Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Pengertian Keputusan Menurut Para Ahli : Tahapan, Tipe dan Gaya Pengambilan

keputusan

Faktasantuy - Pengertian keputusan atau pengertian decision making. Pada hari ini kita akan membahas ringkasan materi pengambilan keputusan. Nah apa itu pengertian pengambilan keputusan menurut para ahli? apa saja tahap tahap pengambilan keputusan? tipe keputusan? dan gaya pengambilan keputusan. Silakan teman-teman simak rangkuman materi keputusan berikut ini ya.

Pengertian Keputusan

Definisi keputusan menentukan kebijakan dari berbagai alternatif, sedangkan pembuatan keputusan adalah salah satu bagian kunci kegiatan manajer. Kegiatan ini merupakan peran penting, terutama jika manajer melaksanakan fungsi perencanaan yang menyangkut keputusan-keputusan sangat penting dan jangka panjang yang dapat dibuat manajer.

Baca juga: manajemen operasional adalah

Dalam proses ini manajer memutuskan tujuan-tujuan organisasi yang akan dicapai, sumber daya yang akan digunakan, dan siapa yang akan melaksanakan setiap tugas yang dibutuhkan. Seluruh proses perencanaan itu melibatkan manajer dalam serangkaian situasi pembuatan keputusan. Kualitas keputusan-keputusan manajer akan menentukan efektifitas rencana yang disusun. Nah berikut definisi keputusan menurut para ahli:

Pengertian Keputusan Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian keputusan menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

Ralp C. Davis, arti pengambilan keputusan merupakan suatu hasil pemecahan masalah yang dihadapinya dengan tegas. Suatu keputusan adalah suatu jawaban yang pasti terhadap suatu pertanyaan.

Mary Follet, pengertian keputusan adalah berupa suatu hukum atau sebagai hukum situasi. Jika semua fakta dari situasi itu bisa diperolehnya dan semua yang terlibat, baik pengawas ataupun pelaksana mau mentaati hukumnya atau ketentuannya, maka tidak sama dengan mentaati suatu perintah. 

James A.F. Stoner, pengertian pembuatan keputusan sebagai suatu pemilihan diantara alternatif-alternatif. Dalam hal ini mengandung tiga pengertian, yakni :

  • Terdapat pilihan yang berdasarkan logika atau pertimbangan
  • Terdapat beberapa sebuah alternatif yang harus dan dipilih salah satu yang terbaik
  • Terdapat tujuan yang ingin dicapai, dan keputusan itu makin mendekatkan pada suatu tujuan tersebut.

Prof.Dr.Prajudi Atmosudirjo,SH., arti keputusan berupa suatu pengakhiran dari proses pemikiran tentang suatu masalah atau problema untuk menjawab suatu pertanyaan apa yang harus diperbuat guna untuk mengatasi masalah tersebut, dengan menjatuhkan sebuah pilihan pada suatu alternatif.

R. Terry, diartikan sebagai pemilihan yang didasarkan kriteria tertentu atas dua atau lebih alternatif yang mungkin.

Claude S. Goerge, JrMengatakan proses pengambilan keputusan itu dikerjakan oleh kebanyakan manajer berupa suatu kesadaran, kegiatan pemikiran yang termasuk pertimbangan, penilaian dan pemilihan diantara sejumlah alternatif.

Horold dan Cyril ODonnell,Mereka mengatakan bahwa pengambilan keputusan adalah pemilihan diantara alternatif mengenai suatu cara bertindak yaitu inti dari perencanaan.

Siagian Pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan sistematis terhadap suatu masalah, pengumpulan fakta dan data, penelitian yang matang atas alternatif dan tindakan.

Nah itulah teori pengambilan keputusan menurut para ahli.

Tahapan Dalam Pengambilan Keputusan

Adapun tahap tahap dalam pengambilan keputusan, yaitu sebagai berikut:

  1. Pemahaman dan perumusan masalah, memahami masalah yang sedang dihadapi, dan peka terhadap masalah-masalah, setelah masalah telah dipahami dengan baik, kemudian menentukan bagian-bagian masalah yang harus dipecahkan. Para manajer dapat mempermudah identifikasi masalah dengan cara sistematik menguji hubungan sebab-akibat.
  2. Pengumpulan dan analisa data yang relevan, Manajer harus menentukan data-data apa yang diperlukan untuk membuat keputusan yang tepat, dan kemudian mendapatkan informasi tersebut.
  3. Pengembangan alternatif-alternatif, hal ini memungkinkan manajer menolak kecendrungan untuk membuat keputusan terlalu cepat dan membuat lebih mungkin pencapaian keputusan yang efektif.
  4. Evaluasi alternatif-alternatif, mengevaluasi guna menilai efektifitas setiap alternatif. Efektifitas ini dapat diukur dengan dua kriteria : apakah alternatif tersebut realistik bila dihubungkan dengan tujuan dan sumber daya organisasi/perusahaan, dan seberapa baik alternatif akan membantu pemecahan masalah.
  5. Pemilihan alternatif terbaik, berupa hasil evaluasi berbagai alternatif. Alternatif terpilih akan didasarkan pada jumlah informasi yang tesedia bagi manajer dan ketidak sempurnaan kebijakan manajer.
  6. Implementasi keputusan, harus membuat rencana-rencana untuk mengatasi berbagai persyaratan dan masalah yang mungkin dijumpai dalam penerapan keputusan.
  7. Evaluasi hasil-hasil keputusan Implementasi keputusan harus dimonitor secara berkelanjutan. Manajer harus mengevaluasi apakah implementasi telah dilakukan dengan lancar dan keputusan memberikan hasil-hasil yang diinginkan.
Nah itulah 7 tahapan pembuatan keputusan.

