Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Lengkap] Pengertian Manajemen Informatika - Matakuliah & Jurusannya

manajemen informatika

Faktasantuy - Manajemen informatika adalah. Pada hari ini kita akan membahas dasar dasar manajemen informartika. Nah manajemen informatika adalah? Silakan teman-teman simak rangkuman manajemen informatika berikut ini ya.

Pengertian Manajemen Informatika

Manajemen diartikan sebagai Penggunaan Sumber Daya yang Efektif untuk dapat mencapai Sasaran. Sedangkan Informatika dalam bahasa Inggris yaitu Informatics yang berarti suatu displin ilmu yang mempelajari mengenai transformasi fakta berlambang yang berupa data ataupun informasi pada mesin berbasis komputasi. 

Manajemen informatika adalah seluruh pemanfaatan dan pemeliharaan atas sumber daya yang secara efektif untuk bidang informasi demi mewujudkan tujuan yang telah ditentukan agar dapat memperoleh hasil yang diharapkan secara maksimal. Akan tetapi apabila Manajemen Informatika dipisahkan katanya menurut kata penyusunnya mak kata manajemen disini diartikan sebagai segala penggunaan dan pemanfaatan sumber daya yang telah tersedia secara efektif guna mencapai sasarannya. Displin ilmu tersebut mencakup beberapa macam bidang, seperti: sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi.

Wajib baca: Contoh judul skripsi Administrasi Perkantoran dan Manajemen Bisnis

Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan juga interaksi dari beberapa sistem yang digunakan untuk mengumpulkan data, memproses dan juga menyimpan hasil pemprosesan data, serta juga menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek ini lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, namun masih banyak informasi yang tidak serta belum diproses dengan komputer. Informatika ini memiliki konsep dasar, teori, dan juga perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung serta berkaitan dengan aspek kognitif dan juga sosial, termasuk mengenai pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi didalam beberapa macam bidang, seperti bio informatika, informatika medis, dan juga informasi yang mendukung ilmu perpustakaan.

jurusan manajemen informatika ialah d3 manajemen informatika di fakultas teknik atau fakultas komputer. Berikut mata kuliah jurusan manajemen informatika D3.

Wajib baca: Materi manajemen file

Ruang Lingkup Informatika

Dalam ruang lingkup yang lebih luas, informatika meliputi beberapa aspek yaitu seperti :

  1. Teori informasi yang mempelajari tentang konsep matematis dari suatu informasi
  2. ilmu informasi yang mempelajari tentang cara pengumpulan, klafikasi, manipulasi penyimpanan, pengaksesan, dan juga penyebarluasan informasi untuk dapat keperluan social dan juga kemasyarakatan secara menyeluruh
  3. ilmu komputer serta teknik komputer yang mempelajari tentang pemrosesan, pengarsipan, dan juga penyebaran informasi dengan menggunkan teknologi informasi serta alat lain yang berbasis komputer.
  4. Sistem informasi yang mempelajari tentang teknik pengembangan suatu sistem untuk dapat mengolah berbagai macam informasi yang ada.

Pada Manajemen Informatika terdapat pula suatu Pemograman yang artinya ialah proses menulis, menguji dan juga memperbaiki (debug), serta memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode tersebut ditulis dalam berbagai bahasa pemograman. Yang bertujuan untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau juga pekerjaan sesuai dengan keinginan si pemogram. Agar dapat melakukan pemograman tersebut, dibutuhkan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemograman, dan juga dibanyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti misalkan matematika.

Bahasa Pemograman

Perbedaan dalam bahasa pemograman dapat menjadi salah satu penyebab perbedaan paradigma pemograman. Pilihan dalam bahasa pemograman dipengaruhi dengan berbagai alasan, seperti kecocokan dengan kreteria program dan juga jenis aplikasi yang akan dibuat.

