Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian CSR, Manfaat, Hubungannya Dengan Pembangunan Berkelanjutan

pengertian-csr-perusahaan-serta-manfaatnya

faktasantuy.com - Sebuah perusahaan tidak lepas dari tanggung jawab sosial dari pemegang kekuasaan dlm sebuah perusahaan. Yg mana tanggung jawab tersebut merupakan kontribusi dari perusahaan yg diperuntukkan utk lingkungan kurang lebih ataupun masyarakat umum.

CSR Perusahaan – CSR perusahaan mungkin istilah yg baru bagi orang awam, terlebih apabila orang tersebut tidak bekerja di sebuah perusahaan. Tetapi, tidak ada salahnya apabila kalian ingin mengenal apa yg dimaksud dgn CSR itu. Tidak hanya itu, kalian pasti penasaran dgn fungsi yg ditimbulkan dari istilah CSR perusahaan.

Pengertian CSR Perusahaan


Corporate Sosial Responsbility (CSR) merupakan sebuah mekanisme yg dimiliki oleh perusahaan dengan mengintegrasikan perhatian terhadap lingkungan sosial ke dlm operasi lain bersama interaksi dgn pemangku kepentingan, mekanisme tersebut melampaui tanggung jawab sosial di bidang hukum.

Baca: Segmentasi Pasar : Pengertian, Cara Menentukan, Tujuan, Kriteria, Jenis

Sederhananya Corporate Sosial Responsbility (CSR) ialah konsep yg digunakan oleh sebuah perusahaan sebagai rasa tanggung jawab terhadap sosial serta lingkungan dimana perusahaan tersebut berdiri & berkembang menjadi perusahaan besar.

CSR layaknya melaksanakan kegiatan yg bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dgn menjaga lingkungan, membangun fasilitas umum & memberikan bantuan dan sanggup memberikan bantuan dana utk kesejahteraan masyarakat banyak pada umumnya & ke inti perusahaan pastinya.

Definisi Lain CSR Perusahaan

Seperti yg diketahui bahwa CSR perusahaan merupakan mekanisme dari sebuah perusahaan utk bisa memberikan kontribusi bagi karyawan & lingkungan. Tetapi, arti dari CSR juga tidak hanya dlm lingkup tersebut, terdapat beberapa pakar yg merumuskan CSR dlm defisini lain.

Dasar dari CSR ialah bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap stakeholder ataupun pemangku kepentingan, para pakar menyebutkan bahwa tidak hanya arti diatas Corporate Sosial Responsbility, ttp mempunyai setidaknya 3 definisi lain, apa saja definisi tersebut?

Perbuatan sosial yg didlmnya meliputi kepedulian terhadap lingkungan lebih luas dari batas-batas yg dituntut ataupun didlm peraturan perundang-undangan.

Komitmen usaha dengan cara etis, pengoperasiannya dengan cara legal, & berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi yg diiringi dgn peningkatan nilai hidup karyawan tergolong keluarganya, komunitas lokal sampai masyarakat banyak.

Komitmen bisnis utk ikut serta memberikan kontribusi dlm pembangunan ekonomi berkelanjutan. Bekerja dgn karyawan perusahaan, keluarga karyawan, komunitas setempat & masyarakat umum scr keseluruhan dlm rangka utk meningkatkan nilai hidup bersama

Hubungan CSR dengan Pembangunan Berkelanjutan

Corporate Social Responsbility (CSR) sangat erat kaitannya dgn pemerintah dlm hal pembangunan berkelanjutan. CSR sangat erat kaitannya dgn Sustainable Development (pembangunan berkelanjutan), sebuah perusahaan dgn kegiatan haruslah berdasar pada keputusan yg tidak semata-mata berorientasi pada sudut ekonomi.

Perusahaan sangat ditekankan utk tidak mengacu dlm mengambil keuntungan saja, tetapi seluruh perusahaan juga haruslah & wajib memikirkan akibat sosial serta lingkungan yg mungkin bisa ditimbulkan sebab keputusan yg dibangun ataupun disepakati perusahaan tersebut.

Pengertian Korupsi : 6 Faktor Korupsi dan 4 Bentuk Korupsi

Sustainable development merupakan sebuah konsep yg berfungsi utk menciptakan keseimbangan antara dimensi pembangunan, seperti ekonomi, sosial & lingkungan. Dlm hal ini ialah proses pembangunan (kota, bisnis, sosial, lahan, masyarakat & lainnya).

