Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30+ Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pengalaman, Pendidikan, Liburan

contoh-teks-eksemplum

faktasantuy.com - Contoh Teks Eksemplum – Satu hal yg tampak jelas dlm teks eksemplum ini bahwa teks ini menceritakan prilaku tokoh di dlmnya, dgn orientasi, insiden & interpretasi yg merupakan struktur penyusun dari teks eksemplum ini. Nah kelak pengalaman pribadi aku bakal dijadikan contoh dibawah.

Singkat saja, ciri khas dari teks eksemplum ini yakni berisi momen yg tidak diharapkan, lalu urutan momen nya juga jelas. Utk memahami lebih dlm mengenai materi teks ini, silahkan baca contoh contoh teks eksemplum dibawah ini.

Contoh Teks Eksemplum 1

Struktur Orientasi

Berawal saat aku ingin membuat surat ijin mengemudi pertamaku, aku berangkat dari tempat daerah asalku menuju ke kota yg ditempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dgn memakai motor.

Waktu tersebut aku berangkat dgn ayahku dgn memakai 2 motor. Ayahku sudah mempunyai surat ijin mengemudi, sedangkan aku belum. Tapi beruntung meskipun aku belum mempunyai surat ijin mengemudi, selagi mengendarai motor aku tidak terkena razia tilang polisi.

Struktur Insiden

Disaat perjalanan ke kota tinggal kurang lebih 30 menit aku sempat kaget dikarenakan banyak motor yg berhenti di tengah jalan, aku sudah menduga sebelumnya bahwa telah ada razia tilang polisi.

Dgn berani & yakin aku hendak kabur dari razia itu, tapi sayang sekali motor yg ada di depanku berhenti hingga terpaksa membuat laju motorku juga berhenti. Akhirnya akupun diperiksa oleh polisi.

Kemudian surat kendaraan yg aku kendarai diperiksa, & saat pemeriksaan surat ijin mengemudi, aku mati kutu dikarenakan belum mempunyainya.

Akupun mengasih tahu terhadap polisi bahwa tujuan kita bakal membuat surat ijin mengemudi, tapi hal tersebut tidak mendapat toleransi dari polisi hingga akupun terpaksa terkena tilang, dimana tilangan ini merupakan kali pertama bagiku.

Struktur Interpretasi

Dgn pengalaman pribadi ini aku belajar bahwa kita wajib mematuhi segala aturan berkendara khususnya persoalan surat ijin mengemudi yg sering tidak terlalu dipedulikan.

Sebab jika kita nekat mengendarai motor tanpa perlengkapan surat ijin mengemudi, kita bakal terkena dampaknya, salah satunya yakni terkena tilang.

Baca: 12+ Contoh Teks Berita Singkat Sesuai 5W+1H Terbaru

Contoh Teks Eksemplum 2

Struktur Orientasi

Sesudah pulang sekolah aku memutuskan utk langsung menuju ke koskuseperti biasa. Rasanya badan sudah capek dikarenakan aktivitas seharian sekolah di hari itu.

Saat melihat dispenser di kamar kos, aku berpikir bahwa sepertinya nikmat sebelum badan berbaring minum kopi terlebih dahulu. Kebetulan saat tersebut persediaan kopi tetap cukup banyak.

Aku panaskan dispenser & sesudah 5 menit air sudah hangat. Lalu aku ambil kopi bubuk & membuatnya kopi di gelas.

Struktur Insiden

Kopi pun sudah siap diminum & aku ingin berangkat ke kos lantai 1 (kamar aku di lantai 2) sembari mengangkat kopi yg barus aja dibuat.

Aku nekat mengangkat gelas kopi menuruni anak tangga tapi sebab aku gugup menuruni anak tangga, tanganku jadi tidak sebanding hingga membuat gelas yg berisi kopi goyang.

Alhasil kopi pun tumpah ke anak tangga, dimana anak tangga tersebut sering dilalui oleh anak-anak. Saat tersebut untung saja tidak ada orang yg sedang lewat sehingga waktu 10 menit itu aku dapat membersihkan cairan kopi yg tumpah di lantai tangga.

Struktur Interpretasi

Berdasarkan cerita pengalaman pribadi diatas, kita dapat belajar saat mengangkat sesuatu khususnya yg rawan pecah, kita wajib lebih berhati-hati & tidak tergesa-gesa. Hingga tidak bakal terjadi hal yg tidak diharapkan.

Baca selanjutnya: Halaman kedua

Nah itulah cerita teks eksemplum beserta struktur teks eksemplum dengan lengkap dan benar. Update selanjutnya admin akan membuat contoh teks eksemplum tentang pendidikan, contoh teks eksemplum tentang pengalaman liburan dan contoh teks eksemplum tentang persahabatan.

Posting Komentar untuk "30+ Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pengalaman, Pendidikan, Liburan"