Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Contoh Cerita Fiksi Beserta Strukturnya Dan Rangkuman Materi

faktasantuy.com - Cerita fiksi. Halo sobat, pada peluang ini saya bakal memberikan materi pelajaran bahasa Indonesia untuk kelas 12 SMA yaitu Teks Cerita Fiksi dalam Novel. Adapun yang bakal kami bahas hari ini mengenai teks cerita fiksi dalam novel yaitu mengenai struktur fiksi, unsur intrinsik teks cerita fiksi dalam novel dan ciri-ciri cerita fiksi.

Baca dulu: Rangkuman teks prosedur kompleks

Genre cerita fiksi merupakan tipe teks yang dibangun berdasarkan imajinasi. Cerita fiksi atau cerita rekaan ialah imajinatif. Pada hakikatnya, cerita fiksi tersebut merupakan hasil olahan imajinasi penulis berdasarkan pengalaman , pandangan, tafsiran, kecendikiaan, wawasan, & kualitas terhadap beberapa perisitiwa.

Penulis teks cerita fiksi dalam novel tidak sekadar menampilkan kembali fakta yang terjadi dalam kehidupan, melainkan telah membalurinya dengan imajinasi & wawasannya, jadi teks cerita fiksi yang dihasilkan berbeda persis dengan kehidupan nyata. Dalam menghasilkan sebuah karya sastra, pengalaman, pengetahuan, & wawasan penulis harus menentukan mutu kreasi sebuah novel fiksi.

Nah apa itu cerita fiksi? apa saja struktur cerita fiksi? apa saja unsur unsur fiksi dan apa saja ciri ciri cerita fiksi? mari kita simak...

contoh-cerita-fiksi-serta-pesan-moral-struktur-unsur-ciri-ciri-cerita-fiksi


Struktur Teks Cerita Fiksi

Struktur teks fiksi merupakan bagian atau cara teks fiksi tersebut dibangun. Mungkin tetap ada diantara kamu yang belum tau kalau struktur teks fiksi mulai dari prosedur disusunnya dimulai bagian abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, & terbaru diikuti oleh koda. Untuk lebih jelasnya bisa lihat dibawah ini. Baca: 10 contoh Teks Deskripsi
  1. Abstrak, merupakan bagian inti dari cerita tapi bagian abstrak ini hanyalah pilihan, jadi boleh ada & boleh juga tidak ada.
  2. Orientasi, merupakan bagian dari awal cerita & dibagian ini terdapat pengenalan latar, tema, atau tokoh pada teks cerita fiksi.
  3. Komplikasi, dibagian mulai timbul persoalanan (klimaks).
  4. Evaluasi, mulai mengarah pada pembagian persoalan & mulai terlihatnya penyelesaian.
  5. Resolusi, berisi pembagian & penyelesaian persoalan.
  6. Koda (reorientasi), amanat & kualitas-kualitas yang diambil dari teks cerita fiksi. 

Unsur Intrinsik Teks Cerita Fiksi

Sebuah teks cerita fiksi terdiri atas beberap unsur yang saling berkaitan, jadi bisa terlihat ide yang disampaikan pengarang terhadap pembacanya. Teks cerita fiksi ini merupakan karya sastra berbentuk prosa. Mengingat hakikat prosa ialah narasi (cerita), maka di dalamnya ada pelaku cerita (tokoh), rangkaian cerita (alur), pokok persoalan (tema), pencerita, & juga latar.
Untuk lebih jelasnya mengenai unsur intrinsik teks cerita fiksi dalam novel bisa sahabat lihat dibawah ini.
  1. Tema, merupakan inti cerita atau inti persoalan dalam sebuah teks cerita fiksi dalam novel.
  2. Alur, merupakan rangkaian & juga jalannya cerita. Dalam teks cerita fiksi alur terbagi menjadi 3 macam, yaitu alur progresif (alur maju), alur flashback progresif (alur mundur), & juga alur maju-mundur.
  3. Tokoh/Penokohan, merupakan bagian bagaimana sang pengarang menceritakan karakter dari tokoh-tokog yang diceritakannya. Untuk bisa mengenal karakter tokoh dari teks cerita fiksi dalam novel bisa diketahui saat si penulis menyatakan langsung gimana karakter sebuah tokoh atau bisa juga diketahui dari obrolan & jalannya cerita fiksi tersebut.
  4. Latar, merupakan gimana keadaan dari cerita fiksi yang ingin diceritakan oleh penulis. Contohnya latar waktu & juga latar tempat.
  5. Sudut Pandang, aspek pandang ini terdiri dari macam. Yaitu aspek pandang orang pertama & aspek pandang orang ketiga.
  6. Amanat, merupakan makna atau pesan positif yang bisa kami ambil dari teks cerita fiksi dalam novel.