Beberapa bahasa pemograman ialah sebagai berikut :

  • Pascal
  • Basic
  • C atau C++
  • Cobol
  • Java
  • Fortran
  • Ada
  • Clipper

Pemograman Kompetitif

Pemograman merupakan bahan yang banyak digunakan diberbagai suatu kompetisi komputer di Indonesia maupun dunia. Di tingkat SMA, contohnya seperti, pemograman yang diperbandigkan dalam Olimpiade Sains Nasional Setiap Tahunnya. 35 peraih medali pada Olimpiade Sains Nasional tersebut kemudian menjadi Tim Olimpiade Komputer Indonesia, serta menempuh Pelatihan Nasional yang menyeleksi empat orang wakil untuk dapat mengikuti Olimpiade Sains International bidang Informasi (International Olympiad in Informatics) yang diadakan setiap tahunnya.

Debugging

Merupakan sebuah tugas yang sangat penting dalam proses pengembangan perangkat lunak, sebab apabila program yang salah dapat memiliki konsekuensi yang signifikan bagi pengguna. Beberapa bahasa yang lebih rentan terhadap beberapa jenis kesalahan karena tidak membutuhkan spesifikasi computer untuk melakukan pengecekan sebanyak bahasa lainnya. Penggunaan alat analisis statis dapat membantu mendeteksi beberapa kemungkinan masalah. Debug sering dilakukan dengan IDE seperti Visual Studio, NetBeans, Eclipse. Standlone debugger seperti gdb juga digunakan, dan ini kurang sering menyediakan lingkungan visual, biasanya menggunakan baris perintah.

Algorithmic kompleksitas

Bidang akedemik dan praktik teknik pemrograman komputer yang baik terutama yang terkait dengan menemukan dan menerapkan algoritma yang paling efisien untuk suatu masalah kelas. Tujuan dari hal ini, algoritma di klasifikasikan menjadi perintah dengan menggunakan apa yang di sebut notasi Big O, O (n), yang menyatakan bahwa penggunaan sumber daya, seperti waktu eksekusi atau pemakaian memori, dalam hal ukuran sebuah input. Ahli programmer yang terbiasa dengan berbagai mapan algoritma dan kompleksitas masing-masing dan menggunakan pengatahuan ini untuk memilih algoritma yang paling cocok dengan keadaan.

Perangkat Lunak bebas

Adapun pendekatan pengembangan perangkat lunak, program akhir yang harus memenuhi beberapa sifat mendasar. Properti yang paling relevan, yaitu sebagai berikut :

  1. Efesiensi / Kinerja : Jumlah sumber daya sistem program yang menghabiskan (prosesor waktu, ruang memori, perangkat lambat seperti disk, bandwidth jaringan dan bahkan sampai batas tertentu interaksi dari pemakai) : semakin sedikit, semakin baik..
  2. Realiabilitas : seberapa sering hasil dari sebuah program telah benar. Hal ini bergantung pada kebenaran konseptual algoritma, dan pemograman minimisasi kesalahan, seperti kesalahan dalam menejemen sumber daya (seperti, buffer overflows dan kesalahan logika (seperti pembagian dengan nol).
  3. Kekokohan : seberapa baik program masalah mengantisipasi yang bukan karena kesalahan dari programmer, seperti salah, tidak pantas atau merusak data, tidak tersedianya sumber daya yang dibutuhkan seperti memori, sitem operasi layanan dan koneksi jaringan, dan kesalahan pengguna.
  4. Kegunaan : kemudahan dengan nama seseorang dapat menggunakan program untuk tujuan, atau dalam beberapa kasus bahkan tujuan tak terduga. Isu-isu ini dapat membuat atau menghancurkan kesuksesan bahakan tanpa masalah lain. 
  5. Portabilitas : kisaran perangkat keras computer dan platform sistem operasi yang kode sumber dari program dapat dikompilasi / di tafsirkan dan lari. 
  6. Kemampu-rawatan : kemudahan dengan sebuah program yang dapat di modifikasi oleh pengembang baik sekarang atau di masa mendatang dalam rangka untuk membuat perbaikan atau penyesuaian. 

Nah itulah artikel rangkuman manajemen informatika. Semoga kamu bisa masuk jurusan ini ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai perbedaan manajemen informatika dan teknik informatika silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Bioteknologi Konvensional & Modern

Lain kali admin akan membuat manajemen informatika d3 dan mata kuliah manajemen informatika, ditunggu saja ya.

Posting Komentar untuk "[Lengkap] Pengertian Manajemen Informatika - Matakuliah & Jurusannya"