Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Asli Putri Duyung dan Foto Putri Duyung Asli

faktasantuy.com - Legenda putri duyung dimulai dengan kisah Atargatis yang melompat ke sungai dikarenakan tidak sengaja menewaskan seseorang gembala yang serta adalah cinta sejatinya. Legenda putri duyung ialah salah satu legenda yang ada di banyak negeri di seluruhnya dunia.

Legenda putri duyung ini menceritakan menyangkut seekor makhluk magis yang mempunyai tubuh bagian atas manusia wanita tapi bagian bawahnya berbentuk ekor ikan. Kisah ini berkaitan juga dengan legenda-legenda di dunia termasuk juga Near East, Eropa, Afrika, dan Asia.

Wajib baca: Legenda Nyi Roro Kidul asli

Kisah perdana menyangkut legenda putri duyung muncul di Assyria yang bercerita mengenai dewi Atargatis yang mentransformasikan diri sendiri menjadi putri duyung sebab malu sudah membunuh kekasihnya yang seseorang manusia.

Dikarenakan faktor ini, putri duyung rata rata dikaitkan bersama kejadian-kejadian yang menyeramkan seperti banjir, badai, dan kapal yang hancur dan tenggelam sementara itu dalam sekian banyak kisah rakyat yang lain, para putri duyung ini mampu jadi amat sangat baik atau dermawan, berikan anugerah, dan bahkan jatuh cinta dengan manusia.

legenda-putri-duyung
ilustrasi foto putri duyung

Kisah Asli Putri Duyung

Banyak orang yang mengira bahwa sebenarnya ini hanya mitos putri duyung, akan tetapi ini bukan hanya dongeng putri duyung semata, cerita tentang legenda putri duyung yang mula-mula kali dikenal muncul di Assyria kira kira tahun 1.000 sebelum masehi.

Cerita tersebut mengisahkan tentang Atargatis, ibu dari ratu Semiramis yang jatuh hati terhadap satu orang manusia biasa dan dengan cara tak sengaja membunuh laki laki itu. Sebab malu atas perbuatannya, beliau memutuskan untuk melompat ke sungai dan mengubah bentuknya jadi seekor ikan, tetapi air tempatnya melompat tak akan menyembunyikan kecantikan Atargatis, maka yang beralih hanyalah sebahagian tubuhnya dan menjadi putri duyung.

Sebelum digambarkan dalam bentuk perempuan menawan seperti legenda putri duyung mutakhir, dahulu Atargatis digambarkan seperti ikan yang mempunyai kepala dan lengan manusia, serupa dengan dewa Babilonia. Warga Yunani  diperiode itu mengenal Atargatis bersama nama Derketo.

Baca: 5 syarat manusia boleh berdosa

Lucian dari Samosata di Syria menuliskan berkaitan kuil Syria terhadap bukunya yang berjudul De Dea Syria (Mengenai dewi-dewi Syria) bahwa ada satu buah cerita rakyat yang menceritakan menyangkut gambaran Derketo terhadap suatu kuil yang menggambarkannya juga sebagai makhluk yang setengah badannya terlihat seperti wanita biasa, tetapi dari paha ke kakinya berbentuk seperti ekor ikan.

Lucian pun menuliskan bahwa bangsa Yunani tak memakan ikan dikarenakan mereka beranggapan hewan tersebut suci,demikian pula dengan burung dara. Ke-2 faktor ini dinilai menyangkut erat bersama Derketo dan Semiramis, di mana Derketo berbentuk ikan dan Semiramis bakal beralih jadi burung dara.

Legenda putri duyung yang dalam bahasa Inggris bernama mermaid membawa nama tersebut dari bahasa Inggris Lama di mana mere berarti laut, dan maid berarti wanita. Dalam bahasa Inggris lama, para putri duyung dikenal atas nama merewif.

Mereka biasa digambarkan sebagai satu orang perempuan dengan rambut panjang yang lurus dan tidak jarang disamakan bersama para siren dari mitologi Yunani, femme fatale yang suaranya dikenal teramat menarik hati para pelayar kapal yang sebentar lagi dapat tenggelam dikarenakan menabrak batu.

