Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Sejarah Lengkap] Kabinet Ali Sastromidjojo 1 dan 2 (1953-1957)

Kabinet-Ali-Sastromidjojo

faktasantuy.com - Kabinet Ali Sastroamidjojo 1 dan 2 (boleh disebut Ali Sastroamijoyo). Pada hari ini saya bakal memberikan materi tentang materi sejarah kelas XII yaitu Kabinet Ali Sastroamijoyo I (satu) & Kabinet Ali Sastroamijoyo II (dua).

Adapun yang bakal anda bahas ialah tentang program kerja kabinet Ali Sastroamijoyo & penyebab jatuhnya kabinet Ali Sastroamijoyo tersebut. Ok langsung saja mari anda simak materi Kabinet Ali Sastroamijoyo I & Kabinet Ali Sastroamijoyo II.

Nah apa saja program kerja kabinet ali sastroamijoyo 1 dan program kerja kabinet ali sastroamijoyo 2? dan apa penyebab jatuhnya kabinet ali sastroamijoyo 1 dan 2?

KABINET ALI SASTROAMIDJOJO I

Kabinet Ali Sastroamijoyo I dibentuk pada tanggal 31 Juli 1953, dengan Perdanan Menteri Ali Sastroamijoyo dari PNI & wakilnya Wongsonegoro dari PIR (Partai Indonesia Raya). Program kerja kabinet Ali Sastroamijoyo 1 ialah sebagai berikut:
  1. Program dalam negeri, antara lain menambah kemanan & kemakmuran, serta segera diselenggarakan pemilihan umum.
  2. Pembebasan Irian Barat secepatnya.
  3. Program luar negeri, antara lain pelaksanaan politik leluasa aktif & peninjauan kembali ke persetujuan KMB.
  4. Penyelesaian pertikaian politik.
Keberhasilan kabinet Ali Sastroamijoyo 1 ialah sukses diselenggarakan Konferensi Asia Afrika di Bandung pada tanggal 18-24 April 1955.

Pada tanggal 24 Juli 1955 Ali Sastroamijoyo sukses meneyerahkan mandatnya terhadap presiden. Penyebab utamanya ialah persoalan TNI-AD sebagai kelanjutan dari momen 17 Oktober 1952.

Kepala Staf Angkatan Darat Mayor Jenderal Bambang Sugeng mengajukan permohonan berhenti & disetujui oleh kabinet. Sebagai penggantinya, menteri pertahanan menunjuk Kolonel Bambang Utoyo, Panglima Tentara & Teritorium II/Sriwijaya.

Pelantikan pemimpin baru tersebut ditolak para panglima Angkatan Darat sebab proses pengangkatannya dianggap tidak menghiraukan norma-norma yang berlaku dalam lingkungan TNI-AD.

Penyebab jatuhnya kabinet Ali Sastroamidjojo 1

Selain persoalan TNI-AD tersebut, juga didukung dengan keadaan ekonomi yang terus memburuk, adanya korupsi, & inflasi mengdampakkan kepercayaan rakyat terus merosot terhadap pemerintah. Persoalan lain yang menyebabkan keretakan dalam Kabinet Alisastroamijoyo I ialah NU memutuskan untuk membubarkan kabinet Ali Sastroamijoyo 1.

KABINET ALI SASTROAMIDJOJO II

Kabinet ini dipimpin oleh Ali Sastroamidjojo sebagai perdanan menteri. Kabinet ini merupakan koalisi dari PNI, Masyumi, & NU. Kabinet ini merupakan kabinet pertama sesudah pemilihan umum tahun 1955. Program kerja kabinet Ali Sastroamijoyo 2 ialah sebagai berikut:
  1. Pembatalan KMB.
  2. Perjuangan mengembalikan Irian Barat ke pangkuan Republik Indonesia.
  3. Pemulihan keamanan & ketertiban, pembangunan ekonomi, keuangan, industri, perhubunan, pendidikan, serta pertanian.
  4. Melaksanakan keputusan Konferensi Asia Afrika.

Penyebab Jatuhnya kabinet Ali Sastroamijoyo 2

Pada tanggal 14 Maret 1957 Ali Sastroamijoyo menyerahkan mandatnya terhadap presiden sebab dalam badan kabinet terjadi perpecahan antara PNI & Masyumi.

Masyumi menghendaki supaya Ali menyerahkan mandatnya terhadap presiden sesuai dengan tuntutan daerah, sedangkan Ali Sastroamijoyo menganggap bahwa kabinet ini tidak wajib mengembalikan mandatnya karena tuntutan daerah.

Di bulan Januari 1957, Masyumi menarik menterinya dari kabinet & hal tersebut menjadikan kedudukan Kaibnet Ali Sastroamijoyo II sangat lemah.

Baca Juga:
Nah itulah artikel sejarah kabinet Ali Sastroamidjojo 1 dan kabinet Ali Sastroamidjojo 2 + program kerja kabinet tersebut.

Terima kasih telah membaca artikel kabinet Ali Sastroamidjojo 1 & 2.

Posting Komentar untuk "[Sejarah Lengkap] Kabinet Ali Sastromidjojo 1 dan 2 (1953-1957)"