Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kabinet Wilopo (1952-1953) : 5 Program Kerjanya, dan Penyebab Jatuhnya

Kabinet-Wilopo

Sejarah Kabinet Wilopo (1952-1953)

faktasantuy.com - Oke sobat, pada peluang ini kami bakal mengulas materi sejarah Kabinet Wilopo. Kabinet Wilopo ini merupakan salah satu kabinet pada masa demokrasi liberal.

Kabinet Wilopo ini berjalan sejak 3 April 1952 sampai 2 Juni 1953. Kabinet Wilopo dipimpin oleh Mr. Wilopo sebagai perdana menteri. Kabinet ini merupakan zaken kabinet sebab terdiri dari para pakar yang pakar di bidangnya.

PROGRAM KERJA KABINET WILOPO

Program kerja Kabinet Wilopo antara lain sebagai berikut.
  1. Mempersiapkan pemilihan umum.
  2. Berusaha mengembalikan Irian Barat ke dalam wilayah Republik Indonesia.
  3. Menigkatkan keamanan & kesejahteraan.
  4. Memperbarui bidang pendidikan & pengajaran.
  5. Melaksanakan politik luar negeri leluasa & aktif.

PENYEBAB JATUHNYA KABINET WILOPO

Kesusahan yang dihadapi Kabinet Wilopo ialah adanya gerakan separatisme di sejumlah daerah, adanya momen 17 Oktober 1952 tentang gerakan sejumlah perwira Angkatan Darat yang menekan Presiden Soekarno supaya membubarkan parlemen, & momen Tanjung Morawa di Sumatra Utara.
Momen Tanjung Morawa terjadi sebab pemerintah sesuai dengan persetujuan KMB mengizinkan pengusaha asing untuk kembali mengusahakan tanah-tanah perkebunan. 

Pada masa Kabinet Sukiman, Mr. Iskaq Cokroadisuryo (menteri dalam negeri) menyetujui dikembalikan tanah Deli Planters Vereenging (DPV) yang sudah bertahun-tahun ditinggalkan pemiliknya. Tetapi, selama ditinggalkan oleh pemiliknya, tanah tersebut digarap oleh para petani.
Penyerahan kembali tanah tersebut dilaksanakan pada masa Kabinet Wilopo. 

Polisi pada tanggal 16 Maret 1953 mengusir para penggarap tanah yang tidak mempunyai izin. Dampaknya terjadilah bentrokan senjata & lima orang petani terbunuh. Momen-momen tersebut memperoleh sorotan yang tajam dari pers maupun dari parlemen.

Sidik Kertapati dari Serikat Tani Indonesia (Sakti) mengajukan mosi tidak percaya terhadap Kabinet Wilopo. Akhirnya pada tanggal 2 Juni 1953 Wilopo mengembalikan amanat kepada presiden.

Baca Juga:
Nah itulah artikel sejarah kabinet Wilopo, program kerja kabinet wilopo dan penyebab jatuhnya kabinet Wilopo.

Terima kasih telah membaca artikel sejarah kabinet wilopo yang hanya berlangsung selama setahun (1952-1953)

Posting Komentar untuk "Kabinet Wilopo (1952-1953) : 5 Program Kerjanya, dan Penyebab Jatuhnya"