Ciri-ciri cerita fiksi

  1. Bahasa karangan cerita fiksi yaitu bersifat konotatif & denotatif yang sangat memungkinkan memunculkan tafsiran beragam.
  2. Ditulis dengan berdasarkan imajinasi pengarang & bersifat fiktif
  3. Cerita fiksi bisa berbentuk cerpen (cerita pendek), novel, film, komik.
  4. Fiksi dipengaruhi oleh sukjebtivitas pengarang,fiktif juga berusaha menggugah perasaan & membangkitkan emosi pembaca.
  5. Biasanya dalam cerita fiksi mengandung pesan moral
  6. dan tidak mempunyai sistematika yang baku

Contoh cerita fiksi pendek

Sangkuriang

pada zaman dahulu,ada kisah seseorang putri raja dari jawa barat yang bernama dayang sumbi. ia mempunyai seorang anak laki-laki yang bernama sangkuriang.

Suatu hari sangkuriang berburu dengan si tumang (anjing kesayangan istana). Sangkuriang juga tidak tahu bahwa anjing tersebut titisan dewan sekaligus ayahnya sendiri.

Waktu tersebut tumang tidak mau menuruti perintah sangkuriang untuk mengambil fauna buruan. maka tumang di usir ke dalam hutan. Lalu sangkuriang kembali ke istana & menceritakan hal tersebut terhadap ibunya.

sesaat tersebut dayang sumbi marah besar & spontan memukul kepala sangkuriang dengan centong nasi yang di pegangnya.

Sangkuriang pun terluka & sedih atas perlakuan ibunya & memutuskan berangkat mengembara. Sesudah kejadian tersebut ibunya rugii dirinya. Lalu ia rutin berdoa & bertapa dengan tekun.

Akhirnya sebuah saat,para dewa memberikan hadiah,bahwasanya ia bakal selamanya muda & mempunyai kecantikan yang abadi.

Sebab sudah bertahun-tahun mengembara sangkuriang berniat untuk kembali ke istana/tanah airnya. Tetapi keadaan kerajaan sudah berubah total,dan menjumpai seseorang gadis yang cantik & mempesona yang tak lain adalah dayang sumbi (ibunya).

sangkuriang terpesona & segera menikahinya begitu pula dengan dayang sumbi. sebuah hari sangkuriang pamit untuk berburu & meminta untuk merapikan rambut calon suaminya tersebut.

Tetapi dayang sumbi terkejut dengan bekas luka yang di kepalanya persis dengan anaknya & sesudah di perhatikan terbukti mirip.

Sesudah tersebut dayang sumbi mencari akal supaya gagal pernikahan tersebut. dengan mengajukan syarat apabila ingin meminangnya. Membendung sungai citarum,dan dampan besar untuk meyebrang sungai seluruh tersebut haruslah berakhir sebelum fajar terbit.

Sangkuriang mengerjakan tidak sendiri tetapi di bantu oleh makhluk ghaib. nyatanya dayang sumbi mengintip begitu pekerjaan hampir berakhir ia memperintahkan pasukannya untuk menggelar kain merah di sebelah timur kota.

Dengan melihat hal tersebut sangkuriang mengira sudah pagi & marah besar & menendang sampan dengan kekuatannya hingga ke gunung & menjadi “gunung tangkuban perahu”

Contoh cerpen fiksi

Danau Toba

Danau toba merupakan danau berkawah yang sangat luas & besar. Dengan luas 1.145 kilometer persegi. Danau toba sendiri lebih menyerupai lautan dibandingkan danau.

Berbagai cerita rakyat setempat mengenai asal mula danau toba. Salah satu ceritanya adalah legenda yang menyertai kehadiran seseorang pemuda miskin yang bernama toba.

Kehidupannya bertani & meringkus ikan sebuah hari ia bisa meringkus ikan emas yang ajaib & bisa berkata contohnya manusia.

Dengan keabsurdan tersebut toba mengangkat pulang ikan emas tersebut. Sesudah di bawa pulang berubah menjadi seorang wanita cantik. Ikan emas tersebut mendapat kutukan sebab telah melanggar aturan para dewa.

