Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Asimetri Informasi & 2 Tipe Asimetri

asimetri

Faktasantuy - Asimetri informasi adalah?. Pada hari ini kita akan membahas materi asimetri informasi. Nah apa itu pengertian asimetri informasi? apa saja jenis asimetri informasi? dan bagaimana menurut para ahli tentang asimetri informasi? Silakan teman-teman simak informasi asimetris berikut ini ya.

Wajib baca: kenapa manajemen personalia sangat vital?

Pengertian Asimetri Informasi

Asimetri informasi diartikan sebagai suatu keadaan yang dimana manajer memiliki akses informasi atas prospek perusahaan yang tidak dimiliki oleh pihak luar perusahaan Agency Theory yang mengimplikasikan adanya asimetri informasi antara manajer dengan pemilik. Baca juga asimetri menurut wikipedia.

Jensen dan Meckling (1976) dalam Rahmawati dkk (2006) menyatakan asimetri adalah apabila kedua kelompok ( manajer dan pemilik ) tersebut merupakan orang-orang yang berupaya memaksimalkan utilitasnya, maka terdapat alasan yang kuat untuk menyakinkan bahwa manajer tidak akan selalu bertindak yang terbaik untuk kepentingan pemilik. Pemilik dapat membatasinya dengan menetapkan insentif yang tepat bagi agen dan melakukan monitor yang didesain untuk memnatasi aktivitas agen yang menyimpang. Asimetri informasi dapat diantisipasi dengan melakukan pengungkapan informasi yang lebih berkualitas.

Baca juga: 480 Judul Skripsi Manajemen SDM Lengkap

Tipe–Tipe Asimetri Informasi

Adapun tipe-tipe asimetri informasi, yaitu sebagai berikut:

1. Adverse Selection

berupa jenis asimetri informasi dimana satu pihak atau lebih yang melangsungkan atau akan melangsungkan suatu transaksi usaha atau transaksi usaha potensial yang memiliki informasi lebih atas pihak-pihak lain. Adhal ini erjadi karena beberapa orang seperti manajer perusahaan dan para pihak dalam (insiders) lainnya lebih mengetahui kondisi kini dan prospek ke depan suatu perusahaan dari pada para investor luar.

2. Moral Hazard

berupa jenis asimetri informasi dalam mana satu pihak yang melangsungkan atau akan melangsungkan suatu transaksi usah atau transaksi usaha potensial dapat mengamati tindakan-tindakan mereka dalam penyelesaian transaksi-transaksi mereka sedangkan pihak-pihak lainnya tidak. Hal ini dapat terjadi sebab adanya pemisahan pemilikan dengan pengendalian yang merupakan karakteristik kebanyakan perusahaan besar.

Penjelasan Asimetri Informasi

Dalam bidang ekonomi asimetri informasi akan terjadi apabila salah satu pihak dari suatu transaksi memiliki informasi lebih banyak atau lebih baik dibandingkan pihak lainnya. 

Secara pihak penjual yang memiliki informasi lebih banyak tentang produk dibandingkan pembeli, meski kondisi sebaliknya mungkin juga terjadi.

Contoh situasi dimana penjual memiliki informasi lebih baik ada banyak, termasuk di dalamnya penjual motor bekas, mobil bekas, pialang saham, agen real estate, dan asuransi jiwa.

Kenneth J. Arrow menyebtutkan dalam sebuah artikel yang terkenal di bidang penanganan kesehatan 1963 yang berjudul “Uncertainty and the Welfare Economics of Medical Care,” di jurnal American Economic Review.

George Akerlof memakai istilah informasi asimetris dalam karyanya tahun 1970: asimetri adalah The Market for Lemons (Pasar Barang Kacangan). Yang menyebutkan bahwa dalam pasar seperti itu dengan nilai rata-rata dari komoditi cenderung untuk turun, bahkan untuk barang yang tergolong berkualitas bagus.

Penjual yang tidak berniat baik bisa menipu pembeli dengan cara memberi kesan seakan-akan barang yang dijualnya bagus. Sehingga, banyak pembeli yang menghindari penipuan menolak untuk melakukan transaksi dalam pasar seperti ini, atau menolak mengeluarkan uang besar dalam transaksi tersebut.

Baca juga: Judul skripsi manajemen pemasaran

Yang mengakibatkan penjual yang benar-benar menjual barang bagus menjadi tidak laku karena hanya dinilai murah oleh pembeli, dan pada akhirnya pasar akan dipenuhi oleh barang berkualitas buruk.

Nah itulah artikel teori informasi asimetris. Semoga pengertian informasi asimetris ini dapat menyelesaikan tugas sekolah kamu ya. Apabila kamu ingin bertanya mengenai asimetris informasi silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Pengertian industri

Lain kali admin akan membuat jurnal asimetri informasi dan penjelasannya, ditunggu saja ya.

Soal: apa hubungan asimetri informasi terhadap manajemen laba?

Posting Komentar untuk "Pengertian Asimetri Informasi & 2 Tipe Asimetri"