Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Manajemen Sistem Informasi (SIM) dan Penjelasannya

manajemen-sistem-informasi

Faktasantuy - Sistem informasi manajemen adalah?. Pada hari ini kita akan membahas manajemen sistem. Nah apa itu manajemen informasi? Silakan teman-teman simak ringkasan manajemen sistem informasi berikut ini ya.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

SIM atau Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem informasi yang digunakan oleh organisasi untuk mengelola semua transaksi yang mendukung fungsi manajemen, dan berguna untuk pengambilan keputusan. Sistem ini akan berjalan secara baik apabila didukung dengan teknologi yang canggih, sumber daya manusia yang berkualitas dan komitmen organisasi. Serta sangat bermanfaat untuk mendukung fungsi manajemen, operasional dan pengambilan suatu keputusan. Wajib baca: Judul Skripsi Pendidikan Akuntansi

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Adapun beberapa fungsi utama diterapkan sistem infomasi manajemen dalam suatu organisasi, nah pentingnya sistem informasi manajemen yaitu sebagai berikut:

  1. Mempermudah pihak manajemen untuk fungsi manajemen kepada semua departemen yang memiliki hubungan komando atau koordinasi dengannya.
  2. Meningkatkan sefisiensi dan efektifitas data yang tersaji akurat dan tepat waktu.
  3. Meningkatkan suatu produktifitas dan penghematan biaya dalam suatu organisasi.
  4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena unit sistem kerja yang terkoordinir dan sistematis.

Wajib baca: manajemen sumber daya manusia

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

Berikut 4 tujuan sistem informasi dalam bisnis:

  1. Adapun beberapa tujuan dari sistem informasi manajemen, yaitu sebagai berikut:
  2. Menyediakan suatu informasi dalam pengambilan suatu keputusan.
  3. Menyediakan suatu informasi yang digunakan didalam suatu fungsi manajemen dan juga perbaikan berkelanjutan.
  4. Menyediakan suatu informasi yang digunakan dalam perhitungan harga pokok produk, jasa dan tujuan lainnya yang diinginkan oleh manajemen.

Proses Manajemen Sebagai Aktivitas

Berikut 7 proses manajemen sistem informasi dalam organisasi:

  1. Perencanaan, merupakan formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen. Maka dari itu perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
  2. Pengendalian, suatu rencana harus diimplementasikan, manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. 
  3. Pengambilan Keputusan, fungsi ini berupa jalinan antara perencanaan dan pengendalian.
  4. (SIM) Merupakan Kumpulan Dari Sistem Informasi
  5. Sistem informasi akuntansi  yang menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
  6. Sistem informasi pemasaran yang menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
  7. Sistem informasi manajemen persediaan, personalia, distribusi, pembelian, kekayaan, analisis kredit, penelitian dan pengembangan, analisis software serta informasi teknik.

Manfaat Manajemen Sistem Informasi dalam Bisnis

Kenapa pentingnya sistem informasi bagi organisasi? apa saja manfaatnya?

  1. Pemrosesan data batch, data tunggal, dan on-line, real time
  2. Komunikasi data dan switching pesan
  3. Pemasukan data jarak jauh dan up date file
  4. Pencarian records dan analisis dan file
  5. Algoritme dan model keputusan
  6. Otomatisasi kantor.
  7. Memantapkan arus informasi

Faktor Penyebab Gagalnya Membangun SIM

  1. Kurang organisasi yang wajar dan perencanaan yang memadai
  2. Kurang personil yang handal serta partisipasi manajemen dalam bentuk keikutsertaan para manajer dalam merancang sistem

Sistem Informasi Manajemen dan Contohnya

Adapun beberapa contoh penerapan sistem informasi manajemen yaitu sebagai berikut:

  1. Enterprise Resource Planning (ERP), sering digunakan oleh sejumlah perusahaan besar dalam mengelola manajemen dan melakukan suatu pengawasan yang saling terintegrasi terhadap unit bidang kerja seperti Keuangan, Accounting, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Operasional, dan Pengelolaan Persediaan.
  2. Supply Chain Management (SCM), sangat bermanfaat bagi pihak manajemen dimana data data yang disajikan terintegrasi mengenai manajemen suplai bahan baku, mulai dari pemasok, produsen, pengecer hingga konsumen akhir.
  3. Transaction Processing System (TPS), berfungsi untuk suatu proses data dalam jumlah yang besardengan transaksi bisnis yang rutin. Program ini biasa diaplikasikan untuk manajemen gaji dan inventaris. Contohnya yaitu pada aplikasi yang digunakan untuk Bantuan Keuangan Desa Pemprov Jawa Timur.
  4. Office Automation System (OAS), berfungsi untuk melancarkan sebuah komunikasi antar departemen dalam suatu perusahaan dengan cara mengintegrasikan server-server komputer pada setiap user di perusahaan. Contohnya yaitu email.
  5. Knowledge Work System (KWS), dengan cara mengintegrasikan satu pengetahuan baru ke dalam organisasi. Dengan ini, diharapkan para tenaga ahli mampu menerapkannya dalam pekerjaan mereka.

Nah itulah artikel rangkuman sistem informasi manajemen. Semoga perkembangan sistem informasi manajemen ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya tentang kesimpulan sistem informasi manajemen. Apabila kamu ingin bertanya mengenai sistem informasi manajemen perusahaan silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: analisis data kuantitaif dan analisis data kuantitatif

Lain kali admin akan membuat kekurangan sistem informasi manajemen dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Manajemen Sistem Informasi (SIM) dan Penjelasannya"