Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Pengertian Akhlakul Karimah: Jenis, Ciri dan Contoh

akhlak

Faktasantuy.compengertian akhlaq adalah? Kali ini kita akan membahas artikel religi mengenai akhlaq. Baca juga: Lakukan tawaqal ini maka pahala 700x lipat

Pengertian Akhlak

Definisi akhlak, pengertian Akhlaq bermula dari kata Al-Huluq yang berarti tabiat, budi pekerti, atau kebiasaan. Atau secara istilah akhlaq diartikan sebagai  sesuatu yang melekat pada jiwa manusia yang daripadanya lah lahir perbuatan atau perilaku yang mudah tanpa melalui proses pemikiran pertimbangan atau penelitian.

Baca juga: 6 lembaga agama resmi indonesia

Kata akhlaq bermula dari kata khalaqa atau khalqun yang berarti kejadian, bentuk, ciptaan, tampilan, prilaku, serta tingkah laku  yang sepintas hanya berkonotasi lahiriyah, namun pada dasarnya akhlaq itu meliputi yang bathiniyah (dalam) disamping yang lahiriyah karena sikap batin termasuk materi kajian akhlaq, sehingga bisa saja seseorang yang tutur katanya santun, tingkah lakunya sopan, tetapi dia tidak berakhlaq mulia sebab bias jadi demikian itu karena ingin mendapat pujian atau malah ingin menipu. Maka dari itu akhlaq tidak dapat di identikkan dengan : Budi pekerti, etika, sopan santun karena semuanya itu hanya terbatas hal-hal yang lahiriyah saja, disamping hanya berkaitan dengan hubungan pergaulan antara manusia, sementara akhlaq mencangkup :

  1. Hubungan manusia dengan diri sendiri
  2. Hubungan manusia dengan ALLAH SWT
  3. Hubungan manusia dengan sesama
  4. Hubungan manusia dengan alam lingkungannya

Jenis Jenis Akhlak

Adapun beberapa jenis akhlak yaitu sebagai berikut:

  1. Dilihat dari bentuknya yaitu; Akhlaq Jawarih (anggota badan atau aktifitas fisik), Akhlaq Lisan (ucapan atau perkataan), Akhlaq Qalbu (sifat atau sikap hati)
  2. Ditinjau dari sifatnya, akhlaq terbagi menjadi : Al-Akhlaq al-Karimah (mulia) atau disebut juga al-Mahmudah (terpuji) serta Al-Akhlaq al-Sayyi’ah (buruk) atau disebut juga al-Mazmumah (tercela)
  3. Dilihat dari obyeknya, pada dasarnya akhlak mengatur hubungan, maka akhlaq dapat juga dibagi menjadi :

  • Akhlaq manusia terhadap diri sendiri , yang mana setiap orang berkewajiban memelihara dirinya secara fitrah, memenuhi haknya, didalam islam orang yang membiarkan dirinya menderita apalagi sampai bunuh di kategorikan berdosa dan bahkan murtad.
  • Akhlaq manusia terhadap Allah, dimana dia sebagai makhluknya yang diciptakan hanya untuk menghamba kepadanya (beribadah) sehingga dia tidak beribadah maka akhlaqnya dengan Allah itu buruk.
  • Akhlaq manusia terhadap sesame manusia, dimana satu sama lain saling bergantung, karenanya manusia dengan sesamanya wajib saling membantu/ tolong-menolong dalam kebajikan, serta saling menjaga jiwa, kehormatan, serta harta bendanya.
  • Akhlaq manusia terhadap makhluk lainnya, baik dengan jin, malaikat, binatang, tumbuhan, dan lain sebagainya, ada batasannya untuk mengatur hubungan antar sesamanya itu.

