Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Login SIM PKB 2020 Klik Disini Untuk Masuk/Registrasi

login-sim-pkb
Tampilan awal saat login SIM PKB 2020 untuk Cek Peserta PPG, Diklat PKB dan Cek Info GTK 2020

Info Cara Login SIM PKB

faktasantuy.com - SIM PKB. Sebelum Bapak guru/Ibu guru tahu tentang cara Login SIM PKB 2020 atau cara login simpkb 2020 untuk cek peserta PPG, Diklat PKB, dan Cek Info GTK terbaru 2020. Berikut ini kami jelaskan mengenai istilah atau pengertian PKB dan pengertian SIM PKB secara rinci terlebih dahulu.

SIM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan SIM PKB (simpkb) adalah Sistem Informasi Manajemen pada Sistem Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Sedangkan maksud Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah Proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, kemampuan guru, dan skill guru dalam melaksanakan pekerjaannya.

Manfaat SIM PKB / Info Guru untuk Guru Sekolah

Saat ini SIM PKB dapat digunakan untuk login Pretest, Posttest PKB, Pretest PPG, cek SKTP dan cek hasil Pretes PPG. Saat ini sim pkb (simpkb) wajib dimiliki oleh semua guru sekolah, karena ini merupakan peraturan Ditjen GTK tahun 2017 mengembangkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan kelanjutan dari program Guru Pembelajar dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru, kemampuan guru dan skill guru dalam pelaksanaan terintegrasi dalam SIM PKB.

Dengan menggunakan SIM PKB (simpkb), baik digunakan oleh guru atau kepala sekolah atau pengawas sekolah harus masuk dalam pemberdayaan komunitas GTK, yang terdiri dari Gugus/Kelompok kerja guru (KKG)/Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS)/Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK)/Musyawarah guru mata pelajaranm (MGMP)/Kelompok Kerja dan Kepala Sekolah (KKKS).

Login SIM PKB 2018 Klik Disini Untuk Masuk/Registrasi
Pelatihan Menggunakan SIM PKB di Sekolah


APA ITU LOGIN SIM PKB?

SIM PKB adalah Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). PKB adalah bentuk pembelajaran berkelanjutan bagi guru yang merupakan cara utama dalam upaya membawa guru pada inovasi yang diinginkan, yaitu pengembangan profesinya. Tujuannya agar memperoleh keberhasilan siswa belajar dengan guru. Guru-guru melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) akan membawa pembelajarannya untuk menjadikan siswanya punya skill lebih baik, berpengetahuan lebih baik, mempunyai keterampilan lebih baik, dan menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang materi pembelajaran sehingga mensuksesan siswa dalam kelulusan sekolah.

Pengembangan keprofesian berkelanjutan harus dilakukan berdasarkan kebutuhan guru yang bersangkutan. Kebutuhan yang itu adalah kebutuhan untuk mencapai untuk meningkatkan kompetensinya di atas standar kompetensi profesi guru. Hal ini nantinya juga sekaligus berimplikasi pada perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru.

Dalam Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 mengatakan bahwa Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, PKB adalah unsur utama yang kegiatannya juga diberikan angka kredit untuk pengembangan karir guru, selain kedua unsur utama lainnya, yakni: (1) pembelajaran dan tugas tambahan dan tugas lain yang relevan;  (2) pendidikan. Menurut Permennegpan itu telah pula dijelaskan bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) terdiri dari 3 komponen, yaitu: a) publikasi diri; b) pengembangan diri; dan c) karya inovatif.

Bapak/Ibu Guru yang ingin LOGIN SIM PKB harus mengikuti Pretest dan posttest PKB dan PPG 2020

Kegiatan Diklat Guru Pembelajaran (GPO) yang saat ini adalah salah satu jenis pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru yang masuk dalam komponen Pengembangan Diri.  Oleh sebab itu, mulai tahun 2017 lalu, GPO berubah nama menjadi SIMPKB, dengan sendirinya GPO berubah nama menjadi SIMPKB. Agar Bapak/Ibuk dapat mengakses laman tersebut, Bapak/Ibuk harus melakukan LOGIN SIMPKB (SIM PKB).

