Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

38 Simbol Makna Pancasila Dilihat Dari Lambangnya

simbol-pancasila

faktasantuy.com - Lambang negara menurut Wikipedia awalnya merupakan tradisi Bangsa Eropa. Bahkan, pada zaman dahulu di Inggris tiap orang mempunyai lambangnya sendiri, yang juga melambangkan keluarganya, diturunkan terhadap anak laki-laki pertama.

Apabila orang tersebut mempunyai lebih dari satu anak laki, maka anak yang lain bakal memakai lambang yang sama dengan warna yang tidak sama berdasarkan kesepakatan bersama. Tujuan adanya lambang tersebut pasti saja ialah sebagai bukti diri yang berisikan semua keyakinan pribadi.

Wajib baca: Program Kerja 7 Kabinet Demokrasi Liberal Indonesia

Secara garis besar tujuan lambang negara, yaitu :
  1. Menjadikan gambar / lambing sebagai bukti diri negara. Umpama, dengan melihat burung garuda orang bakal teringat dengan Indonesia.
  2. Menggambarkan semua sejarah & beberapa filosofi sebuah bangsa. Umumnya lambang negara menunjukkan apa yang dianut oleh negara tersebut & apa yang ingin dicapainya.

Nah jadi apa arti dari pancasila? apa hubungan simbol dengan maknanya? dan apa makna pancasila?

Lambang Negara Indonesia

Apa itu pancasila? Tak banyak kini ini orang mengenal mengenai lambang negara Indonesia. Orang lebih mengingat & memahami Pancasila sebagai dasar negara. Apalagi kini ini banyak timbul semboyan “Aku Indonesia, Aku Pancasila”. Padahal, lambang negara erat kaitannya dengan Pancasila tersebut sendiri. Lambang pancasila sila 1-5 berikut ini beberapa deskripsi mengenai lambang negara Indonesia, yaitu Garuda Pancasila.
  1. Lambang negara Indonesia berbentuk burung Garuda dengan kepala menghadap ke kanan (dari posisi Garuda).
  2. Terdapat perisai yang berbentuk contohnya jantung yang digantungkan di leher Burung Garuda memakai rantai.
  3. Perisai Garuda berisikan gambar lima sila Pancasila yang merupakan lambang dari kelima sila dasar negara yang menjadi pedoman hidup Bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, lambang Garuda Indonesia disebut sebagai Garuda Pancasila
  4. Kaki Burung Garuda mencengkram tulisan Bhinneka Tunggal Ika pada sebuah pita.
  5. Gambar burung garuda yang dipakai sebagai lambang Indonesia sayapnya dalam posisi terbang.

Arti sila pancasila serta arti & makna lambang pancasila tersebut bakal kami jelaskan satu persatu dalam postingan ini.

Sejarah Lambang Negara Indonesia

Sejarah terbentuknya lambang negara Indonesia jarang sekali yang menuliskannya. Oleh sebab itu, sebelum postingan ini mengulas dengan cara detil pengertian & makna yang terkandung dalam Burung Garuda Pancasila, bakal membuka tidak banyak sejarah mengenai Garuda Pancasila.

Sesudah kesaksian kedaulatan Bangsa Indonesia tahun 1949, Indonesia merasa butuh dibuatnya lambang negara. Lalu pada tanggal 10 Januari 1950 dibentuklah tim yang bertugas membuat lambang negara.

Tim tersebut dikenal dengan Tim Lencana Negara, di bawah koordinator menteri Negara Zoner Poto Folio, Sultan Hamid II, & dipilih beberapa orang anak buah yaitu ; Ki Hajar Dewantara (Ketua), M.A Pellaupesy, Mohammad Natsir, & RM Ng Poerbatjaraka. Tim ini bertugas untuk mencari, membuat, & menyeleksi usulan lambang negara untuk lalu disetujui & disahkan oleh pemerintah.

Sidang kabinet pada Januari 1950, memutuskan adanya sayembara membuat lambang negara, yang diumumkan oleh menteri Priyono.dari semua usulan lambang negara yang masuk terpilih dua usulan, yaitu usulan Sultan Hamid II & usulan Mohammad Yamin.

Tetapi kemudian, usulan Sultan Hamid II yang diterima & Mohammad Yamin ditolak. Sebab usulan Mohammad Yamin ada beberapa symbol matahari yang dianggap menggambarkan Jepang bukan Indonesia.
 
