Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Lengkap Bandung Lautan Api (Maret 1946)

faktasantuy.com - Sejarah Bandung Lautan Api. Pada peluang ini kami bakal mengulas Sejarah pertempuran Bandung Lautan Api. Namun hari ini lebih cocoknya kami bakal membahas latar belakang ataupun orientasi dari momen bandung lautan api & juga urutan momen dari bandung lautan api tersebut.

Sejarah-Lengkap-Bandung-Lautan-Api

Bandung Lautan Api

Momen Bandung Lautan Api ialah perisiwa terbakarnya kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia oleh penduduk Bandung sesudah ada ultimatum oleh sekutu untuk mengosongkan Bandung.

1. Latar Belakang Bandung Lautan Api ( Orientasi )

  1. Brigade Mac Donald (sekutu) menuntut penduduk supaya semua senjata dari hasil pelucutan jepang diserahkan ke pihak sekutu.
  2. Sekutu mengeluarkan ultimatum supaya kota Bandung bagian utara dikosongkan pihak Indonesia paling lambat tanggal 29 november 1945.
  3. Sekutu membagi Bandung menjadi dua sektor, yaitu sektor utara & sektor selatan.
  4. Rencana pembangunan kembali markas sekutu di Bandung

2. Proses Terjadinya Bandung Lautan Api ( Urutan Momen )

Momen terjadi di bulan maret 1946, dalam waktu tujuh jam kurang lebih 200.000 penduduk mengukir sejarah dengan membakar rumah & harta benda mereka & meninggalkan Bandung.

Pada awalnya tanggal 17 oktober 1945 pasukan sekutu mendarat di Bandung. Pada waktu tersebut para pejuang Bandung sedang gencar gencarnya merebut senjata & kekuasaan dari tangan Jepang. Sekutu menegaskan semua senjata pihak Indonesia hasil pelucutan Jepang diserahkan terhadap mereka. Jadi pada tanggal 21 november 1945, sekutu mengeluarkan ultimatum supaya senjata hasil pelucutan Jepang segera diserahkan & supaya penduduk mengosongkan kota Bandung paling lambat tanggal 29 november 1945 dengan alasan keamanan untuk rakyat.

Pada tanggal 6 desember 1945 pecah pertempuran antara sekutu & pejuang Bandung. Jadi sekutu mengulangi lagi ultimatumnya pada tanggal 23 maret 1945, supaya TRI meninggalkan kota Bandung. Dengan adanya ultimatum tersebut, pemerintah Indonesia di Jakarta menginstrusikan supaya TRI mengosongkan kota Bandung .Tetapi berlainan dengan markas TRI di Yogyakarta menginstruksikan supaya masih bersi kukuh di Bandung. Selanjutnya, sekutu membagi Bandung menjadi dua sektor, yaitu Bandung utara & Bandung Selatan.

Dalam situasi yang terus genting sekutu membuat keputusan bahwa orang Indonesia haruslah keluar dari Bandung utara, keadaan ketika tersebut terus sangat mencekam & penuh kepanikan. Keputusan tersebut dimengenai para pejuang jadi terjadilah pertempuran besar besaran antara pejuang indonesia dengan sekutu pada tanggal 24 maret 1946. Dalam pertempuran tersebut, pejuang menyerang ke pos-pos sekutu & mengundurkan diri sambil membumihanguskan semua Bandung utara.

3. Reorientasi

Sejarah heroic ini tercatat dalam sejarah Indonesia sebagai momen Bandung Lautan Api (BLA). Lagu Halo halo Bandung ciptaan Ismail Marzuki menjadi lagu perjuangan ketika itu.ditulis untuk melambangkan emosi mereka, seiring berjanji bakal kembali kekota Bandung tercinta.

Nah itulah artikel materi sejarah SD SMP SMA tentang pertempuran di Kota Bandung. Semoga PR sejarah Bandung lautan api kamu dapat terlesaikan dengan melihat sejarah bandung diatas. Jika ingin bertanya tantang materi sejarah kota-kota Indonesia lainnya, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca artikel peristiwa Bandung lautan api. Baca Juga:

Bagi sobat yang ingin copas isi artikel ini, maka diharapkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Artikel Ini", jika tidak dicantumkan, maka blog sobat akan saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "Sejarah Lengkap Bandung Lautan Api (Maret 1946)"