Kegiatan pengembangan diri terdiri dari dua jenis, yaitu kegiatan kolektif guru dan diklat fungsional. Kegiatan pengembangan diri ini bertujuan agar para guru mampu meningkatkan kompetensi profesi guru yang mencakup: kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan profesional sebagaimana yang terkandung dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Alasan para guru harus tahu CARA LOGIN SIM PKB (Login SIMPKB) serta dapat mengakses dan memanfaatkan laman SIMPKB (SIM PKB) ini adalah karena SIMPKB menyediakan laman pengembangan diri bagi guru-guru bersangkutan dan untuk mengikuti diklat fungsional. Pengembangan diri bagi guru merupakan upaya-upaya  yang dilakukan oleh guru yang bersangkutan untuk meningkatkan kemampuan guru bersangktutan. Jadi dengan adanya kompetensi guru yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan maka diharapkan para guru akhirnya akan dapat melakukan tugas pokok dan kewajibannya dalam pembimbingan/pembelajaran, tugas-tugas tambahan dan tugas-tugas mendadak lainnya.

Berikut ini Login/Registrasi SIM PKB Via Komputer/Laptop

Login SIM PKB 2018 Klik Disini Untuk Masuk/Registrasi
Tampilan sesudah login SIM PKB untuk cek Info GTK
Bapak guru/ibu guru yang terhormat, manfaat Login SIM PKB (login simpkb) di tahun 2020 ini, dapat digunakan untuk Cek Peserta diklat PKB 2020, Cek Info GTK terbaru tahun 2020 dan cek daftar peserta PPG 2020. Lalu bagaimana Cara Login SIM PKB? Cara Login SIM PKB (Login simpkb) untuk Cek Peserta PPG, Cek peserta diklat dan Cek Info GTK 2020 sangat mudah. Silahkan klik link resmi dari pemerintah dibawah ini, kemudian Bapak guru/Ibu guru dapat memasukkan email yakni nomor peserta UKG yang bapak guru/Ibu guru miliki, kemudian akan disuruh memasukkan password yang dimiliki (password dapat diminta kepada dinas pendidikan atau melalui ketua MGMP masing-masing) atau bisa juga menggunakan password sendiri yang telah bapak guru/ibu guru ganti sebelumnya.

Apabila Login SIM PKB (login simpkb) 2020 yang bapak ibu selalu gagal karena salah password, jangan panik dulu, karena sistem telah terintegrasi dengan email yang didaftarkan, jadi untuk itu klik saja lupa password, nanti passwordnya akan dikirim ke kota masuk email bapak/ibuk guru.

Bapak guru/Ibu guru terhormat yang sedang login di layanan info GTK kemendikbud atau cek SKTP, jika layanan Info GTK kemendikbud atau Cek SKTP Tahun Pelajaran 2020 sudah dapat diakses. Maka sudah pasti Bapak dan ibu bisa cek indo GTK atau cek SKTP melalui Login SIM PKB tadi (login simpkb).  Setelah berhasil Login SIM PKB 2020 menggunakan email dan password yang bapak guru/Ibuk guru miliki, maka bapak ibu akan mendapatkan akses ke layanan cek SKTP atau layanan info GTK terbaru yakni Layanan info GTK 2020. Cek SKTP dan cek Info GTK 2020 melalui Login SIM PKB (login simpkb) ini  sangat penting untuk di cek agar menghindari adanya kesalahan data sebagaimana dinyatakan dalam laman tersebut bahwa Infomasi yang ditampilkan harus asli yang berasal dari input data yang dikirim sekolah (tata usaha sekolah) melalui dapodik. Jika ada kesalahan data maka proses perbaikan data dpaat dilakukan di Sekolah bersangkutan dan menjadi tanggungjawab pemilik data.