Sesudah mengalami beberapa penyempurnaan & masukan beberapa orang, di antaranya Presiden soekarno, Perdana Menteri ketika tersebut drs Mohammad Hatta, & Partai Masyumi, terciptalah bentuk Rajawali-Garuda Pancasila ataupun Garuda Pancasila.

Wajib baca: 10 Contoh Soal Teks Cerita Sejarah dan Pembahasannya

Garuda Pancasila resmi disakhan / ditetapkan sebagai lambang negara Indonesia, 11 Febuari 1950, hanya sebulan sesudah tercetusnya ide pembuatan lambang negara. Garuda Pancasila diperkenalkan pertama kali terhadap masyarakat Indonesia di Hotel Des Indes, Jakarta, 15 Febuari 1950.
 
Presiden Sukarno berpendapat gambar Garuda Pancasila tetap mirip dengan lambang Eagle milik Amerika Serikat jadi lalu beliau memerintahkan pelukis istana, Dullah untuk menyempurnakannya.

Perubahan terjadi dengan penambahan jambul pada Garuda Pancasila & cengkraman kaki Garuda pada pita yang sebelumnya di belakang, menjadi mencengkranm di depan. Perubahan dibangun atas usulan Presiden Sukarno. Lambang negara ini yang kami ketahui hingga ketika ini.hal mengenai lambang negara tersebut ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 1951.

Ada beberapa makna & juga pengertian dalam pancasila dalam bagian-bagiannya dalam mewujudkan pancasila yang merdeka & berdaulat sebagai berikut:

Pengertian & Makna Lambang Burung Garuda

Burung Garuda pada lambang negara Indonesia, contohnya telah dijabarkan sebelumnya, kepalanya menghadap ke kanan, sayap membentang contohnya sedang terbang, & sedang mencengkram pita bertuliskan Bhineka Tunggal Ika. Pengertian & makna lambang Burung Garuda, yaitu :
  1. Burung garuda mungkin tidak sempat ada yang sangatlah melihat wujudnya. Ini ada dalam banyak cerita / buku sejarah mitologi Nusantara. Dalam mitologi, burung ini ialah tunggangan Dewa Wishnu yang mirip dengan burung elang / burung rajawali. Bisa jadi terbukti burung garuda terbukti satu tipe / spesies dengan burung elang & burung rajawali ataupun terbukti burung semacan rajawali yang menjadi tunggangan dewa. Burung garuda hanya ada dalam cerita Indonesia, jadi sangat dipercaya khas Indonesia. Burung ini menggambarkan kekuatan & kebesaran. Artinya filosofi dari gambar burung garuda ialah negara Indonesia yang kuat & besar dengan tujuan menjadi bangsa yang semakin kuat & besar pula.
  2. Burung garuda pada lambang negara digambarkan dengan warna keemasan. Hal tersebut melukiskan kejayaan & kebesaran Bangsa Indonesia masa lalu, masa kini, & masa yang bakal datang.
  3. Sayap, paruh, cakar, & ekor burung garuda yang kokoh an kuat menggambarkan & melambangkan tenaga & kekuatan pembangunan yang dilaksanakan Bangsa Indonesia.
  4. Jumlah sayap burung garuda, kanan & krri, masing-masih ialah 17. Jumlah bulu ekor burung 8, jumlah bulu di bawah perisai 19, & jumlah bulu pada leher burung garuda kalau dihitung berjumlah 45. Sengaja dibangun demikian untuk menggambarkan & mengingat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 17 bulan 8 (agustus) tahun 1945.