Proses tersebut mempunyai prinsip dimana bisa memenuhi kebutuhan yg diperlukan saat ini tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan yg diperlukan oleh generasi penerus ataupun yg bakal datang.

CSR Percepat Pembangunan

Berdasar pada perjanjian yg disepakati bersama dlm deklarasi milenium MDGR (Millenium Development Goals) oleh 189 negara anak buah Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB ) di Kota New York, Amerika Serikat yg mulai dijalankan pada September 2000 & menghasilkan delapan pokok yg diinginkan tercapai pada 2015.

Kejadian & kesepakatan tersebut menjadi tonggak & lahirnya CSR (Corporate Social Responsbility) bagi perusahaan, CSR merupakan hasil dari sebuah kesepakatan bersama yg bisa dipakai sebagai taktik jitu pembangunan terutama di Indonesia.

Mengapa demikian? Hasil yg dicapai dari program CSR yg dilgunakan perusahaan bakal berakibat pada kesejahteraan masyarakat & lingkungan. Seperti yg sudah digunakan oleh beberapa perusahaan diatas, Danone, Pertamina,dan PT Sinde Budi Sentosa.

Beberapa perusahaan tersebut sudah membuktikan bahwa program CSR yg mereka gunakan memberikan akibat sangat positif baik utk masyarakat ataupun lingkungan.

Seperti yg diljalanakan oleh Danone, program air yg diusungnya sanggup menolong beberapa masyarakat di daerah yg kurang air bersih. Hal tersebut bisa menolong meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut & pastinya bisa menjadi sebuah hasil berharga bagi pembangunan nilai masyarakat tersebut.

Hal yg sama juga digunakan Pertamina yg berkomitmen dlm membangun Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pembangunan oleh Pertamina bisa menyentuh sampai ke beberapa pelosok yg bahkan sebelumnya belum terjamah, seperti spbu di sebuah daerah tertentu.

Selain pembangunan nilai manusia, PT Sinde Budi Sentosa, programnya yg mengusung kelestarian alam dgn badak jawa sanggup menjadi bukti bahwa program CSR ini sanggup meningkatkan pembangunan sekaligus pelestarian alam.

Indonesia dengan cara khusus merupakan negara yg diberkati ribuan fungsi alam yg mana keunggulan tersebut bisa dimanfaatkan utk seluruh masyarakat yg menjadi warga negara Indonesia.

Program CSR yg dipakai oleh perusahaan merupakan salah satu dari sekian banyak cara yg bisa digunakan utk bisa membuat kekayaan alam Indonesia berfungsi & bisa dipakai utk meningkatkan nilai hidup masyarakat & lingkungan.

Manfaat CSR Perusahaan

Dari arti diatas bisa disimpulkan bahwa CSR perusahaan bakal memberikan akibat yg langsung dirasakan oleh karyawan & lingkungan kurang lebih. Beberapa fungsi yg diberikan pastinya bakal berakibat positif bagi yg menerima sebab pada hakekatnya CSR dipakai utk menjadikan nilai hidup lebih baik.

Lebih dari itu, fungsi CSR bisa meliputi dlm beberapa macam bentuk tergantung dari pihak-pihak yg terlibat dlm program tersebut. Adapun fungsi CSR perusahaan ialah sebagai berikut.

1. MELEBARKAN AKSES SUMBER DAYA

Corporate Sosial Responsbility (CSR) apabila dikelola dgn bagus bisa memunculkan sebuah efek yg bisa dijadikan sebuah keunggulan bagi perusahaan. Hal ini juga tergantung gimana cara mengelola perusahaan.

Selain itu, keunggulan yg dihasilkan oleh CSR bisa dipakai sebagai alat bersaing bagi perusahaan yg nantinya bisa menolong memuluskan jalan utk memperoleh sumber daya yg diperlukan perusahaan tersebut.

2. MELEBARKAN AKSES MENUJU MARKET

Dari CSR yg dikelola dgn bagus pasti bakal memunculkan ataupun menghasilkan sebuah keunggulan yg bisa dipakai perusahaan bersaing dgn perusahaan lainnya. Lebih dari tersebut anggaran yg dikeluarkan utk program CSR sebetulnya bisa dijadikan sebuah peluang bagi perusahaan.