Pengertian Akhlakul Karimah

Akhlakul Karimah merupakan perilaku Akhlak yang baik dan terpuji yang berupa suatu aturan atau norma yang mengatur hubungan antar sesama manusia dengan tuhan dan alam semesta. Ataupun merupakan akhlak yang terpuji baik yang langsung terhadap Allah SWT dengan melaksanakan ibadah yang wajib maupun yang sunnah, serta melaksanakan hubungan yang baik antar sesama manusia seperti:

  1. Husnudzhan hablumminallah wahablumminannas merupakan hubungan Baik Kepada Allah SWT Dan Hubungan Baik antar Sesama Manusia
  2. Qana’ah berarti menerima segala pemberian Allah SWT.
  3. Ikhlas berarti melaksanakan sesuatu perbuatan yang baik sebab hanya karena Alllah SWT.
  4. Sabar berarti menerima pemberian dari Allah baik berupa nikmat maupun berupa cobaan.
  5. Istiqomah berarti teguh pendirian terhadap keyakinannya.
  6. Tasammuh berarti memiliki sifat tenggang rasa, lapang dada, dan memiliki sifat toleransi.
  7. Ikhtiar berarti berusaha atau kerja keras untuk mencapai tujuan.
  8. Berdoa berarti memohon dan meminta kepada Allah SWT.


Ciri Ciri Akhlakul Karimah

  1. Selalu bersikap baik dan ramah terhadap Sesama Mahkluk Allah. ( Manusia, Hewan, Tumbuhan Dan lain sebagainya ).
  2. Rajin Menuntut Ilmu, Terutama Ilmu Agama Islam yang Rahmatan Lil Alamin. 
  3. Rela Berkorban Dan Ikhlas Menerima Ketentuan Alloh. (Q.S. Ar-Ra’d, 13:11)
  4. Berinisiatif   (Q.S. Al-Mujaadilah, 58:1 )


Contoh Akhlakul Karimah Terhadap Diri Sendiri

  1. Berpandangan terhadap masa Depan yang berarti apabila kita telah selesai berurusan dengan dunia dan dengan segala tanggung jawab kita di dalamnya, hendaknya kita bersiap-siap untuk mencari pengetahuan langsung tentang Realitas Ilahi. ( QS. Al-Hasyr ayat 18 )( QS. Al-insyiroh ayat 7 )( QS. Al-Kahfi  ayat 110 ) ( QS. An-Nahl ayat 97 ).
  2. Bersikap atau Berfikir Positif ( QS. Al-Isra ayat 36 )( Al-Insyiroh  ayat 5-6 ) ( QS. Al-Baqarah ayat 269 ).
  3. Memelihara Kesehatan Mental Artinya Selalu Sadar Bahwa Semua Yang Terjadi Dengan Diri Adalah Ketentuan Alloh SWT. ( QS. Al-Imran ayat 112 ) ( QS. Al-Imran ayat 145 ) ( QS. Al-Imran ayat 173 ) ( QS. Ar-Ro’ad ayat 28 ) ( QS. Al-Ma’rij ayat 19-24 ).
  4. Merendahkan Diri dan Tidak Sombong ( QS. Al-Isra  ayat 37  )( QS. Luqman ayat 18 ) ( QS. Al- Hadid ayat 23 )( QS. Al-a’raf ayat 40-42 ).


Contoh Akhlakul Karimah Terhadap LINGKUNGAN

  1. Sikap Terpuji Terhadap Lingkungan Alam (Q.S. Al-Jaatsiyah, 45-12-13) (Q.S. Ar-Ruh, 30:41).
  2. Sikap Terpuji Terhadap Binatang (Hewan) : Rasulullah SAW bersabda Yang Artinya : “Orang-orang yang penyayang itu, Allah Yang Maha Penyayang akan menyayangi mereka. Allah SWT berfirman : Maka sayangilah makhluk-makhluk yang ada di bumi, pasti makhluk yang ada di langit (para malaikat) menyayangi kalian.” (H.R. Imam Ahmad).

Contoh Akhlakul Karimah di sekolah

  1. Belajar serta bermain Bersama Sama.
  2. Datang Ke Sekolah TepatWaktu.
  3. Selalu Mengikuti Perintah dari Guru.

Nah itulah artikel definisi akhlak. Apabila kamu ingin bertanya mengenai perbedaan adab dan akhlak silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Cara tawakal yang paling benar

Lain kali admin akan membuat artikel pengertian perbedaan akhlak mahmudah dan mazmumah, ditunggu saja ya. Pertanyaan:
1. pengertian akhlak menurut bahasa dan istilah?
2. pengertian akhlak menurut para ulama?
3. akhlak secara terminologi diartikan?
4. pengertian akhlak menurut etimologi?

Posting Komentar untuk "√ Pengertian Akhlakul Karimah: Jenis, Ciri dan Contoh"