Pengertian & Makna Perisai Burung Garuda

Perisai dalam peperangan merupakan alat pertahan.alat ini bisa dalam bentuk apa saja, benda mati maupun hidup yang dianggap bisa melindungi diri dari serangan musuh. Perisai burung garuda mempunyai pengertian & makna sebagai berikut.
  1. Perisai ialah senjata yang melambangkan perlindungan, pertahanan, & perjuangan untuk mempertahankan diri, juga merupakan alat untuk mencapai tujuan Bangsa Indonesia. Perisai ini di tengahnya bergambarkan sila-sila Pancasila, artinya Pancasila ialah perisai tersebut sendiri untuk mempertahankan diri & berjuang demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia & dengan berpedoman pada Pancasila pula tujuan negara bisa tercapai. 
  2. Garis hitam tebal di tengah perisai, menggambarkan garis khatulistiwa. Ini menggambarkan posisi / letak Indonesia yang terbukti dilewati oleh garis khatulistiwa & merupakan negara khatulistiwa.
  3. Pada perisai terdapat lima buah ruang yang diisi oleh lambang sila-sila Pancasila. Ini artinya perisai juga perwujudan dasar negara Pancasila yang bakal melindungi, mempertahankan, & menjaga Bangsa Indonesia apabila dilaksanakan dengan benar & konsekuen.
  4. Warna dasar ruang-ruang perisai yang berisi lambang dari tiap sila Pancasila ialah merah putih yang menggambarkan bendera Bangsa Indonesia, merah putih. Sementara warna dasar bagian tengah ialah hitam.

Pengertian & Makna Lambang Bintang

Di tengah perisai burung garuda terdapat simbol bintang yang mempunyai lima sudut. Simbol ini melambangkan sila pertama dari Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa. Simbol ini mempunyai pengertian & makna, yaitu :
  1. Bintang bersudut lima berwarna emas, menggambarkan bintang yang bercahaya, layaknya cahaya yang dipancarkan Tuhan Yang Maha ESA, yang diyakini semua rakyat Indonesia, yang merupakan masyarakat beragama.
  2. Bintang bersudut lima juga menggambarkan lima agama di Indonesia yang diakui yaitu Islam, Kristen, Katholik, Budha, & Hindu.
  3. Tidak hanya itu, bintang bersudut lima juga menggambarkan cahaya Tuhan, berkat Tuhan, ridha Tuhan, & rahmat Tuhan untuk menerangi dasar negara yang lima (sesuai yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea 4), sifat negara yang lima (tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea 2), & tujuan negara yang juga lima (Pembukaan UUD 1945 alinea 2)
  4. Warna dasar hitam / latar belakahn warna hitam pada ruang yang bersimbol bintang menunjukkan warna alam & mempunyai makna bahwa Indonesia berada di bawah lindungan & rahmat Tuhan Yang aAha Esa (berkat rahmat Allah).Tuhan merupakan sumber segalanya dari yang ada di bumi Indonesia. (Sifat Hakikat Negara)

Pengertian & Makna Lambang Rantai

Di ruang perisai bagian kanan bawah ada gambar rantai yang melambangkan sila kedua, kemanusiaan yang adil & beradab. Kalau diperhatikan, gambar rantai terdiri atas dua macam rantai, yaitu rantai yang bagian tengahnya lingkaran & rantai yang bagian tengahnya persegi, sebagai berikut:
  1. Lalu semua rantai saling dikaitkan tidak putus. Rantai yang bagian tengahnya berbentuk lingkaran melambangkan wanita, sedangkan yang berbentuk persegi melambangkan laki-laki.
  2. Bentuk tengah rantai yang tidak sama melambangkan laki-laki & wanita saling membutuhkan & saling menolong. Tidak bisa dipisahkan.
  3. Rantai yang tidak putus juga melambangkan ikatan yang seharuslahnya tidak sempat putus antara sesama manusia. Saling bersatu untuk mencapai tujuan bersama, yaitu tujuan pembangunan nasional.
  4. Warna merah yang menjadi dasar juga menunjukkan sikap berani. Berani bersikap, mengambil tindakan, bertanggungjawab & jujur. Saling menolong dengan sesama yang lain dalam suka & duka.

Pengertian & Makna Lambang Pohon beringin

Lambang pohon beringin terletak di bagian kanan atas ruang perisai burung garuda. Lambang ini melambangkan sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia, & beberapa keterangan lainnya sebagai berikut:
  1. Pohon beringin merupakan pohon yang tinggi besar, kokoh, & berdaun lebat. Tepat dipakai untuk berteduh di bawah pohon ini. Maknanya, contohnya pohon beringin, Indonesia ialah tempat berteduh & tempat berlindung seruh rakyat Indonesia.
  2. Oleh sebab itu, seharuslahnya tidak ada saling menyakiti antar sesama rakyat Indonesia.penyelenggara negara beserta semua pejabat dari lembaga negara haruslah sangatlah melindungi rakyat Indonesia. Akar yang menjalar melambangkan persatuan Indonesia.
  3. Akar pohon beringin juga besar & menjalar ke segala arah.
  4. Hal ini mempunyai 2 pengertian. Pertama, akar yang menjalar bayak ialah menunjukkan beranekaragam rakyat Indonesia, dari ragam budaya, agama, budaya istiadat, suku, & lain-lain tetapi tetap tujuannya sama & di bawah negara yang sama, yaitu Indonesia.
  5. Akar yang menjalar juga menunjukkan kemanapun rakyat Indonesia berangkat di semua Indonesia & bakal tetap kembali ke Indonesia, bersama bersatu mencapai tujuan bersama (pengertian / makna kedua).