Ikan meminta toba supaya tidak membocorkan rahasia itu.toba bersedia asalkan mau menikah dengan toba. & gadis tersebut di beri nama mina keduanya hidup rukun & di karuniai anak laki-laki yang bernama samosir.

Ibunya menyuruh mendampingi makan ke sawah untuk ayahnya tetapi dirinya menolak. Sebab sering dipaksa maka dengan kesal ia mau mengantarkannya,di tengah perjalanan makan tersebut malah dimakan oleh samosir.sering telat membuat ayahnya marah ke samosir.

Akhirnya toba memukul & mengatakan anaknya dengan “dasar anak ikan yang kekurangan ajar”.  Sang anak pun pulang & menangis lalu menanyakan apakah benar kalau anak ikan.

Sang bunda terkejut mendengar suaminya telah melanggar janjinya. Sesaat tersebut hujan & petir,hingga membuat sungai meluap & banjir besar. Sebab air terus banyak tergenanglah lembah & toba tidak bisa menyelamatkan dirinya.

Dan diberilah nama danau toba & pulau samosir yang berada di tengahnya.

Contoh karangan narasi fiksi legenda

Legenda rawa pening

Selain mempunyai banyak unsur adat yang populer jawa tengah juga mempunyai banyak cerita-cerita luar biasa.

salah satunya yaitu legenda rawa pening-pada zaman dahulu hiduplah seorang anak yang sakti. jadi kesaktian tersebut membuat seorang penyihir jahat iri.

sebab merasa tertandingi ilmunya penyihir jahat tersebut menyihir anak itu,badannya penuh luka dengan aroma yang sangat menyengat. & luka-luka baru yang nampak. saat luka tersebut kering,tidak ada seorang pun yang mau mendekat dengannya.

suatu hari anak sakti ini mempunyai mimpi ada seseorang wanita yang bisa mengobati lukanya & penyakitnya. setiap kampung pun didatangi untuk mencari perempuan tersebut.

tetapi anak ini senantiasa di usir oleh masyarakat. mereka merasa jijik & mengusirnya kembali.

suatu saat ada pesta & anak ini bisa masuk dalam pesta tersebut,tetapi berbagai orang mengusir & mencaci maki. lalu diseret keluar,saat diseret ia beramanat terhadap orang yang ada di pesta tersebut.

“dengan menancapkan satu lidi di atas tanah & hanya dirinya yang bisa mencabutnya”

anak tersebut meperbuat tersebut sebab kesal atas perlakuan dari masyarakat. berbagai orang mengabagusan perkataan anak tersebut. mereka juga mencoba mencabut lidi itu. tetapi tidak seorang pun yang bisa mencabutnya.

hingga tanpa orang sadari anak tersebut mencabut & keluarlah air & menjadi mata air. terus lama air yang keluar deras & banyak. hingga menenggelamkan daerah itu,hingga menjadi telaga yang di beri nama rawa pening.

tidak ada satu orang pun yang selamat kecuali wanita yang telah membantunya,serta memberikan rumah & memeliharanya.

penyihir jahat tetap tidak terima atas kesembuhan tersebut hingga menyihir lagi menjadi ular besar dengan kalung genta di bagian leher.

sebab kalung tersebut rutin berbunyi klinting-klinting  membuat nama ular tersebut mempunyai nama baru klinting.

pesan moral cerita ini adalah.

hargailah orang lain & jangan sama-sama membenci. jangan hingga mekualitas seseorang dari desain luar saja. apa yang terlihat hebat bisa saja jelek untuk kami & begitu pula sebaliknya.
contoh cerita fiksi pendidikan

Contoh karangan fiksi pendek

Perjuangan mempertahankan peringkat

Namaku yanuar,merupakan seorang siswa sekaligus santri laki-laki yang berumur 17 tahun. waktu tersebut aku tetap duduk di bangku kelas xi  semester 3. & kali ini waktu untuk pengambilan raport akhir semester gasal berbagai minggu yang lalu.

aku mengambil raport sendiri sebab orang tua sangat sibuk untuk mencari nafkah. sebab aku di pesantren waktu tersebut juga aku pulang sesudah mengambil raport .

sesudah mengambil raport aku sesaat membukanya tetapi hasil belajar selagi 6 belakang lumayan yaitu dengan rata-rata 7,3. tetapi hal tersebut belum lumayan untukku.

