Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manusia Pertama Yang Hidup Tanpa Jantung Selama 555 Hari

manusia-tanpa-jantung

faktasantuy.com - Manusia pertama yang hidup tanpa jantung. Apakah manusia bisa hidup tanpa jantung? itu adalah pertanyaan yang sering ditanyakan anak kecil yang baru belajar pelajaran IPA.  

Jantung adalah salah satu organ penting yang mempunyai peran dalam kelangsungan hidup manusia. Jantung berfungsi sebagai pemompa darah agar oksigen dapat mengalir ke seluruh tubuh. 

Baca: Ciri orang berumur panjang

Jadi hampir tidak mungkin jika seseorang hidup tanpa jantung. Namun bisakah manusia hidup tanpa jantung, ternyata inilah manusia pertama yang hidup tanpa jantung selama 555 hari di dunia dengan kondisi kesehatan yang masih stabil hingga saat ini.


Bagaimanakah kisah manusia yang hidup tanpa jantung selama 555 hari? yuk kita simak..

Manusia pertama yang hidup tanpa jantung dan denyut nadi

Bisakah manusia hidup tanpa jantung? Jantung adalah organ yang sangat vital. Hampir mustahil hidup tanpa jantung. Namun, pernyataan ini patah ketika manusia pertama hidup tanpa jantung yang bernama Craig Lewis bisa bertahan hidup meskipun tanpa jantung. 

Saat bulan Maret di tahun lalu, Lewis yang berumur 55 tahun sedang dalam kondisi parah, sekarat karena kondisi jantungnya yang menyebabkan protein abnormal terus terbentuk. Bahkan saat kondisi ini, teknologi pacu jantung pun tidak bisa menyelamatkan hidupnya.

Namun dengan sebuah alat yang bernama pompa aliran kontinu ia masih bisa bertahan hidup. Alat ini berfungsi sebagai pengganti jantung yakni menyuplai darah keseluruh tubuh. Hal ini menjadikannya orang pertama di dunia yang hidup tanpa jantung alami di dunia.

Hal ini pun dijadikan kenyataan oleh Dr. Bud Frazier dan Dr. Billy Cohn. Sebelumnya, mereka mengeluarkan jantung Lewis dan kemudian menginstal alat perangkat tersebut pada tubuhnya. Tak butuh waktu lama untuk membuat Lewis kembali tersadar, berbicara dengan para dokter dan menjadi manusia pertama hidup tanpa jantung.

Sebelum diterapkan untuk manusia, alat ini telah dicobakan dan diujikan pada hampir 50 ekor anak sapi. Jantung sapi tersebut dikeluarkan dan kemudian diinstalkan perangkat tersebut. Pada pagi harinya, sapi-sapi tersebut berperilaku normal seperti biasanya, yakni makan, minum, tidur, dan lain sebagainya meskipun hidup tanpa jantung yang memompa darah mereka. Perangkat ini bekerja dengan baling-baling yang berfungsi untuk memompa darah terus-menerus di dalam tubuhnya.


Dr. Cohn mengatakan kepada NPR pada bulan Juni 2011 bahwa tidak ada suara detak jantung pada dada sapi tumbal yang telah melakukan operasi tersebut. Meskipun itu menggunakan alat stetoskop.


Kondisi awal Lewis sangatlah mengkhawatirkan. Ia mengalami amiloidosis yang sudah parah. Amiloidosis adalah kondisi dimana tubuh seseorang menghasilkan protein buruk.Jika tidak segera ditangani maka Lewis akan meninggal. 

Bahkan, pada saat itu Lewis hanya memiliki waktu 12 jam untuk hidup. Harus dilakukan tindakan cepat untuk menyelamatkan nyawa Lewis. 

Akhirnya, para dokter tersebut meminta ijin istri Lewis, Linda untuk memasangkan perangkat tersebut dalam tubuh Lewis untuk mengganti fungsi jantungnya. Perangkat ini dapat memasok aliran darah dalam tubuh secara terus-menerus melalui baling-baling yang berputar.

Baca: 10 manfaat senyum

Setelah operasi ini selesai dilakukan, istri Lewis pun menangis gembira bahwa ia bisa melihat suaminya masih hidup meskipun tidak mempunyai detak jantung. 

Inilah kisah orang pertama yang bisa hidup tanpa jantung. Teknologi yang semakin canggih membuat para ahli dapat menciptakan segala sesuatunya yang tidak mungkin menjadi mungkin. Dengan berhasilnya teknologi ini membuat para peniliti semakin bersemangat dalam membuat eksperimen lainnya.

Demikianlah kisah manusia pertama yang hidup tanpa jantung selama 555 hari, dengan adanya artikel manusia hidup tanpa jantung, pertanyaan apakah manusia bisa hidup tanpa jantung Sungguh menakjubkan terdapat sebuat alat canggih yang bisa menggantikan fungsi jantung yang merupakan organ tubuh paling vital. Perlu adanya penemuan-penemuan inovatif seperti ini dalam bidang kesehatan sehingga dapat menyelamatkan nyawa manusia.

Baca: Dokter ini melakukan tranpalasi kepala dengan nekat

Terima kasih telah membaca artikel tentang manusia pertama yang hidup tanpa jantung, semoga dapat menginspirasimu agar merawat jantungmu ya. Silakan berkomentar pada artikel manusia pertama yang hidup tanpa jantung dan denyut nadi ini di kolom komentar ya.

    Posting Komentar untuk "Manusia Pertama Yang Hidup Tanpa Jantung Selama 555 Hari"