Legenda putri duyung ini pula memberikan sekian banyak nama baru kepada mamalia yakni Sirenia. Sirenia umumnya diisi oleh mamalia yang biasa tinggal di sungai, muara, kubangan, dan tempat-tempat sejenis. diluar itu, ada serta penyakit bernama Sirenomelia yang mempunyai nama lain sindrom putri duyung,ada cacat bawaan langka di mana seseorang anak lahir bersama genitalia yang kecil dan kaki yang tergabung jadi satu.

Kisah Putri Duyung di Berbagai Negara

Di daerah eropa barat, legenda putri duyung dikenal melalui literatur, dan asal-usul itu disebabkan oleh cerita dongeng yang ditulis oleh Hans Christian Anderson, berjudul The Little Mermaid yang diterbitkan ditahun 1837. Dalam cerita ini, ada seseorang putri duyung muda yang jatuh cinta dengan pangeran yang dia selamatkan diwaktu kapalnya karam dalam satu  badai besar.

Neneknya senantiasa memberitahu putri duyung muda ini dilakukan supaya tak iri terhadap manusia yang mempunyai hidup lebih rendah, biarpun demikian sang putri duyung ini masih rela mengorbankan hidupnya untuk dapat hidup bersama dengan sang pangeran.

Lantaran kejadian itu, beliau menukarkan lidah dan nada indahnya terhadap dukun laut juga sebagai syarat, dari minuman yang ia minum itu telah membuatnya bisa beralih jadi manusia. Dirinya cuma mampu memanfaatkan kecantikannya tetapi dia akan menjadi sepenuhnya bisu.

legenda-putri-duyung
Foto Putri Duyung Asli di Pantai Barat Eropa
Di daerah Rusia Timur, ada cerita putrid duyung yang serupa dan mereka dinamakan Rusalka. Banyak cerita tersebut asal mula Rusalka, tetapi yang sama dari semua cerita itu yaitu bahwa mereka hantu dari gadis-gadis belia yang tewas sebelum pada waktunya baik itu, lantaran bunuh diri atau terbunuh.

Rusalka biasa muncul sebagai perempuan  berambut panjang berwarna hijau dan kulit yang pucat. Rata Rata mereka akan dipandang sesudah tengah malam, menari di bawah sinar rembulan dan memanggil nama pria-pria jejaka dan setelah itu mereka akan ditenggelamkan.

Di daerah Tiongkok serta terdapat kompilasi kutipan abad ke-15 dari literatur-literatur daerah itu yang menceritakan berkaitan putri duyung yang menyeka air matanya dan berubah menjadi permata.

Buku diabad ke-19 awal berjudul Jottings on the South of China mempunyai 2 cerita menyangkut putri duyung. Yang mula-mula menyangkut seorang yang menangkap putri duyung wanita di pesisir pantai pulau Namtao.

Baca: 8 cara mengetahui keberadaan hantu

Cewek tersebut tampak seperti manusia, tetapi badannya dipenuhi rambut dengan bermacam macam warna. wanita tadi tidak dapat berbicara, tetapi si laki-laki konsisten menikahinya dan waktu mati wanita tersebut dikembalikan ke ruangan dirinya ditemukan.

Di cerita legenda putri duyung yang ke-2, diceritakan satu orang laki laki yang menemukan wanita yang tangannya kelihatan terikat, di mana wanita tersebut berterima kasih sesudah dikembalikan ke air sebelum hasilnya pergi berenang.

Nah jika kamu sudah mengetahui asal-usul putri duyung, lebih lanjut jika ingin melihat putri duyung asli Indonesia (manusia) ada lho, putri duyung ini ada di "Putri Duyung Cottage Ancol". Disana terdapat banyak putri duyung yang siap melayani penginapan jika kamu akan menginap disana.

Posting Komentar untuk "Kisah Asli Putri Duyung dan Foto Putri Duyung Asli"