Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Akuntansi Aktiva Adalah: Sifat, Jenis, Metode, Karakteristik

Pengertian Akutansi Aktiva

pengertian-aktiva

Faktasantuy.com - Pengertian Aktiva adalah kekayaan dari perusahaan yang berwujud maupun tidak berwujud, serta pengeluaran yang belum dialokasikan ataupun biaya yang masih harus dialokasikan pada penghasilan yang akan dating  Dra. Lanita Winata, Akuntan (1994, hal 55) menyatakan bahwa aktiva merupakan Sejumlah kekayaan atau sumber-sumber ekonomi yang dimiliki oleh suatau perusahaan berupa uang, barang dan hak yang timbul dari transaksi-transaksi yang terjadi di masa lampau dan dapat memberikan manfaat di masa yang akan dating.

Jenis-Jenis Aktiva

1. Pengertian aset Aktiva Lancar, yakni aktiva yang berupa kas dan memiliki jangka waktu yang pendek. Yang termasuk kedalam aktiva lancar yaitu :

  • Kas yang berupa uang tunai untuk membiayai operasional perusahaan. Investasi jangka pendek, investasi yang sifatnya sementara hanya untuk memanfaatkan uang yang belum dibutuhkan dalam operasi.
  • Piutang wesel, berupa tagihan perusahaan kepada pihak lain yang dinyatakan dalam perjanjian yang diatur dalam undang-undang.
  • Piutang dagang, berupa tagihan kepada pihak lain sebagai akibat penjualan barang dagangan secara kredit.
  • Persediaan, baik itu persediaan barang mentah, barang dalam proses maupun barang yang telah jadi.
  • Piutang penghasilan, yang berupa penghasilan yang sudah menjadi hak perusahaan tetapi belum diterima pembayarannya.
  • Persekot/uang muka/biaya dibayar di muka, merupakan pengeluaran untuk memperoleh jasa atau prestasi dari pihak lain. Pengeluaran itu belum menjadi biaya periode sekarang melainkan pada periode berikutnya.

2. Pengertian aset Aktiva tidak lancer, yakni aktiva yang tidak berupa kas dan memiliki jangka waktu yang panjang. Yang termasuk  kedalam aktiva tidak lancar yaitu:

  • Investasi jangka panjang, yang dilakukan apabila perusahaan memiliki kekayaan lebih dari yang dibutuhkan.
  • Aktiva tetap, merupakan kekayaan yang dimiliki perusahaan yang terlihat secara fisik dan berperan dalam operasi perusahaan secara permanen, selain itu juga memiliki umur ekonomis lebih dari satu periode dalam kegiatan perusahaan.
  • Aktiva tetap tidak berwujud, kekayaan perusahaan yang secara fisik tidak terlihat akan  tetapi merupakan suatu hak yang memiliki nilai dan dimiliki oleh perusahaan untuk digunakan dalam kegiatan perusahaan.
  • Beban yang ditangguhkan,yakni berupa  transaksi yang menunjukkan adanya pengeluaran atau biaya yang memiliki manfaat jangka panjang.
  • Aktiva lain-lain, item ini menunjukkan kekayaan atau aktiva perusahaan yang tidak dapat atau belum dapat dimasukkan dalamklasifikasi yang telah diuraikan sebelumnya.


Pengertian Aktiva Tetap

Aktiva tetap adalah berwujud yang memiliki nilai guna ekonomis jangka panjang, dimiliki perusahaan untuk menjalankan operasi guna menunjang perusahaan dalam mencapai tujuan dan dimiliki perusahaan serta tidak untuk dijual kembali agar diperoleh laba atas penjualan tersebut. Pengertian aktiva tetap berwujud dikemukakan oleh beberapa orang ahli sebagai berikut :

Sifat Aktiva Tetap

Meskipun semua aktiva memiliki beberapa cirri-ciri dasar yang sangat umum, aktiva tetap memiliki ciri-ciri tambahan dan contoh aktiva tetap sebagai berikut :

  • Merupakan barang-barang fisik yang dimiliki untuk memperlancar/ mempermudah produksi barang-barang lain ataupun untuk menyediakan jasa-jasa bagi perusahaan atau para pelanggannya dalam kegiatan normal perusahaan. 
  • memiliki usia yang terbatas, pada akhir usianya harus dibuang atau diganti. 
  • Nilainya berasal dari kemampuannya untuk mengesampingkan pihak lain dalam mendapatkan hak yg sah atas penggunanya dan bukan dari pemaksaan dari suatu kontrak.
  • Nonmoneter, manfaatnya diterima dari penggunaan atau penjualan jasa-jasa dan bukan dari pengubahannya menjadi sejumlah uang tertentu. 
  • Secara umum  jasa yang diterima dari ativa tetap meliputi suatu periode yang lebih panjang dari satu tahun atau satu siklus operasi perusahaan. Akan tetapi terdapat pengecualian. Misalnya seperti suatu bangunan atau peralatan tidak klasifikasikan kembali sebagai aktiva lancar bilamana sisa manfaatnya kurang dari satu tahun. Dalam beberapa kasus seperti halnya,beberapa unsur memiliki usia asli yang lebih pendek dari pada satu siklus operasi perusahaan.
  • Memiliki ciri umum dan beberapa tujuan pelaporan keuangan yang sama. Salah satu tujuan ini di dasarkan kepada keseragaman dalam proses akuntansi. Aktiva tetap dimiliki untuk mendapatkan jasa-jasanya di masa mendatang .

