membawa lidah di bagian posterior yang membuat lidah sebagai otot terkuat pada manusia. 

4. Musculus styloglossus: manfaat dari otot ini benar-benar penting bagi mulut sebab lidah bisa kebelakang dan keatas. Gerakan inilah yang akan menolong pembentukan pergerakan yang kita gunakan untuk menelan.

Otot Intrinsik
Otot ini ialah otot kedua yang sangat spesial sebab ia tidak melekat di bagian tulang tetapi hanya melekat dibagian lidah saja. Terdapat berbagai otot yang tergolong pada otot tipe ini, antara lain:

5. Musculus longitudinalis
Otot ini mempunyai dua jenis, yaitu tipe superior dimana ia bakal melakukan retraksi & lalu melebarkan lidah serta membuat ujung lidah bisa terangkat maupun untuk menurunkannya. Tipe kedua yaitu inferior dimana ia juga akan retraksi serta melebarkan lidah sekaligus menolong melebarkan lidah serta membuat ujung lidah bisa terangkat maupun untuk menurunkannya. 

6. Musculus transversus serta Musculus verticalis
Kedua tipe otot ini bekerja bersama-sama untuk membentuk lidah menjadi sempit, serta untuk membentuk lidah menjadi lebih panjang yang membuat otot terkuat pada manusia yaitu lidah.


Kenapa Lidah bisa Dianggap Sebagai Otot Terkuat bagi Manusia?

Kita bisa melihat bahwa lidah sesungguhnya mempunyai banyak sekali otot, malahan terdapat enam belas jenis otot dibagian lidah kita. 

Terlebih lagi otot tersebut selain bertujuan untuk menggerakkan lidah saja, tetapi otot tersebut juga menolong kita ketika sedang minum maupun makan dan mendorong makanan tersebut masuk ke tenggorokan. 

Terlebih lagi bagian lidah tidak akan pernah sekalipun berhenti untuk bekerja. Meskipun ketika ini Anda sedang dalam kondisi tidur, tetapi otot lidah tersebut terus bekerja. Hal ini supaya produksi air ludah di dalam mulut terus bekerja sebab sangat penting bagi kesehatan & kondisi badan kita sendiri. 

Kita bisa lihat, dengan otot yang selalu bekerja terus menerus maka asumsi lidah, sebagai otot terkuat pada manusia ialah terbukti adanya. Bukankah sangat mengejutkan bukan bahwa otot lidah mempunyai bentuk yang sangat kecil tetapi justru sebagai otot yang terkuat.

Baca Juga:
Itulah artikel otot terkuat adalah lidah, ternyata otot terkuat yang ada di badan kita adalah lidah.

Terima kasih telah membaca artikel otot terkuat adalah lidah. Semoga denga adanya artikel ini semoga kamu tahu bahwa kenapa lidah otot terkuat karena ada 6 alasan.

Posting Komentar untuk "6+ Alasan Kenapa Lidah Otot Terkuat Manusia"