Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Organisasi Komite Sekolah SD SMP SMA dan Tugasnya

Struktur-Organisasi-Komite-Sekolah

faktasantuy.com - Struktur organisasi komite
 - Suatu intitusi & juga organisasi contohnya sekolah, pastilah mempunyai struktur organisasinya sendiri untuk menolong menambah nilai pelayanan dari institusi atau organisasi tersebut.

Wajib baca: 50+ Pengertian Hukum Menurut Para Ahli Dunia + Indonesia (Lengkap)

Pada sekolah, biasanya struktur organisasi ini banyak dikenal dengan istilah Struktur Komite Sekolah. Setiap sekolah yang terdaftar dengan cara resmi, bagus formal, maupun semi formal, pastilah mempunyai struktur komite sekolah ini. Nah gimana bentuk contoh struktur organisasi sekolah dasar? sekolah menengah pertama? sekolah menengah atas?

Fungsi dari struktur komite sekolah

Sebuah struktur komite sekolah bukanlah hanya pajangan belaka. Dbalik banyaknya jabatan yang ada pada sebuah struktur komite sekolah, maka pasti saja struktur tersebut memilki banyak manfaat bagi kelangsungan operasional dari sebuah sekolah. apa saja manfaat dari struktur komite sekolah? Berikut ini ialah berbagai manfaat dari struktur komite sekolah :
  1. Sebagai dasar pemberian gaji & juga tunjangan guru
  2. Untuk meperjelas tugas dari pejabat yang ada pada struktur komite
  3. Memperjelas tanggung jawab & juga kewenangan dari setiap struktur komite
  4. Supaya para bawahan, staff, & juga semua elemen sekolah, mulai dari murid sampai orang  tua murid mengetahuii struktur komite di dalam sekolah tersebut
  5. Mencegah terjadinya tumpang tindih pekerjaan & juga kegunaan dari struktur
  6. Menolong memperlancar birokrasi & juga operasioal dari sekolah.

Pada dasarnya, sebuah struktur komite sekolah, bagus SD, SMP sampai jenjang SMA tidaklah jauh tidak sama, sebab terbukti pada jenjang SD sampai SMA, tugas yang diemban tidaklah sekompleks & juga serumit sistem pendidikan tinggi & juga sistem pendidikan professional.

Berikut ini ialah bebeapa struktur yang umum dapat kami temui pada sebua struktur komite sekolah, mulai dari SD, SMP, sampai SMA.

Penasehat atau Direktur

Biasanya dalam sebuah struktur komite sekolah, bagian penasehat atau direksi jarang ditampilkan. Penasihat atau direksi ini biasanya bukanlah merupakan seorang guru yang bertugas di sekolah tersebut, tetapi memegang peranan penting dalam memajukan nilai pendidikan di dalam sekolah tersebut. Posisi penasehat atau direktur ini biasanya diisi oleh :
  1. Pemilik sekolah (jika swasta)
  2. Utusan dari Dinas Pendidikan
  3. Petinggi & Pejabat Negara yang diperintahkan dengan cara khusus
  4. Pihak lain yang mempunyai peranan penting dalam pengembangan sekolah, contohnya ketua Yayasan

Posisi ini biasanya terbukti tidak berhubungan langsung dengan proses belajar membimbing yang terjadi di dalam sebuah sekolah, tetapi mempunyai manfaat penting dalam :
  1. Meperbuat penglihatan dengan cara langsung terhadap kinerja dari kepala sekolah (ketua)
  2. Mengatur sistem & juga struktur dari sebuah sekolah supaya tidak terjadi penyebab terjadinya perbuatan penyalahgunaan kewenangan
  3. Memberikan nasihat & juga masukan terhadap struktur sekolah dalam rapat umum
  4. Ikut andil dalam memberikan bantuan keuangan bagi sekolah

Berbagai sekolah, bahkan dengan cara khusus memilki penasihat atau direktur yang terbukti sangatlah peduli dengan sekolah, dimana penasehat atau direktur tersebut membangun sekolah dari nol sampai sangatlah menjadi salah satu sekolah yang bernilai tinggi.

Ketua (Kepala Sekolah)

Struktur komite sekolah yang kedua ialah kepala sekolah atau juga sering dikenal dengan istlah ketua. Ketua atau kepala sekolah ini biasanya merupakan seorang guru, yang memilki tingkatan jabatan & juga tanggung jawab paling atas di sekolah. Kepala sekola atau ketua ini memilki tanggung jawab langsung terhadap semua guru, staff, karyawan & juga murid-muridnya, serta bertanggung jawab langsung dengan pihak pemilki sekolah, sampai ke tingkat Kementrian Pendidikan.

Fungsi & tugas dari kepala sekolah atau ketua

  1. Memanage semua guru, karyawan, staff & juga murid yang berada pada ruang lingkup sekolah
  2. Menerapkan aturan-aturan & juga manfaat tata tertib sekolah sekolah
  3. Bertanggung jawab langsung terhadap phak Negara (Kementrian Pendidikan)
  4. Bertanggung jawab langsung terhadap orangtua murid
  5. Sebagai mediator konflik di dalam sebuah sekolah
  6. Sebagai pihak otoritas & pihak yang berwenang di lingkungan sekolah

Kompetensi yang haruslah dimiliki oleh sorang kepala sekolah

Tentu saja, untuk menjadi seorang kepala sekaolah tidaklah mudah. Ada banyak hal yang haruslah dimiliki oleh seorang guru jadi dapat diangkat menjadi seorang kepala sekolah. berikut ini ialah beberpa kompetensi yang haruslah dimilki oleh seorang guru supaya menjadi seorang kepala sekolah :
  1. Mempunyai wibawa
  2. Tegas
  3. Performa manajerial yang bagus
  4. Mempunyai pengalaman yang lumayan sebagai guru & kepala bidang
  5. Latar belakang pendidikan yang mumpuni
  6. Sanggup berkomunikasi dengan bagus dengan semua elemen sekolah

Banyak yang berasumsi bahwa, kepala sekolah yang memilki kinerja yang bagus, bakal berpengaruh terhadap nilai pendidikan & juga nilai lulusan dari sekolah yang dipimpn olehnya.

