Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

50+ Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli Terlengkap

pengertian-ilmu-ekonomi-menurut-para-ahli

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli – Terdapat beberapa pandangan dari para pakar ekonomi mengenai arti ilmu ekonomi. Jadi faktasantuy.com merasa butuh untuk mengutip definisi ilmu ekonomi dari para pakar ekonomi. Para pakar yang mendefinisikan mengenai arti ekonomi selain berasal dari luar negeri saja. Baca juga: Segmentasi Pasar : Pengertian, Cara Menentukan, Tujuan, Kriteria, Jenis


Menurut para ahli, ekonomi adalah:

Frank Knight

Ilmu Ekonomi ialah ilmu ataupun studi mengenai cara menindak lanjut hubungan yang terkait dengan segala hal yang bersifat ekonomis.

Albert Meyers

Ilmu Ekonomi ialah sebuah ilmu mengenai pengetahuan yang mengulas mengenai beberapa tipe persoalan untuk memenuhi kebutuhan hidup dari setiap manusia.

J. Van Zwijnregt

Ilmu Ekonomi adakah cabang ilmu ataupun studi pengetahuan yang mendalami setiap usaha manusia untuk tercapainya sebuah kemakmuran.

Ensiklopedi Indonesia

Ilmu ekonomi ialah ilmu pengetahuan yang mendalami usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala & hubungan yang muncul dari usaha tersebut

Adam Smith

Ilmu ekonomi ialah ilmu sistematis yang mendalami tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk mencapai tujuan tertentu

Von Neumann & Mogenstern

Ilmu ekonomi ialah disiplin ilmu yang sangat sayang jika tidak diperlakukan dengan cara tidak ilmiah sebab para tokoh terkemuka nya sibuk mengurus beberapa solusi untuk menghadapi persoalan mendesak pada zaman itu.

M. Manullang

Ilmu ekonomi ialah ilmu yang mmenuhi keinginan manuempelajari masyarakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran merupakan keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, bagus yang berupa barang-barang maupun jasa).

Richard G. Lipsey

Ahli ekonomi ini menyebutkan bahwa ilmu ekonomi ialah ilmu yang mendalami pemanfaatan sumber daya yang langka guna mesia yang tidak terbatas. Baca juga: Pengertian Pajak Menurut 5 Ahli, Jenis, dan Fungsinya

Khursid Ahmad

Ilmu ekonomi ialah sebuah upaya sistematis yang mencoba memahami perpersoalanan ekonomi & perilaku manusia dalam hubungan dengan perpersoalanan tersebut dari aspek pandang islam.

Samuekon

Ilmu ekonomi ialah sebuah studi yang menganalisis kemenyesalan & keuntungan meningkatkan pola-pola tertentu dalam penggunaan sumber daya.

Alfred Marshall

Ilmu ekonomi ialah ilmu ataupun studi yang mendalami kehidupan manusia sehari-hari.

Aristoteles

Ilmu ekonomi ialah sebuah cabang yang dapat dipakai melewati 2 jalan yaitu kemungkinan untuk dipakai & kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang. Kualitas penggunaan & kualitas pertukaran.

Prof. Paul Anthony Samuelson

Ilmu ekonomi ialah studi mengenai manusia dalam kegiatan kehidupan sehari-hari untuk mendapat & menikmati kehidupan.

Robert B. Ekelund Jr. & Robert D. Tollison

Ilmu ekonomi ialah ilmu yang mendalami cara individu & masyarakat mempunyai keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memuaskan keinginan mereka.

Suherman Rosydi

Ilmu ekonomi ialah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berusaha sungguh-sungguh untuk memberikan pengetahuan & arti mengenai gejala-gejala masyarakat yang muncul sebab lakukanan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan ataupun untuk mencapai kemakmuran.