akupun berjanji sesudah liburan bakal lebih giat & tekun untuk belajarnya. & tidak terasa waktu liburan hampir habis. & waktunya untuk kembali menambah prestasi belajar.

nyatanya waktu cepat berlalu & buktinya sudah akhir semester genap & cocoknya kenaikan kelas. sesudah ujian semester saatnya saat ini mengenal hasil yang telah ku perjuangkan selagi 6 bulan.

akupun langsung mengambil raportnya & guru wali kelas saya memberikan bungkusan & saya agak kebingungan. & sesudah saya buka raport nyatanya kualitas saya meningkat mesikipun tetap di 3 besar.

saya percaya bahwasanya usaha yang bersungguh-sungguh tidak bakal tidak jauh sama hasilnya.

pesan moral yang terkandung adalah :

supaya rutin bersungguh-sungguh dalam belajar ataupun hal yang bagus,sebab usaha tidak bakal mengecewakan hasil yang bakal anda bisa.
contoh cerpen fiksi imajinasi

Contoh cerita fiksi Singkat

Berikut adalah contoh cerpen fiksi imajinasi sebagai berikut :

Imajinasi

Dian merupakan seorang gadis desa yang miskin,dan wajahnya yang agak suram,oleh sebab tersebut ia menderita penyakit kulit di bagian wajahnya. Orang-orang desa takut apabila berpapasan dengan dian,hingga ia memakai cadar.

Suatu malam dian bermimpi berjumpa pangeran Rangga,anak raja tersebut populer dengan ketampanan & keramahannya. dian pun terus sering memimpikan pangeran.

Sudahlah buanglah jauh-jauh mimpi tersebut dian! kata ibunya. anda boleh suka dengan siapa saja. Namun bunda tidak ingin anda sedih(tutur ibunya)

Kata ibunya dian mirip sekali dengan dewi bulan saat tetap kecil & belum terkena penyakit kulit.

Suatu hari dian berangkat ke danau & sesudah hingga seraya mengatakan “indah sekali” keadaan kurang lebih danau yang menjadi terang.

Tiba-tiba datang seorang perempuan yang sangat cantik. siapa anda ? tanya dian yang kaget.

“aku dewi bulan” yang di utus untuk menyembuhkan penyakit wajahmu dian,selama ini anda mendapat ujian,dan atas kebagusan & ketulusan hatimu. anda berhak mendapat air kecantikan dariku.

Dengan tangan gemetaran dian menerima pemberian air kecantikan dari dewi bulan itu.Kemudian dian langsung membilas wajahnya dengan air tersebut & pulang & tertidur.

Sungguh ajaib keesokan harinya dian pun langsung bercermin & kulit wajahnya telah halus kembali contohnya dahulu.

Dan ia mengatakan terhadap ibunya,bahwa dewi bukan terbukti ada,kata dian.

Contoh cerita fiksi singkat

Contoh dari cerita fiksi mengenai persahabatan sebagai berikut ini :

Indahnya sebuah persahabatan

Ahmad mempunyai seorang sobat yang setia menemani & memberi motivasi saat duka dalam hidupnya. & tidak jauh dari rumahnya arya sobat setia ahmad yang tinggal beda RT. tetapi akhir-akhir ini arya tidak berkunjung ke rumah ahmad.

arya kemana ya buk,biasanya dirinya main kesini. tetapi akhir-akhir ini tidak kesini”kata ahmad“.

Ahmad pun mengunjungi rumah arya & hingga 5 kali mengetuk pintu tidak ada yang membuka pintunya. lalu ia memberanikan diri bertanya pada tetangganya mengenai kehadiran arya.

nyatanya arya telah pindah rumah ke desa sebab orang tuanya yang di phk. akhirnya keluarga arya memutuskan untuk kembali ke desa sebagai petani.

Dan Ahmad pun terlihat sedih sebab kepergian arya ke desa kembali. ia sering melamun & memikirkan sahabatnya yang di desa (Ahmad).

Aku ingin berjumpa dengan arya ayah”kata Ahmad dengan nada agak mendesak”. Oke kalau tersebut membuat anda bahagia,kamu haruslah cari alamat desa arya ya. berkah pemilik rumah kontrakan ahmad memperoleh alamatnya arya.

