Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Nama Udin Dan Alasan Mengapa Banyak Memakai Nama Udin

faktasantuy.com - asal usul nama udinNama ialah pemberian orang tua mereka dengan maksud menjadikan mereka doa  dan kebaikan. Namun dengan beragamnya nama, mengapa banyak orang Indonesia bernama Udin?


sejarah-nama-udin


Alasan Mengapa Banyak Orang Indonesia Bernama Udin?

Apalah arti sebuah nama? Itulah pepatah yang sering kita dengarkan. Namun, tak dapat dipungkiri nama menjadi sangat penting bagi kita sebagai identitas diri. Nama menjadi salah satu pembeda antara kita dengan orang lain. Dan di dalam nama terkandung sebuah doa dan harapan orang tua kepada kita.

Pemberian sebuah nama tidak dilakukan secara asal-asalan. Bahkan ada beberapa orang yang telah menyiapkan nama anaknya meskipun ia belum menikah atau belum punya anak. Baru-baru ini berita mengenai nama-nama yang unik bermunculan, mulai dari Tuhan, Saiton, Nama dan bahkan N.

Meskipun beberapa memandang sebelah mata arti nama-nama unik ini, tapi mereka yakin bahwa orang tua mereka memiliki maksud baik dalam pemberian nama ini. Selain nama unik, ada juga nama yang sering kita jumpai di Indonesia, yakni Udin, nama populer di Indonesia, dan merupakan udin nama kampungan yang sangat menjamur sampai saat sekarang ini.


Sejarah nama udin

Bahkan fenomena ini di angkat menjadi sebuah lagu “Udin Sedunia” yang sempat menggemparkan dunia musik karena liriknya yang benar-benar lucu. Mama penyanyi udin sedunia tersebut bernama Sualuddin atau sering dipanggil dengan Udin. Ia adalah warga Lombok, Nusa Tenggara Barat yang berumur 26 tahun.

Lagu tersebut bercerita tentang nama nama Udin sedunia. Jika kita memperhatikan liriknya, kita akan tertawa karena liriknya yang sangat lucu. Di dalam lagu itu menyebutkan Udin yang pertama ialah Awaludin, Udin yang sukanya di kamar ialah Kamarudin, Udin yang hidupnya di jalanan ialah Jalaludin, sedangkan Udin yang sering menggembala ialah Sapiudin.

Banyak orang yang memilih nama Udin sebagai nama panggilan mereka. Dan biasanya nama itu diambil dari namanya yang berakhiran din.

Baca Juga: 10 Mitos Larangan Nenek Moyang Yang Masih Dipercaya Sampai Saat Ini


Arti nama udin

 Arti dari nama udin sebenarnya adalah? Kata Udin berasal dari bahasa Arab “din” yang mempunyai arti agama. Di setiap nama dalam lagu tersebut juga mempunyai artinya masing-masing. Awaludin berarti mendahulukan agama, Kamarudin atau Khomarudin berarti kesempurnaan agama, Jalaludin berarti keagungan agama, sedangkan Sapiudin atau mungkin yang dimaksud adalah Saifudin berarti pedang agama.

Namun sebenarnya nama ini tidak umum digunakan di Arab karena Nabi Muhammad tidak menamai anaknya dengan akhiran “din” dan begitu juga tidak ada nama sahabat Rasul yang berakhiran dengan “din”.

Makna nama udin, banyak orang bernama Udin di Indonesia mungkin karena para orang tua yang ingin anaknya selalu berada di jalan agama dan memprioritaskan agama dalam kehidupan mereka. Itulah kenapa mereka diberi nama dengan akhiran “din”.

Maksud nama udin ini menjadi bukti nyata bahwasanya orang tua benar-benar memikirkan arti dan maksud dari nama yang akan diberikan pada anaknya. Tidak hanya pada nama Udin, pada nama lain pun orang tua juga pasti mempunyai harapan dan doa baik agar anaknya bisa menjadi seperti namanya yang baik.

Nama Udin di Indonesia bahkan dunia yang dijadikan lagu “Udin Sedunia” kemungkinan besar hanyalah sebuah parodi saja. Lagu itu diciptakan hanya untuk menghibur masyarakat luas dengan liriknya yang lucu.

Demikian artikel asal usul nama udin dan mengapa banyak orang Indonesia bernama Udin. Semua nama memiliki arti dan maksud yang baik dari orang tua. Orang tua berharap jika kita bisa menjadi pribadi yang baik sesuai dengan nama yang telah diberikan kepada kita. Meskipun kadang pengucapannya mengundang orang untuk mengejek nama kita. Namun, hal itu hanyalah banyolan orang-orang sebagai penghibur saja.

Baca Juga: 5 Tokoh Penjelajah Dunia Asal Indonesia

Posting Komentar untuk "Sejarah Nama Udin Dan Alasan Mengapa Banyak Memakai Nama Udin"