Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran Beserta Strukturnya Lengkap

contoh-teks-eksplanasi

Teks eksplanasi tentang pengangguran

Teks eksposisi tentang pengangguran - Saat di sekolah, tak jarang guru bahasa indonesia menyuruh kita untuk membuat contoh teks eksplanasi, salah satunya mengenai pengangguran.

Baca: 21+ Contoh Teks Eksplanasi dari Berbagai Tema Menarik LENGKAP!!!

faktasantuy.com menjelaskan pengangguran sendiri masuk kedalam salah satu fenomena sosial yang menjadi persoalan paling besar dalam sebuah negeri, & kita bakal mengulas tuntas beserta struktur teks eksplanasi pengangguran.

Struktur teks eksplanasi terdiri dari:

  1. Pernyataan umum: berisi pernyataan umum mengenai topik yang bakal dijelaskan proses proses terjadinya/proses keberadaan.
  2. Urutan Sebab Dampak: berisi mengenai detail penjelasan proses terjadinya yang disaapabilan dengan cara urut ataupun berangsur-angsur dari yang paling awal sampai yang paling akhir.
  3. Interpretasi: berisi mengenai kesimpulan mengenai topik yang telah dijelaskan.
Nah berikut teks eksplanasi pengangguran panjang:


Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran Beserta Strukturnya

Pernyataan umum

Salah satu fenomena sosial yang susah diatasi ialah pengangguran. Banyak yang mendefinsikanbahwa pengangguran ialah saat orang dewasa tidak bekerja ataupun tidak memiliki pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, ataupun tidak memiliki pekerjaan dengan cara format, & tidak memiliki penghasilan.

Urutan Sebab Dampak 1

Pengangguran terjadi sebab orang tersebut tidak memiliki kemauan untuk bekerja ataupun mencari pekerjaan maupun tidak memiliki kepandaian tertentu jadi waktunya hanya dihabiskan di dalam rumah ataupun hanya bermain setiap harinya. Bahkan ada juga yang menginginkan belas kasihan orang di kurang lebihnya.

Urutan Sebab Dampak 2

Berbagai faktor dasar yang menyebabkan pengangguran diantaranya sebab tidak memiliki syarat untuk bekerja contohnya ijazah, lalu kekurangan terampil & lihai dalam mencari pekerjaan, minimnya pengetahuan, & tidak sanggup  bersaing dengan tenaga kerja lainnya.

Urutan Sebab Dampak 3

Lalu apa dampak banyaknya pengangguran? hal yang paling tampak jelas yaitu persoalan ekonomi & sosial untuk orang yang mengalaminya. Sebab dengan cara otomatis pengangguran tersebut tidak memperoleh penghasilan jadi tidak bisa untuk membeli keperluan untuk memenuhi hidup sehari-hari.

Selain itu, saat jumlah pengangguran terlampau banyak, maka bakal timbul kekacauan sosial, jumlah gelandangan meningkat, & potensi kriminal naik.

Interpretasi (Kesimpulan)

Sehingga kita tahu bahwa pengangguran ialah persoalan besar yang haruslah segera diselesaikan. Ada berbagai hal yang bisa diperbuat, diantaranya dengan memperbagusi menggandakan lapangan pekerjaan.

Sebab terus banyak lapangan pekerjaan, pengangguran juga terus berkekurangan. Apabila pengangguran berkekurangan, tingkat kriminalitas sekaligus juga bisa berkekurangan.

Cara lain yang bisa diperbuat dengan memperbaiki lulusan sarjana yang dihasilkan & disesuaikan dengan keperluan pasar tenaga kerja. Jadi bakal cocok sesuai dengan bakat & ketertarikan para sarjana.

Baca: 7+ Contoh Menyunting Karangan Sebelum dan Sesudah

Hal lain yang bisa kita perbuat yaitu membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain jadi kita juga turut serta dalam mengurangi tingkat pengangguran sekaligus kemiskinan di Negeri ini.

Ada yang ingin ditanyakan dengan contoh teks eksplanasi pengangguran ini? atau ingin tahu kaidah kebahasaan teks eksplanasi pengangguran? jangan sungkan untuk bertanya ke faktasantuy.com

Latihan:
  1. buatlah teks eksplanasi tentang pengangguran dalam bahasa inggris
  2. buatlah teks eksplanasi pengangguran beserta kaidah kebahasaannya

Posting Komentar untuk "√ Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran Beserta Strukturnya Lengkap"