Pendapat Dari J. M. Keynes

Ilmu Ekonomi ialah sebuah teknik berpikir yang mempunyai kegunaan untuk mempertimbangkan sejumlah anggaran serta bagian dari keuntungan.

Pendapat Dari J. L. Mey Jr.

Ilmu Ekonomi ialah salah satu dari ilmu pengetahuan yang mendalami mengenai segala usaha manusia untuk mencapai tujuan ke arah yang disebut kemakmuran di dalam kehidupannya.

Amwal

Ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu yang membahas mengenai gimana menentukan keputusan yang manjur dalam mengelola sumber daya yang ada dalam rangka memenuhi kebutuhan individu ataupun masyarakat.

J . B. Say 

Menurut pakar ilmu ekonomi ini, beliau menyebutkan bahwa ekonomi sebagai sebuah kajian mengenai peraturan yang dapat menentukan kekayaan.

J . S. Mill

Menurutnya, ilmu ekonomi ialah ilmu praktis mengenai produksi & distribusi kekayaan.

Penson

Ilmu ekonomi ialah ilmu pengetahuan yang rutin mendalami mengenai kesejahteraan material di setiap diri manusia.

Lionel Robbins

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mendalami perilaku manusia sebagai kaitan antara tujuan (ends) & sarana yang langka (scarce means) yang mempunyai banyak pilihan kegunaan.

Wikipedia

Ilmu ekonomi itu adalah ilmu yang mendalami perilaku manusia dalam memilih & menciptakan kemakmuran. Inti persoalan ekonomi ialah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.

Case and Fair

Definisi Ilmu ekonomi adalah studi mengenai gimana individu & masyarakat mengambil opsi untuk memakai sumber daya yang langka yang sudah disediakan oleh alam dengan generasi sebelumnya.

N. Gregory Mankiw

Ilmu ekonomi ialah studi mengenai cara masyarakat dalam mengelola sumber-sumber daya yang langka.

Alfred W.

Ilmu ekonomi dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu ilmu ekonomi deskriptif, teori ekonomi, & ilmu ekonomi terapan.

M. Akram Khan

Ilmu ekonomi ialah ilmu yang bermanfaat mendalami kesejahteraan manusia (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber daya bumi mengenai dasar kerjasama & partisipasi.

Willian Beveridge

Ilmu ekonomi ialah sebuah kajian mengenai cara manusia bekerjasama untuk memperoleh kebutuhan material

Pendapat Dari Van Der Valk

Ilmu ekonomi ialah cabang dari studi pengetahuan yang rutin mendalami mengenai setiap perbuatan hemat yang dilakukan oleh setiap manusia yang disertakan juga dengan dampak yang dapat saja muncul sebab setiap perbuatan hemat itu.

Louis Cantori

Definisi louis tidak sama dengan para pakar diatas, menurutnya ilmu ekonomi ialah persoalan yang menjamin berputar nya harta diantara manusia, jadi manusia dapat memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia & akhirat.

A. C. Pigou

Ilmu ekonomi yaitu satu kajian untuk meningkatkankan jumlah pengeluaran untuk meningkatkan taraf hidup.

Edwin Cannan

Ilmu ekonomi adalah sebuah studi yang bermanfaat untuk menerangkan faktor-faktor umum yang menentukan kebijakan material.

Abraham Maslow

Ilmu Ekonomi ialah salah satu bidang pengkajian dimana ilmu ini mencoba untuk menyelesaikan persoalan atas kebutuhan manusia melewati beberapa sumber ekonomi yang sudah ada berdasarkan terhadap teori & prinsip tertentu dalam sebuah sistem ekonomi yang sudah dianggap manjur & efisien.


HALAMAN SELANJUTNYA: disini

Itulah beberapa pandangan dari para pakar ekonomi mengenai definisi ilmu ekonomi tersebut sendiri. Semoga dapat menjawaban pertanyaan dari anda yang sedang mencari sumber ter

Posting Komentar untuk "50+ Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli Terlengkap"