Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Pengertian Dokumen Menurut para Ahli, Perbedaan, Jenis, Kegiatan

Faktasantuy.com -  pengertian dokumen – Pengertian, Perbedaan, Jenis, Ruang Lingkup, Kegiatan, Contoh, Para Ahli : Dokumen didefinisikan sebagai surat penting atau berharga yang sifatnya tertulis atau tercetak yang berfungsi atau dapat dipakai sebagai bukti ataupun keterangan. Nah apa arti dokumen, pengertian dokumen menurut para ahli, pengertian dokumen dan dokumentasi, perbedaan dokumen, jenis dokumen dan kegiatan dokumen? Baca juga: Pengertian akuntansi perpajakan

dokumen


Pengertian Dokumen

Arti Dokumen didalam bahasa Inggris yang bermula dari kata document yang memiliki arti suatu yang tertulis atau tercetak dan segala benda yang memiliki keterangan-keterangan dipilih untuk dikumpulkan, disusun, di sediakan atau untuk disebarkan. Atau dapat disebut juga sebagai sebuah surat penting atau berharga yang sifatnya tertulis atau tercetak yang berfungsi atau dapat dipakai sebagai bukti ataupun keterangan. Baca juga: 


Pengertian Dokumen Menurut Para Ahli

  1. Louis Gottschalk (1986:38), dokumen adalah suatu sumber tertulis bagi informasi sejarah sebagai kebalikan dari pada kesaksian lisan, artefak, peninggalan-peninggalan terlukis dan petilasan arkeologis. Yakni yg diperuntukan untuk surat resmi dan surat Negara yang mana seperti surat perjanjian, udang-undang, hibah dan konsesi. Didalam arti luas merupakan suatu proses pembuktian yang didasarkan atas sumber jenis apapun, baik yang bersifat tulisan, lisan, gambaran atau arkeologis.
  2. G.J Renier (University Collage London 1997:104) adalah arti luas meliputi semua sumber tertulis, baik tertulis maupun lisan. dalam arti yang lebih khusus yakni yang meliputi semua sumber tertulis saja. Dan dalam arti yang spesifik yaitu hanya meliputi surat-surat resmi dan surat-surat Negara, seperti surat perjanjian, undang-undang, konsesi, hibah dan sebagainya.
  3. Kamus Umum Bahasa Indonesia dokumen ialah berupa sesuatu yang tertulis atau tercetak yang dapat dipergunakan sebagai bukti atau keterangan.
  4. Kamus Kepegawaian Dokumen merupakan Semua catatan tertulis, baik tercetak maupun tidak tercetak dan Segala benda yang memiliki keterangan-keterangan dipilih untuk dikumpulkan, disusun, disediakan atau untuk disebarkan.
  5. Kamus Bahasa Inggris Webster yaitu dapat membuktikan dengan keterangan, melengkapi keterangan dengan fakta-fakta. Serta melengkapi keabsahan keterangan, seperti surat keterangan, pernyataan, lampiran-lampiran seperti untuk melengkapi sebuah buku atau tesis.
  6. Ensiklopedia Indonesia diartikan sebagai suatu surat akata, piagman, surat resmi dan bahan rekaman tertulis atau tercetak yang dapat memberikan keterangan untuk penyelidikan ilmiah dalam arti luas.

Perbedaan Dokumen dan Dokumentasi  

Adapun  Perbedaan Dokumen dan Dokumentasi, yakni:

Dokumen

  1. Di fokuskan pada benda informasinya
  2. Tidak merupakan unit kerja
  3. Bersifat pasif
  4. Digunakan sebagai alat bukti
  5. Menunjang penelitian

Dokumentasi  

  1. Di fokuskan pada kegiatannya
  2. unit kerja
  3. Bersifat aktif
  4. Mengolah dan menyiapkan dokumen baru
  5. Menyiapkan keterangan untuk penelitian

Jenis – jenis Dokumen

1. Berdasarkan kepentingannya

  • Dokumen pribadi adalah menyangkut kepentingan perorangan. Contoh : KTP, SIM, Ijazah, Akta kelahiran, Surat Keterangan Lulus
  • Dokumen niaga ialah berkaitan dengan perniagaan atau transaksi jual beli. Contoh : cek, nota, kwitansi.
  • Dokumen pemerintah artinya berkaitan dengan informasi ketatanegaraan suatu pemerintahan. Contoh : UU, Peraturan pemerintah, Keppres.

