Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Contoh Teks Rekaman Percobaan Beserta Strukturnya Lengkap

Kali saya bakal memberikan untuk sobat semua yaitu 4 Contoh Teks Rekaman Percobaan beserta strukturnya yang saya harap dengan diberikannya contoh teks rekaman percobaan singkat ini bisa menolong menyelesaikan tugas bahasa indonesia sobat semua atau bisa juga hanya dijadikan referensi supaya sobat bisa lebih memahami lebih dalam contoh teks percobaan singkat.
contoh-teks-rekaman-percobaan

Pengertian Teks Rekaman Percobaan

Teks rekaman percobaan adalah sebuah teks yang berisi mengenai percobaan yang diperbuat oleh penulis yang biasa berada saat seseorang meperbuat sebuah percobaan, observasi atau penelitian karya ilmiah & bisa juga pada laporan praktikum.

Struktur Teks Rekaman Percobaan

Teks rekaman percobaan mempunyai 4 struktur yang haruslah ada supaya sebuah teks bisa dikatakan sebagai teks rekaman percobaan:

  1. Tujuan serta alat dan bahan
  2. Langkah-langkah
  3. Hasil
  4. Simpulan

Selain itu teks rekaman percobaan juga mempunyai ciri kebahasaan:
  1. Kalimat Penghubung
  2. Kalimat Rujukan
  3. Istilah Teknis
  4. Kalimat Bilangan
  5. Sinonim dan Antonim
  6. Kalimat Majemuk
  7. Kalimat Perintah
Total ada 11 contoh singkat teks rekaman percobaan yang akan diberikan, yang meliputi:

  1. Teks Rekaman Percobaan Membuat Tinta Tidak Terlihat
  2. Teks Rekaman Percobaan Kenaikan Tarif Tol Tidak Mempertimbangkan Hak Konsumen
  3. Teks Rekaman Percobaan Jebakan Tikus Sederhana
  4. Teks Rekaman Percobaan Baterai Alamiah dari Kentang
  5. Teks Rekaman Percobaan Cara Membuat Lampion Menggunakan Benang
  6. Teks Rekaman Percobaan Membuat Slime Tanpa Menggunakan Borax
  7. Teks Rekaman Percobaan Cara Membuat Es Krim
  8. Teks Rekaman Percobaan Membuat Makanan yaitu Nasi Goreng
  9. Teks Rekaman Percobaan Jebakan Tikus Sederhana
  10. Teks Rekaman Percobaan Proses Pembuatan Kembar Mayang
  11. Akan diupdate...
  12. Akan diupdate...
  13. Akan diupdate...
  14. Akan diupdate...
  15. Akan diupdate...

Inilah contoh teks rekaman percobaan beserta strukturnya:

Contoh Teks Rekaman Percobaan 1

Membuat Tinta Tidak Tampak
Pernahkah kamu memberi tau sesuatu yang bersifat rahasia? Kalau pernah, pasti kamu tidak ingin orang lain mengenal rahasia tersebut. Berikut ini adalah salah satu cara untuk memberi tau sesuatu supaya orang lain tidak mengenalnya. Hal tersebut bisa dibuat dengan memakai tinta yang tidak bisa dilihat oleh orang lain. Kamu bisa memakai cara ini untuk memberi tau pesan rahasia terhadap kawanmu.

Pertama-tama, siapkan alat & bahan berikut!
  1. Lemon.
  2. Air.
  3. Sendok.
  4. Mangkuk.
  5. Cotton bud.
  6. Kertas putih.
  7. Lampu bohlam.

Sesudah alat & bahan sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Peras jus lemon ke dalam mangkuk & tambahkan berbagai tetes air!
  2. Aduk air & jus lemon dengan sendok!
  3. Celupkan cottonbud ke dalam campuran & tulislah pesan di atas kertas putih!
  4. Tunggu jus tersebut kering jadi tidak tampak!
  5. Untuk membaca pesan rahasia yang kamu tuliskan atau ingin menunjukannya ke orang lain, kamu bisa buat dengan memanaskan kertas yang dipegang dekat bola lampu!
Sesudah melewati langkah-langkah tadi, saat ini kamu telah mengenal gimana cara membuat tinta tidak tampak. Kamu bisa memakai cara ini untuk menulis sesuatu yang sifatnya rahasia. Tinta yang tidak tampak ini merupakan reaksi kimia. Jus lemon adalah senyawa organik yang bisa teroksidasi & berubah warna menjadi cokelat saat dipanaskan. Pengenceran jus lemon dalam air membuat tulisan susah untuk dilihat saat kamu menuliskan pesan di kertas. Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari kehadiran tulisan tersebut hingga dengan dipanaskan & pesan rahasia akan terungkap.

