Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Alasan Allah Tidak Menampakkan Azab Kubur?

azab-kubur

faktasantuy.com - Mengapa Allah Tidak Menampakkan Azab Kubur? . Azab kubur ialah hal yg amat menakutkan, tapi tahukah kita bahwa ada hikmah mengapa Allah tidak menampakkan azab kubur? Padahal apabila Allah SWT ingin, Ia dapat saja menampakkannya pada kita.

Jika misalnya azab kubur diperlihatkan, maka emua orang bakal mengenal kengeriannya & tidak lagi berbuat dosa di dunia, hanya supaya mereka tidak disiksa saat ada di dalam kubur. hikmah allah tidak menampakkan kubur nyata
Sikap Allah SWT tidak menunjukkan azab kubur yg bakal Ia beri terhadap orang-orang nyatanya mempunyai alasan yg lumayan masuk akal. Alasan-alasan Allah SWT memilih untuk tidak menunjukan azab kubur terhadap manusia nyatanya ialah sebagai berikut ini : hikmah allah tidak menampakkan kubur terbaru
Baca Juga : Begini rasanya berada di alam kubur selama 30 tahun

Untuk menutupi aib dari orang yang sudah meninggal

Tujuan mutlak mengapa Allah SWT tidak menunjukkan azab kubur terhadap mereka yg tetap hidup ialah supaya keluarga dari jenazah yg terkena azab, tidak akan merasa malu apabila diketahui bahwa keluarganya bukanlah orang yg baik.

Hal ini bakal berperan besar apabila jenazah ialah seorang yg besar, mempunyai kedudukan yg tinggi, ataupun apabila nyatanya ia ialah seorang yg sangat jahat. Belum lagi, dengan ditunjukkannya azab kubur maka keluarga dari seorang yg diazab ada kemungkinan bakal dikucilkan ataupun bahkan dituduh sebagai orang yg lalim. mengapa allah tidak menampakkan kubur nyata

Supaya tidak menakuti orang yg akan menguburkan saudaranya

Alasan mengapa Allah SWT menyembunyikan azab kubur ialah sebab maka kemungkinan besar tidak akan ada orang yg berani untuk menguburkan orang lain.

Hal ini sejalan dengan sebuah hadist riwayat Muslim dengan nomor 2868, dimana diceritakan pada kisah, Rasulullah SAW bersabda yg isinya : apabila bukan sebab manusia diharuskan untuk saling memakamkan, maka beliau berharap azab kubur bakal dapat didengar oleh manusia jadi manusia mengenal kengeriannya.

Abu Abdillah Al-Qurthubi juga membahas bahwa kepedihan azab kubur bukan hanya untuk manusia saja, tapi juga untuk para Jin sebab hal tersebut ialah bukti dari keadilan dari Allah SWT.

Keadilan sebab apabila manusia ataupun jin dapat mendengar siksa kubur, kemungkinan besar mereka akan terkurung dalam rasa takut & takut akan kematian, mengingat manusia ialah makhluk yg lumayan lemah mentalnya.

Sebagai ujian keimanan manusia bakal hal-hal yg sifatnya ghaib

Hikmah mengapa Allah tidak menampakkan azab kubur yg terbaru ialah supaya manusia mulai terbiasa & dapat percaya terhadap hal-hal yg sifatnya ghaib. Hal ini contohnya yg diungkapkan oleh Ibnul Qoyim, dimana ujarnya apabila Allah terbukti ingin menunjukkan tentang azab kubur, maka Beliau dapat saja memperlihatkannya, bahkan dengan mudah.

Contohnya bagaimana Ia sempat memakai kekuasaanNya untuk membuat Nabi Muhammad SAW agar sanggup menyaksikan azab kubur.

Meskipun begitu, Allah SWT sadar bahkan apabila memperlihatkan contoh azab kubur, maka manusia tidak butuh lagi beriman bakal hal-hal ghaib sebab perwujudan adzab kubur berarti adzab bukan lagi hal yg ghaib.

Sebab alasan-alasan itulah, Allah SWT tidak ingin menunjukkan alangkah mengerikannya azab kubur yg menanti manusia.

Bedakan dengan hewan yg dikatakan sanggup mendengar azab kubur itu, jadi mereka tidak bisa beriman bakal hal-hal yg ghaib.

Hal ini dibuktikan dengan sebuah unta yg dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW yg jalannya menjadi miring & hampir melepaskan barang bawaan saat melalui tempat dimana orang yg dikubur sedang disiksa. allah tidak menampakkan azab kubur lengkap

Baca Juga : 5 Syarat yang membolehkan manusia melakukan dosa

Nah itulah artikel mengenai mengapa allah tidak menampakkan kubur lengkap.

Posting Komentar untuk "3 Alasan Allah Tidak Menampakkan Azab Kubur?"