Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Keutamaan Hari Jumat, Ketahuilah Sebelum Tidak Sah!

Faktasantuy.com - Keutamaan hari jumat. Hari jumat adalah hari suci bagi agama islam, pasti kamu sudah tau bukan apa saja yang termasuk keistimewaan hari jumat adalah?

keutamaan-hari-jumat

Keutamaan Hari Jumat

Keistimewaan hari Jumat merupakan hari dimana saat-saat dikabulkannya doa, saat-saat terakhir setelah shalat atau di antara duduknya imam di atas mimbar saat berkhutbah Jumat sampai shalat selesai ditunaikan. Allah mengkhususkan hari Jumat ini khusus bagi kaum Muslimin dari seluruh kaum dari umat-umat terdahulu. Di dalamnya terdapat banyak rahasia dan keutamaan yang datangnya langsung dari Allah. Baca juga: Standar akhlak yang baik


Rahasia Keutamaan Hari jumat

Adapun beberapa keutamaan dari hari jum’at, yaitu sebagai berikut:

  1. Hari Terbaik, yang mana Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabada: “Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jum’at. Pada hari itu diciptakanlah Adam AS, dimasukkan ke surga serta dikeluarkan darinya. kemudian kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at. 
  2. Hari tatkala Allah SWT menampakkan diri kepada hamba-Nya yang beriman di Surga. Sahabat Anas bin Malik R.A dalam mengomentari ayat: “Dan Kami memiliki pertambahannya” (QS.50:35) yang menyatakan: “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jum’at”.
  3. Waktu Mustajab untuk Berdo’a. Abu Hurairah R.A menjelaskan Rasulullah SAW bersabda: ” Sesungguhnya pada hari Jum’at terdapat waktu mustajab bila hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah SWT pada waktu itu, niscaya Allah SWT akan mengabulkannya. 
  4. Sedekah dihari itu lebih utama dibandingkan dengan sedekah pada hari-hari lainnya. Ibnu Qayyim pernah berkata bahwa: Sedekah pada hari itu lebih baik  dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya, laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”. Hadits dari Ka’ab R.A menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari lainnya”.(Mauquf Shahih)
  5. Hari besar yang berulang setiap pekannya. Ibnu Abbas R.A berkata : Rasulullah SAW bersabda: Hari ini merupakan  hari besar yang Allah SWT tetapkan bagi umat Islam, maka siapa yang hendak menghadiri shalat Jum’at hendaklah mandi terlebih dahulu ”.(HR. Ibnu Majah)

baca juga: Pengertian akhlalul kharimah

Amalan Hari jumat

  1. Membersihkan Diri, dimaksudkan bukan berarti bahwa kita harus senantiasa menjaga kebersihan diri atau jasmani pada hari jum’at saja, namun  dihari jum’at ada amalan istimewa yang bisa dilaksanakan untuk mendapat keistimewaan, yakni membersihkan diri dengan total, seperti mandi keramas, memotong kuku, dan sebagainya. Hal ini berdasarkan sebuah hadits dari Abu Hurairah R.A, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang mandi di hari jum’at, maka ia mandi seperti mandi janabah” (HR. Bukhari dan Muslim).
  2. Membaca Surat Al Kahfi, hal ini bisa dilakukan dimalam atau siang hari pada Hari Jumat. Dengan keutamaan bahwa Allah SWT akan memberikan ketenangan hati hingga satu pekan kemudian. Ketenangan hati berguna untuk menghadapi dinamika hidup. Selain itu, kita akan dilindungi dan dijauhkan dari fitnah Dajjal. 
  3. Membaca Surat Yasin Selain  membaca Surat Al Kahfi, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca Surat Yasin pada hari Jumat. Hadits tentang keutamaan shalat jumat, dengan keutamaan membaca Surat Yasin ditegaskan dalam sebuah hadis riwayat Abu Daud  yang berbunyi. “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).
  4. Membaca shalawat dan Berzhikir Di antara keutamaan dari membaca shalawat yakni sebagaimana yang diterangkan Rasulullah SAW sendiri bahwa muslim yang paling banyak membaca shalawat kelak akan menjadi orang yang paling dekat dengan beliau di surga. Dan umat muslim dianjurkan untuk membaca shalawat dan zikir dihari Jumat. Membaca shalawat dan zikir berguna untuk bekal di akhirat. Rasulullah SAW bersabda: “Maka perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari (Jumat) ini, sesungguhnya shalawat kalian akan ditampakkan kepadaku” (H.R Abu Daud no.1047 hadis shahih).
  5. Bersedekah memperbanyak bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, dan lain sebagainya. 
  6. Shalat Jumat,  Shalat Jumat wajib hukumnya bagi kaum laki-laki. Apabila telah meninggalkan salat Jumat sebanyak tiga kali maka tergolong orang-orang yang fasik. Dan disunnahkanlah menyegerakan pergi ke masjid untuk melaksanakan salat Jumat. Dalam sebuah hadis disebutkan “Jumat merupakan kewajiban bagi setiap Muslim secara jamaah kecuali empat orang. Hamba sahaya yang dimiliki, perempuan, anak kecil dan orang sakit”. (HR. Abu Daud)
  7. Berdoa, amalan terakhir di hari Jumat yakni berdoa. Doa-doa pada hari Jumat akan dikabulkan oleh Allah SWT. Salah satu waktu mustajab untuk berdo’a atau memohon kepada Allah  SWT adalah pada hari jum’at. Yang telah diriwayatkan dalam sebuah hadits, “Dari Abu Hurairah R.A bahwa Rasulullah SAW membicarakan terkait hari Jum’at lalu ia bersabda, Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).

Nah itulah artikel keutamaan hari jumat. Apabila kamu ingin bertanya mengenai sedekah di hari jumat silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: 6 agama ini hanya di akui indonesia

Lain kali admin akan membuat artikel keutamaan sedekah di hari jumat, ditunggu saja ya. Pertanyaan sebutkan keistimewaan hari jumat:
1. Apa manfaat al kahfi hari jumat.
2. Apa manfaat sedekah di hari jumat?
3. Apa keutamaan meninggal di hari jumat?
4. Apa tuliskan 10 keutamaan membaca surat al kahfi di hari jumat

Posting Komentar untuk "5 Keutamaan Hari Jumat, Ketahuilah Sebelum Tidak Sah!"