Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Legenda Nyi Roro Kidul Asli + Foto Penampakan Nyi Roro Kidul

Legenda-Nyi-Roro-Kidu-Asli
Lukisan Nyi Roro Kidul Seharga Rp100 juta

faktasantuy.com
 - Cerita Misteri Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan merupakan sebuah legenda berkaitan adanya sosok misterius yang menjaga wilayah di Selatan Jawa (Samudera Hindia).

Cerita misteri Adanya Nyi Roro Kidul amat sangat ternama di kalangan penduduk Pulau Jawa dan Bali. Siapakah Nyi Roro Kidul itu sebenarnya?

Bagaimana cerita ini jadi ternama dan seakan jadi suatu legenda yang dipercayai sebahagian masyarakat Indonesia ? Untuk itu dalam postingan kali ini kita akan mencoba mengungkap Cerita Misteri Nyi Roro Kidul yang sudah dirangkum dari bermacam macam kenyataan dan realita yang ada kepada sejarah terkait.

Cerita Nyi Roro Kidul

Asal mula nyi roro kidul berawal dalam satu buah periode hiduplah seseorang putri berparas cantik belia bernama Kadita. Dia dipanggil Dewi Srengenge (matahari yang indah) sebab kecantikannya yang sungguh mempesona.

Ayahnya ialah seseorang Raja bernama Munding Wangi. Memiliki anak yang sanagat menawan tetapi tidaklah membuatnya bahagia, dikarenakan dirinya tak menginginkan mempunyai anak wanita.

Sebab keinginannya untuk memiliki anak Laki Laki, sehingga dirinya menikah lagi dengan Dewi Mutiara dan hasilnya mendapati putra yang membuatnya bahagia bukan kepalang. Akan tapi hadirnya anak laki-laki tersebut tidak menciptakan rasa sayang kepada putrinya berkurang.

Dewi Mutiara berharap putranya jadi Raja, segala upaya dilakukannya demi mewujudkan keinginannya tersebut. Dirinya pernah mengusir putri raja ke luar dari istana yang menyebabkan raja jadi murka.

Raja Mundi Wangi tak akan membiarkan siapapun menyakiti putrinya. Biarpun demikian Dewi Mutiara tak patah arang, niat nya tersebut masih akan dilakukannya secara lain.

Esoknya dalam pagi hari Dewi Mutiara memerintahkan satu orang dukun untuk mengutuk Kadita. Dia memerintahkan dukun tersebut untuk menciptakan Kadita menjadi penuh kudis, jika kalau dukun tersebut sukses, sehingga dia berjanji dapat memberikan imbalan yang tidak ternilai dalam dukun itu.

Baca: Sejarah ditindih hantu

Hasilnya dukun menuruti perintah sang ratu. Seterusnya dalam tengah malam harinya, dirinya sukses menciptakan badan Kadita dipenuhi kudis dan gatal-gatal. Waktu Kadita terjaga, dia menyadari seluruhnya tubuhnya sudah berbau busuk yang membuat dirinya menangis histeris dan tidak mampu berbuat apa-apa.

Seketika Raja mendengar kabar itu, dia juga merasa terpukul dan amat sedih melihat kejadian yang dialami putrinya. Beragam cara dilakukannya mulai sejak dari memanggil tabib dan orang pintar yang lain untuk menyembuhkan putrinya tersebut.

Raja mulai menyadari ketidakwajaran penyakit putrinya, dia tahu putrinya sudah diguna-guna oleh orang jahat. Dewi Mutiara mencoba memaksa Raja untuk mengusir putrinya sebab telah dianggap dapat mendatangkan kesialan dalam seluruh negara. Hasilnya Raja mengantarkan putrinya ke luar dari negara tersebut untuk menghindari gunjingan di semua negara.

Tak ingin diantarkan sang ayah Kadita yang malang itu, hasilnya Kadita lebih memilih hidup sendirian menyebrangi lautan. Kadita benar-benar memiliki hati yang mulia, dia sama sekali tidak dendam dalam ibu tirinya.