Pengertian & Makna Lambang Kepala Banteng

Kepala banteng ataupun lebih tepatnya kepala lembu berlatarbelakang warna merah merupakan simbol / lambang yang menunjukkan sila keempat dari Pancsila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Letak ruangan bergambar kepala lembu ini ialah sebelah kiri atas. Lambang ini mempunyai pengertian & makna, antara lain:

  1. Lembu merupakan perwakilan dari fauna / binatang sosial yang suka berkumpul ataupun rutin bersama-sama. Maknanya ialah bahwa Bangsa Indonesia ialah bangsa yang bahagia mengerjakan sesuatu bersama, ataupun bergoyong-royong yang merupakan jiwa bangsa.
  2. Tidak hanya itu, apabila ada perpersoalanan dalam kelompok masyarakat, Bangsa Indonesia juga bakal berkumpul / rapat / bersama untuk menyelesaikannya hingga terjadi sebuah musyawarah yang bisa menghasilkan keputusan bersama / mufakat.
  3. Latar belakang merah menunjukkan keberanian dari lembu, yang mempunyai makna bahwa Bangsa Indonesia ialah bangsa yang mempunyai harga diri & berani menunjukkan bukti dirinya. Salah satu dari bukti diri / ciri khas Bangsa Indonesia ialah musyawarah untuk mufakat.


Pengertian & Makna Lambang Padi & Kapas

gambar padi & kapas terletak di kiri bawah ruang perisai burung garuda. Padi & kapas melambangkan sila kelima dari Pancasila yang berbunyi, keadilan sosial bagi semua rakyat Indonesia. Pengertian & makna lambang tersebut, antara lain :
  1. gambar padi mewakili pengertian pangan / makanan yang makanan pokok sebagian besar penduduknya ialah beras & gambar kapas mewakili pengertian sandang / pakaian yang umumnya terbukti terbuat dari bahan kapas. Kedua gambar ini mewakili pengertian kebutuhan pokok manusia.
  2. Negara Indonesia bakal menjamin kebutuhan pokok bagi semua rakyat Indonesia dengan adil & tidak membedakan harta, kedudukan, suku, agama, & ras.
  3. gambar padi & kapas juga mewakili kesejahteraan sosial bagi selruh rakyat Indonesia yang menjadi tujuan pembangunan nasional.
  4. gambar padi & kapas mempunyai makna tambahan, yaitu negara Indonesia berusaha meniadakan / mengurangi kesenjangan sosial (perbedaan status) yang ada pada masyarakatnya.

Pengertian & Makna Pita dengan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika

Kaki burung garuda digambarkan sedang mencengkram sehelai pita bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Ini mempunyai makna antara lain :
  1. Bhinneka tunggal ika sendiri merupakan semboyan yang berasal dari bahasa sansekerta, yang dengan cara bahasa berarti beraneka satu. Lalu kata Bhinneka Tungga Ika ini didefinisikan menjadi tidak sama-beda tetapi tetap satu.
  2. Ini menunjukkan kondisi nyata bangsa Indonesia yang merupakan bangsa yang paling beragam di dunia. Indonesia mempunyai beberapa suku yang tinggal, beberapa budaya istiadat, beberapa budaya, beberapa agama, beberapa ras.
  3. Bahkan ras, suku, agama di dunia banyak yang tinggal & masuk ke Indonesia. Keanekaragaman tidak membuat Bangsa Indonesia menjadi terpecah belah, sebaliknya menjadi kekuatan untuk menjadi tetap satu di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beberapa perbedaan merupakan kekayaan Bangsa Indonesia.
  4. Kaki garuda yang mencengkram kuat pita menunjukkan bahwa dengan beberapa upaya, sekuat & sekokoh cengkraman garuda tersebut, Bangsa Indonesia bakal menjaga & melindungi persatuan & kesatuan bangsa.