Lanjut hari keluarga ahmad mendatangi rumah arya yang di desa yang terpencil & bisa berlangsung kaki berbagai kilometer saja. Kedatangan Ahmad di sambut oleh keluarga arya & arya sendiri.

Arya meminta maaf terhadap Ahmad sebab tidak pernah bilang & memberi berita kepadanya.

ayah ahmad mengatakan bahwa tujuannya ke desa adalah mengundang arya ke kota & tinggal bersama keluarga ahmad.  & orang tua arya sudah menanggung seluruh anggaran pendidikannya di kota.

Tetapi seluruh tersebut terserah anda sendiri arya “kata ayahnya.

Baguslah apabila ayah ahmad & ahmad menghendaki saya untuk ikut. saya mau,saya juga mengucapkan banyak terima kasih atas kebagusan keluarga bapak.

Kemudian ahmad bangkit dari tempat duduknya & memeluk arya. Terlihatnya ahmad bahagia & tidak kuat menahan kebahagian. Saat ini arya tinggal bersama keluarga ahmad di kota. Sedangkan keluarganya tinggal di desa bersama nenek arya yang terus tua.

Contoh Cerita Fiksi 

Final Fantasy XV Kingsglaive

Lucis ialah suatu kerajaan sihir yang sangat damai dibawah naungan & perlindungan kristal ajaib, & Nifleheim ialah suatu kekaisaran yang mempunyai teknologi mesin yang sangat maju yang telah diciptakan oleh penemu & ilmuan (magitek). Kedua belah pihak bagus Lucis & Nifleheim telah berperang untuk waktu yang sangat lama.

Nifleheim yang mempunyai mesin militer & perkembangan teknologi yang tidak bisa dibendung mulai mendominasi negara negara yang dilewatinya. Untuk mempertahankan kerajaannya, Lucis membentengi wilayahnya dengan dinding ajaib yang berasal dari kekuatan kristal ajaib tersebut sendiri.

Hanya Tidak bisa tidur sendirilah yang menjadi kota sekaligus benteng pertahanan Lucis yang tidak sempat tertembus oleh serangan Nifleheim. Sesudah perang yang berkepanjangan pangeran noctis lucis beserta ayahnya berangkat menuju kerajaan tenebrae untuk mencari obat penyembuh kekecewaan yang mereka derita.

Puteri luna, kakak laki laki & ibunya sebagai adiwangsa tenebrae menyambut kunjungan mereka dengan sangat ramah. Tanpa disadari kedatangan raja regis & pangeran noctis juga mengangkat api peperangan menuju tenebrae.dalam waktu sekejap mata, kerajaan tenebrae berubah menjadi lautan api. Ratu tenebrae tewas sebab serangan tersebut untuk melindungi Ravus, pangeran dari kerajaan tenebrae tersebut sendiri. Bukan tanpa alasan niflheim menyerang tenebrae, hal tersebut dikarenakan oleh kunjungan raja regis & pangeran noctis. Tenebrae sangat berkabung dimasa itu, Ravus nox fleuret, sang pangeran merasa dendam pada kerajaan lucis sebab kedatangan mereka telah menyebabkan ibunya meninggal.

Waktu telah lama berselang, untuk mempertahankan kota insomnia, raja regis membentuk tentara militer khusus yang diberi nama "kingsglaive". Semua anak buah glaive mempunyai kekuatan sama contohnya raja regis sebab terbukti sumber kekuatan mereka berasal dari cincin lucii yang digunakan oleh raja regis.

Cincin lucii sendiri ialah suatu cincin ajaib yang mempunyai kekuatan & diturunkan dari generasi ke generasi. Hanya keturunan raja saja yang bisa memakai kekuatan cincin ini.hanya mereka yang layaklah yang sanggup terbuktigil penjaga raksasa & kekuatan paling besar yang bersemayam dalam cincin tersebut.

Kehebatan pasukan glaives terbukti tidak diragukan lagi, hal ini telah mereka buktikan pada pertarungan di tembok perbatasan sebelah timur kerajaan lucis. Dengan memakai kekuatan listips, api, & kekuatan magis lain dikombinasikan dengan performa untuk teleportasi beserta menghilang pasukan glaives sukses mendesak nifleheim di garis depan.

Tetapi pada akhirnya pasukan glaives masih kalah sebab Nifleheim melepaskan seekor monster raksasa yang dijuluki "the deamon" yang berkapasitas ratusan kaki & dengan sekejap bisa meluluh lantahkan medan pertempuran.

