Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kualitas Pelayanan VS Produk : Pengertian Menurut Para Ahli & Perbedaannya

Faktasantuy - pengertian kualitas pelayanan dan kualitas produk. Pada hari ini kita akan membahas materi kualitas pelayanan dan kualitas produk. Nah apa itu kualitas pelayanan dan kualitas produk? apa itu kualitas produk? Silakan teman-teman simak kualitas jasa adalah dan kualitas produk berikut ini ya.

Kualitas menurut wikipedia adalah?

Baca juga: Asimetri informasi adalah

Pengertian Kualitas Menurut Para Ahli

kualitas
perbedaan kualitas pelayanan dengan produk
Adapun beberapa pengertian kualitas menurut beberapa para ahli, yaitu sebagai berikut:

1. ISO-8402 (Loh, 2001:35), kualitas adalah totalitas fasilitas dan karakteristik dari produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan, tersurat maupun tersirat.

2. Tjiptono (2004:11),  kualitas artinya sebuah kesesuaian untuk digunakan (fitness untuk digunakan). Pengertian lain yang menekankan orientasi harapan pelanggan pertemuan.

3. Kadir (2001:19), kualitas ialah suatu tujuan yang sulit dipahami (tujuan yang sulit dipahami), karena harapan para konsumen akan selalu berubah-ubah. Setiap standar baru ditemukan, maka konsumen akan menuntut lebih untuk mendapatkan standar baru lain yang lebih baru dan lebih baik. Dalam pandangan ini, kualitas adalah proses dan bukan hasil akhir (meningkatkan kualitas kontinuitas).

4. Crosby (1979), mendefinisikan kualitas sebagai kesesuaian dengan persyaratan.ia melakukan pendekatan pada transformasi budaya kualitas.

5. Kotler (1997), definisi kualitas sebagai keseluruhan ciri dan karakteristik produk atau jasa yang mendukung kemampuan untuk memuaskan kebutuhan.

6. Taguchi (1987), kualitas yaitu loss to society, yang maksudnya adalah apabila terjadi penyimpangan dari target, hal ini merupakan fungsi berkurangnya kualitas. Pada sisi lain, berkurangnya kualitas tersebut akan menimbulkan biaya. Manajemen Kualitas.

Baca juga:  Pengertian Pendapatan Nasional Manfaat, Contoh, Metode, Distribusi, Faktor

Kualitas Pelayanan

Pengertian kualitas pelayanan adalah tingkatan nilai jaza yang diberikan ke konsumen. Pada umumnya, tingkat layanan yang tinggi yang akan menghasilkan kepuasan yang tinggi dan membeli ulng akan terjadi lebih sering. Kualitas mengandung banyak arti dan makna, orang yang berbeda akan menafsirkannya berbeda, tetapi dari beberapa pengertian dapat ditemukan untuk memiliki beberapa persamaan, meskipun hanya cara pengiriman biasanya ditemukan pada unsur-unsur berikut:

Unsur-unsur Pelayanan

  1. Terdiri dari usaha atau superioritas memenuhi harapan pelanggan.
  2. Mencakup produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan
  3. Kondisi yang selalu berubah.

Kualitas Pelayanan Menurut Para Ahli

Tjiptono (2007), dapat diartikan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dan ketepatan pengiriman dalam menyeimbangkan harapan konsumen.

Menurut Kotler (2002:83), berupa setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Produksi mungkin terkait atau tidak terkait dengan produk fisik.

Kualitas Produk

Pengertian kualitas Produk adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya meliputi, daya tahan, kehandalan, kemudahan operasi dan meningkatkan akurasi, serta atribut berharga lainnya. Guna meningkatkan kualitas produk perusahaan dapat melaksanakan program “Total Quality Management (TQM)”. Selain mengurangi kerusakan produk, tujuan utama yaitu untuk meningkatkan kualitas nilai total pelanggan. Pengertian ini menekankan pada fokus pelanggan. Tidak satupun pengertian dari para ahli kualitas tersebut yang sempurna. Namun dari semua pengertian yang ada terdapat beberapa persamaan, yakni adanya unsur-unsur sebagai berikut

Baca juga: Contoh Judul Skripsi Manajemen Pemasaran S1/S2

Unsur-unsur Produk

  1. Kualitasnya untuk memenuhi atau melebihi harapan pelanggan.
  2. Kualitas terdiri dari produk, jasa, manusia proses dan lingkungan.
  3. Kualitas berupa suatu kondisi dinamis, yang selalu berubah (moving target).

Kualitas Produk Menurut Para Ahli

Goetsch dan Davis (1994),  sebagai suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan. Kualitas pelayanan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh para manajer perusahaan.

(Lovelock, 1988),  dalam usaha untuk meningkatkan kualitas perusahaan harus memperhatikan dan meningkatkan komitmen dan kesadaran serta kemampuan para karyawan dan staf, terutama bagi mereka yang berhubungan langsung dengan customer. Meskipun sistem dan teknik kualitas benar, maka kualitas yang baik dan benar jangan diharapkan akan terwujud.

Nah itulah artikel perbedaan kualitas pelayanan dan kualitas produk. Semoga arti pelayanan dan arti produk ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai contoh kualitas pelayanan dan contoh kualitas produk, silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: 15+ Strategi Pemasaran Produk Paling Efektif Pada Tahun 2021

Lain kali admin akan membuat cara meningkatkan kualitas pelayanan dan cara meningkatkan kualitas produk, ditunggu saja ya.

Baca juga: Segmentasi Pasar

Soal:

1. kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas penjualan adalah?

2. terangkan secara singkat pendekatan pengendalian kualitas produk?

Posting Komentar untuk "Kualitas Pelayanan VS Produk : Pengertian Menurut Para Ahli & Perbedaannya"