Dalam perjalanannya hingga di Samudera Selatan, sekitar nyaris tujuh hari tujuh malam dia menempuhnya sendirian. Disana dirinya memandang lautan yang teramat jernih dan bersih yang tidak sama dengan samudera lain yang airnya berwarna hijau atau biru.

Selepas itu Kadita mencoba melompat dan berenang di Samudera tersebut, seketika beliau memperoleh mukjizat. Diwaktu kulitnya menyentuh air laut, kudisnya sedikit demi sedikit hilang dan dirinya menjadi cantik kembali bahkan lebih cantik dari sebelumnya.

Baca: Misteri keberadaan naga

Selain itu, sekarang ini Kadita mempunyai kekuasaan dalam Samudera Selatan. Dia dijuluki peri yang dinamakan Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan yang hidup selamanya.

Cerita di atas diambil dari buku Cerita Rakyat dari Yogyakarta. Banyak versi yang lain berkaitan Cerita Misteri Nyi Roro Kidul, salah satunya yaitu dari versi Jawa. Adapun berbagai penampakan Nyi Roro Kidul yang telah banyak beredar di internet, namun tidak terbukti karena bisa jadi itu editan orang-orang jahil

Legenda-Nyi-Roro-Kidu-Asli
Foto penampakan Nyi Roro Kidul

Nyi Roro Kidul Menurut Legenda Jawa

Dalam Legenda Jawa, orang Jawa didapati mengenal istilah "telu-teluning atunggal” di mana artinya tiga sosok yang menjadi satu kebolehan.

Yakni Eyang Resi Projopati, Panembahan Senopati, dan Ratu Kidul. Panembahan ialah pendiri kerajaan Mataram Islam. Panembahan Senopati dipertemukan oleh Ratu Kidul cocok tata cara Sunan Kalijaga.

Menurut ceritanya, kala Panembahan sedang bertapa, alam jadi murka. Gunung meletus, ombak agung, badai, dan gempa bumi.

Baca: 11 misteri gunung semeru

Diwaktu pertemuannya bersama Nyi Roro Kidul, sosok perempuan penguasa laut selatan tersebut setuju membamtu dan melindungi Kerajaan Mataram. Konon ceritanya, Nyi Roro Kidul diakui juga sebagai “istri spiritual” bagi Raja-raja Mataram Islam waktu itu.

Bagi orang Jawa, pemahaman berkaitan penguasa laut selatan yang berkembang di penduduk Sunda mesti diluruskan. Bagi mereka antara “Rara kidul” dgn “Ratu kidul” ialah tidak sama.

Dalam kepercayaan Kejawen, alam kehidupan itu terbagi jadi sekian banyak step, ialah alam Kadewan, alam Nabi, alam Wali, alam Menungsa (Manusia),dan yang mendatang ialah alam Adil.

Menurut mitologi Jawa, Ratu Kidul ialah ciptaan dari Dewa Kaping telu yang isi alam kehidupan juga sebagai Dewi Padi (Dewi Sri) dan dewi alam yang lain.

Sementara Rara Kidul ialah Putri dari Raja Sunda yang telah disuri dikarenakan ulah dari ibu tirinya dan menjelma jadi sosok penguasa sesudah menceburkan diri ke laut selatan.

Demikianlah artikel menyangkut Cerita Misteri Nyi Roro Kidul yang jadi fenoma yang amat sangat menarik hingga sekarang di Indonesia.

Sesudah membaca artikel di atas, apakah kamu serentak percaya bersama adanya nyi roro kidul tersebut ? itu seluruhnya kembali pada diri kita. Biarlah faktor ini jadi cerita yang kemungkinan tidak mau sempat habis buat dibahas. terimakasih sudah membaca.

Posting Komentar untuk "Legenda Nyi Roro Kidul Asli + Foto Penampakan Nyi Roro Kidul"