Dana ataupun anggaran yg dikeluarkan perusahaan bisa menjadi peluang utk memperoleh market ataupun pasar yg lebih besar. Tergolong juga di dlmnya bisa membangun kesetiaan konsumen serta menembus pangsa pasar baru. Hal ini dikarenakan CSR bisa membuat nama perusahaan menjadi lebih populer & dikagumi oleh masyarakat.

3. MEREDUKSI BIAYA

Apabila seluruh hal yg berkaitan dgn mengeluarkan anggaran bisa membuat perusahaan tersebut boros maka tidak sama dgn program CSR. Sebaliknya program ini bisa membuat perusahaan berhemat dlm pengeluaran dana ataupun biaya.

Program CSR juga bisa menghemat anggaran perusahaan seperti umpama melaksanakan program yg berkaitan dgn lingkungan, menerapkan konsep daur ulang dlm perusahaan. Jadi limbah perusahaan bakal berkurang & anggaran utk produksi juga bakal lebih hemat.

4. PELUANG MENDAPATKAN PENGHARGAAN

Selain bisa menghemat biaya, program CSR nyatanya juga mempunyai fungsi lain yg pastinya menguntungkan bagi perusahaan yg membuat ataupun menerapkan program tersebut, terlebih apabila program CSR yg diusung perusahaan berhasil & memberikan efek sangat positif.

Perusahaan yg memberikan kontribusi besar bagi masyarakat & lingkungan melewati program CSR bakal berpeluang utk memperoleh peluang meraih apresiasi. Pastinya apresiasi  ini merupakan hasil dari keberhasilan program tersebut & bakal menjadi kebanggaan bagi perusahaan itu.

Fungsi CSR

Selain mempunyai manfaat, CSR perusahaan juga mempunyai beberapa manfaat. Fungsi yg tidak hanya diperutkkan ataupun dipakai oleh perusahaan tetapi juga utk masyarakat ataupun bahkan karyawan yg bekerja di perusahaan tersebut.

Meski demikian, fungsi ini bergantung terhadap tujuan spesial yg dimiliki oleh CSR sebagai program yg menghasilkan sebuah produk juga membuat perusahaan & masyarakat mendapat keuntungan dari dijalankannya program tersebut.

1. IZIN SOSIAL UNTUK BEROPERASI

Selain utk masyarakat & lingkungan, tujuan lain CSR perusahaan ialah supaya bisa membuat perusahaan tersebut maju & berkembang. Bagi perusahaan, faktor mutlak yg membuat perusahaan tersebut bergerak. Dgn adanya CSR, masyarakat kurang lebih bakal memperoleh fungsi dari adanya perusahaan di lingkungan mereka.

Maka dgn sendirinya masyarakat tersebut juga bakal merasa diuntungkan & lama kelamaan merasa seperti mempunyai perusahaan tersebut. Ini bakal membuat perusahaan bebas dlm menjalankan kegiatan di lingkungan tersebut.

2. MENGURANGI RISIKO BISNIS PERUSAHAAN

Program CSR ini sangat mempunyai banyak akibat bagus utk perusahaan, tidak hanya bisa menghemat anggaran nyatanya CSR juga mempunyai fungsi lebih besar dari pada hal tersebut utk sebuah perusahaan yg membuatnya ataupun membentuknya. CSR bakal membuat hubungan antara perusahaan dgn pihak-pihak yg terlibat menjadi terus baik.

Hubungan erat yg terjalin antara perusahaan yg terlibat dgn program CSR bakal membuat risiko-risiko bisnis seperti adanya kerusuhan menentang berdirinya sebuah perusahaan bisa minim. Apabila hal tersebut bisa berlangsung dgn lancar maka biaya-biaya pengalihan risiko bisa dipakai utk hal lain yg lebih berfungsi bagi masyarakat.

3. MENJALIN HUBUNGAN BAIK DENGAN PEMANGKU KEPENTINGAN

Berlangsungnya program CSR tak lepas dari kewajiban perusahaan terhadap stakeholder ataupun pemangku kepentingan. Apabila program yg dijalankan berlangsung dgn lancar & fungsi bagi lingkungan & masyarakat tampak, maka hal tersebut pasti merupakan hadiah tersendiri bagi perusahaan.

Perusahaan yg menggunakan CSR pada umumnya turut andil meringankan beban pemerintah sebagai regulator. Hal tersebut dikarenakan pemerintah yg sebetulnya mempunyai tanggung jawab lebih besar terhadap kesejahteraan masyarakat & lingkungan bakal terbantu dgn adanya program tersebut.

