Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Contoh Ihsan Dalam Kehidupan dan Manfaat Ihsan

contoh-ihsan

faktasantuy.com - Arti ihsan. Halo sobat, hari ini admin bakal mengulas mengenai Ruang Lingkup Ihsan. Maksud dari ihsan disini artinya adalah berbuat ihsan. Sehingga adapun maksud dari ruang lingkup ihsan adalah terhadap apa saja seharusnya kamu melakukan perbuatan baik.

Dengan cara garis besar ruang lingkup perbuatan baik terbagi menjadi 2, yaitu Ihsan kepada Allah Swt dan Ihsan terhadap sesama mahluk ciptaan Allah Swt. Untuk lebih jelasnya silahkan simak materi perbuatan baik dibawah.

Nah apa itu arti ihsan? apa makna berbuat baik dalam islam? apa makna berbuat baik sesama manusia? mari kita simak artikel perilaku ihsan...

IHSAN KEPADA ALLAH SWT

Pengertian ihsan ~ Perilaku Ihsan adalah berlaku baik (terpuji) dalam menyembah atau beribadah terhadap Allah Swt, ihsan dalam bentuk ibadah khusus yang disebut ibadah mahdah (murni, ritual) maupun ibadah umum yang disebut ibadah gairu mahdah (ibadah sosial). Nah itulah yang disebut perilaku ihsan dan berbuat baik dalam islam sangat dianjurkan.

Contoh perilaku ihsan adalah shalat, puasa, zakat, & haji. Adapun ibadah gairu mahdah contohnya belajar-mengajar, berdagang, makan, tidur, & semua lakukanan manusia yang tidak bermengenaian dengan aturan agama.

Berdasarkan salah satu hadis mengenai ihsan, perilaku ihsan terhadap Allah mengandung dua tingkatan, berikut merupakan 2 Tingkatan Ihsan terhadap Allah Swt.
  1. Beribadah terhadap Allah Swt. seolah-olah melihat-Nya. Keadaan ini merupakan tingkatan ihsan yang paling tinggi sebab dirinya pergi dari sikap membutuhkan, harapan, & kerinduan. Dirinya menuju & berupaya mendekatkan diri kepada-Nya.
  2. Beribadah dengan penuh keyakinan bahwa Allah Swt. melihatnya. Keadaan ini lebih rendah tingkatannya daripada tingkatan yang pertama sebab sikap ihsannya didorong dari rasa diawasi & takut bakal hukuman.
Kedua tipe ihsan inilah yang bakal mendampingi pelakunya terhadap puncak keihklasan dalam beribadah terhadap Allah Swt., jauh dari sifat riya.

Selain kami haruslah berbuat baik (ihsan) terhadap Allah, kami juga haruslah berbuat ihsan terhadap semua mahluk ciptaannya. Berbuat ihsan terhadap sesama mahluk Allah meliputi semua alam raya Ciptaan-Nya antara lain sebagai berikut.

IHSAN KEPADA KEDUA ORANG TUA (berbuat baik kepada orang tua)

Berbuat ihsan terhadap kedua orang tua adalah dengan cara mengasihi, merawat, & menjaga mereka dengan sepenuh hati serta memnuhi semua keinginan mereka selagi tidak bermengenaian dengan aturan Allah Swt. Mereka telah berkorban untuk kepentingan anak mereka sewaktu tetap kecil dengan perhatian penuh & belas kasihan. Mereka mendidik & mengurus semua kebutuhan anak-anak saat tetap lemah. Tidak hanya itu, orang tua memberikan kasih sayang yang tidak ada tandingannya.

Firman Allah Swt. dalam Surah Al-Isra', 17:23-24 yang artinya: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya anda jangan menyembah tidak hanya Dirinya & hendaklah berbuat ihsan terhadap bunda bapak. Apabila salah seorang diantara keduanya hingga berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan terhadap keduanya perkataan 'ah' & janganlah engkau membentak keduanya, & ucapkanlah terhadap keduanya perkataan yang ihsan.rendahkan dirimu terhadap keduanya denga kasih sayang & ucapkanlah, 'Wahai Tuhanku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil'.".

