Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Alasan Mengapa BAB Jongkok Lebih Sehat Dari Pada BAB Duduk

faktasantuy.com – 6 alasan mengapa bab jongkok lebih sehatToilet mempunyai 2 bentuk yang berbeda jauh. Satunya digunakan dengan cara jongkok, dan lainnya dengan cara duduk. Toilet jongkok telah ada sejak jaman dahulu dan masih digunakan sampai sekarang, sedangkan toilet duduk biasanya digunakan oleh orang-orang kelas menengah ke atas.

Nah manakah yang lebih baik bab duduk atau jongkok? manakah lebih sehat bab jongkok atau duduk? dan apa saja perbedaan bab jongkok dan duduk?


bab-duduk-vs-bab-jongkok
bab duduk vs jongkok

6 Alasan mengapa bab jongkok lebih sehat

Berbagai model tempat duduk BAB telah ada sesuai dengan fungsinya. 2 model dudukan pada toilet sering kita jumpai adalah toilet jongkok dan toilet duduk. Awalnya toilet jongkok lebih biasa digunakan orang-orang, tapi semenjak berkembangnya zaman toilet duduk diciptakan dengan kemudahan yang lebih praktis.

Perbedaan kedua toilet ini terletak dari cara kita menyiram kotoran, toilet jongkok kita harus menyiram dengan gayung secara manual, sedangkan toilet duduk cukup dengan menekan tombol otomatis menyiram.

Mengutip situs Living Traditionally, berikut ini enam manfaat menggunakan kakus jongkok:

1. Membuat proses pembuangan kotoran tubuh lebih cepat dan mudah. Berjongkok dapat memperlancar proses pembuangan kotoran karena tekanan yang timbul secara alami.

2. Cara bab di wc duduk dapat mencegah kotoran tinggal di dalam tubuh yang dapat menyebabkan kanker usus besar. Kakus duduk tidak memaksimalkan pembuangan kotoran karena tak ada tekanan.

3. Melindungi saraf dan dasar panggul, sehingga tidak mengganggu kinerja seksualitas. Juga membantu kontrol kantung kemih.

4. Cara bab di wc duduk dapat mencegah kotoran masuk ke dalam dan mencemari usus kecil karena kotoran tidak terbuang sempurna.

5. Melindungi saraf prostat, sehingga tidak menggangu kinerja seksualitas. Juga melindungi kantung kemih, saluran prostat, dan uterus sehingga tidak rusak.

6. Bagi wanita hamil, cara bab di wc duduk dapat membantu gerak bayi dengan menghindari tekanan pada rahim saat menggunakan kakus duduk.


BAB dengan toilet jongkok lebih baik

Ternyata BAB dengan berjongkok memiliki beberapa kelebihan dibanding dengan toilet duduk. Beberapa penelitian kesehatan telah dilakukan mengenai posisi duduk dan jongkok. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Israel di tahun 2003 menunjukkan bahwa posisi berjongkok ketika BAB memiliki masalah jika kita memiliki penyakit wasir dan gangguan percernaan lainnya. Selain penelitian tersebut, dilakukan lagi penelitian di Jepang di tahun 2010 hingga menemukan hasil bahwa berjongkok ketika BAB dapat menurunkan ketegangan otot dan tekanan perut daripada dengan posisi duduk.

Hal ini disebabkan karena posisi jongkok dapat mengoptimalkan saluran yang dilalui oleh kotoran atau sering kita sebut dengan anorektal. Ketika kita BAB dengan posisi duduk, maka anorektal ini akan bengkok sehingga kita membutuhkan usaha yang lebih untuk dilewati kotoran BAB. 

Sedangkan cara bab di toilet duduk dapat meluruskan anorektal sehingga BAB terasa lebih nyaman ketimbang bahaya BAB duduk yang tidak meluruskan anorektal.

Nah berbagai kelebihan toilet jongkok ternyata lebih bermanfaat di dalam segi kesehatan. Untuk kamu yang saudah terlanjur membuat toilet duduk simple saja & susah bab di toilet duduk. Cukup dengan jongkok saja di atas toilet duduk tersebut, mungkin ini terkesan aneh dan canggung, tapi demi kesehatan usus kenapa tidak?

Demikian BAB jongkok lebih baik daripada duduk. Hal ini telah membuat kita tahu bahwa toilet jongkok lebih bermanfaat untuk kesehatan, dan ternyata akibat bab duduk itu tidak baik untuk kesehatan Faktakah?

Itulah artikel mengenai perbedaan bab jongkok dan duduk, yang dimana cara BAB menggunakan toilet duduk lebih sehat dari pada BAB duduk.

Terima kasih telah membaca artikel 6 alasan mengapa BAB jongkok lebih sehat. Semoga dapat menambah wawasan kesehatan kamu di bidang BAB harus jongkok yang nyatanya lebih sehat

Baca Juga:

    Posting Komentar untuk "6 Alasan Mengapa BAB Jongkok Lebih Sehat Dari Pada BAB Duduk"