Zat lain yang bisa bekerja dengan cara yang sama, antara lain, jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, & anggur. Tinta tidak tampak juga bisa dibangun dengan memakai reaksi kimia atau melihat cairan tertentu dengan sinar ultraviolet (UV).

Contoh Teks Rekaman Percobaan 2

Kenaikan Tarif Tol Tidak Mempertimbangkan Hak Konsumen
Tarif ruas tol bakal kembali naik. Hari ini, PT Jasa Marga bakal menaikkan tarif ruas Tol Sedyatmo mulai Jumat (19/9). Penaikan ini dinilai tidak adil sebab tidak mempertimbangkan hak konsumen sebagai pemakai jasa.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, berbicara sudah berulang kali kenaikan tarif tol dianggap tidak adil sebab berdasarkan regulasi mengatur kenaikan tarif tol setiap dua tahun, serta hanya berlandaskan laju inflasi. "Hal initidak adil sebab hak-hak konsumen tidak dipertimbangkan. Indikator kenaikan bukan inflasi saja, melainkan juga kemanfaatan jalan tol bagi pemakai," tuturnya saat dihubungi SH, Senin (15/9) pagi.

Menurutnya, fakta selama ini, kenaikan tarif tol tidak seimbang nilai layanan. Pertumbuhan pembangunan jalan tol yang relatif lambat juga tidak sanggup mengimbangi pertumbuhan kendaraan.

"Sebagai contoh, grafik kecepatan rata-rata terus bertambah jadi waktu tempuh kendaraan lebih efisien dari segi waktu. Lihat saja kecepatan rata-rata kendaraan yang melintasi tol dalam kota setiap hari, dari arah Jagorawi menuju Semanggi, padatnya menarik. Jarak tempuh bisa 2-3 jam, sangat macet sekali," ucapnya.

Tulus menyatakan, sudah sejak lama pihaknya menganjurkan supaya Undang-Undang (UU) & Peraturan Pemerintah (PP) mengenai Jalan direvisi supaya tidak hanya berpihak terhadap investor & operator jalan tol. "Standar pelayanan minimum (SPM) pun haruslah ditingkatkan standarnya, tidak hanya itu-itu saja selama puluhan tahun. Masak tarif sudah naik, tetapi SPM tidak naik, malah turun standarnya," tutur Tulus.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) selaku Tubuh Usaha Jalan Tol (BUJT) di tol Prof. Dr. Ir. Sedyatmo bakal menaikkan tarif 7,14-18,75 persen mulai Jumat mendatang, sejak pukul 00.00 WIB. Dengan kenaikan itu, PT Jasa Marga memperkirakan pendapatan perusahaan bakal naik kurang lebih Rp100 juta per hari .

Pejabat PT Jasa Marga Tbk, Taruli M. Hutapea, berbicara hingga Juli 2014 lalu, lintas harian rata-rata (LHR) ruas tol sepanjang 14,3 kilometer (km) tersebut mencapai 204.000 kendaraan per hari, 
dengan pendapatan Rp1,1 miliar setiap hari. "Jumlah LHR ini tetap tidak banyak di bawah sasaran yang ditetapkan perusahaan," ujarnya.

Ia mengungkapkan, ruas Tol Sedyatmo ini menyumbang 6 persen dari semua ruas tol Jasa Marga. Sejauh ini, pendapatan keseluruhan perusahaan pelat merah ini dalam bisnis jalan tol mencapai Rp18 miliar per hari.

Para ahli menyarankan pemerintah, dalam hal ini PT Jasa Marga, untuk menunda penaikan tarif tol tersebut mengingat efek yang ditimbulkan penaikan tersebut bakal sangat terasa bagi kalangan menengah ke bawah.

Contoh Teks Rekaman Percobaan 3

Jebakan Tikus Sederhana
Tikus merupakan fauna pengerat yang sangat mengganggu. Oleh sebab itu, haruslah ada cara untuk membasminya. Salah satu cara tersebut adalah dengan membuat jebakan tikus sederhana. Sebetulnya, saat ini lumayan banyak alternatif untuk melenyapkan tikus, contohnya memakai racun atau memakai alat elektronik. Tetapi, tidak ada salahnya mencoba membuat jebakan tikus yang ramah lingkungan.

Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat jebakan tikus benar-benar sederhana & pasti bisa didapat dengan mudah. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jebakan tikus sederhana:
  1. Ember yang berkapasitas besar.
  2. Kaleng bekas.
  3. Kawat besi.
  4. Balok kayu kecil.
  5. Selai kacang atau selai lainnya.

