Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Pelajaran Budi Pekerti SD: Pengertian, Contoh, Manfaat, Tujuan, Sifat dan Ciri

Faktasantuy.com - Pengertian budi pekerti. Nah pendidikan budi pekerti ini sudah kita pelajari sejak kita di SD bukan? mari kita balik dan mempelajari ilmu budi pekerti lagi ya.

pelajaran budi pekerti


Pengertian Budi Pekerti

Budi pekerti adalah salah satu mata pelajaran yang telah ada dalam pendidikan di Indonesia. Yang mengajarkan tentang pembelajaran moral di sekolah. Dan  mulai muncul pada akhir 1960-an selama Orde Baru diambil dari Kurikulum 1968 hingga pertengahan 1980-an ketika mata pelajaran ini digantikan oleh mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan mata pelajaran agama resmi dari setiap murid. Begini cara tawakal yang salah!


Contoh-contoh dari Budi Pekerti

Berikut contoh budi pekerti:

  1. Jujur, Agar dapat dipercaya oleh orang lain, seseorang harus berusaha untuk menjadi orang yang jujur. Menjadi orang yang jujur itu tidak mudah, sebab menjadi orang yang jujur kadang-kadang musuh baru muncul, karena tidak semua orang di lingkungan kita adalah orang yang jujur. Menjadi orang yang jujur adalah nilai tambah bagi kita, maka dari itu apa pun yang akan kita hadapi sehingga kita tetap menjadi orang yang jujur.
  2. Amanat, Sebagai orang yang memiliki berbudi luhur harus bisa amanat, bukan pengkhianat. Setelah melakukan tindakan berbahaya dan diketahui orang lain, reputasi akan rusak, reputasi keluarga  rusak. 
  3. Bisa percaya dan bisa dipercayai Menghadapi orang lain tidak selalu memiliki pikiran negatif. Apabila kita selalu memiliki prasangka buruk terhadap orang lain, maka hati kita tidak akan tenang dan selalu dipenuhi dengan kecemasan, selalu khawatir bahwa mungkin nantinya akan melakukan kejahatan terhadap saya sehingga tidak bisa bergaul dengan bebas dengan orang lain. Kita mungkin harus berhati-hati terhadap orang lain, akan tetapi jangan selalu berprasangka buruk.

Manfaat Budi Pekerti

Manfaat budi pekerti dapat dirasakan dalam semua aspek kehidupan. Apabikla sifat yang diperlihatkan adalah baik maka orang juga akan menilai dengan baik.  Dapat dtunjukkan hal-hal kecil dengan sopan dengan melemparkan sampah ke tempatnya, menyapa dan tersenyum ketika melewati orang yang dikenal atau dengan orang yang tidak dikenal. Masih belum paham apa itu mahram

  1. Membantu remaja meningkatkan diri mereka sendiri melalui penanaman nilai-nilai moralitas dan kepatuhan serta belajar untuk menjadi baik.
  2. Meningkatkan kesadaran remaja, terkait pentingnya karakter untuk mengatasi dan menghadapi era yang semakin kompleks.
  3. Meningkatkan sumber daya manusia melalui mendidik siswa di sekolah untuk menciptakan orang yang mulia.


Aspek Manfaat Budi Pekerti Dalam Kehidupan

  1. Dalam keluarga, merupakan wadah awal untuk pembentukan karakter pada anak-anak. Banyak keluarga terpecah belah akibat kurangnya karakter dalam keluarga. Dengan adanya sopan santun, rasa hormat, rasa hormat dan cinta di antara anggota keluarga akan terbentuk. Perhatian pun sangat penting untuk ditetapkan. Sehingga apabila nilai karakter yang baik ditanam di keluarga sejak dini, maka generasi penerus Indonesia akan memiliki karakter tingkat tinggi yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan bangsa.
  2. Dalam masyarakat, Orang yang bertindak merupakan orang yang memiliki karakter baik. Misalnya kepala desa jujur dan adil kepada masyarakat. Masyarakat akan lebih bersatu, senang bekerja sama, membantu orang lain, berperilaku baik, berpakaian sopan dan bertanggung jawab atas peran semua orang di masyarakat.
  3. Dalam Berbangsa dan Bernegara, Adanya budi pekerti pada setiap manusia di muka bumi ini, maka akan semakin membangkitkan rasa persatuan dan persatuan di Indonesia. Dalam hal ini, terutama kita sebagai umat beragama benar-benar membutuhkan karakter sehingga kita dapat menunjukkan rasa hormat dan rasa hormat terhadap tetangga kita, dan tidak ada pembagian atas nama agama.

