Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pengertian Akhlak Menurut Para Ahli, Tujuan, Macam, Ruang Lingkup

akhlak


Faktasantuy.com - Pengertian Akhlak. Pada kali ini kita akan membahas artikel agama islam yaitu akhlak. Ada 6 pengertian akhlak menurut para ahli dan kamus KBBI.

Pengertian Akhlak

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menyebutkan bahwa akhlak adalah budi pekerti atau perilaku. Secara terminologi akhlak diartikan sebagai tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu keinginan secara sadar untuk melakukan suatu perbuatan yang baik. Akhlak adalah bentuk jamak dari kata khuluk, yang bermula dari bahasa Arab yang berarti perangai, tingkah laku, atau tabiat. Tiga pakar di bidang akhlak yaitu Ibnu Miskawaih, Al Gazali, dan Ahmad Amin menyebutkan bahwa akhlak adalah perangai yang melekat pada diri seseorang yang dapat memunculkan perbuatan baik tanpa mempertimbangkan pikiran terlebih dahulu.


Pengertian Akhlak Menurut Para Ahli Dalam ISLAM

  1. Ibnu Maskawaih, menyebutkan bahwa aklhak adalah “hal li nnafsi daa’iyatun lahaa ila af’aaliha min ghoiri fikrin walaa ruwiyatin” yaitu berupa sifat yang tertanam dalam jiwa seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.
  2. Abu Hamid Al Ghazali, berupa sifat yang terpatri dalam jiwa manusia yang darinya terlahir perbuatan-perbuatan yang dilakukan dengan senang dan mudah tanpa memikirkan dirinya serta tanpa adanya renungan terlebih dahulu.
  3. Ahmad bin Mushthafa, menyebutkan bahwa akhlak adalah sebuah ilmu yang darinya dapat diketahui jenis-jenis keutamaan, dimana keutamaan itu terwujudnya keseimbangan antara tiga kekuatan yakni kekuatan berpikir, marah dan syahwat atau nafsu.
  4. Muhammad bin Ali Asy Syariif Al Jurjani, menyebutkan bahwa akhlak berupa sesuatu yang sifatnya (baik atau buruk) tertanam kuat dalam diri manusia yang darinyalah terlahir perbuatan-perbuatan dengan mudah dan ringan tanpa berpikir dan direnungkan.
  5. Dalam Al-Qur’an surat Al-Qolam ayat 4 yang menyatkan bahwa “Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) berada diatas budi pekerti yang agung“. Dan dalam sebuah hadits pun juga dinyatakan bahwa ” Aku diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak yang mulia“. Sehingga jelas bagi umat Islam diseluruh alam berpatokan pada akhlaknya nabi Muhammad SAW. Akhlak terpuji yang ada pada diri Rasulullah SAW patut dijadikan contoh dan suri tauladan yang baik. 


Tujuan Akhlak

Akhlak memiliki tujuan untuk  menjadikan manusia sebagai makhluk yang lebih tinggi dan sempurna, dan membedakannya dari makhluk-makhluk yang lainnya. Menjadi suatu hal yang harus dimiliki oleh manusia agar lebih baik dalam berhubungan baik sesama manusia apalagi kepada Allah sebagai pencipta. Sedangkan pelajaran akhlak atau ilmu akhlak bertujuan mengetahui perbedaan-perbedaan perilaku dan sifat manusia yang baik dan buruk, agar manusia dapat memegang dengan sifat-sifat yang baik dan menjauhkan diri dari sifat-sifat yang jahat, sehingga terciptalah tata tertib dalam pergaulan masyarakat.


Macam Macam Akhlak

  1. Akhlak terpuji (al-akhlaaqul mahmuudah), berupa perbuatan baik terhadap Allah, sesama manusia, dan makhluk-makhluk yang lain. contohnya : selalu berbakti kepada kedua orang tua, Menghormati tetanggga dan tamu  Berusaha menimbulkan rasa kasih sayang serta menarik simpati orang lain, Memberikan sumbangan yang bersifat meringankan beban hidup orang-orang yang berhak menerimanya, serrta Membantu memudahkan urusan sesama manusia bagi yang berkemampuan.
  2. Akhlak tercela (al-akhlaaqul madzmuumah) berupa perbuatan buruk terhadap Allah, sesama manusia, dan makhluk-makhluk yang lain. Contohnya: Berdusta, Mengumpat, Mengadu domba, Iri hati/dengki, Congkak


Ruang Lingkup Akhlak

1.  Akhlak Pribadi

Yang sangat dekat dengan seseorang itu adalah dirinya sendiri, maka hendaknya seseorang itu menginsyafi dan menyadari dirinya sendiri, karena hanya dengan insyaf dan sadar kepada diri sendirilah, awal kesempurnaan akhlak yang utama, budi yang tinggi. Manusia terdiri dari jasmani dan rohani, selain itu manusia telah mempunyai fitrah sendiri, dengan semuanya itu manusia memiliki kelebihan dan dimanapun saja manusia memiliki perbuatan.

2. Akhlak Berkeluarga

yang mencakup, kewajiban orang tua, anak, dan karib kerabat. Kewajiban orang tua terhadap anak, dalam islam mengarahkan para orang tua dan pendidik untuk memperhatikan anak-anak secara sempurna, dengan ajaran –ajaran yang bijak,

3. Akhlak Bermasyarakat

seperti Tetanggamu ikut bersyukur apabila orang tuamu bergembira dan ikut susah jika orang tuamu susah, mereka menolong, dan bersam-sama mencari kemanfaatan dan menolak kemudharatan, orang tuamu cinta dan hormat pada mereka maka wajib atasmu mengikuti ayah dan ibumu, yaitu cinta dan hormat pada tetangga.

4. Akhlak Bernegara

orang yang sebangsa denganmu adalah warga masyarakat yang berbahasa yang sama denganmu, tidak segan berkorban untuk kemuliaan tanah airmu, engkau hidup bersama mereka dengan nasib dan penanggungan yang sama. Dan ketahuilah bahwa engkau merupakan salah seorang dari mereka dan engkau timbul tenggelam bersama mereka.

5. Akhlak Beragama

berupa akhlak atau kewajiban manusia terhadap tuhannya, karena itulah ruang lingkup akhlak sangat luas mencakup seluruh aspek kehidupan, baik secara vertikal dengan Tuhan, maupun secara horizontal dengan sesama makhluk Tuhan.

Nah itulah artikel akhlak adalah budi pekerti atau budi pekerti. Apabila kamu ingin bertanya mengenai perilaku (akhlak) silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga:

Lain kali admin akan membuat artikel akhlak mahmudah dan akhlak mazmumah, ditunggu saja ya. Pertanyaan:
1. akhlakul karimah artinya?
2. akhlak terpuji disebut juga akhlak?
3. akhlak mazmumah artinya?
4. contoh akhlak terpuji?
5. pengertian akhlak tasawuf?
6. bersedekah termasuk akhlak?
7. akhlak artinya
8. mazmumah adalah
9. akhlak terpuji
10. mahmudah adalah
11. akhlak mazmumah artinya
12. akidah akhlak
13. aqidah akhlak
14. contoh akhlak terpuji
15. contoh akhlak mahmudah
16. akhlak rasulullah
17. contoh akhlak mazmumah
18. akhlak terpuji adalah
19. akhlakul mazmumah
20. pertanyaan tentang akhlak
21. jujur termasuk akhlak
22. madzmumah artinya
23. rendah hati termasuk akhlak

Posting Komentar untuk "6+ Pengertian Akhlak Menurut Para Ahli, Tujuan, Macam, Ruang Lingkup"