Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Pengertian Filsafat Para Ahli, Sejarah, Macam, Cabang dan Manfaatnya

filsafat

Faktasantuy.compengertian filsafat ilmu. Nah nenek moyang cabang-cabang ilmu yang kita pelajari waktu sekolah sebenarnya adalah ilmu filsafat, ilmu filsafat merupakan ilmu tertua di dunia. Baca juga: Karya ilmiah tentang kebersihan sekolah

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

  1. Aristoteles, filsafat adalah sebagai suatu ilmu yang meliputi kebenaran yang berisi ilmu metafisika, retorika, logika, etika, ekonomi, politik dan estetika (filsafat keindahan).
  2. Prof. Dr. Fuad Hasan, guru besar psikologi UI, ilmu filsafat adalah suatu ikhtiar untuk berpikir radikal, berartimulai dari radiksnya suatu gejala, dari akarnya suatu hal yang hendak dimasalahkan.
  3. Immanuel Kant, arti filsafat ialah dasar dari semua pengetahuan dalam meliput isu-isu epistemologi (filsafat pengetahuan) yang menjawab pertanyaan tentang apa yang dapat kita ketahui.
  4. Plato, Pengertian Filsafat adalah sebagai suatu ilmu yang mencoba untuk mencapai pengetahuan tentang kebenaran yang sebenarnya.
  5. Ir. Proedjawijatna, ilmu filsafat yakni berupa suatu ilmu yang berusaha untuk menemukan penyebabnya deras untuk segala sesuatu dengan pikiran belaka.
  6. D.C.Mulder, filsafat yaitu sebuah pemikiran teoritis tentang susunan kenyataan sebagai keseluruhan. Ilmu filsafat mengabstraksi susunan kenyataan dan membuat susunan itu menjadi sasaran pemikirannya.

Asal Mula Munculnya Filsafat

Filsafat, terutama filsafat Barat yang muncul di Yunani sejak sekitar abad ke-7 SM. Filsafat ini muncul ketika orang-orang mulai berpikir, dan akan membahas keadaan alam, dunia, dan lingkungan di sekitar mereka, dan tidak disatukan oleh agama jawaban untuk pertanyaan ini. 

Banyak pertanyaan mengapa filsafat muncul di Yunani, dan tidak di area beradab lain pada waktu itu sebagai Babel, Yudea (Israel) atau Mesir. Jawabannya cukup sederhana: di Yunani, tidak seperti orang lain di daerah sehingga tidak ada kasta pendeta intelektual yang lebih bebas. 

Orang-orang Yunani merupakan orang yang pertama yang akan diberi gelar filsuf adalah Thales dari Miletus, sekarang di pesisir barat Turki.  Socrates merupakan Plato sedangkan guru Aristoteles merupakan murid Plato. Beberapa berpendapat bahwa sejarah filsafat tidak lain hanya komentar Plat. Hal ini menunjukkan pengaruh besar Plato tentang sejarah filsafat. Dengan buku utamanya yakni etika, republik, maaf, Phaedo dan Crito. Baca juga: 100 contoh judul skripsi ekonomi pembangunan

Macam-Macam Filsafat

1. Filsafat Barat, merupakan ilmu yang biasa dipelajari secara akademis di universitas-universitas di Eropa dan koloni mereka. Dan telah berkembang dari tradisi filsafat Yunani kuno. Dengan tokoh utama seperti Plato, Thomas Aquinas, Rene Descartes, Immanuel Kant, Georg Hegel, Arthur Schopenhauer, Karl Heinrich Marx, Friedrich Nietzsche dan Jean-Paul Sartre.

2. Filsafat Timur, merupakan tradisi filsafat yang tumbuh di Asia, terutama di India, Cina dan daerah lain yang pernah dipengaruhi oleh budaya. Sebuah tanda dari filsafat Timur yaitu berupa hubungan dekat dengan filsafat agama. Meskipun ini kurang dari bisa dikatakan untuk Filsafat Barat, terutama di Abad Pertengahan, tetapi di Dunia Barat filsafat ‘an sich’ masih lebih menonjol daripada agama. Dengan tokoh utama seperti Siddharta Gautama Buddha / Buddha, Bodhidharma, Lao Tse, Konfusius, Zhuang Zi dan Mao Zedong.

