Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Pengertian Teks Berita, Struktur, Kaidah, Contoh Terbaru 2020

Pada hari ini admin membagikan contoh teks dan struktur teks berita. Namun sebelum kita mengulas contoh teks berita dan struktur teks berita, lebih baik mengulas dulu apa itu arti teks berita. 
pengertian-teks-berita

Pengertian teks berita

Pengertian Teks berita ialah teks yang berisi mengenai segala yang terjadi di dunia yang ditulis di meda cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi, ataupun di unggah di situs. Berita berisi fakta, tetapi tidak seluruh fakta diangkat menjadi berita.

Struktur teks berita

Berikut struktur teks berita yang terbagi 3 macam:
  1. Peristiwa Utama.
  2. Latar belakang Peristiws.
  3. Sumber.
Anda dapat mengungkapkan manfaat masing masing struktur teks berita sesudah membaca contoh teks berita dibawah ini.

Kaidah kebahasaan teks berita

Bagaimana kaidah teks berita yang benar? Ciri kebahasaan teks berita adalah adanya keterangan, verba transitif, dan verba pewarta. Sehingga kaidah teks berita lebih akurat di segi kebahasaannya.

Contoh Teks Berita yang Baik dan Benar


Ekstrak Propolis Bantu Percepat Pemulihan

Peristiwa utama
Jakarta - Uji klinis di RSPAD Gatot Soebroto, ekstrak propolis mempercepat proses kesembuhan pasien demam berdarah dengue. Pasien yang mendapat terapi tambahan ekstrak propolis menjalani rawat inap lebih singkat.

Latar belakang peristiwa
Senyawa ekstrak propolis dikualitas manjur sebagai terapi tambahan bagi pasien demam berdarah. "Terapi diberikan hari ketiga ataupun keempat perawatan terhadap pasien belum mengalami kebocoran di pembuluh darah," kata Kepala Divisi Penyakit Tropik & Infeksi Departemen Penyakit Dalam RSPAD Gatot Soebroto, Letnan Kolonel (Ckm) Soroy Lardo, di Jakarta, Kamis (5/3), ketika publikasi "Efektivitas Senyawa Uji Klinis Pasien Demam Berdarah.

Soroy merupakan salah satu peneliti pada uji klinis itu. Peneliti lain ialah dokter spesialis penyakit dalam Kolonel (Ckm) Djoko Wibisino, dokter spesialis kesehatan jiwa Letkol (Ckm) Baik Sulistyo Budhi, & dokter asisten pada Departemen Penyakit Dalam RSPAD Gatot Soebroto Yongkie Iswandi Purnama.

Propolis ialah bahan perekat yang dikumpulkan lebah untuk membuat sarang steril. Tim peneliti menguji senyawa ekstrak propolis yang merupakan kombinasi propolis dari sejumlah negara, antara lain Amerika Serikat, Tiongkok, & negara di Eropa.

Menurut Soroy, tim menguji efek anti inflamasi (anti peradangan) pada senyawa itu. Riset selama Mei 2012-Juli 2013 di Divisi Penyakit Dalam RSPAD Gatot Soebroto bermetode uji random terkendali. Tercatat 63 pasien berumur 17-50 tahun mengikuti uji klinis. Rinciannya, 31 pasien pada kelompok dengan terapi ekstrak propolis, sedangkan 32 pasien pada kelompok plasebo (tanpa terapi ekstrak propolis). Dosis ekstrak propolis tiga kali dua kapsul per hari selama tujuh hari dengan takaran 200 miligram per kapsul.

Hasilnya, jumlah trombosit pasien yang diberi ekstrak propolis lebih cepat naik daripada pasien kelompok plasebo, mulai hari ketiga sampai ketujuh. Hari ketujuh, jumlah trombosit pasien dengan ekstrak propolis pun rata-rata menjalani rawat inap 4,69 hari, lebih pendek dibandingkan dengan kelompok plasebo (rata-rata 5,46 hari).

Ia tak menemukan efek samping dari terapi ekstrak propolis. Apalagi, selama ini konsumsi produk lebah & madu aman di masyarakat. "Ada enam pasien tak melanjutkan pengujian sebab muntah. Tetapi, orang sakit demam juga merasakan mual," ujarnya.

Sobat itulah materi bahasa indonesia kelas XII SMA hari ini yaitu tentang contoh & struktur teks berita. Selamat belajar.

Baca Juga:
Nah itulah artikel pengertian teks berita dan contoh-contoh teks berita.

Terima kasih telah membaca artikel pengertian, struktur, kaidah dan contoh teks berita 2018.

Posting Komentar untuk "√ Pengertian Teks Berita, Struktur, Kaidah, Contoh Terbaru 2020"