Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Contoh Pantun Evaluasi dari Berbagai Tema

Contoh Pantun Evaluasi dari Berbagai Tema

faktasantuy.com - Contoh pantun. Halo sobat, pada peluang hari ini kami bakal mencoba untuk mengevaluasi teks pantun. Mengevaluasi teks pantun disini berarti kami haruslah mencari ataupun menganalisis apa hubungan antara sampiran & isi yang ada pada teks pantun & juga menganalis makna dari teks pantun tersebut. Sebetulnya materi teks pantun pada mata pelajaran bahasa Indonesia ini telah admin pelajari pada saat kelas XI SMA, tetapi baru admin tulis di kelas XII ini.

Pantun awalnya dipakai sebagai alat untuk memberi tau pesan yang dibuat oleh setiap orang-orang tua kita dahulu.

Hampir seluruh orang jaman dahulu memakai pantun saat memberi tau pesan. Pantun yang disampaikan pun tetap dengan cara lisan. Tidak hanya sebagai sarana penyampaian pesan, pantun juga dipakai dalam upacara budaya contohnya perkawinan, kematian, & sebagainya.

Bahkan sekarang sering kami temui orang bertutur pantun pada berbagai agenda di televisi. Hal ini membuktikan bahwa hingga zaman sekarang pantun tetap terkenal di masyarakat sebagai media untuk berkreasi.

Dalam mengevaluasi kata kata pantun ini, pasti saja kami haruslah terlebih dulu mengenal mengenai pantun seperti pengertian, struktur teks maupun kaidah kebahasaan teks pantun tersebut. Untuk itu saya sarankan sahabat untuk terlebih dahulu membaca materi teks pantun lengkap. Tanpa basa-basi lagi langsung saja mari kami evaluasi berbagai teks pantun lengkap dibawah ini.

Contoh Pantun Evaluasi

Contoh pantun nasehat
Kuda perang berpacu kencang,
kuda beban berlangsung pelan.
Maafkan aku berteriak lantang,
mohon maafkan segala kesalahan.

Hasil evaluasi: Hubungan antara sampiran & isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Manfaat sampiran hanya sebagai penyedia rima saja jadi tidak memudahkan pemahaman isi. Makna pantun, kami haruslah saling meminta maaf kepada kawan.

Contoh pantun agama

Asam kandis asam gelugur,
ketiga asam si riang-riang.
Menangis mayat di pintu kubur,
teringat tubuh tidak sembahyang.

Hasil evaluasi: Hubungan antara sampiran & isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Manfaat sampiran hanya sebagai penyedia rima saja jadi tidak memudahkan pemahaman isi. Makna pantun, sholat lah sebelum kalian disholatkan sebab waktu tak bisa diulang.

Contoh pantun agama

Bunga kenanga di atas kubur,
pucuk sari pandan jawa.
Apa guna arogan & takabur,
rusak hati tubuh binasa.

Hasil evaluasi: Hubungan antara sampiran & isi pada rima & isinya. Manfaat sampiran tidak hanya sebagai penyedia rima juga memudahkan pemahaman isi. Dengan mengingat mengenai kubur orang tidak bakal sombog & takabur. Makna pantun, tidak ada gunanya arogan & takabur sebab hanya bisa merusak hati.

Contoh Pantun Nasehat Orang Tua

Berburu ke padang datar,
dapat rusa belang kaki.
Berguru kepalang ajar,
bagai bunga kembang tak jadi.

Hasil evaluasi: Hubungan antara sampiran & isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Manfaat sampiran hanya sebagai penyedia rima saja jadi tidak memudahkan pemahaman isi. Makna pantun, pelajarilah apa yang kami pelajari hingga tuntas & jangan setengah-setengah.

Contoh Pantun Persahabatan

Buah langsat kuning cerah,
keduduk tidak berbunga lagi.
Sudah bisa gading bertuah,
tanduk tidak berfungsi lagi.

Hasil evaluasi: Hubungan antara sampiran & isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Manfaat sampiran hanya sebagai penyedia rima saja jadi tidak memudahkan pemahaman isi. Makna pantun, jangan sempat melupakan kawan lama apabila kami mempunyai kawan baru.

Contoh Pantun Adat

Embacang masak mempelam manis,
makanan anak bidadari.
Bintang terisak bulan menangis,
hendak berjumpa si matahari.

Hasil evaluasi: Hubungan antara sampiran & isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Manfaat sampiran hanya sebagai penyedia rima saja jadi tidak memudahkan pemahaman isi. Makna pantun, seorang yang ingin melanjutkan hubungan tetapi terkendala oleh kondisi.

Contoh Pantun Pendidikan/Agama

Kemumu di dalam semak,
jatuh melayang seleranya.
Mesti ilmu dengan tinggi tegak,
tidak sembahyang apa gunanya.

Hasil evaluasi: Hubungan antara sampiran & isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Manfaat sampiran hanya sebagai penyedia rima saja jadi tidak memudahkan pemahaman isi. Makna pantun, bila seseorang tidak beribadah maka tidak ada gunanya meskipun mempunyai ilmu dengan tinggi langit.

Contoh Pantun Bijak

Pokok pakis tumbuh di hutan,
tumbang melepa di atas duri.
Pulau menangis kering lautan,
ikan juga menghempas diri.

Hasil evaluasi: Hubungan antara sampiran & isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Manfaat sampiran hanya sebagai penyedia rima saja jadi tidak memudahkan pemahaman isi. Makna pantun, mahluk hidup bakal terganggu apabila lingkungan rusak.

Contoh Pantun Romantis

Mari kami mencari zaitun,
tiada zaitun pinang pun jadi.
Tanjungpinang negeri pantun,
indah permai cantik berseri.

Hasil evaluasi: Hubungan antara sampiran & isi hanya pada rima saja sedangkan hubungan substansi tidak berkaitan. Manfaat sampiran hanya sebagai penyedia rima saja jadi tidak memudahkan pemahaman isi. Makna pantun, sebab pantun Tanjung pinang terasa indah permai cantik berseri.

Contoh Pantun Motivasi

Kalau mengail di lubuk dangkal,
dapat ikan penuh seraga.
Kalau kail panjang sejengkal,
jangan laut hendak diduga.

Hasil evaluasi: Hubungan antara sampiran & isi pada rima & isinya. Manfaat sampiran tidak hanya sebagai penyedia rima juga memudahkan pemahaman isi. Dengan ilmu yang dangkal maka impian yang diraih hanya sejengkal. Makna pantun, tidak bakal mendapat hasil yang maksimal apabila usaha tidak maksimal.

Nah itulah artikel pantun pendek dari berbagai tema seperti pantun nasehat, pantun agama, pantun adat, pantun nasehat orang tua, pantun motivasi dan pantun romantis.

Semoga PR kumpulan pantun dapat terlesaikan dengan melihat contoh koleksi pantun diatas. Jika ingin bertanya tantang koleksi pantun, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca artikel kumpulan pantun.

Baca selanjutnya:


Bagi sobat yang ingin copas isi artikel kata kata pantun ini, maka diharapkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Artikel Ini", jika tidak dicantumkan, maka blog sobat akan saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "10+ Contoh Pantun Evaluasi dari Berbagai Tema"