Berbuat ihsan terhadap kedua orang tua juga dipertagas sabda Rasulullah saw. riwayat Tirmidzi yang artinya: Keridaan Allah berada pada keridaan orang tua, & kemurkaan Allah berada pada kemurkaan orang tua,

IHSAN KEPADA KERABAT KARIB (berbuat baik kepada saudara)

Berbuat ihsan terhadap kerabat karib dengan cara menjalin silaturahmi, bahkan Allah menyamakan seseorang yang memutuskan hubungan silaturahmi dengan perusak di muka bumi. Sebagaimana firman Allah yang artinya: "Maka apakah kiranya apabila anda berkuasa, anda bakal berbuat kerusakan di bumi & memutuskanhubungan kekeluargaan?. (Q.S. Muhammad, 47:22).

Silaturahmi merupakan kunci memperoleh keridaan Allah Swt. sebab paling mutlak terputusnya hubungan seorang hamba dengan Tuhannya adalah sebab terputusnya hubungan silaturahmi.
Dalam hadits qudsi, Allah Swt. berfirman yang artinya: Aku adalah Allah, aku adalah ahman, & Aku telah menciptakan alam rahim yang kuberi nama bagian dari nama-Ku. Maka, barang siapa yang menyambungnya, bakal Kusambungkan pula baginya & barang siapa yang memutuskannya, bakal Kuputuskan hubunganku dengannya. (H.R. Tirmidzi).

IHSAN KEPADA ANAK YATIM (berbuat baik kepada anak yatim)

Berbuat ihsan terhadap anak yatim adalah dengan cara mendidiknya & merawat hak-haknya. Banyak ayat & hadis mengusulkan berbuat ihsan terhadap anak yatim, di antaranya sabda Rasulullah saw. yang artinya: Aku & orang yang merawat anak yatim di surga nanti bakal contohnya ini (seraya menunjukkan jari telunjuk jari tengahnya). (HR. Bukhari, Abu Daud, & Timidzi).

IHSAN KEPADA FAKIR MISKIN (berbuat baik kepada fakir miskin)

Berbuat ihsan terhadap fakir miskin adalah dengan memberikan bantuan terhadap mereka khususnya pada saat mereka mendapat kesusahan. Rasulullah saw. bersabda. "Orang-orang yang membantu janda & orang miskin, contohnya orang yang berjuang di jalan Allah.",(H.R. Muslim dari Abu Hurairah).

IHSAN KEPADA TETANGGA (berbuat baik sesama tetangga)

Berbuat ihsan terhadap tetangga meliputi tetangga dekat, ihsan kerabat maupun tetangga yang berada di dekat rumah, serta tetangga jauh ihsan jauh sebab nasab maupun yang berada jauh dari rumah.
Kawan sejawat adalah kawan yang berkumpul dengan kami atas dasar pekerjaan, perkawanan, kawan sekolah atau kawan kampus, perjalanan, ma'had, & sebagainya. Mereka semua masuk ke dalam kategori tetangga.

Seorang tetangga kafir memiliki hak sebagai tetangga saja, tapi tetangga muslim memiliki dua hak yaitu sebagai tetangga & sebagai muslim. Adapun tetangga muslim & kerabat memiliki tiga hak yaitu sebagai tetangga, sebagai muslim, & sebagai kerabat.
Rasulullah saw. bersabda, "Demi Allah, tidak beriman, demi Allah, tidak beriman." Para sahabat bertanya, "Siapakah yang tidak beriman , ya Rasulullah?" Beliau menjawab, "Seseorang yang tidak aman tetangganya dari gangguannya>" (H.R. Al-Syaikhani).
Pada hadis yang lain, Rasulullah bersabda, "Tidak beriman kepadaku barang siapa yang kenyang pada sebuah malam, sedangkan tetangganya kelaparan, padahal ia mengenalnya." (H.R. At-Tabrani).

IHSAN KEPADA TAMU (berbuat baik kepada tamu yang berkunjung)

Berbuat ihsan terhadap tamu, dengan cara umum adalah dengan menghormati & menjamunya. Rasulullah Saw. bersabda, "Barang siapa beriman terhadap Allah & hari akhir, hendaklah memuliakan tamunya." (H.R. Jama'ah, kecuali Nasa'i).

IHSAN KEPADA KARYAWAN/PEKERJA (berbuat baik kepada pekerja)

Cara berbuat ihsan kepada karyawan atau orang-orang yang terbelit perjanjian kerja dengan kita, tergolong pembantu, tukang, & sebagainya, adalah bayar upah mereka sebelum keringat mereka kering (segera) & tidak memberatkan mereka dengan sesuatu yang mereka tidak mampu melakukannya. Kami juga haruslah mengormati & menghargai profesi mereka.