Wakil Ketua (Wakil Kepala Sekolah)

Wakil ketua atau juga dikenal dengan istilah wakil kepala sekolah merupakan tangan kanan langsung dari kepala sekolah. kebanyakan, seorang Wakil Kepala Sekolah merupakan perwakilan dari kepala sekolah jika tidak sanggup hadir di dalam sebuah acara.

Selain tersebut berbagai sekolah juga mempunyai berbagai Wakil Kepala Sekolah, yang ditujukan untuk mengurusi berbagai bagian & juga bidang, contohnya :
  1. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum
  2. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan
  3. Wakil Kepala Sekolah Bidang Keamanan & Tata Tertib
  4. Wakli Kepala Sekolah Bidang Operasional

Dan berbagai jabatan wakil kepala sekolah lainnya, sesuai dengan keperluan dari sekolah yang bersangkutan.

Bendahara

Ya, bendahara merupakan jabatan yang memilki beban amanat & juga tanggung jawab yang sangat tinggi, sebab berhubungan langsung dengan keuangan dari sebuah sekolah. Biasanya bendahara sekolah merupakan jabatan tersendiri, atau dapat juga merupakan jabatan yang berada di bawah pertanggungjawaban wakil kepala sekolah atau kepala bidang keuangan sekolah.

Tugas & tanggung jawab bendahara

Ada banyak sekali tugas & juga tanggung jawab dari seorang bendahara. Berikut ini ialah berbagai tugas & juga tanggung jawab dari seorang bendahara :
  1. Meperbuat penghitungan raba lugi dari sekolah
  2. Menghitung pemasukan & juga pengeluaran sekolah
  3. Meperbuat audit terhadap keuangan sekolah
  4. Mengumpulkan dana dari siswa, orang tua, & juga & lainnya yang berhubungan dengan operasional sekolah
  5. Membuat laporan keuangan selalu dari sekolah.

Biasanya, di dalam sebuah sekolah yang besar dengan jumlah kelas & jga murid yang sangat banyak, bendahara terbagi menjadi 2, yaitu bendahara I & juga bendahara II. Bendahara I bertugas untuk meperbuat proses administrasi keuangan, & bendahara II bertugas untuk menyimpan uang yang ada, ataupn sebaliknya.

Sekretaris

Struktur komiter sekolah berikutnya ialah sekretaris. Sekretaris dalam sebuah komite sekolah merupakan seorang guru yang bertugas untuk mencatat segala bentuk administrasi di dalam sekolah, membuat laporan operasional dari sekolah, & berbagai sekretaris sering ditugaskan untuk mengantarkan kepala sekolah atau wakil jika haruslah mengadakan pertemuan di luar mauppun di dalam sekolah.

Sektretaris juga berperan sebagai notulen rapat, & penyusun materi pidato atau ceramah yang biasa diperbuat oleh kepala sekolah terhadap murid-muridnya. Sama contohnya bendahara, terkadang pada sekolah yang berskala besar, dengan jumlah murid & juga kelas yang sangat banyak, maka sekretaris terbagi menjadi paling tidak dua posisi, yaitu sekretaris I & juga Seketaris II.

Kepala Bidang

Kepala bidang merupakan jabatan dari struktur komite yang sangat menolong operasional di dalam sebuah sekolah. Berbagai kepala bidang merupakan bawahan dari wakil kepala sekolah (jika terdapat lebih dari satu wakil kepala seklah) atau merupakan tanggung jawab langsung dari kepala sekolah.

Tugas mutlak dari seorang kepala bidang ialah meperbuat pengaturan & juga manajemen pada bidang-bidang yang menjadi tanggung jawabnya. Paling tidak, di dalam sebuah sekolah, terdapat berbagai posisi untuk kepala bidang, contohnya :
  1. Kepala bidang kurikulum
  2. Kepala bidang olahraga
  3. Kepala bidang pengembangan siswa
  4. Kepala bidang tata tertib & hukum
  5. Kepala bidang bimbingan & konseling
  6. Kepala bidang ekstra kulikuler
  7. Kepala bidang kerohanian
  8. Kepala bidang organisasi & kesiswaan

Tidak sama sekolah, mungkin bakal tidak sama pula keperluan bakal kepala bidang di masing-masing struktur komite nya.

Staff atau Anggota

Struktur komite sekolah yang terbaru ialah staff atau anggota. Staff atau anak buah biasanya merupakan guru, bagus tenaga honorer maupun tenaga masih yang bekerja menjadi tenaga pembimbing di dalam sekolah tersebut yang mempunyai tanggung jawab untuk membimbing murid & memberi arahan dalam proses pembelajaran, contohnya manfaat guru BK yang memberikan bimingan & bukan merupakan bagian dari pejabat komite sekolah.

Baca juga: 25 contoh sifat tanggung jawab

Tidak hanya itu, staff juga dapat bermakna sebagai semua karyawan yang bekerja di dalam sekolah, yang tunduk terhadap aturan & juga tata tertib yang sudah dibangun oleh sekolah tersebut. Nah itulah artikel struktur organisasi komite sekolah SD SMP SMA yang sama.

Posting Komentar untuk "Struktur Organisasi Komite Sekolah SD SMP SMA dan Tugasnya"