SANGAT PENTING! dalam Penerbitan SKTP selain harus mengecek jam linear melalui Login SIM PKB. Mulai tahun 2020 ini, para Guru atau para OPS  harus melakukan pengisian Daftar Hadir Guru Secara Online (DHGTK). Dalam Info GTK atau Cek SKTP Semester 1 dan 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 pada poin 16 dinyatakan Status Keaktifan GTK menunggu penghitungan Absensi pada aplikasi kehadiran (DHGTK). Jadi pihak sekolah harus melaukan absensi guru secara online.

Nah, Bapak ibu/guru yang sudah login di SIM PKB, maka dapat melakukan cek Info GTK kemendikbud atau Cek SKTP Semester 1 dan Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 ini. Silahkan cek satu-satu tombol layanan seperti dibawah ini jika ingin mendapatkan infonya.

Login SIM PKB 2018 Klik Disini Untuk Masuk/Registrasi

Cara Download Aplikasi SIM PKB (Info Guru 2020) untuk Android

Pada tahun 2020 ini, pemerintah telah membuat aplikasi berbasis Android untuk cek info GTK 2020 yang dapat diakses di Android bapak/ibu miliki, jadi tinggal menginstal aplikasi "Info Guru 2020" yang dapat di unduh dalam playstore.

Pada tampilan aplikasi android "Info Guru 2020" untuk Cek Info GTK 2020 melalui aplikasi android, bapak guru dan ibu guru akan mendapat informasi:
  1. Verivikasi data
  2. Data guru
  3. Status NUPTK
  4. Data kelulusan
  5. Tunjangan guru
  6. Realisasi tunjangan

Ciri-Ciri Aplikasi "Info Guru 2020" yang asli:

  1. Jika mengetik info guru, maka aplikasi Info Guru 2020 di paling atas
  2. Gambar aplikasinya seperti dibawah ini
  3. Developer (pembuat) aplikasinya yaitu DITJEN GTK
  4. Sudah di download lebih dari 100.000 orang
  5. Rating aplikasinya diatas 4.5
Inilah tampilan Aplikasi "Info Guru 2020" di Android untuk Cek Info GTK 2020 yang resmi dari Dirjen GTK (SAH). 

Login SIM PKB 2018 Klik Disini Untuk Masuk/Registrasi
Aplikasi Info Guru 2020 yang ASLI resmi dari DITJEN GTK
Hati-hati banyak Aplikasi Cek Info guru abal-abal palsu yang ingin mencuri email dan password bapak/ibuk guru. Banyak website/blog lain yang menyediakan informasi aplikasi info guru palsu dan bahkan  url yang diminta tidak ditemukan di server. Nah berarti situs/website/blog tersebut ingin menipu bapak/ibuk guru.

Login SIM PKB 2018 Klik Disini Untuk Masuk/Registrasi
Bagian yang dicoret adalah yang palsu

Baca selanjutnya:

Nah itulah penjelasan Login SIM PKB (login simpkb) 2020 untuk pengecekan daftar peserta PKB 2020, peserta  diklat PPG 2020 dan Login SIM PKB yang berfungsi untuk cek Info GTK kemendikbud atau Cek SKTP tahun 2020 ini. Selamat mencoba login komputer maupun di android, bagi yang akan melaksanakan diklat, selamat melaksanakan diklat PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). Terima kasih telah membaca artikel info guru terbaru dan info gtk terbaru.

2 komentar untuk "Login SIM PKB 2020 Klik Disini Untuk Masuk/Registrasi"

  1. Pd info GTK saya emailnya tercantum tp setelah mo login password salah lalu klik lupa password dh malah email yg salah. Yg begini ni gimana y?

    BalasHapus
  2. silakan menghubungi lupa password di TU sekolahnya

    BalasHapus