IHSAN KEPADA SESAMA MANUSIA (berbuat baik sesama manusia)

Berbuat ihsan kepada orang lain bisa kami lakukan dengan cara melembutkan ucapan, saling menghargai satu sama lain dalam pergaulan, serta menyuruh terhadap yang makruf & mencegah kemungkaran. Menunjukkan jalan apabila ia tersesat, mengajari mereka yang bodoh, mengakui hak-hak mereka, serta tidak mengganggu mereka dengan tidak melakukan hal-hal yang bisa mengusik & melukai mereka. Sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya: Barang siapa beriman terhadap Allah & hari kiamat, hendaklah ia mengatakan yang ihsan atau diam. (H.R. Bukhari & Muslim).

IHSAN KEPADA BINATANG(berbuat baik kepada hewan)

Berbuat ihsan kepada binatang adalah dengan memberinya makan apabila ia lapar, mengobatinya apabila ia sakit, tidak membebaninya diluar performanya, tidak menyiksanya apabila ia bekerja, & mengistirahatkannya apabila ia lelah.

Pada saat menyembelihnya dengan cara yang ihsan, tidak menyiksanya, & memakai pisau yang tajam, Sebagaiman sabda Rasulullah saw. yang artinya: Maka apabila anda membunuh hendaklah dengan cara yang ihsan, & anda menyembelih maka sembelihlah denga cara yang baik & hendaklah menajamkan pisaunya & membahagiakan fauna sembelihnya. (H.R. Muslim).

IHSAN KEPADA ALAM (berbuat baik kepada alam)

Berbuat ihsan kepada alam kurang lebih bisa kami lakukan dengan cara memanfaatkannya dengan cara bertanggung jawab, menjaga kelestariannya, & tidak merusaknya sebab pada dasarnya alam raya beserta isinya diciptakan untuk kepentingan manusia. Sebagaiman firman Allah Swt. yang artinya:berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu & janganlah anda berbuat kerusakan di bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan.

5 Manfaat Ihsan dalam Kehidupan

Hadis tentang ihsan (berbuat kebaikan) sebenarnya sangat banyak, namun faktakasantuy.com akan merangkum manfaat ihsan sebagai berikut:
  1. Fungsi yang paling mutlak dari berbuat baik (ihsan) ialah memperoleh pahala & kasih sayang dari Allah Swt., sebab dengan memperoleh pahala & kasih sayang-Nya anda bakal bisa memperoleh surga-Nya yang abadi.
  2. Berbuat baiklah terhadap kedua orang tua & ikuti seluruh apa yang diperintahkannya tentang hal positif, sebab dengan begitu mungkin orang tua bakal lebih menyayangi diri anda & apabila orang tua sanggup maka apa yang diingingkan oleh anda bakal berusaha untuk mereka bisakan. Namun satu fungsi yang terpenting dari kedua orang tua ialah do'a yang mujarab.
  3. Fungsi ihsan dalam kehidupan sehari-hari yang ketiga yaitu anda berbuat baik terhadap kerabat, kawan sejawat, atau tetangga. Sebab apabila anda berbuat baik terhadap mereka maka mereka pun bakal berbuat hal yang sama dari mereka yaitu berupa balas budi.
  4. Perbuatan ihsan yang sering anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari juga ialah memberi makan binatang seperti kucing, kambing, atau sebagainya. Fungsi yang anda bisakan dari ihsan terhadap binatang ialah anda akan memperoleh manfaatnya seperti contohnya apabila berbuat baik seperti merawat ayam dengan baik & memberi makan ayam tersebut, maka ayam tersebut bisa bertelur dan telur tersebut bisa anda ambil.
  5. Tidak hanya berbuat ihsan terhadap hewan, lakukanan ihsan dalam kehidupan sehari-harii dengan merawat alam. Seperti anda menanam & merawat pohon rambutan dengan baik, maka balasan yang akan anda dapat adalah buah rambutan tersebut.

Terima kasih telah membaca postingan apa itu ihsan, semoga kamu dapat teruslah berbuat baik. Baca Juga:

Bagi sahabat yang ingin copas isi postingan pengertian ihsan ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "10+ Contoh Ihsan Dalam Kehidupan dan Manfaat Ihsan"