2. Berdasarkan bentuk fisiknya

  • Dokumen literer (di bidang perpustakaan) Dokumen yang ada sebab karena dicetak, ditulis, digambar atau direkam. Contoh : buku, komik, majalah, film.
  • Dokumen korporil (di bidang permuseuman), berupa benda bersejarah. Contoh : fosil, patung,  arca, uang kuno.
  • Dokumen privat (di bidang kearsipan), berupa surat/arsip Contoh : surat dinas, surat niaga, laporan.

3. Berdasarkan fungsinya

  • Dokumen dinamis, yakni yang digunakan secara langsung dalam proses penyelesaian pekerjaan/kegiatan kantor. terdapat tiga macam dokumen dinamis : Dokumen dinamis aktif berupa dokumen yang digunakan secara terus menerus dalam proses penyelenggaraan pekerjaan kantor, Dokumen semiaktif berupa dokumen yang penggunaannya sudah menurun serta Dokumen inaktif berupa dokumen yang sudah sangat jarang digunakan
  • Statis, yang tidak secara langsung dipergunakan dalam pekerjaan kantor.

4. Dokumen Menurut Sifatnya

  • Dokumen Tekstual, berupa dokumen yang menyajikan informasi dalam bentuk tertulis. Misalnya : majalah, buku, komik, catalog, surat kabar dan lain sebagainya.
  • Dokumen Nontekstual¸berupa dokumen yang berisi beberapa teks misal: peta, grafik, gambar, rekaman dan sejenisnya.

5. Dokumen Menurut Jenisnya

  • Dokumen Fisik, erupa dokumen yang menyangkut materi ukuran, berat, tata letak, sarana prasarana, dan sebagainya. Dengan kata lain dokumen jenis ini berupa berkas surat-surat.
  • Dokumen Intelektual, berupa dokumen yang mengacu kepada tujuan, isi subjek, sumber, metode penyebaran, cara memperoleh, keaslian dokumen dan sebagainya.

6. Dokumen Menurut Dokumentasi

  • Dokumen Primer, berupa dokumen yang berisi informasi tentang hasil-hasil penelitian asli atau langsung dari sumbernya. Contohnya: paten penelitian, laporan, disertasi.
  • Dokumen Sekunder, berupa dokumen yang berisi informasi tentang literatur primer. Pada umumnya dokumen sekunder disebut dokumen bibliografi.
  • Dokumen Tersier, berupa dokumen yang berisi informasi tentang literatur sekunder, misalnya: buku, teks panduan literatur.

Segi Fungsi

  1. Dinamis yakni dokumen yang dapat digunakan secara langsung dalam proses penyelesaian pekerjaan kantor. Yakni Dinamis aktif, Dinamis semi aktif, Dinamis in aktif
  2. Statis yakni dokumen yang tidak dipergunakan secara langsung dalam pekerjaan kantor. Yakni Dokumen koprol, Dokumen Literal dan Dokumen Privat

Ruang Lingkup Dokumen

  1. Dokumen literal, meliputi bidang perpustakaan atau publik. Termasuk didalamnya antara lain,seperti Buku-buku, majalah, Laporan, Koran, Disertasi, brosur, Tesis,  pamphlet
  2. Dokumen kolporal, meliputi bidang permuseuman, contohnya seperti : fosil-fosil, arca, candi, mata uang kuno, pakaian adat
  3. Dokumen privat, meliputi bidang kearsipan. Kegunaan dokumentasi adalah sebagai berikut :

  • Memberikan informasi tentang isi dokumen kepada yang memerlukan
  • Menyiapkan alat bukti dan data-data tentang suatu keterangan dokumen.
  • Menyimpan dan menyelamatkan fisik dokumen dan isi dokumen.
  • Melestarikan dokumen-dokumen dari kemusnahan.
  • Menyiapkan isi dokumen sebagai bahan penelitian para ilmuwan.
  • Mengembangkan koleksi dokumen untuk kepentingan bangsa dan Negara
  • Menjamin keutuhan dan keotentikan informasi yang termuat dalam dokumen.

Kegiatan Dokumen

  1. Mencari dan mengumpulkan dokumen
  2. Mencatat dokumen ke dalam buku induk dokumen
  3. Mengolah dokumen menjadi bahan dokumentasi
  4. Memproduksi dokumen
  5. Menyortir
  6. Menyampaikan dan menyebarluaskan dokumen
  7. Menyimpan dan memelihara dokumen

Nah itulah artikel materi pengertian dokumen dan jenis dokumen. Apabila kamu ingin bertanya mengenai arti dari dokumen, silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Kepanjangan bep (break event point).

Posting Komentar untuk "6 Pengertian Dokumen Menurut para Ahli, Perbedaan, Jenis, Kegiatan"