Tipe-Tipe Keputusan

Manajer akan membuat tipe-tipe keputusan yang berbeda sesuai dengan perbedaan kondisi dan situasi yang ada. Salah satu metode pengklasifikasian keputusan yang banyak digunakan yaitu sebagai berikut tipe tipe keputusan:

Wajib baca: Pengertian konsumen menurut para ahli

Keputusan Terprogram (programmed decision), berupa keputusan yang dibuat menurut kebiasaan, aturan atau prosedur. Keputusan ini rutin dan berulang-ulang. Setiap organisasi memiliki kebijaksanaan-kebijaksanaan tertulis atau tidak tertulis yang memudahkan pembuatan keputusan dalam situasi yang berulang dengan membatasi dan menghilangkan alternatif-alternatif.

Keputusan Tidak Terprogram (non-programmed decision), berupa keputusan yang berkenaan dengan masalah-masalah khusus, khas atau tidak biasa dan tidak terstruktur serta menimbulkan konsekuensi-konsekuensi penting bagi organisasi. banyak keputusan tidak terprogram melibatkan perencanaan strategis, karena ketidakpastiannya begitu besar dan keputusan merupakan hal yang sangat kompleks.

Gaya Pengambilan Keputusan

Terdapat empat gaya pengambilan keputusan yang  diterapkan oleh manajer sewaktu membuat keputusan, yaitu sebagai berikut:

Wajib baca: Contoh surat pengunduran diri kerja

Gaya Pengarahan

  • Memiliki toleransi yang rendah terhadap ambiguitas (kurang dapat menerima dan memproses informasi atau kondisi yang tidak jelas, samar-samar, atau bermakna ganda) dan bersikap rasional dalam cara berpikirnya.
  • Mendorong efisiensi dan logis, dimana keputusan dibuat secara cepat dan fokus pada sasaran  jangka pendek. 
  • Kecepatan dan efisiensi dalam membuat keputusan sering mengakibatkan pengambilan keputusan dengan informasi yang relatif minimum dan mempertimbangkan sedikit alternatif.

Gaya Analitis

  • Memiliki toleransi terhadap ambiguitas yang jauh lebih tinggi dari pada gaya mengarahkan, dimana pengambilan keputusan memerlukan lebih banyak informasi dan alternatif.
  • Cenderung lebih hati-hati, dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi terhadap situasi-situasi yang unik. Sama seperti gaya mengarahkan, gaya analitis juga bersikap rasional dalam cara berpikirnya.

Gaya Konseptual

  • Cenderung memiliki pandangan yang amat luas sehingga akan melihat banyak alterntif. 
  • Berfokus pada sasaran jangka panjang dan memiliki kemampuan yang sangat baik (kreatif) dalam menemukan solusi atas sejumlah masalah. 
  • Dicirikan oleh toleransi yang tinggi terhadap ambiguitas dan cara berfikir intuitif.

Gaya Perilaku 

  • cenderung sangat baik dalam bekerja sama dengan orang lain. 
  • Meletakkan perhatian terhadap kinerja atau prestasi bawahan dan sangat senang menerima saran dari orang lain. 
  • Seringkali melakukan rapat sebagai sarana untuk berkomunikasi dan berusaha menghindari konflik. 
  • Para pengambil keputusan yang bergaya perilaku sangat memperhatikan penerimaan oleh orang lain atas keputusan yang dibuatnya.
Nah itulah gaya pengambilan keputusan.

Keputusan Tentatif

Keputusan tentatif merupakan sebuah keputusan yang secara spontanitas dilakukan tanpa mempertimbangkan banyak alternatif-alternatif. Keputusan ini bersifat sementara dan dilakukan ketika terjadi suatu masalah yang tidak terduga sebelumnya.

Keputusan Terencana

Keputusan terencana merupakan sebuah keputusan yang telah terencana dan terstruktur dengan baik. keputusan ini melalui proses perencanaan dimana pada akhirnya keputusan yang dibuat merupakan rencana yang telah disusun.

Nah itulah artikel pengertian keputusan menurut para ahli, tahapan pengambilan keputusan, tipe keputusan, gaya pengambilan keputusan. Semoga teori pengambilan keputusan ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai pengertian surat keputusan silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Contoh 100 judul skripsi S1 manajemen keuangan

Pertanyaan:

1. pengertian decision making menurut para ahli?

2. pengertian keputusan pembelian menurut kotler?

3. arti konsideran dalam surat keputusan?

Posting Komentar untuk "8+ Pengertian Keputusan Menurut Para Ahli : Tahapan, Tipe dan Gaya Pengambilan"