Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Lengkap] 9 Pengertian Operasional Menurut Para Ahli

operasional

Faktasantuy - Pengertian operasional. Pada hari ini kita akan membahas dasar konsep operasional. Nah apa itu definisi operasional, apa saja pengertian operasional menurut para ahli, apa pengertian variabel, dan apa pengertian definisi operasional? Silakan teman-teman simak arti operasional berikut ini ya.

baca: Pengertian manajemen investasi

Pengertian Operasional

Maksud istilah operasional adalah? Pengertian operasional adalah instrumen dari suatu riset,  karena merupakan salah satu tahapan dalam suatu proses pengumpulan data. Operasional diartikan sebagai untuk menjadikan konsep yang masih dalam sifat abstrak menjadi bersifat operasional yang dapat memudahkan pengukuran suatu variabel tersebut. 

Dapat pula dijadikan sebagai suatu batasan pengertian dan yang dijadikan sebagai pedoman untuk melakukan suatu kegiatan maupun pekerjaan penelitian. Operasional didefinisikan berdasarkan pada suatu karakteristik yang dapat diobservasidari apa yang sedang didefinisikan ataupun mengubah konsep-konsep yang berupa konstruk dengan kata-kata yang dapat menggambarkan suatu perilaku maupun gejala yang dapat diamati serta yang dapat diuji dan ditentukan kebenarannya oleh orang lain. Wajib baca: 

Pengertian Definisi Operasional Tipe A, dapat disusun berdasarkan dengan suatu operasi yang harus dilakukan, sehingga dapat menyebabkan gejala ataupun keadaan yang didefinisikan menjadi nyata maupun dapat terjadi.

Definisi operasional Tipe B, disusun berdasarkan bagaimana suatu objek tertentu yang didefinisikan dapat dioperasionalisasikan, yang berupa apa yang dilakukan maupun apa yang menyusun karaktersitik-karakteristik dinamis.

Definisi operasional Tipe C , disusun berdasarkan suatu penampakan seperti apa objek ataupun gejala yang didefinisikan, mengenain apa yang menyusun suatu karaktersitik-karaktersitik statisnya.

Pengertian Operasional Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian definisi operasional menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

Widjono HS, definisi operasional adalah suatu batasan pengertian yang dijadikan sebagai pedoman untuk dapat melakukan sesuatu kegiatan maupun pekerjaan.

Rhonda Abrams dan Alice Laplante mengartikan operasional adalah aspek yang terpenting karena tanpa adanya operasional, maka tidak ada yang dapat dikerjakan.

Nursalam, operasional adalah karakteristik yang dapat diamati dari suatu yang yang dikerjakan tersebut.

Asep Hermawan, arti operasional ialah penjelasan bagaimana dapat mengukur variabel. Dalam Pengukuran tersebut dapat dilakukan dengan angka – angka ataupun atribut – atribut tertentu.

Budi Pranata, pengertian operasional adalah berupa kuantitas ataupun jumlah yang tidak cocok.

Walizer dan Weiner, arti operasional yaitu seperangkat petunjuk yang lengkap tentang apa yang harus diamati(observasi) dan bagaimana juga mengukur suatu variabel ataupun konsep definisi operasional tersebut  dan dapat membantu kita untuk mengklasifikasi gejala di sekitar ke dalam kategori khusus dari suatu variable.

Hoover, operasional ialah berupa identifikasi tentang sesuatu hal yang  bersifat (variabel) sehingga dapat digunakan untuk diamati (observasi).

Nani Darmayanti, operasional yaitu suatu rumusan tentang ruang lingkup dan juga ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan serta penelitian suatu karya ilmiah.

Husein Umar menyatakan operasional sebagai suatu penentuan dalam suatu construct sehingga  dapat menjadi variable (variabel-variabel yang dapat diukur) 

Nah itulah 9 pengertian manajemen operasi menurut para ahli.

Pengertian Variabel

Variabel merupakan konsep yang memiliki variabilitas. Konsep berupa abstraksi atau penggambaran dari suatu fenomena tertentu. Variabel disebut juga sebagai obyek ataupun masalah penelitian. Ada beberapa Macam-macam variabel, antara lain

  1. Varibel Bebas, disebut juga dengan variabel pengaruh, variabel perlakukan, kausa, treatment, variabel terpengaruh, serta  tidak bebas
  2. Variabel Perantara, variabel penghubung yang merupakan variabel yang dapat menjembatani pengaruh variabel bebas dengan varibel terikat.
  3. Variabel Pendahulu, variabel bebas yang dapat berpengaruh pada variabel tergantung namun sekaligus berpengaruh pada variabel lain sebagai variabel bebas terhadap variabel tergantung tersebut.
  4. Variabel Prakondisi, variabel yang keberadaanya merupakan sebagai prasyarat bagi bekerjanya suatu varibel bebas terhadap variabel tergantung.

Wajib baca: Manajemen informatika adalah

Bentuk Korelasi

Dilihat dari segi korelasi antar variabel dalam suatu penelitian, terdapat juga beberapa bentuk korelasi, yaitu sebagai berikut:

  • Korelasi simetris, yang terjadi apabila antar dua variabel terdapat hubungan, namun tidak ada mekanisme yang saling mempengaruhi, masing-masing bersifat mandiri.
  • Korelasi asimetris,  korelasi antar dua variabel dengan satu variabel (bebas bersifat  yang mempengaruhi varibel yang lain (terikat)
  • Korelasi timbal balik, adalah korelasi antar dua variabel yang atara keduanya saling mempengaruhi.

Definisi Operasional

Pengertian definisi operasional? Dalam penelitian perlu memberi definisi, sehingga peneliti dan pembaca tidak mengaitkan pikiranya dengan hal lain. Tipe-tipe definisi operasional:

  1. Definisi konsepsi (definisi konstitutif), merupakan definisi yang diperoleh dari kamus. ialah definisi akademik serta mengandung pengertian yang universal(menyeluruh) untuk suatu kata maupun kelompok kata. Definisi ini biasanya bersifat abstrak serta formal.
  2. Definisi operasional (definisi fungsional), Kerlinger juga memberikan dua bentuk definisi operasional yaitu: Definisi operasional yang dapat diukur menyatakan suatu konsep yang dapat diukur dalam penyelidikan, serta definisi operasional eksperimenta dimana peneliti yang menguraikan secara lebih rinci variable-variabel yang diteliti.

Nah itulah artikel materi manajemen operasional. Semoga kamu suatu saat menjadi kepemimpinan operasional ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai definisi operasional variabel penelitian silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Materi manajemen file

Lain kali admin akan membuat contoh definisi operasional proposal penelitian, ditunggu saja ya.

Posting Komentar untuk "[Lengkap] 9 Pengertian Operasional Menurut Para Ahli"