Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Pengertian Analisis Menurut Para Ahli: Contoh, Tahap, Tujuan

Faktasantuy.com -  Pengertian analisis – Pengertian, Contoh, Tahap, Tujuan: Dalam suatu ilmu sosial, analisis dalam upaya untuk memahami dan menjelaskan proses untuk masalah dan berbagai hal yang ada di dalamnya. Sementara ilmu (science) pemahaman yang tepat dan arti dari kegiatan yang dilakukan analisis untuk menggambarkan zat menjadi senyawa penyusunnya. Dalam kimia, analisis yang digunakan untuk menentukan komposisi bahan atau zat. Contoh daerah yang paling terkenal dari bidang teknologi pangan dari analisis aktivitas.

analisis

Baca juga:

Pengertian Analisis

Arti analisis (analisa) yakni berupa studi tentang bahasa untuk memeriksa secara mendalam struktur bahasa. Sedangkan dalam kegiatan laboratorium, analisis(analisa) diartikan sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan di laboratorium untuk memeriksa zat dalam sampel. Namun, seiring perkembangan waktu, penggunaan kata analisis secara akademis, terutama di kalangan ahli bahasa. Penggunaan yang harus analisis. Hal ini dikarenakan analisis kata merupakan kata pinjaman dari bahasa asing (Inggris) adalah analisis.

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Pengertian analisis menurut para ahli:

  1. Wiradi, arti analisis adalah sebagai sebuah aktivitas yang memuat kegiatan memilah, mengurai, membedakan sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan menurut kriteria tertentu lalu dicari ditaksir maknan dan kaitannya.
  2. Komaruddin, sebagai suatu kegiatan berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga dapat mengenal tanda-tanda komponen, hubungan satu sama lain dan fungsi masing-masing dalam satu keseluruhan yang terpadu.
  3. Effrey Liker, Berupa susunan waktu untuk mengumpulkan bukti, untuk menemukan sumber suatu masalah, yaitu akarnya.
  4. Dwi Prastoro Praminto, pengertian menganalisis artinya sebagai suatu penguraian suatu pokok berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.
  5. Hanif Alfatta, arti kata analisis sebagai sebuah tahap awal dalam pengembangan sistem yang tahap fundamental yang sangat menentukan kualitas sistem informasi yang dikembangkan.

Contoh Analisis Kebutuhan

Secara teoritis, konsep pecahan merupakan suatu topik yang lebih sulit dibandingkan dengan bilangan bulat itulah sebabnya dalam mempelajari konsep pecahan sangat memungkinkan terjadinya miskonsepsi pada diri siswa. Selain materi pecahan yang memang sulit, anak dalam tataran sekolah dasar selalu memiliki keingian untuk bermain, karena hal itu sudah merupakan bagian dari hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari dapat dilihat sungguh gembiranya saat anak-anak menonton film kartun dan membaca komik. Maka dari itu perlu dipikirkan sistem pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai untuk siswa. Risman (2003) menjelaskan untuk menyelenggarakan pendidikan yang menyenangkan bagi anak sehingga anak bisa berprestasi terdapat tiga C yang harus diperhatikan, yaitu children (anak), content (materi), dan context (situasi).kemudian dengan perlakuan yang tepat dan materi yang sesuai tidak akan memiliki efek yang positif jika tidak disampaikan pada situasi yang tepat. Dari uraian ini, perlu adanya suatu tindakan dari guru untuk mencari dan menerapkan suatu model pembelajaran alternatif yang mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika khususnya konsep pecahan dengan memperhatikan tingkat perkembangan jiwa anak didik.

Tahap Pelaksanaan

Untuk penerapan analisis ini maka harus melalui 4 tahapan, yakni: perencanaan (plan): yang terdiri dari perencanaan tindakan dan perencanaan penelitian, kemudian tindakan (act): yang terdiri dari pelaksaaan tindakan (implement action) dan pengamatan tindakan (monitor action), lalu penyelidikan (research): yakni mendapatkan data (produce data) dan analisis data (analyse data), serta refleksi (reflect). Dari keempat tahap tersebut terbentuk suatu siklus yakni:

1. Tahap Perencanaan (plan)

  • menyusun sebuah rencana pembelajaran.
  • menyusun komik yang akan digunakan sebagai sebuah media pembelajaran.
  • menyiapkan bahan dan alat peraga yang diperlukan dalam pelaksanaan tindakan
  • menyiapkan lembar observasi yang akan digunakan oleh pengamat saat pelaksanaan tindakan.

2. Tahap Pelaksaan Tindakan (act), yakni pembelajaran konsep pecahan dengan menggunakan media komik dan memperhatikan aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi yang telah disiapkan.

3. Tahap penyelidikan (Research), terdiri dari menghasilkan data (produce data) dan analisis data (analyse data). Dalam penelitian ini, analisis data dikerjakan dalam suatu proses yang berarti bahwa pelaksanaannya telah mulai dilakukan sejak pengumpulan data dilakukan dan dikerjakan secara intensif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni teknik analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (1992), yakni dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta  dengan verifikasi data.

4. Tahap Refleksi (reflect), dimana peneliti melakukan diskusi dengan mengamati untuk menjaring hal-hal yang terjadi sebelum dan selama tindakan berlangsung berdasarkan hasil tes, hasil pengamatan, hasil wawancara, dan catatan lapangan dengan subyek penelitian supaya dapat ditarik kesimpulan dalam merencanakan tindakan selanjutnya.

Tujuan Analisis Dalam Pekerjaan

Analisis  ini bertujuan untuk menghasilkan suatu daftar uraian pekerjaan pernyataan tertulis mengenai kewajiban pekerja yang juga mencakup standar kualifikasi, tingkat pendidikan, pengalaman minimal yang diperlukan serta karakter pekerjaan itu sendiri.

Terdapat 12 macam tujuan diadakannya analisis pekerjaan yakni:

  1. Job design restructuring
  2. Job description
  3. Job classification
  4. Job evaluation
  5. Personnel requirement
  6. Performance appraisal
  7. Legal requirements
  8. Worker training
  9. Worker mobility
  10. Efficiency
  11. Safety
  12. Human resource planning
Nah itulah artikel materi definisi analisis. Apabila kamu ingin bertanya mengenai perbedaan analisis dan analisa, silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga: 
definisi analisis
analisa artinya
arti regresi
jelaskan analisis
pengertian dari analisis
pengertian analisis secara umum
maksud dari analisis
penjelasan analisis
jelaskan pengertian analisis
yang dimaksud dengan analisis
arti menganalisa
yang dimaksud analisis
pengertian analitis
pengertian analisis adalah
arti kata menganalisis

Posting Komentar untuk "√ Pengertian Analisis Menurut Para Ahli: Contoh, Tahap, Tujuan"