Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Mengapa Harus Ada Siang Dan Malam

kenapa-siang-malam

faktasantuy.com - Mengapa harus ada siang dan malam. Penciptaan siang & malam mungkin ialah salah satu rahasia yang amat besar menyelimuti jagat raya, alam semesta, & semua yang ada di dalamnya. 

Namun apa sih yang menyebabkan Allah SWT menciptakan langit dapat menjadi siang ataupun malam pada waktu yang bersamaan? Kita pasti bertanya-tanya akan hal itu, ada baiknya kita sama-sama mengulasnya & coba supaya dapat dipahami.

Jelaskan proses terjadinya siang dan malam? Kenapa ada siang dan malam menurut islam? yuk kita simak artikel ini baik-baik...

Mengapa Harus Ada Siang dan Malam

Salah satu ayat yang membahas mengenai rahasia kenapa ada siang & ada malam, timbul dari suatu surat yang dibacakan setiap malam Jum’at, yaitu surat Ya sin yang merupakan surat ke-36, & ayat ke-37. 

Pengertian dari ayat tersebut ialah bahwa kekuasaan Allah ditunjukkan lewat malam itu, dimana lalu siang digantikan malam & orang-orang semuanya berada dalam kegelapan, tanpa terkecuali. Ini mungkin merujuk terhadap malam hari amat gelap & hanya cahaya kecil rembulan yang dapat menyinari kita.

Meski begitu, bergantinya siang dengan malam ialah salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT terhadap kita semua, & tergolong dalam nikmat yang tak ada habisnya untuk para manusia & makhluk-makhluk lainnya. Allah SWT tidak pilih-pilih dalam mendatangkan siang & malam. 

Tidak diragukan lagi bahwa Allah SWT sudah menampilkan penggantian siang & malam sedemikian rupa, jadi ada keraturan yang lebih dari sekedar “teratur”, & itulah bentuk dari rasa sayang Allah SWT terhadap semua makhlukNya.

Contoh peristiwa siang dan malam

Rahasia dibalik penciptaan siang & malam lagi-lagi tertulis dalam Al-Qur’an, pada surat Al-Qasas ayat ke-73. Pada ayat tersebut  diceritakan bahwa malam & siang sebagai rahmat dari Allah SWT. Dengan begitu, kita sebagai makhluk ciptaan-Nya dapat memakai setengah darinya untuk beristirahat yaitu malam hari, & supaya pada setengah sisanya yaitu di siang hari kita dapat mencari karunia-Nya & memenuhi kebutuhan hidup masing-masing makhluknya. Penciptaan siang & malam juga supaya semua makhluk ciptaan Allah SWT dapat memberi tau rasa syukur mereka terhadap Allah SWT.

Efek Diciptakannya Malam Hari oleh Allah SWT

Pada Surat Yunus ayat ke-67, dituliskan alasan kenapa Allah SWT menciptakan malam hari, yaitu supaya makhluk-makhlukNya dapat beristirahat. Siang hari juga dibangun menjadi terang benderang supaya manusia lebih mudah mencari karunia Allah SWT di bumi ini. 

Tidak hanya itu, malam juga identik sebagai waktu yang dipenuhi oleh rasa tenang & rasa damai, dimana ini juga menjadi waktu yang tepat untuk menunaikan ibadah khusus, contohnya yang tertulis pada surat Al-Muzzammil ayat ke-8.

Ayat tadi menceritakan bahwa sesungguhnya apabila kita tersadar di malam hari, maka suasananya bakal jauh lebih tepat untuk membaca ayat-ayat Al-Qur’an, dimana kita juga dapat menjadi jauh lebih khusyuk. 

Dituliskan juga bahwa di siang hari kita sudah sibuk & mempunyai banyak urusan, maka gunakanlah malam hari sebagai cara untuk mendekatkan diri terhadap Allah SWT, & perbuatlah ibadah kepadaNya dengan penuh rasa khusyuk.


Kesimpulan pergantian siang dan malam menurut islam

Pergantian siang dan malam menurut islam:
  1. Allah menciptakan siang supaya manusia dapat beribadah KepadaNya
  2. Allah menciptakan siang supaya manusia dapat memperoleh rezeki dengan bekerja
  3. Allah Menciptakan siang supaya manusia dapat melangsungkan aktivitas tanpa terganggu gelap
  4. Allah menciptakan malam supaya manusia dapat beristirahat
  5. Allah menciptakan malam supaya manusia dapat manusia melihat luasnya alam semesta di langit

Dengan alasan-alasan pergantian siang dan malam menurut islam di atas yang sudah dijelaskan panjang lebar disertai dengan ayat-ayat Al-Qur’an di dalamnya, seharusnya saat ini anda sudah tahu mengenai kenapa harus ada siang dan malam.

Baca juga: 10 Rahasia dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Posting Komentar untuk "5 Alasan Mengapa Harus Ada Siang Dan Malam"