Kalau sudah tersedia semua bahan contohnya di atas, langkah pertama untuk membuat jebakan tikus sederhana adalah mecelahi ember untuk menaruh kawat tersebut, kira-kira berdiameter 6 cm, dengan ketinggian kurang lebih ¾ dari ketinggian ember. Kedua, celahi lagi ember tersebut di bawah celah yang pertama tadi, celah yang ini dibangun lebih besar supaya tikus bisa masuk ke dalamnya. Ketiga, buat jalan dari balok kayu kecil tadi menuju celah yang lainnya. Keempat, buat juga celah di kaleng bekas tadi cocok di tengah-tengah segi atas & bawahnya. Kelima, masukkan kawat tadi di celah ember besar yang pertama! Lalu disusul kaleng bekas tadi. Keenam, olesi kaleng bekas tadi dengan selai kacang. Jebakan yang kamu buat siap dipakai.

Sesudah mengikuti langkah-langkah pembuatan, jebakan tikus sederhana bisa kamu gunakan. Kamu bisa meletakkan jebakan tersebut di gudang, dapur, kamar tidur, atau tempattempat yang banyak tikus. Jebakan ini hanya untuk menjerat atau menjebak tikus di dalam ember. Jebakan ini tidak membunuh tikus tersebut.

Jebakan tikus contohnya di atas merupakan salah satu alat penjebak tikus dengan cara kerja yang ramah lingkungan tanpa harus memakai bahan kimia. Tidak hanya itu, cara ini bisa menekan anggaran yang haruslah dikeluarkan untuk melenyapkan tikus sebab bahan-bahan yang dipakai hanyalah sebuah barang bekas.

Contoh Teks Rekaman Percobaan 4

Baterai Alamiah dari Kentang
Pernahkah kamu mengalami mati lampu di rumah? Rasanya tidak enak apabila sedang beraktivitas dalam kegelapan. Selama ini listips yang kamu gunakan tetap memakai sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Sebuah saat sumber energi tersebut bakal habis. Oleh sebab itu, sebuah energi pilihan sangat diperlukan untuk menghindari krisis energi. Percayakah kamu apabila alam ini sebetulnya mempunyai banyak sumber energi? Ada sebuah energi listrik pilihan yang bisa dikembangkan.

Alat & bahan yang dipakai:
  1. Kentang.
  2. Lampu LED (atau lampu bohlam kecil juga bisa).
  3. Kabel.
  4. Penjepit buaya.
  5. Lempengan tembaga.
  6. Lempengan seng.
  7. Untuk pengganti tembaga & seng ini bisa dipakai isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam.

Langkah Pembuatan:
  1. Tusukkan lempengan tembaga & seng ke dalam kentang dengan jarak berbagai mili/ senti (jangan disatukan)!
  2. Jepitkan kabel pada tiap-tiap lempengan tersebut & hubungkan dengan lampu!
  3. Perhatikan nyala lampu yang terjadi! Apabila nyala lampu belum kelihatan, coba dibalik! Apabila lampu tidak menyala juga, silakan tambah kentang tersebut supaya arus listrik yang dihasilkan bertambah besar!
Sesudah langkah-langkah terlaksana, saat ini kamu mempunyai salah satu energi alternatif. Apabila terus dikembangkan, energi pilihan ini tidak menutup kemungkinan menjadi energi yang bisa dipakai di masa yang akan datang.

Lampu tersebut bisa menyala sebab adanya arus listrik yang mengalir. Contohnya halnya baterai lampu senter, kentang & lempengan-lempengan tersebut pun menghasilkan arus listips mesikipun sangat lemah. Getah kentang mempengaruhi logam logam tersebut dengan cara kimiawi layaknya larutan elektrolit dalam aki. Oleh sebab itu, susunan contohnya ini disebut elemen galvani sebab yang pertama kali memantau proses ini dalam eksperimen adalah seorang dokter dari Italia bernama Galvani.

Halaman Selanjutnya :

Baca Juga:
Nah itulah artikel contoh teks rekaman percobaan bahasa indonesia untuk menyelesaikan PR bahasa indonesia kamu tentang contoh teks rekaman percobaan kelas 9 SMP.

Terima kasih telah membaca artikel contoh teks rekaman percobaan beserta strukturnya. Tunggu ya update admin selanjutnya hehe.

Posting Komentar untuk "15+ Contoh Teks Rekaman Percobaan Beserta Strukturnya Lengkap"