Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Mitos Larangan Nenek Moyang Yang Masih Dipercaya Sampai Saat Ini

Mitos-Larangan-Nenek-Moyang
faktasantuy.com10 mitos nenek moyangMitos merupakan sesuatu yang belum dipercaya kebenarannya, banyak sekali mitos yang sudah dibuat orang, yang seakan-akan kita mempercayainya. Asal muasal mitos sebenarnya berasal dari perkataan aneh nenek moyang kita terlalu lebay jika kita pahami di masa modern ini.

Baca juga: 10 Kebohongan yang entah mengapa kita percaya


Kumpulan mitos nenek moyang

Kita sering mendengar banyak mitos larangan yang beredar dimasyarakat dan semua mitos itu banyak di percaya orang. Namun pada dasarnya mitos merupakan suatu hal yang digunakan oleh nenek moyang kita untuk menakut-nakuti anak-anak supaya mereka taat terhadap peraturan yang berlaku. 

Nah inilah mitos mitos nenek moyang yang pernah kita dengar:


Dilarang makan di depan pintu nanti jodohnya jauh

Mitos nenek moyang jaman dulu larangan makan di depan pintu banyak berkembang di pedesaan, setiap orang tua pasti melarang anaknya untuk makan di depan pintu, menurut mitos yang ada jika seorang gadis makan di depan pintu maka jodohnya akan jauh atau tidak akan laku-laku.


Dilarang makan di atas tempat tidur nanti jodohnya pemalas

Mitos larangan nenek moyang tentang larangan di tempat tidur ini diperuntukkan bagi anak gadis yang belum menikah, jika dicerna kembali alasan adanya mitos ini adalah para ibu-ibu takut kalau anaknya makan di atas kasur maka akan mengotori sprei kasur.


Dilarang keluar rumah bagi calon pengantin yang segera menikah, nanti kena musibah.

Mitos dari nenek moyang yang sering dipergunakan orang tua untuk melarang calon penggantin keluar rumah, lantaran calon penggantin tersebut harus focus dalam hari pernikahannya.


Dilarang mandi maghrib nanti dicubit setan

Mitos nenek moyang yang melarang mandi magrib ini banyak ditujukan bagi anak-anak karena anak-anak sering bermain hingga adzan maghrib, sehingga para orang tua menakut-nakuti anaknya dengan mitos ini dengan tujuan agar anak-anak mereka tidak pulang hingga maghrib.


Dilarang nyapu setengah-setengah nanti jodohnya akan buruk

Mitos larangan nenek moyang yang nyapu setengah-setengah ini yang sering dilantarkan ibu untuk anak-anaknya yang menyapu rumah setangah-setangah, setelah kita pahami, mitos ini bertujuan untuk membentuk kepribadian yang bersih.


Dilarang menyisakan nasi, nanti nasinya menangis

Mitos dari nenek moyang tentang mubazir nasi ini banyak ditujukan untuk anak kecil yang susah makan sehingga banyak menyisakan nasi dipiringnya. Tujuan dari mitos ini ialah pentingnya menghargai jasa orang tua kita dalam membeli beras.


Dilarang suka memukul, nanti masakannya tidak enak

Mitos ini sebenarnya bertujuan agar anak-anak atau remaja tidak melakukan pemukulan meskipun hanya sebatas candaan saja karena seorang ibu tidak rela jika anak mereka dipukul.


Dilarang berkaca di cermin pecah, nanti wajahnya jelek

Mitos larangan nenek moyang tentang larangan berkaca di cermin pecah ini banyak dipercaya oleh para remaja, sebernarnya tujuan mitos ini adalah agar terhindar dari goresan pecahan kaca karena kaca yang pecah memiliki bagian yang tajam dan dapat melukai seseorang.


Dilarang berfoto bertiga, nanti yang paling tengah akan meninggal duluan

Mitos nenek moyang jaman dulu tentang larangan berfoto bertiga ini banyak dipercaya oleh orang sejak dahulu dan bahkan hingga saat ini pun masih banyak yang mempercayainya. Alasan munculnya mitos ini masih belum dapat dijelaskan namun meskipun begitu mitos ini tetap tumbuh subur di masyarakat.


Dilarang nyapu malam hari, nanti rejekinya habis

Alasan munculnya mitos nenek moyang jaman dulu tentang larangan nyapu rumah saat malam adalah pada malam hari penerangan kurang maksimal. Seseorang yang menyapu pada malam hari tidak akan bersih maksimal, sehingga dia harus menyapu kembali di pagi hari yang akhirnya akan membuang-buang waktu.

Itulah beberapa informasi seputar kumpulan mitos nenek moyang yang tetap dipercaya sampai sekarang. Faktakah 10 mitos nenek moyang tersebut?

Terima kasih telah membaca artikel mengenai mitos dari nenek moyang, semoga dapat menambah wawasan kamu tentang mitos larangan nenek moyang.

Baca Juga: 10 Manfaat Senyum

1 komentar untuk "10 Mitos Larangan Nenek Moyang Yang Masih Dipercaya Sampai Saat Ini"

  1. Saya juga banyak menghantui berbagai Mitos yg banyak diberikan dari nenek moyang saya, katanya ga boleh ini. Katanya ga boleh itu, sebenarnya saya males tanggapin karena saya menghormati keluarga saya lebih baik saya iyain aja meskipun saya tetap mempercayai mitos

    BalasHapus