3. Filsafat Timur Tengah, apabila dilihat dari sejarah adalah filsuf yang bisa dinyatakan jugasebagai  pewaris tradisi filsafat Barat. Untuk filsuf pertama di Timur Tengah yang orang Arab atau Muslim, dan juga beberapa orang Yahudi, yang menaklukkan daerah sekitar Mediterania dan perjumpaan dengan tradisi filsafat Yunani dari budaya mereka lalu menafsirkan dan mengomentari karya-karya Yunani. Ketika Eropa tiba di Abad Pertengahan setelah runtuhnya Kekaisaran Romawi dan melupakan karya-karya filsuf Yunani klasik Timur Tengah ini mempelajari karya-karya yang sama, dan bahkan terjemahan mereka dipelajari lagi oleh orang-orang Eropa. Dengan tokoh-tokohnya seperti Ibnu Sina, Ibnu Tufail, Kahlil Gibran, dan Averroes.

4. Filsafat Islam, terdapat beberapa perbedaan utama antara filsafat Islam dengan filsafat lain. Yaitu Pertama, meskipun para filsuf Muslim asli untuk mengeksplorasi karya-karya filsafat Yunani klasik, terutama Aristoteles dan Plotinus, namun kemudian menyesuaikannya dengan ajaran Islam. Kedua, Islam merupakan agama tauhid. Lalu  ketika filsafat adalah ‘menemukan Tuhan’, dalam filsafat Islam justru Tuhan sudah ditemukan, dalam arti bahwa hal itu tidak berarti usang, dan belum dibahas, namun filsuf Islam, telah difokuskan pada manusia dan alam, sebab seperti diketahui, pembahasan Tuhan hanya akan menjadi diskusi yang tidak pernah final.

5. Filsafat Kristen, yang pada awalnya dirancang oleh bapa gereja untuk menghadapi tantangan zaman di abad pertengahan. Kristen dunia barat pada saat itu di tengah-tengah Abad Kegelapan (Dark Ages). Orang mulai mempertanyakan keyakinan agama. Filsafat ini banyak berkutat pada masalah ontologis dan keberadaan tuhan. Hampir seluruh filsuf Kristen merupakan seorang teolog ahli atau isu-isu agama. Contohnya adalah St Thomas Aquinas dan St Bonaventura.

Cabang-cabang Filsafat

Adapun beberapa cabang-cabang filsafat berdasrkan pendapat dari beberapa para ahli yaitu sebagai berikut :

  1. Filsafat Epistemologi (teori pengetahuan)
  2. Filsafat Logika
  3. Filsafat Metodologi
  4. Filsafat Etika atau Filsafat Moral 
  5. Filsafat Biologi
  6. Filsafat Psikologi
  7. Filsafat Antropologi
  8. Filsafat Sosiologi
  9. Filsafat Pendidikan
  10. Filsafat Estetika ( Fisafat Seni )
  11. Filsafat Metafisika
  12. Filsafat Politik ( Filsafat Pemerintahan )
  13. Filsafat Agama
  14. Filsafat Ilmu
  15. Filsafat Hukum
  16. Filsafat Sejarah
  17. Filsafat Matematika

Manfaat filsafat

Adapun beberapa manfaat filsafat dalam kehidupan yaitu sebagai berikut :

  1. Sebagai dasar dalam melakukan tindakan.
  2. Sebagai dasar dalam mengambil sebuah keputusan.
  3. Untuk mengurangi kesalahpahaman dan konflik.
  4. Agar bersiap siaga menghadapi situasi dunia yang selalu berubah.

Nah itulah artikel definisi filsafat menurut para ahli dan sejarah filsafat Apabila kamu ingin bertanya mengenai ilmu filsafat pendidikan silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: 100 contoh judul skripsi manajemen

Posting Komentar untuk "6 Pengertian Filsafat Para Ahli, Sejarah, Macam, Cabang dan Manfaatnya"