Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri dan Fakta Laut Mati + 3 Foto Laut Mati

faktasantuy.comMisteri dan Kenyataan Laut Mati. Laut mati terletak di negara mana? Laut mati yang terletak di negara di wilayah ini antara Israel, Otorita Palestina, Yordania dan sekitarnya. Lebih tepatnya berada di perbatasan antara Yordania bersama bagian barat Palestina. 

Laut ini sebenarnya bukanlah laut seperti rata rata lautan yang luas menuju samudera. Dikarenakan dia ibarat danau yang luas. Penyebutan laut sebab sekian banyak argumen, antara lain lantaran airnya yang asin dan luas danau ini memang lah teramat luas. 

Nah, laut mati terletak di benua apa? apa rahasia di balik laut mati? dan asal usul laut mati yordania? Yuk dilihat gambar laut mati di yordania: 

Misteri laut mati dan sejarahnya

laut-mati
laut mati mengering

Fakta dan sejarah laut mati, sejarah Laut Mati ini biasa dinamakan pula dengan Laut Garam, mengapa laut mati sangat asin? dan laut mati memiliki kadar garam tinggi karena? sebab perairannya mengandung 33,7% garam (kira kira 8,6 kali lebih banyak dari kandungan garam di laut biasa). Keunikan inilah yang membuat benda dapat terapung termasuk juga badan manusia, ini alasan mengapa orang terapung di laut mati.

Mengapa disebut laut mati? Nama laut ini pula sebenarnya sudah dihaluskan dari terjemahan bahasa Ibrani lama yang menyebuntukan 'Yam ha Maved' yang berarti ‘Laut Pembunuh’, sedangkan dalam bahasa Arab namanya yakni 'Bahrul Mayyit' yang artinya ya sama yakni Laut Mati, nah itulah apa yang dimaksud dengan laut mati.


Adakah kehidupan di laut mati?

laut-mati
foto garam laut mati asli
Fakta unik laut mati tentang kenapa orang menyebutnya Laut Mati ? Kenyataan mula-mula berasal dari kehidupan di laut mati yang dimana ikan yang hidup di laut mati ini tidak ada yang mampu bertahan lama. Ini disebabkan kadar keasinan yang demikian tinggi. 

Demikian pula binatang laut yang lain. Jangankan hidup, berenang pula ikan dapat susah dikarenakan terapung konsisten. Sehingga binatang sejenis ikan tak dapat hidup di sini.

Bukti ke-2, ada satu sungai Yordan yang airnya mengalir menuju laut ini. Tetapi air yang telah masuk ke laut ini tak bakal mengalir dan bergeser dan di buang ke ruangan lain. 

Padahal di ruangan lain di Yordan ada pun danau yang tak asin di area lain yang dapat menerima tampungan air dan memberikan kepada orang lain kalau telah berlimpah, termasuk juga memberikan manfaat untuk kehidupan, semisal dapat diminum dan buat penopang hidup makhluk lain di sekitarnya. 

Sementara di laut mati, seluruh manfaat di laut mati benar-benar tidak ada,termasuk juga tak mampu berikan resiko semisal diperlukan minum, bahkan tidak sedikit orang yang menjauh dari laut ini, sebab bau garam yang sangat menyengat.


Sejarah laut mati menurut islam

laut-mati
foto laut mati di israel
Salah satu sejarah terbentuknya laut mati yaitu menyangkut asal muasal laut ini yakni laut mati dan kisah nabi luth, yang bercerita mengenai macam mana hancurnya moral manusia disaat itu (sodom gomorah) yang melaksanakan pertalian sexsual sejenis, terlepas dari narasi itu seluruh laut mati ini mempunyai narasi lain dari sudut ilmiah adalah menyangkut kadar garam nya yang tinggi. 

Berjalan penurunan debit air di laut ini yang mencapai 1 meter tiap th nya lantaran jumlah air yang masuk dari sungai jordan tidak sedikit di gunakan untuk kepentingan irigasi maka pasokan ke laut ini jadi menyusut dan penguapan nya teramat tinggi, inilah yang menyebabkan kenapa laut ini jadi asin. Tidak ada ikan yang hidup di laut mati, dan air laut mati seandainya terkena mata bakal teramat perih. 

Di balik itu seluruh lumpur laut ini mempunyai khasiat lumpur laut mati tersendiri bagi kaum perempuan khususnya yang merupakan masker penghalus kulit (Lulur Lumpur laut) yang harga masker lumpur laut mati itu mencapai jutaan sekali pakai!

Tidak Cuma kandungan garam yang sangat tinggi, air Laut Mati juga mengandung kalium, magnesium, dan bromium, mungkin saja dikarenakan itulah lumpur laut mati ini dianggap amat berkhasiat. 

Israel, Palestina dan jordania sepakat untuk menyelamatkan laut mati ini dan menjadikan wisata di laut mati, sebab resiko kalau ekosistem laut mati ini bakal terburuk bagi kawasan tersebut, perbuatan penyelamatan antara lain menyuplai air dari laut merah ke laut mati dengan menciptakan kanal kanal untuk menghubungkan ke-2 laut tersebut yang jaraknya kurang lebih 200 Kilo Meter, Permukaan air Laut Mati diperkirakan sudah mengalami penyusutan dari 392 meter dibawah permukaan laut jadi 416 meter dan sedang menurun ke tingkat yang teramat mengkhawatirkan.

Nah demikianlah kisah laut mati yordania dan bukti dibalik Laut Mati yang tidak jarang kita dengar, semoga berita informasi tentang laut mati ini akan berguna menambah pengetahuan wawasan Sobat semuanya tentang fenomena laut mati.

Terima kasih telah membaca artikel tentang laut mati, semoga dapat menjawab rasa penasaran kamu tentang keunikan laut mati.

Baca juga  :

Posting Komentar untuk "Misteri dan Fakta Laut Mati + 3 Foto Laut Mati"