4. MENINGKATKAN SEMANGAT KARYAWAN

Program yg diusung oleh perusahaan terbukti wajib diperutkkan utk karyawan & lingkungan. Tetapi, menyusul dgn berhasilnya program yg dijalankan, beberapa keuntungan juga didapat oleh perusahaan dari para karyawan mereka.

Reputasi perusahaan yg memberikan kontribusi besar bagi masyarakat & ataupun lingkungan dgn program CSR pasti meningkatkan kebanggaan tersendiri bagi para karyawan yg bekerja di perusahaan tersebut. Hal tersebut bisa berakibat pada peningkatan motivasi & produktivitas kerja karyawan.

Contoh Perusahaan CSR

Program Corporate Social Responsbility (CSR) merupakan program yg sangat berfungsi & berfungsi bagi masyarakat umum maupun perusahaan yg menjalankan program tersebut sendiri. Bagi masyarakat program CSR sanggup menolong kesusahan-kesusahan yg tengah mereka alami.

Bagi perusahaan, program ini bisa memberikan penilaian masyarakat pada citra bagus perusahaan. Penilaian tersebut pastinya penilaian yg bagus dari masyarakat & para konsumen, sampai saat ini banyak perusahaan yg sudah menjalankan program CSR dgn berhasil, beberapa diantaranya sebagai berikut.

1. DANONE (AIR MINERAL/AQUA)

Meski bukan perusahaan dlm negeri, Danone bisa memenuhi program CSR dgn menjalankannya dgn sangat bagus. Danone dgn program CSR yg disebut WASH (Water Acces, Sanitation, Hygiene, Program) yg mempunyai tujuan utk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat beserta lingkungannya.

Selain peningkatan kesejahteraan lingkungan masyarakat juga berkontribusi dengan cara aktif serta berkelanjutan utk emberikan solusi atas persoalan yg berhubungan dgn penyediaan air bersih di Indonesia. Program tersebut dikenal dgn ‘1 Liter Aqua utk 10 Liter Air Bersih’.

Program tersebut terbukti sanggup dipakai sebagai cara menolong beberapa masyarakat di sebuah daerah yg dimana daerah tersebut kurang air bersih ataupun daerah tersebut mengalami kekeringan Panjang.

2. PT SINDE BUDI SENTOSA (PRODUK KESEHATAN)

Tidak hanya peningkatan nilai manusia, faktor alam kurang lebih juga menjadi salah satu tujuan mutlak lahirnya program CSR. Pelestarian lingkungan menjadi tema yg diusung oleh PT Sinde Budi Sentosa, mereka paham bahwa lingkungan juga penting utk kelangsungan hidup.

Cara unik & kreatif serta sangat berfungsi ditunjukkan oleh PT Sinde Budi Sentosa yg menggunakan program CSR dgn cara melestarikan habitat Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon. Seperti yg diketahui bahwa populasi fauna langka tersebut terus sedikit, keadaan ini sangat genting bagi kelanjutan generasi Badak Jawa.

Program tersebut dilkukan atas kerja sama PT Sinde & WWF Indonesia, sebagai bentuk cara melestarikan badak jawa yg populasinya sedikit, Sinde memberikan donasi berupa pengumpulan dana dari hasil penjualan produk mereka (Larutan Cap Badak) utk program pelestarian Badak Jawa.

3. PERTAMINA

Satu lagi perusahaan yg terbilang berhasil dlm melsayakan program CSR di Indonesia yaitu Pertamina. Pertamina berkomitmen dlm menjalankan program CSR mereka dgn menolong pemerintah Indonesia dlm meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) di Indonesia.

Melewati pelaksanaan program-program yg menolong tercapainya sasaran pembangunan & membangun hubungan harmonis serta kondusif dgn seluruh pihak pemangku kepentingan yg mendukung tercapainya tujuan perusahaan dlm menjalankan program tersebut terutama dlm membangun reputasi perusahaan.

Beberapa program yg diluncurkan Pertamina terbukti memberikan fungsi yg sangat positif utk masyarakat, terlebih bagi masyarakat yg tinggal di daerah terpencil ataupun di sebuah daerah yg belum terjamah banyak orang.

Baca: Anjrit! Di Arab Saudi Pengangguran di Gaji Rp.4.8 Juta/Bulan

Posting Komentar untuk "Pengertian CSR, Manfaat, Hubungannya Dengan Pembangunan Berkelanjutan"