12 tahun berjalan, raja regis berniat untuk menikahkan puteranya yakni pangeran noctis yang ketika ini telah berumur 20 tahun dengan puteri kerajaan tenebrae yakni putri lunafreya nox fleuret yang dijuluki "putri yang seharuslahnya menjadi mempelai yang dicintai". Tanpa diduga Niflheim mengirimkan konselornya untuk bernegosiasi supaya tidak bisa tidur menyerah dengan dalih mengadakan perjanjian damai. Raja regis yang tidak mempunyai opsi sebab niflheim mengancam nyawa & keselamatan pernikahan noctis & luna maka menyetujui tawaran tersebut.

Keputusan ini membuat pasukan glaives dibubarkan begitu saja. Merasa dikeceawakan oleh rajanya, akhirnya banyak pasukan glaives yang berubah menjadi pemberontak & merencanakan kudeta untuk menjatuhkan raja regis & memperoleh keleluasaan demi kampung halaman mereka. Kudeta demi kudeta telah diperbuat.

Pertarungan antar glaives pun mulai terjadi & hanya menyisakan satu orang glaives yakni Nyx ulric yang dijuluki sebagai pahlawan sekaligus glaives terbagus oleh kawan kawannya. Nyx ulric yang diberikan amanat oleh raja regis sebelum meninggal untuk menjaga puteri lunafreya & cincin lucii yang dibawanya haruslah menghadapi rintangan & musuh yang lumayan kuat yakni jenderal glauca yang memimpin pasukan niflheim dalam agresi Insomnia.

Dalam usahanya untuk melarikan diri keluar dari insomnia, Nyx & Lunafreya sempat tertangkap oleh jenderal glauca yang nyatanya ialah kapten pasukan glaives yakni kapten drautos. Merasa sudah terpojok & putus asa dampak dua luka tembak yang diterima Nyx sebelumnya maka Nyx mencoba memakai cincin lucii yang dibawa oleh putri lunafreya.

Dalam keadaan sekarat, Nyx ulric terbuktigil arwah raja raja lucis terdahulu. Untuk memperoleh kekuatan cincin lucii maka Nyx haruslah mempunyai jiwa rela berkorban untuk masa depan. Sebab sejatinya cincin tersebut ada untuk melindungi masa depan.

Tawaran yang diberikan oleh raja raja masa lalu benar-benar susah, untuk memakai kekuatan cincin tersebut haruslah dibayar dengan nyawa Nyx sendiri.

Merasa bahwa masa depan ialah sesuatu yang mutlak bagi Nyx akhirnya ia menerima tawaran tersebut. Nyx yang sukses memperoleh kekuatan cincin lucii & mengorbankan nyawanya sesudah fajar menyingsing akhirnya terbuktigil tembok legenda berupa 6 patung raksasa yang lalu menjadi hidup & menolong Nyx bertarung melawan pasukan niflheim.

Pertarungan semakin berjalan sampai akhienya Nyx berhadapan dengan Jenderal Glauca sendiri. Nix terpaksa melawan kapten glaives yang menjadi jahat itu. Dalam berbagai peluang mereka bercakap cakap. Akhirnya pertempuran tersebut sukses terberakhirkan dengan tewasnya Jenderal Glauca. Tetapi dilain segi Nyx Ulric juga tewas sebab diketika Nyx membuat perjanjian dengan raja Lucis terdahulu ia sepakat untuk menukar nyawanya dengan kekuatan menarik yang berasal dari cincin Lucii.

Nah itulah postingan materi teks cerita fiksi dalam novel. Semoga PR materi biologi mengenai teks cerita fiksi bisa terlesaikan dengan melihat contoh karangan narasi fiksi diatas. Apabila ingin bertanya mengenai contoh karangan fiksi pendek atau LKS/contoh karangan fiksi pendek, silakan ketik di komentar dibawah.

Terima kasih telah membaca postingan kumpulan cerita fiksi. Baca Juga:

Bagi sahabat yang ingin copas isi kumpulan cerita fiksi ini, maka diinginkan untuk cantumkan sumber dengan "Link Aktif Menuju ke Postingan Ini", apabila tidak dicantumkan, maka blog sahabat bakal saya laporkan ke DMCA.

Posting Komentar untuk "7+ Contoh Cerita Fiksi Beserta Strukturnya Dan Rangkuman Materi"