Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kebiasaan Memegang Muka Bikin Wajah Jelek dan 4 Cara Mencegah Iritasi Wajah

faktasantuy.com - kebiasaan yang membuat wajah jelekTernyata bukan hanya mitos saja. Berapa seringkah anda memegang wajah dalam sehari? Setiap orang dapat menyentuh wajah lebih dari 100 kali dalam sehari dan itu dilakukan tanpa sadar. 

Kebiasaan menyentuh wajah ternyata membawa efek kurang baik bagi kulit wajah. Lalu apa efek dari kebiasaan pegang wajah terlalu sering? dan apa yang membuat wajah jelek?


Kebiasaan-Memegang-Muka-Bikin-Wajah-Jelek


5 hal yang membuat wajah jelek anda ini ternyata hal yang sepele. Kebiasaan memegang muka memiliki beberapa efek yang bisa terjadi yaitu:


Memegang wajah dapat menyebabkan iritasi

Kebiasaan yang membuat wajah jelek yang pertama ialah adanya iritasi. Iritasi bisa terjadi di permukaan kulit wajah karena sifat dari kulit yang sangat sensitif sehingga rentan sekali terkena iritasi. Bentuk iritasi ini berupa peradangan berwarna merah yang akan membekas seharian. Lakukanlah mencegah iritasi kulit wajah sebelum iritasi membuat wajah anda menjadi jelek.


Dapat meningkatkan kadar minyak di kulit

Kebiasaan yang membuat wajah jelek yang kedua yaitu adanya kadar minyak di kulit wajah. Kadar minyak di permukaan kulit wajah bisa bertambah karena kulit terangsang untuk memproduksi minyak lebih banyak. Nantinya minyak di permukaan kulit wajah akan menyumbat pori-pori dan akan menimbulkan jerawat. Jika minyak di kulit muka ini tidak ditangani lebih lanjut maka jerawat akan berkembang di sekitaran wajah anda.


Dapat menyebabkan penyebaran bakteri

Kebiasaan yang membuat wajah jelek yang ketiga adalah adanya bakteri. Kebiasaan pegang-pegang wajah bikin muka jelek bisa terjadi karena bakteri dari permukaan tangan yang banyak kuman. Tangan kotor yang banyak kuman dan anda sering pegang-pegang wajah dapat menyebabkan wajah anda menjadi sarang bakteri berbahaya.


Menyentuh wajah dapat menimbulkan jaringan parut

Kebiasaan yang membuat wajah jelek yang keempat adalah menyentuh wajah. Melakukan sentuhan tangan secara berlebihan di muka ternyata bisa menimbulkan jaringan parut yang sulit hilang. Jaringan parut akan lebih sulit dihilangkan jika muncul di daerah kulit yang berjerawat. Untuk menghilangkan jaringan parut dibutuhkan proses perawatan yang cukup lama dan bisa menghabiskan banyak biaya. Anda pasti tidak ingin permukaan kulit wajah tidak halus bukan?

Baca: Sosok Kecantikan Bidadari Surga Yang Sebenarnya


Memegang wajah bisa menimbulkan kerutan

Kebiasaan yang membuat wajah jelek yang kelima yaitu adanya kerutan. Seseorang yang sering memegang wajah ternyata dapat menyebabkan kerutan-kerutan, jadi semakin banyak kerutan di wajah maka anda akan memiliki kulit tua diumur yang muda.


Cara Mencegah Iritasi Wajah Akibat Terlalu Sering Disentuh

Bagaimana cara mencegah terjadinya iritasi wajah akibat terlalu sering disentuh?


Kurangi frekuensi menyentuh wajah

Terjadinya iritasi ditimbulkan karena banyaknya frekuensi tangan menyentuh wajah. Kurangi kebiasaan memegang wajah dengan cara mengurang frekuensi memegang muka kalau tidak ingin jelek.


Gunakan handuk dengan permukaan lembut

Mencegah iritasi wajah dapat dilakukan dengan handuk lembut. Jika kulit wajah terasa berminyak atau kotor, gunakanlah sapu tangan atau handuk khusus muka untuk wajah. Tidak hanya itu gantilah setiap hari handuk dengan yang baru dan rajinlah mencucinya.


Rajin mencuci tangan

Mencegah iritasi wajah secara alami dapat dilakukan dengan rajin mencuci tangan. Walau kebiasaan mengusap wajah dengan tangan sulit ditangani, Anda bisa mengurangi resiko terjadinya iritasi dengan cara rajin mencuci tangan. Cucilah tangan anda dengan sabun anti kuman.


Lindungi wajah dengan masker

Mencegah iritasi pada wajah dapat dilakukan dengan memberi masker. Saat beraktivitas di luar ruangan resiko terjadinya iritasi kulit di wajah semakin tinggi dapat disebabkan oleh sengatan matahari dan asap kendaraan yang mengganggu. Selain membersihkan permukaan kulit wajah dengan sabun, lindungi wajah anda dengan memakai masker kulit.

Itulah tadi beberapa efek yang bisa ditimbulkan dari mengusap wajah secara berlebihan dan bagaimana cara pencegahannya, ternyata benar kebiasaan pegang-pegang muka bikin wajah anda jad ‘jelek’!

Terima kasih telah membaca artikel kebiasaan yang membuat wajah jelek dan cara mencegah iritasi wajah. Semoga dapat menambah wawasan kamu tentang hal - hal yang membuat wajah jelek.

Baca: Naluri Tawon Bisa Mengenali Wajah Orang Yang Mengganggunya

Posting Komentar untuk "5 Kebiasaan Memegang Muka Bikin Wajah Jelek dan 4 Cara Mencegah Iritasi Wajah"