Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Hukum Mandi Junub, Akibat Menunda Dan Batas Waktunya

faktasantuy.comMenunda mandi junubMandi junub (mandi wajib) yakni mandi yang dilakukan buat membersihkan diri dari hadas besar, seperti menstruasi atau sesudah mengeluarkan air mani. Kalau menstruasi sudah selesai barulah seseorang perempuan diwajibkan buat mensucikan diri. 

Menunda mandi junub berarti menunda mensucikan diri, maka oleh karena itu beliau tak akan lakukan ibadahnya, karena ada beberapa ancaman menunda mandi junub yang sangat ditakuti.

Nah apa saja akibat menunda mandi junub? apa ancaman bagi yang menunda mandi junub? apa hukum menunda mandi junub?
Wajib baca: Mandi Setelah Begadang, Apa Akibatnya?


Apa hukumnya menunda mandi junub

mandi-junub

Apakah boleh menunda mandi junubmenunda mandi wajib setelah bersetubuh pada pasangan suami istri yang sudah melakukan hubungan intim. Mereka sering menunda mandi junub sebab sesudah lakukan jalinan suami istri, mereka lebih sering  menyambung tidurnya.

Bolehkan menunda mandi junub? tentu saja tidak boleh ditunda! Berdasarkan ilmu dari Kitab Al-qur’an terdapat pengetahuan yang memaparkan berkaitan ancaman menunda mandi junub tidak dengan alasan yang jelas. Isinya dari penjelasan itu yaitu diwaktu seorang menuda mandi junubnya sehingga dia tidak ingin didekati oleh malaikat yang bernama rahmat. 

Dalam kitab Al-quran dituliskan sabda Rasulullah SAW yang menuturkan bahwa terdapat tiga orang yang tak ingin didekati oleh malaikat Rahmat yaitu orang mabuk, orang junub, dan orang yang berlumuran minyak wangi bernama khaluq. Waktu seorang bakal mandi junub sehingga dirinya mesti menetapkan niat mandi junub terlebih dahulu.


Akibat tidak mandi junub

mandi-junub

Al Hafizh menuturkan tujuan dari hadits bahaya menunda mandi junub tersebut. Malaikat yang dituliskan dalam hadits tersebut yakni malaikat yang memberikan barokah dan rahmat, bukan malaikat pencatat tindakan atau pengawas sebab mereka dapat senantiasa dengan kita dalam kondisi apapun.

Berdasarkan hadits tersebut didapati bahwa waktu seorang menunda mandi junub tidak dengan adanya alasan yang jelas, sebagai misalnya yaitu menyepelekan atau enggan, sehingga malaikat rahmat tak akan mendekati orang tersebut. Seterusnya muncul pertanyaan baru, apakah sesudah berhubungan kita mesti serentak mandi junub atau gimana?. 

Fakta ini pun dicontohkan oleh Rasulullah. Sesudah dirinya melaksanakan hajat bersama istrinya terkadang ia tak serentak mandi junub tetapi serta terkadang dirinya segera mandi junub. Bila dirinya tak mandi junub, sehingga dia segera wudhu lebih-lebih dulu sebelum tidur.


Alasan tidak boleh menunda mandi junub

mandi-junub

Bagaimana hukum menunda mandi junubMenunda mandi junub ini ancamannya yang sudah dituliskan dalam hadits Muslim yang menuturkan bahwa sesudah berhubungan suami istri, Rasulullah terkadang mandi junub tetapi terkadang pula tidak dilakukan, dengan catatan kalau tak sempat mandi junub maka ia wudhu sebelum tidur.

Jika kita lihat dari hadits lain, sehingga terdapat ancaman menunda mandi junub tidak dengan adanya hadist yang diikuti. Hadits menunda mandi junub tersebut mempunyai mempunyai isi yang sama dengan hadits di atas yang memaparkan bahwa tak bisa didekati oleh malaikat Rahmat, orang yang tak mandi junub sesudah berhubungan suami istri. Inilah larangan menunda mandi junub tanpa alasan yang jelas sehingga malaikat rahmat pun tak mau mendekati kita.

Hadits ini memaparkan bahwa malaikat rahmat tidak mau mendekati tiga kaum, yaitu orang junub, bangkai orang kafir, orang yang berlumuran bersama minyak wangi khaluq kecuali mereka sudah berwudhu sesudah lakukan hajat. Minyak wangi khaluq yang dimaksud merupakan campuran dari za’faran dan yang lain tapi didominasi oleh warna kuning dan merah alkohol.

Sebagai satu orang muslim, jika menunda mandi junub harus diperhatikan benar alasan menunda mandi junub, sebab akan mengurangi keberkahan dalam hidup kita. Malaikat rahmat yaitu malaikat yang memberikan barokah dan rahmatnya di dalam hidup kita atas ijin Allah. Jikalau kita menunda mandi junub berarti kita tak mau didekati oleh malaikat Rahmat. 

Jangankan diberikan keberkahan, mendekat saja malaikat tak akan ingin. Oleh dikarenakan itu, sesudah lakukan interaksi suami istri sehingga kita mesti serentak mandi junub, tetapi bila keadaan atau kondisi tak mengizinkan sehingga kita dianjurkan utk berwudhu juga sebagai pengganti mandi junub.
Wajib baca: 7 Manfaat Mandi Pagi Untuk Kesehatan


Batas waktu mandi junub

mandi-junub

Batas waktu mandi junub ialah sampai terbit fajar ya

Nah itulah artikel hukum islam menunda mandi junub, malaikat pun enggan mendekati kita karena dosa menunda mandi junub sangat besar.

Terima kasih telah membaca ancaman bagi yg menunda mandi junub. Dengan adanya artikel ini semoga dapat menjawab pertanyaan kamu tentang bolehkah kita menunda mandi junub? Tentu saja tidak boleh ditunda! Nah jadi sudah jelaskan bahwa waktu mandi wajib bagi lelaki adalah disegerakan secepatnya!

Baca: Mandi Setelah Begadang: Akibatnya, Menurut Para Ahli

Posting Komentar untuk "√ Hukum Mandi Junub, Akibat Menunda Dan Batas Waktunya"