Aktiva Tetap Berwujud

Berupa aktiva-aktiva yang berwujud yang sifatnya relatif permanen yang digunakan dalam kegiatan perusahaan yang normal. Istilah ini relatif permanen menunjukan sifat aktiva yang bersangkutan dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif cukup lama. Aktiva tetap berwujud yang dimiliki oleh suatu perusahaan dapat memiliki macam-macam bentuk seperti tanah, bangunan, mesin-mesin dapat alat-alat, kendaraan, mebel dan lain-lain. Dari macam-macam aktiva tetap berwujud di atas untuk tujuan akutansi dilakukan pengelompokan sebagai berikut :

  1. Yang umurnya tidak terbatas seperti tanah untuk letak perusahaan, pertanian dan lainnya.
  2. Yang umurnya terbatas dan apabila sudah habis masa penggunaannya bisa digantikan dengan aktiva yang sejenis.
  3. Yang umurnya terbatas dan apabila sudah habis masa penggunaannya tidak dapat diganti dengan aktiva yang sejenis.

Aktiva Tidak Berwujud

berupa aktiva tetap perusahaan yang secara fisik tidak dapat dinyatakan. Contohnya seperti hak paten, hak cipta hak merek, biaya riset dan pengembangan biaya ditangguhkan serta hak pengusahaan sumber alam. Aktiva ini  dapat diperoleh melalui pembelian atau dikembangkan sendiri oleh perusahaan. Jika suatu aktiva tidak berwujud diperoleh dengan membeli dari pihak luar, maka disamping harga beli yang termasuk sebagai harga perolehan (cost) merupakan biaya – biaya tambahan untuk mendapatkannya seperti biaya yang dibayarkan kepada pemerintah dan notaris serta biaya administrasi yang berhubungan. Jika suatu aktiva tidak berwujud diperoleh dengan jalan mengembangkan sendiri ,maka termasuk dalam harga perolehan adalah biaya-biaya bahan, peralatan, dan fasilitas, biaya gaji dan upah dan biaya tidak langsung misalnya alokasi biaya administrasi dan umum. Aktiva tidak berwujud mungkin saja timbul dari:

  1. Pemerintah seperti hak paten, hak cipta, frenchis, merek dagang, dan nama dagang.
  2. Perusahaan lain, seperti pembelian yang mencakup pembayaran untuk goodwill.
  3. Perjanjian tertentu, seperti franchise dan lease.

Nah itulah artikel doa contoh aset aktiva. Apabila kamu ingin bertanya mengenai contoh aktiva tetap, silakan ketik di kolom komentar dibawah. Baca juga:

Lain kali admin akan membuat artikel penyusutan aktiva tetap, ditunggu saja ya. Soal pertanyaan:
  1. yang termasuk aktiva tetap
  2. pasiva artinya
  3. aktiva tidak berwujud
  4. penyusutan garis lurus
  5. pengertian aktiva tetap
  6. pengertian aset tetap
  7. contoh aktiva
  8. aktiva dan pasiva
  9. aktiva tetap tidak berwujud
  10. arti aktiva
  11. definisi aset
  12. aktiva tetap berwujud
  13. penyusutan peralatan
  14. yang termasuk aktiva
  15. pos pos aktiva
  16. jenis jenis aktiva
  17. aktiva produktif adalah
  18. pengertian aktiva lancar
  19. pengertian aktiva dan pasiva
  20. jenis aktiva tetap
  21. aktiva sama dengan
  22. contoh aktiva tidak berwujud
  23. prive termasuk aktiva
  24. contoh aktiva dan pasiva
  25. yang tidak termasuk harga perolehan aktiva tetap adalah
  26. contoh aktiva tetap tidak berwujud
  27. pengertian aset lancar
  28. perbedaan aktiva lancar dan aktiva tetap
  29. pengertian pasiva
  30. aktiva tak berwujud
  31. contoh aktiva tetap tidak berwujud yaitu
  32. contoh aktiva tetap berwujud
  33. cara menghitung penyusutan peralatan
  34. cara menghitung aktiva tetap
  35. yang termasuk pasiva
  36. aktiva artinya

Posting Komentar untuk "√ Akuntansi Aktiva Adalah: Sifat, Jenis, Metode, Karakteristik"