Pengertian & Makna Warna pada Garuda Pancasila

Apabila memperhatikan dengan akurat lambang Garuda Pancasila, maka bakal terlihat beberapa warna di dalamnya yang sengaja dibangun demikian.contohnya halnya simbol / gambar yang ada pada Garuda Pancasila tersebut sendiri, warna yang sengaja dibangun mempunyai pengertian & makna tersendiri sesuai letaknya pada gambar. Berikut ialah pengertian & makna warna pada Garuda Pancasila.
  1. Warna Hitam – Warna hitam ini ada pada kepala banteng yang menunjukkan sila keempat Pancasila, & terletak di perisai. Warna hitam juga dipakai sebagai warna dasar bagian tengah perisai ataupun dasar gambar bintang.warna hitam bakal nampak pada garis datar yang melalui tengah perisai & sebagai warna tulisan Bhineka Tunggal Ika. Warna ini melambangkan keabadian. Merupakan impian semua rakyat Indonesia, bahwa Indonesia yang dicintai ini bakal kekal sepanjang masa.
  2. Warna Merah – Warna merah bagian dari dasar pada sebuah ruang perisai yang bergambar kepala banteng (pada kiri atas) & rantai (pada kanan bawah). Sesuai dengan pengertian bendera kami yang juga salah satunya berwarna merah, ini melambangkan keberanian. Bangsa Indonesia berani menghadapi segala tantangan zaman dengan bersama & rutin bersatu.
  3. Warna Hijau -Warna hijau  yaitu simbol warna pohon beringin, sesuai warna aslinya pohon, yang terletak di kanan atas perisai.
  4. Warna hijau pada pohon ini menunjukkan kesuburan & kemakmuran. Sesuai dengan makna pohon beringin, dengan kemanusiaan yang adil & beradab kesuburan & kemakmuran Indonesia menjadi tujuan bersama.
  5. Warna Putih -Warna putih pada Garuda Pancasila terdapat di beberapa gambar. Pertama menjadi latar belakang perisai ruang yang bergambar pohon beringin & padi & kapas. kemudiaan warna putih ini juga menjadi warna pita yang dicengkram oleh burung garuda. Warna putih mempunyai pengertian suci. Semua perjuangan bangsa Indonesia dari merebut kemerdekaan, mempertahankan, & mengisinya merupakan perjuangan suci demi mencapai tujuan bersama yang diimpiankan.
  6. Warna Kuning – Warna ini menjadi warna bintang pada perisai bagian tengah & warna padi pada perisai kiri bawah. ini juga menjadi warna umum yang biasa dipakai sesuai aslinya, bintang & padi berwarna kuning. Warna kuning melambangkan kebesaran, kemegahan, & keluhuran. Warna kuning pada bintang menujujkkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang memberkati & merahmati Bangsa Indonesia. Sedangkan wrana kuning pada padi menujukkan keluhuran budi pekerti Bangsa Indonesia yang mencerminkan sila keadilan sosial bagi semua rakyat Indonesia

Warna-warna tersebut dibangun tidak asal-asalan. Tetapi sudah dipikirkan pengertian & filosofinya dalam-dalam oleh pemrakarsa & Presiden Sukarno. Jadi kami haruslah menghargai & menghormati, serta memahami pengertian warna tesebut & menjiwainya.

Wajib baca: Sejarah & Biografi Katamso Darmokusumo (1923-1965)

Sekian postingan mengenai pengertian & makna lambang Pancasila ini. Postingan ini dibangun dengan bahasa yang ringan, jadi mudah dipahami. Mohon maaf apabila tetap ada kekekuranganan di dalamnya. Semoga postingan arti pancasila berguna & meningkatkan wawasan para pembaca.

Latihan:
1. makna lambang pancasila dan contohnya
2. arti lambang garuda pancasila
3. jelaskan hubungan antara simbol dan dengan makna sila pertama pancasila
4. jelaskan hubungan antara simbol dan dengan makna sila kedua pancasila
5. jelaskan hubungan antara simbol dan dengan makna sila ketiga pancasila
6. jelaskan hubungan antara simbol dan dengan makna sila keempat pancasila
7. jelaskan hubungan antara simbol dan dengan makna sila kelima pancasila

Posting Komentar untuk "38 Simbol Makna Pancasila Dilihat Dari Lambangnya"