Tujuan Budi Pekerti

  1. Cobalah untuk meminimalkan kejadian negatif.
  2. Berusaha menanamkan norma baik yang mulai dikurangi oleh remaja saat ini.
  3. Meningkatkan kualitas hidup manusia melalui pemahaman pendidikan etis.


Sifat Sifat Budi Pekerti

  1. Rela dan menerima keadaan, berarti bahwa dapat mendamaikan segala sesuatu yang terjadi di luar jangkauan kemampuan sebagai manusia, sehingga setiap adanya masalah yang menimpa maka akan dapat mengatasinya.
  2. Jujur, apabila dikenal sebagai orang yang jujur, tidak akan ada kesulitan signifikan yang akan menghalangi upaya dalam kehidupan ini.\
  3. Sabar, berarti bahwa dapat menerima semua jenis masalah kehidupan dan dapat mengendalikan emosi negative dalam diri.
  4. Mawas diri, berarti telah menguasai teknik berpikir secara bijak dan mampu memproses perasaan yang benar dan meyakinkan, sehingga ia mampu mewujudkan semua perilaku buruk yang menjadi kelemahannya.
  5. Budi Pekerti luhur, harus dilatih dan dipupuk terus menerus tanpa kenal lelah dan keputusasaan, sehingga mendarah daging. Yang merupakan karakteristik dari karakter orang yang bijaksana, dan mampu menampilkan kepribadian yang mulia, yang berarti selalu dalam kondisi prima, damai dan batin.


Ciri Ciri Budi Pekerti

  1. Beriman,  merupakan Sikap dan perilaku yang menunjukkan kepercayaan pada Tuhan. Yang disertai dengan kepatuhan dalam mengikuti perintah dan menghindari semua larangan-Nya. Ini dilaksanakan dengan taat beribadah dan berperilaku sesuai dengan norma agama.
  2. Berpikir matang, merupakan Sikap dan perilaku yang menunjukkan kemampuan untuk berpikir secara objektif dan mampu mengendalikan prasangka dan terbuka untuk koreksi. yang diwujudkan dalam perilaku yang dibimbing oleh keseimbangan rasio dan emosi agar tidak mengikuti keinginan mereka sendiri.
  3. Memiliki tanggung jawab, berupa Sikap dan perilaku yang berani menanggung semua konsekuensi dari tindakan atau tindakan yang telah diambil.
  4. Jujur, tidak suka berbohong, mengatakan apa adanya dan berani mengakui kesalahan.
  5. Pemaaf, merupakan sifat mengampuni sikap dan perilaku untuk kesalahan orang lain dan tidak menyembunyikan perasaan untuk kesalahan orang lain.
  6. Rendah Hati,  membenci perilaku dan sikap untuk menekankan dan memprioritaskan diri mereka sendiri, meskipun kenyataannya lebih dari yang lain.
  7. Dapat Bersikap Adil, dalam mempertimbangkan keputusan, tidak memihak dan menggunakan standar yang sama untuk semua pihak.


Nah itulah artikel budi pekerti yang baik Apabila kamu ingin bertanya mengenai pelajaran budi pekerti silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: Ilmu tertua di dunia yaitu filsafat

Lain kali admin akan membuat artikel pendidikan agama dan budi pekerti kelas 1 2 3 4 5 6, ditunggu saja ya. Pertanyaan: jelaskan perbedaan budi bahasa dan budi pekerti?

Posting Komentar untuk "√ Pelajaran Budi Pekerti SD: Pengertian, Contoh, Manfaat, Tujuan, Sifat dan Ciri"